Inilah 9 Wisata Malam di Kota Malang yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 2 Juni 2021

Kota Malang sebagai kota terbesar kedua di Provinsi Jawa Timur menyimpan banyak sekali destinasi wisata yang lengkap. Malang yang berada di ketinggian, tidak asing dengan gunung-gunung yang mengelilingi kota. Begitupun dengan wisata bahari, Malang dikenal memiliki deretan pantai cantik di selatan Provinsi Jawa Timur.

Destinasi wisata yang menarik di Kota Malang membuat kota ini menjadi salah satu yang ramai dikunjungi ketika musim libur tiba. Selain wisata alam, Malang juga memiliki sejumlah destinasi wisata malam seperti di Kota Batu.

Berikut ini ulasan 9 destinasi wisata malam di Kota Malang yang paling recommended dan wajib untuk kamu kunjungi!

1. Wisata Kampung Lampion Wangi

Wisata Kampung Lampion Wangi

* sumber: indolora.co.id

Tak jauh dari Stasiun Malang Kota Baru, tepatnya di belakang Kampung Warna Warni Jodipan, ada salah satu kampung yang menarik untuk dikunjungi. Wisata Kampung Lampion Wangi memberikan suasana tempat wisata yang berbeda. Di perkampungan ini dihiasi lampion-lampion cantik yang menghiasi kampung.

Pada malam hari, lampion yang menggantung dan menempel di dinding rumah akan menyala sehingga menghasilkan cahaya yang berwarna-warni. Sayangnya, meski berada di tengah kota, destinasi wisata yang satu ini tidak setenar wisata lain di Kota Malang.

  • Alamat : Jl. Ir. H. Juanda, Jodipan, Blimbing, Kota Malang
  • Operasional : 09.00 – 22.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp3.000
  • Kontak : 0877-5988-6888

2. Alun-Alun Tugu

Alun-Alun Tugu

* sumber: www.wego.co.id

Kota Malang memiliki dua alun-alun yang jaraknya tidak terlalu jauh. Dari Stasiun Malang Kota Baru, ke arah barat terdapat Alun-Alun Tugu Kota Malang yang lokasinya berseberangan dengan Balai Kota Malang dan SMAN 4 Malang. Alun-alun ini merupakan salah satu tempat bersejarah di Kota Malang yang selalu ramai dikunjungi.

Sesuai dengan namanya, Alun-Alun Tugu memiliki tugu yang diletakkan di tengah-tengah dan dikelilingi taman di sekitarnya. Pada malam hari, tugu ini menyala dari sorotan lampu yang ada di kaki tugu. Ketika akhir pekan, Alun-Alun Tugu Kota Malang ramai dikunjungi masyarakat dari dalam dan luar Kota Malang.

  •  Alamat : Jl. Tugu, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

3. Taman Kunang-Kunang

Taman Kunang-Kunang

* sumber: rainnytea.blogspot.com

Taman Kunang-Kunang merupakan salah satu tempat wisata menarik di tengah Kota Malang. Taman yang berada di sepanjang Jalan Jakarta dan Simpang Ijen ini dilengkapi dengan 96 lampu LED yang setiap malam menerangi kawasan hutan kota.

Taman Kunang-Kunang terdiri dari lima bagian yang disebut dengan Plaza. Setiap Plaza memiliki jumlah lampu LED yang berbeda-beda. Plaza yang pertama terdapat 18 lampu LED yang menerangi. Pada Plaza 3 terdapat dua gazebo yang dikelilingi lampu LED berbentuk bulat. Di taman ini juga disediakan kursi taman untuk bersantai.

  • Alamat : Jl. Jakarta Oro-Oro Dowo, Penanggungan, Klojen, Kota Malang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

4. Taman Slamet

Taman Slamet

* sumber: www.malangmbois.com

Tak jauh dari Stadion Gajayana Malang, terdapat sebuah taman yang sejak lama sering digunakan masyarakat Malang untuk bersantai. Taman Slamet namanya. Taman Slamet belum lama ini dilakukan perombakan. Salah satu perombakan yang terlihat dari taman ini adalah lorong berwarna jingga yang menghiasi salah satu koridor taman.

Lorong di Taman Slamet berjumlah 6 lorong, yang menurut informasi jumlah lorong ini sama dengan jumlah gunung yang mengelilingi Kota Malang. Diantaranya Gunung Kawi, Gunung Kelud, Gunung Arjuno, Gunung Semeru, Gunung Bromo, dan Gunung Panderman. Pada malam hari lorong ini dilengkapi lampu yang menarik untuk dijadikan tempat berfoto.

  • Alamat : Taman Slamet, Gading Kasri, Klojen, Kota Malang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

6. Alun-Alun Kota Malang

Alun-Alun Kota Malang

Selain Alun-Alun Tugu, ada Alun-Alun Kota Malang yang terletak 1 km dari Alun-Alun Tugu. Tempat ini selalu ramai dikunjungi pengunjung dari dalam dan luar kota Malang. Alun-Alun Kota Malang tak henti-hentinya berinovasi untuk menarik minat pengunjung.

Sebelumnya sudah menyediakan arena bermain bagi anak, dan sekarang sudah ditambah hiburan lainnya. Alun-Alun Kota Malang menyediakan hiburan berupa air mancur menari yang kini sedang ramai diperbincangkan. Letak air mancur menari tak jauh dari Masjid Agung Kota Malang.

Jadi, kamu bisa melihat indahnya air mancur yang berwarna-warni berlatarkan Masjid Agung Kota Malang yang merupakan masjid terbesar di Malang.

  • Alamat : Jl. Merdeka Selatan, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

6. Malang Night Paradise

Malang Night Paradise

Jika di Kota Batu ada Batu Night Spectacular (BNS), maka di Malang ada Malang Night Paradise yang tak kalah menarik. Malang Night Paradise terletak tak jauh dari Gerbang Tol Singosari dan direkomendasikan untuk menjadi salah satu destinasi ketika keluyuran ke Kota Malang.

Malang Night Paradise menyajikan beragam wahana menarik. Mulai dari Air Terjun Menari, Dino Park, hingga Taman Lampion. Di sini juga bisa sekaligus berwisata edukasi. Pengunjung dapat melihat patung binatang purba seperti jenis-jenis Dinosaurus. Menikmati Malang Night Paradise dengan cara lain, kamu bisa mengelilingi sungai buatan menggunakan perahu kayu.

  • Alamat : Jl. Graha Kencana Raya, Karanglo, Balearjosari, Blimbing, Kota Malang
  • Operasional : 17.00 – 23.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp50.000 – Rp100.000
  • Kontak : (0341) 4351 795

7. Bukit Delight

Bukit Delight

Bukit Delight merupakan salah satu café favorit bagi anak muda di Malang. Café ini buka mulai sore hari hingga tengah malam. Bukit Delight menyediakan area outdoor yang dilengkapi dengan lampu-lampu gantung, memberikan suasana nyaman dan romantis. Dari sini, kamu bisa melihat city lights kota Malang.

Bukit Delight paling ramai dikunjungi pada malam hari karena udara dingin di Malang membuat tempat ini semakin nyaman untuk bersantai. Tak heran banyak wisatawan yang sedang liburan ke kota Malang menyempatkan untuk makan malam di Bukit Delight.

  • Alamat : Jl. Joyo Agung No. 1, Tlogomas, Lowokwaru, Kota Malang
  • Operasional : 16.00 – 24.00 WIB
  • Kisaran Harga : Rp7.000 – Rp30.000

8. Ronde Titoni

Ronde Titoni

* sumber: wisatabaru.com

Berada di dataran tinggi, Kota Malang dikenal dengan udara yang dingin dan sejuk. Tak heran jika di sini terdapat banyak kuliner malam yang bertujuan untuk menghangatkan tubuh dari dinginnya kota Malang. Salah satu kuliner yang bisa kamu coba adalah wedang ronde dan angsle dari Ronde Titoni.

Berdiri sejak tahun 1948, Ronde Titoni sudah sangat dikenal oleh masyarakat dari dalam dan luar kota Malang. Di sini tak hanya menjual ronde dan angsle khas Malang saja, ada juga roti goreng dan cakwe yang pas untuk melengkapi santap malammu.

  • Alamat : Jl. Zainul Arifin No. 17, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang
  • Operasional : Senin – Sabtu : 18.00 – 24.00 WIB, Minggu tutup
  • Harga : Rp4.000 – Rp10.000

9. Budug Asu

Budug Asu

Setelah membahas wisata malam di Kota Malang, kini saatnya melihat pemandangan dari ketinggian. Bagi kamu yang suka dengan aktivitas camping, tidak ada salahnya untuk mencoba pengalaman camping di Bukit Budug Asu yang terletak di Singosari, Kabupaten Malang.

Bukit ini belum banyak diketahui wisatawan dari luar kota, jadi masih terbilang sepi. Budug Asu terletak di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut. Bukit ini masuk ke dalam kawasan lereng Gunung Arjuno.

Jalur menuju Budug Asu cukup menantang dengan melewati jalan kecil dengan kontur tanah yang cukup licin. Disarankan datang ke sini tidak menggunakan motor matic karena jalurnya cukup ekstrim.

  • Alamat : Kreweh, Gunungrejo, Singosari, Kabupaten Malang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp5.000
  • Kontak : 0823-3646-0623

Demikian ulasan 9 destinasi wisata malam di Kota Malang yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata kuliner, wisata kota, hingga tempat camping bisa kamu kunjungi untuk mengisi waktu malam yang menyenangkan di Malang. Yuk, keluyuran di Kota Apel!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram