Jangan lewatkan! Inilah 10 Tempat Wisata Malam di Semarang

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 1 Mei 2020

Berwisata ke Semarang tak hanya dapat dilakukan di kala pagi. Kamu pun juga bisa melakukannya saat malam tiba. Untungnya, Semarang punya sejumlah tempat wisata yang bisa dikunjungi di kala malam. Apa saja tempat wisata tersebut? Kalau penasaran, sila lihat langsung daftarnya di bawah ini:

1. Simpang Lima

Simpang Lima

Sumber: https://twitter.com/wisatasemarang/status/1107270958539141120?lang=ar

Kamu pasti populer dengan tempat wisata ini. Selain ramai di kala siang, tempat wisata ini juga ramai kala malam tiba. Bahkan, panorama tempat ini jauh lebih indah di waktu malam. Jadi, tak ada salahnya bila kamu piknik ke tempat wisata ini.

Banyak fasilitas yang tersaji di Simpang Lima. Mulai dari tempat duduk, permainan anak, dan juga sejumlah penjual makanan. Kamu bisa ke tempat wisata ini sendirian atau bersama dengan orang-orang tersayang.

Simpang Lima bisa kamu datangi di alamat berikut:

  • Alamat : Jalan Simpang Lima, Pleburan, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50241.
  • Jam buka : Setiap hari selama 24 jam.

2. Lawang Sewu

Lawang Sewu

* sumber: travel.kompas.com

Kamu juga pasti populer dengan tempat wisata ini. Seperti halnya Simpang Lima, tempat wisata ini pun juga bisa dikunjungi kala malam, meskipun jam bukanya hanya sampai jam 9 malam saja. Siapkan nyalimu saat berwisata ke Lawang Sewu kala malam.

Soalnya, aura di tempat wisata ini agak menyeramkan kala malam. Tapi, jangan khawatir. Soalnya, pihak pengelola Lawang Sewu sudah menyediakan seorang guide yang bakal menemanimu piknik di Lawang Sewu di waktu malam.

Kamu berani datang ke Lawang Sewu kala malam? Bila ya, langsung saja datang ke alamat ini:

  • Alamat : Jalan Pemuda, Sekayu, Kecamatan Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah 50132.
  • Jam buka : Setiap hari pukul 07.00 – 21.00.
  • HTM : Rp. 5 ribu/orang (anak-anak dan pelajar), Rp. 10 ribu/orang (dewasa), Rp. 30 ribu/orang (jika kamu ingin masuk ke ruang bawah tanah Lawang Sewu), Rp. 30 ribu (untuk sewa guide).

3. Taman Tabanas Bukit Gombel

Taman Tabanas Bukit Gombel

Kalau Bandung punya Bukit Moko, maka Semarang punya Taman Tabana Bukit Gombel. Di Taman Tabanas, kamu bisa melihat pemandangan Semarang kala malam dari ketinggian. Udara di sekitar tempat ini cukup sejuk, sehingga kamu pun bisa memandangi kota Semarang dengan nyaman.

Jangan khawatir kamu kelaparan saat piknik ke tempat wisata ini. Pasalnya, Taman Tabanas punya beberapa pedagang makanan dan kafe yang bisa disambangi kala kamu lapar. Taman Tabanas Bukit Gombel bisa kamu kunjungi di alamat berikut:

  • Alamat : Jalan Setia Budi No. 12, Ngesrep, Kecamatan Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah 50261.
  • Jam buka : Setiap hari selama 24 jam.

4. Kota Lama

Kota Lama

Kalau diibaratkan, tempat wisata ini adalah Kota Tua versi Semarang. Selayaknya Kota Tua di Jakarta, kamu juga bisa menemukan sejumlah bangunan vintage saat mengunjungi Kota Lama Semarang. Menurut sejumlah sumber, bangunan-bangunan di Kota Lama sudah ada di Semarang sejak abad ke-17.

Walau terhitung bangunan tua, semua bangunan di Kota Lama masihlah berfungsi dengan memiliki nilai yang bersejarah. Kala malam tiba, bangunan-bangunan tersebut bakal disinari lampu yang membuat gedung-gedung tersebut terlihat indah.

Ingin melihat pesona gedung-gedung tersebut? Yuk langsung datang ke alamat berikut:

  • Alamat : Jalan Letjen Suprapto, Kota Semarang, Jawa Tengah 50174.
  • Jam buka : Setiap hari selama 24 jam.

5. Sungai Banjir Kanal Barat Semarang

Sungai Banjir Kanal Barat Semarang

Bila ingin wisata air di waktu malam, tempat ini bisa kamu kunjungi. Bagi yang belum tahu, Sungai Banjir Kanal Barat merupakan salah satu sungai di Semarang yang direvitalisasi hingga bersih dan menarik untuk dikunjungi. Di tempat ini, kamu bisa duduk santai sambil memandangi indahnya Sungai Banjir Kanal Barat yang disinari cahaya lampu.

Bila kamu beruntung, kamu bisa menemukan sejumlah momen menarik di tempat ini. Salah satunya adalah festival perahu hias dan lampion yang dilaksanakan di waktu-waktu tertentu. Silakan datang ke alamat berikut bila kamu tertarik ke tempat wisata ini:

  • Alamat : Gedung Amsterdam Kost, Jalan Gedung Batu Timur No. 203 G, Ngemplak Simongan, Kecamatan Semarang Baru, Semarang, Jawa Tengah 50148.
  • Telepon : (024) 76432104.
  • Jam buka : Setiap hari selama 24 jam.

 6. Tugu Muda

Tugu Muda

* sumber: joss.co.id

Tugu Muda merupakan salah satu ikon Semarang, selain juga tempat wisata tentunya. Tugu ini sendiri dibuat sebagai bentuk penghormatan terhadap para pahlawan yang bertarung di Pertempuran Lima Hari Semarang.

Bila malam tiba, lampu di tugu ini akan bersinar. Hal tersebut membuat tugu itu terlihat indah dan menarik untuk disambangi. Panorama tugu itu semakin menarik kala air mancur di sekitarnya muncul satu persatu.

Ingin tahu seperti apa panorama tempat wisata ini? Langsung saja datang ke alamat berikut:

  • Alamat : Jalan Yudistira No. 5, Pendirikan Kidul, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50131.
  • No. Telepon : (024) 3513366.
  • Jam buka : Setiap hari selama 24 jam.

7. Dusun Semilir

Dusun Semilir

Mau berkunjung ke tempat wisata unik? Datang saja ke Dusun Semilir! Dusun Semilir sendiri merupakan kompleks candi buatan yang tiap candinya terbuat dari kayu. Hal itulah yang membuat tempat wisata ini dikatakan unik.

Kamu akan merasakan suasana ala pedesaan kala berkunjungi ke tempat ini. Sejumlah kegiatan wisata bisa kamu lakukan di Dusun Semilir. Mulai dari wisata kuliner, hingga belanja oleh-oleh. Dusun Semilir bisa kamu sambangi langsung di alamat berikut:

  • Alamat : Jalan Soekarno Hatta No. 49, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Semarang, Jawa Tengah 50661.
  • No. Telepon : 0811-289-068.
  • Jam buka : Senin s.d. Jumat pukul 10.00 – 19.00, Sabtu pukul 08.00 – 21.00, Minggu 07.00 – 21.00.
  • HTM : Rp. 5 ribu/orang.

8. Pecinan Semarang

Pecinan Semarang

* sumber: www.jejakpiknik.com

Selayaknya kota-kota besar di Indonesia, Semarang pun juga punya pecinan. Di Pecinan Semarang, kamu bakal menemukan sejumlah bangunan bersejarah peninggalan warga Tionghoa di masa lalu. konon, sejumlah bangunan itu sudah ada sejak masa penjajahan Belanda.

Kamu juga bakal menemukan para penjaja makanan di Pecinan Semarang. Ini tentu kabar baik untukmu yang hendak kulineran di Semarang pada waktu malam. Kamu bisa menemukan sejumlah tempat makan enak di hampir tiap gang Pecinan Semarang.

Tertarik ke Pecinan Semarang? Sila datang saja ke alamat di bawah ini:

  • Alamat : Kauman, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50188.
  • Jam buka : Jumat s.d. Minggu pukul 18.00 – 22.00.

9. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah

Semarang punya beberapa tempat wisata religi yang bisa disambangi di kala malam. Masjid Agung Jawa Tengah adalah salah satunya. Masjid ini memiliki area yang sangat luas. Bila malam tiba, lampu-lampu di dalam masjid akan menyala. Hal itu membuat masjid ini akan terlihat sangat indah.

Kalau kamu ke masjid ini, kami sarankan untuk coba menaiki menaranya. Dari menara masjid ini, kamu bisa melihat indahnya kota Semarang yang berbalut lampu kota kala malam tiba. Masjid Agung Jawa Tengah bisa kamu sambangi di alamat berikut:

  • Alamat : Jalan Gajah Raya, Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Semarang, Jawa Tengah 50166.
  • Jam buka : Setiap hari selama 24 jam.

10. Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong adalah tempat wisata religi lainnya yang bisa kamu kunjungi saat malam. Panorama klenteng ini akan sangat indah dilihat, kala malam hari tiba. Itulah mengapa kamu harus coba datang ke tempat ini di waktu malam.

Banyak spot di sini yang bisa kamu potret. Sayangnya, tempat wisata ini hanya buka hingga jam 8 malam. Jadi, maksimalkan waktu wisata malammu saat di klenteng legendaris ini. Klenteng Sam Poo Kong bisa langsung kamu datangi di alamat berikut:

  • Alamat : Jalan Simongan No. 129, Bongsari, Kecamatan Semarang Baru, Kota Semarang, Jawa Tengah 50148.
  • No. Telepon : 024-760-5277.
  • Jam buka : Setiap hari pukul 08.00 – 20.00.
  • HTM : Rp. 7 ribu/orang.

Selain siang hari, berwisata di Semarang juga bisa dilakukan kala malam. Untungnya, Semarang punya banyak tempat wisata malam yang bisa disambangi. Sepuluh di antaranya sudah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat dan selama wisata malam di Semarang!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram