Inilah 10 Destinasi Wisata Menarik di Banjarnegara

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Banjarnegara merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang berbahasan langsung dengan Kabupaten Batang, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, dan Kabupaten Kebumen. Sebagian kecil kawasan di Dieng, masuk ke dalam wilayah Kabupaten Banjarnegara.

Banyak yang belum mengetahui bahwa Dieng masuk ke dalam wilayah Banjarnegara karena sebagian besar kawasannya masuk ke dalam bagian Kabupaten Wonosobo. Selain Dieng, Kabupaten Banjarnegara memiliki destinasi wisata menarik yang tak kalah indahnya dengan wisata lain di Jawa Tengah. Simak ulasan 10 destinasi wisata di Kabupaten Banjarnegara berikut ini ya!

1. Telaga Dringo

Telaga Dringo

* sumber: www.superadventure.co.id

Telaga Dringo merupakan salah satu destinasi wisata yang masih belum banyak dikunjungi di Banjarnegara. Akses menuju Telaga Dringo terbilang cukup menantang dengan jalur menanjak, dan tanah berbatu. Setibanya di tempat penitipan motor, kamu perlu trekking selama 20 menit melalui jalan berbatu.

Telaga Dringo menjadi salah satu spot menikmati sunrise terbaik di Banjarnegara. Letaknya yang dekat dengan Dataran Tinggi Dieng, membuat tempat ini memiliki suhu yang dingin dan sejuh. Telaga Dringo dikelilingi pepohonan dan pegunungan yang sangat cantik dan menarik.

  • Alamat : Pekasiran, Batur, Kabupaten Banjarnegara
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp5.000

2. Kawah Candradimuka

Kawah Candradimuka

Kawah Candradimuka merupakan destinasi yang bersejarah. Kawah ini merupakan tempat suci yang tak lepas dari cerita sejarah Gatotkaca. Menurut sejarah, Gatotkaca dilahirkan dalam wujud seperti raksasa. Kemudian saat masih bayi, Gatotkaca dibawa ke Kawah Candradimuka yang sangat panas. Di sini, tubuh Gatotkaca dicelupkan untuk menghilangkan sisi jahat.

Kawah Candradimuka hingga kini menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi ketika liburan ke Banjarnegara yang letaknya tak jauh dari Telaga Dringo. Kawah Candradimuka memiliki tiga kawah aktif, dan untuk menuju ke sini kamu perlu menuruni tangga yang cukup licin. Jadi, kamu perlu hati-hati ketika berkunjung ke Kawah Candradimuka.

  • Alamat : Pekasiran, Batur, Kabupaten Banjarnegara
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

3. Curug Pitu

Curug Pitu

Terletak di dataran tinggi, Banjarnegara memiliki air terjun yang menarik untuk dikunjungi. salah satunya Curug Pitu atau Air Terjun Tujuh. Air terjun ini memiliki tujuh tingkat dengan tinggi mulai dari 30 meter. kamu bisa mencapai ke seluruh tingkatan air terjun dengan melewati jalan setapak yang sempit.

Curug Pitu memiliki kolam besar alami yang dapat digunakan untuk mandi. Letak air terjun ini cukup terpencil, dan perlu berjalan kaki sejauh 1.5 km dari jalan raya. Setibanya di Curug Pitu, rasa lelah akan terbayar dan bisa menyegarkan tubuh di kolam alami.

  • Alamat : Kemiri, Sigaluh, Kemiri, Kabupaten Banjarnegara
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp5.000
  • Kontak : 0856-3188-406

4. Candi Arjuna

Candi Arjuna

* sumber: www.tanahnusantara.com

Destinasi wisata yang satu ini berada di Dataran Tinggi Dieng. Candi Arjuna merupakan kompleks candi terbesar di Dieng yang menempati area seluas 90 hektar. Kompleks Candi Arjuna terdiri dari lima bangunan candi, diantaranya Candi Semar, Candi Puntadewa, Candi Arjuna, Candi Srikandi, dan Candi Sembadra.

Candi Arjuna merupakan candi Hindu yang ditemukan pada abad ke-18. Saat ditemukan, kompleks Candi Arjuna dalam kondisi tergenang air. Kemudian seluruh bangunan candi diselamatkan oleh pria berkebangsaan Inggris. Kompleks Candi Arjuna berbeda dengan candi lainnya, di sini tak ditemukan arca yang biasanya menghiasi bangunan candi.

  • Alamat : Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Kabupaten Banjarnegara
  • Operasional : 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp15.000

5. Sungai Serayu

Sungai Serayu

* sumber: www.thepikas.com

Sungai Serayu merupakan sungai yang melintasi lima kabupaten, yaitu Wonosobo, Banjarnegara, Purbalingga, dan Banyumas. Sungai Serayu terbentang sepanjang 181 km dan bermuara di Samudera Hindia, tepatnya di wilayah Kabupaten Cilacap. Sungai Serayu memiliki debit air yang besar dan cocok dijadikan sebagai tempat wisata yang menyenangkan.

Di Sungai Serayu kamu bisa bermain arung jeram menggunakan perahu karet. Area arung jeram memiliki panjang sekitar 25 km dengan jarak tempuh 4,5 – 5 jam jika kamu bermain sampai ke titik akhir area arung jeram. Sepanjang petualangan, kamu akan ditemani oleh guide sehingga tetap aman meski melewati jalur yang menantang.

  • Alamat : Jl. Banjarnegara KM. 15, Randegan, Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara
  • Operasional : Senin – Kamis 08.00 – 16.00 WIB, Jumat – Minggu 24 jam
  • Tiket masuk : Rp185.000 – Rp450.000
  • Kontak : 0852-4709-777

6. Anglir Mendung

Anglir Mendung

* sumber: perpus.jatengprov.go.id

Anglir Mendung merupakan destinasi wisata di dataran tinggi yang dilengkapi dengan kolam renang, taman bermain anak, serta camp area dengan kapasitas 200 tenda. Di sini, kamu bisa rekreasi bersama keluarga, berenang, dan menikmati pemandangan dari ketinggian.

Anglir Mendung berjarak kurang lebih 20 km dari pusat kota Banjarnegara. Jalur menuju Anglir Mendung melewati sungai, sawah, hutan, dan perbukitan yang berkelok-kelok. Anglir Mendung juga dikenal dengan nama kolam renang Paweden. Air yang ada di kolam renang ini merupakan air yang berasal dari pegunungan jadi sangat segar di tengah udara yang sejuk.

  • Alamat : Jl. Raya Karangkobar, Kasimpar, Paweden, Karangkobar, Banjarnegara
  • Operasional : 09.00 – 16.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp10.000

7. Curug Pundung Sewu

Curug Pundung Sewu

Satu lagi air terjun menarik di Banjarnegara. Curug Pundung Sewu merupakan salah satu destinasi wisata yang masih belum tersentuh pembangunan. Air terjun ini terletak di Purwonegoro, berjarak sekitar 20 km ke arah selatan dari pusat kota Banjarnegara.

Curug Pundung Sewu masih sangat alami dan cukup tersembunyi, dengan tebing tinggi yang mengelilingi area air terjun. Meski begitu, fasilitas seperti kamar mandi sudah disediakan di sini. Jadi jika kamu berencana untuk bermain air di Curug Pundung Sewu bisa bersih-bersih di kamar mandi yang sudah disediakan.

  • Alamat : Kayubima, Petir, Purwanegara, Kabupaten Banjarnegara
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp5.000

8. Surya Yudha Park

Surya Yudha Park

* sumber: beritagar.id

Surya Yudha Park merupakan tempat rekreasi dengan fasilitas yang sangat lengkap. Di sini, terdapat taman bermain, kolam renang, restoran, hotel, arena billiard, ruang karaoke, hingga bioskop. Surya Yudha Park cocok dikunjungi untuk sekadar staycation sambil menikmati fasilitas yang memanjakan.

Surya Yudha Park dilengkapi dengan kolam renang yang bukan kolam biasa, melainkan waterpark yang terdapat arena bermain seperti water boom. Selain itu, pengunjung juga bisa bermain sepeda air, flying fox hingga terapi ikan. Jika kamu senang menonton film, bisa menonton film terbaru di bioskop Surya Yudha.

  • Alamat : Jl. Raya Rejasa, Rejasa, Madukara, Kabupaten Banjarnegara
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Mulai dari Rp20.000
  • Kontak : (0286) 594 298

9. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang

* sumber: www.wisatadiengtour.net

Satu lagi destinasi wisata di Dieng yang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Banjarnegara. Kawah Sikidang merupakan kawah aktif terbesar di Dataran Tinggi Dieng. Nama Kawah Sikidang disematkan pada tempat ini karena kawah ini sering berpindah-pindah atau melompat, karena itulah diberi nama “Sikidang” yang berarti Kijang.

Kawah Sikidang menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Dataran Tinggi Dieng. Berbeda dengan kawah lainnya yang ada di puncak gunung, Kawah Sikidang memiliki daerah yang datar dan luas. Di bibir Kawah Sikidang, kamu dapat melihat aktivitas vulkanik berupa semburan lumpur serta asap dari dasar kawah.

  • Alamat : Bakal Buntu, Dieng Kulon, Batur, Kabupaten Banjarnegara
  • Operasional : 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp15.000

10. Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas

Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas

* sumber: wisatawanalam.blogspot.com

Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas merupakan hutan kota yang diresmikan sebagai taman margasatwa. Taman ini menjadi satu-satunya margasatwa di Jawa Tengah bagian selatan. terdapat lebih dari 36 jenis hewan mamalia, burung, serta binatang melata. Adapun tanaman langka yang hidup di sini.

Tanaman langka yang bisa kamu temukan di Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas diantaranya pohon mahoni, flamboyant, sengon, sepatu dea, waru, palem, sawo manila, mahkota dewa, dan masih banyak lagi. Sedangkan satwa yang bisa kamu temui antara lain harimau, singa, unta, beruang, buaya, rusa, kangguru, landak, kasuar, hingga burung merak.

  • Alamat : Jl. Gotong Royong, Kutabanjarnegara, Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara
  • Operasional : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp15.000
  • Kontak : (0286) 591 933

Sekian ulasan 10 destinasi wisata di Kabupaten Banjarnegara yang sayang untuk dilewatkan. Jika kamu berangkat dari arah Bandung atau Jakarta menuju ke Wonosobo, maka akan melewati Kabupaten Banjarnegara. Tak ada salahnya jika kamu mampir jalan-jalan di Banjarnegara sebelum tiba di Dieng. Ayo jalan-jalan di Banjarnegara!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *