Inilah 10 Destinasi Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jawa Tengah menyimpan banyak sekali destinasi wisata, seperti wisata alam, kota, budaya, hingga kuliner bisa ditemukan di sini. Salah satu destinasi yang tak kalah menarik adalah Semarang. Sebagai Ibu kota dari Provinsi Jawa Tengah, Semarang menjadi pusat bisnis yang ada di Jawa Tengah, dan memiliki destinasi wisata alam yang sangat menarik.

Salah satu wisata yang selalu ramai dikunjungi adalah Lawang Sewu. Selain itu, masih ada banyak tempat yang bisa di-explore. Kali ini, Keluyuran akan mengulas 10 destinasi wisata paling menarik di Kota Semarang yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk liburanmu selanjutnya. Simak artikel berikut ini, ya!

1. Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong

* sumber: www.nativeindonesia.com

Jika di Kabupaten Tuban ada Klenteng Kwan Sing Bio, maka di Semarang ada Klenteng Sam Poo Kong yang menjadi pusat kegiatan kebudayaan di Semarang. Klenteng Sam Poo Kong berdiri dengan gagah di kawasan Bukit Simongan dan menjadi saksi bisu penjelajahan Cheng Ho di Indonesia yang berlabuh pada tahun 1416.

Klenteng Sam Poo Kong merupakan tempat ibadah pemeluk Tridharma. Terdiri dari Buddhisme, Konfusianisme, dan Taoisme. Di dalam area Klenteng Sam Poo Kong terdapat 5  bangunan yang memiliki fungsi berbeda. Diantaranya Tempat Pertunjukan, Tempat Pemujaan Kyai Djangkar, Pemujaan Kyai Juru Mudi, Pemujaan Tho Thee Kong, dan Pemujaan Klenteng Besar.

  • Alamat : Jl. Simongan No. 129, Bongsari, Semarang Barat, Kota Semarang
  • Operasional : 08.00 – 20.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp10.000 – Rp28.000

2. Brown Canyon

Brown Canyon

* sumber: www.superadventure.co.id

Brown Canyon merupakan destinasi wisata yang menjadi tempat penambangan tanah. Di sini terdapat tebing dan bukit yang menjulang tinggi, serta hiasan pohon di bagian atasnya. Brown Canyon biasa dijadikan sebagai tempat untuk melihat sunset bagi masyarakat Kota Semarang.

Penambangan tanah di Brown Canyon masih aktif hingga saat ini, sehingga disarankan untuk menggunakan masker ketika datang ke sini agar terlindungi dari debu penambangan. Pada musim penghujan, terdapat kolam yang cukup luas dan menambah estetika dari Brown Canyon. Tak heran jika tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari dalam maupun luar kota.

  • Alamat : Rowosari, Tembalang, Kota Semarang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp2.000/orang

3. Kampung Pelangi

Kampung Pelangi

Bukan hanya di Malang saja yang memiliki kampung berwarna-warni. Di Semarang, ada Kampung Pelangi yang menjadi salah satu destinasi wisata menarik. Terdapat sekitar 232 rumah dicat dengan warna terang dan dilengkapi dengan seni mural di beberapa bagian dindingnya. Sebelumnya, Kampung Wonosari merupakan wilayah kumuh di Kota Semarang.

Lalu dengan inisiatif masyarakat, akhirnya dibuatlah Kampung Pelangi yang sangat menarik. Jika di Malang terdapat Kampung Warna-Warni Jodipan dan Kampung Tridi, maka di Semarang kamu bisa melihat keduanya di satu kampung yang sama. Di Kampung Pelangi, terdapat gambar 3D yang sangat menarik dan terlihat nyata.

  • Alamat : Jl. DR. Soetomo, Randusari, Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp3.000/orang

4. Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang merupakan salah satu saksi bisu sejarah Indonesia dan pernah menjadi pusat perdagangan pada abad ke-19 hingga abad ke-20. Kawasan Kota Lama Semarang memiliki luas 31 hektare, dengan kawasan yang terpisah dengan daerah di sekitarnyan. Kota Lama Semarang dijuluki sebagai “Little Netherland”.

Bangunan di Kota Lama Semarang mengikuti bangunan Eropa pada tahun 1700-an. Detail bangunan khas dengan ornament identik dengan gaya Eropa. Di sini juga terdapat benteng berbentuk segi lima sebagai pusat militer. Uniknya di Kota Lama Semarang, terdapat Taman Srigunting yang dilengkapi dengan alunan musik lawas dan lagu perjuangan.

  • Alamat : Jl. Letjend Suprapto, Purwodinatan, Semarang Tengah, Kota Semarang
  • Operasional : 09.00 – 21.00 WIB
  • Tiket masuk : Gratis

5. Lawang Sewu

Lawang Sewu

Lawang Sewu merupakan gedung bersejarah yang sempat menjadi kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau disingkat dengan NIS. Lawang Sewu dibangun pada tahun 1904 di kawasan bundaran Tugu Muda. Bangunan ini memiliki banyak pintu, sehingga disebut dengan Lawang Sewu yang berarti seribu pintu.

Bangunan megah ini dijadikan sebagai kantor PT. Kereta Api Indonesia (KAI) setelah kemerdekaan Indonesia, dan hingga kini Lawang Sewu masih aktif dikelola oleh PT. KAI yang selalu menarik perhatian wisatawan yang berkunjung ke Semarang. Di sini, kamu bisa berkeliling Lawang Sewu ditemani pemandu yang akan menceritakan sejarah gedung ini.

  • Alamat : Jl. Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang
  • Operasional : 07.00 – 21.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp10.000/orang

6. Grand Maerakaca

Grand Maerakaca

* sumber: asatu.id

Grand Maerakaca disebut juga Taman Mini Jawa Tengah yang menjadi salah satu destinasi wisata menarik di Kota Semarang. Taman ini dibangun pada tahun 1993 di atas lahan seluas 23,84 hektare. Grand Maerakaca memiliki rumah adat atau anjungan dari 35  kota dan kabupaten di Jawa Tengah.

Grand Maerakaca bukan hanya menyajikan rumah adat Jawa Tengah saja, di sini kamu bisa mencoba wahana rekreasi seperti becak air, ­bombomcar, bianglala, kereta gantung, outbound, hingga Museum Iptek. Selain itu, Grand Maerakaca juga memiliki Hutan Bakau atau Hutan Mangrove yang tak kalah menarik.

  • Alamat : Jl. Puri Anjasmoro, Tawangsari, Semarang Barat, Kota Semarang
  • Operasional : 07.00 – 19.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp10.000/orang

7. Museum Rekor Dunia-Indonesia

Museum Rekor Dunia-Indonesia

* sumber: www.indonesiakaya.com

Museum Rekor Indonesia (MURI) kini berganti nama menjadi Museum Rekor Dunia-Indonesia. Museum ini didirikan pada tahun 1990 di Kota Semarang sebagai ungkapan semangat pengabdian kebudayaan jamu tertua di Nusantara. Kini, Museum Rekor Dunia-Indonesia menjadi lembaga dalam menghimpun data penghargaan karya anak bangsa.

Museum Rekor Dunia-Indonesia menyimpan koleksi foto prestasi dan rekot yang pernah dipecahkan oleh orang Indonesia. Hingga tahun 2010, museum ini sudah mengoleksi lebih dari 1.300 rekor. Selain foto rekor nasional dan dunia, di sini terdapat beberapa benda hasil rekor yang dipamerkan.

  • Alamat : Jl. Perintis Kemerdekaan No. 275, Srondol Kulon, Banyumanik, Kota Semarang
  • Operasional : Senin – Jumat, 09.00 – 15.00 WIB
  • Tiket masuk : Gratis

8. Old City 3D Trick Art Museum

Old City 3D Trick Art Museum

* sumber: jejakpiknik.com

Museum biasanya digunakan sebagai tempat peninggalan sejarah. Namun, berbeda dengan museum yang satu ini. Old City 3D Trick Art Museum memiliki 108 foto bergambar tiga dimensi sebagai background foto yang unik dan menarik. Gambar disediakan sesuai dengan tema. Ada kartun, film, icon dunia, hingga wisata Semarang.

Old City 3D Trick Art Museum mulai dibuka pada tahun 2016. Meskipun tempat wisata ini terbilang masih baru, tetapi dengan keunikan dari museum ini dapat menarik banyak sekali wisatawan dari dalam dan luar kota Semarang. Old City 3D Trick Art Museum cocok dikunjungi oleh berbagai kalangan dan usia.

  • Alamat : Jl. Letjend Suprapto No. 26, Tanjung Mas, Semarang Utara, Kota Semarang
  • Operasional : 09.00 – 21.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp50.000/orang

9. Taman Indonesia Kaya

Taman Indonesia Kaya

Bakti Budaya Djarum Foundation sukses membangun Galeri Indonesia Kaya di Jakarta sebagai ruang public dengan konsep edukasi dan digital multimedia untuk memperkenalkan budaya Indonesia. Kini, Bakti Budaya Djarum Foundation memiliki Taman Indonesia Kaya yang terletak di Taman Menteri Soepeno, Semarang.

Taman Indonesia Kaya menjadi wadah untuk menciptakan serta mengembangkan kesenian dan kebudayaan di Indonesia. Di sini bisa dijadikan sebagai tempat untuk kumpul komunitas kreatif, latihan pentas, hingga menyelenggarakan pentas seni. Ruang terbuka ini sangat nyaman dan dapat dikunjungi siapa saja.

  • Alamat : Jl. Menteri Supeno No. 11A, Mugassari, Semarang Selatan, Kota Semarang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

10. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah

* sumber: soulofjakarta.com

Masjid Agung Jawa Tengah merupakan masjid terbesar di Provinsi Jawa Tengah. Masjid ini memiliki perpaduan arsitektur Jawa, Arab, dan Roma. Pada bagian dasar tiang terdapat motif batik yang menjadi seni tradisional masyarakat Jawa. Pada dinging Masjid Agung terdapat ukiran kaligrafi yang merupakan budaya arsitektur Timur Tengah.

Masjid Agung Jawa Tengah mirip seperti Masjid Nabawi di Madinah dengan enam payung hidrolik besar yang terdapat di serambi depan masjid. Pada bagian dalam masjid terdapat lapisan warna-warni yang dipengaruhi arsitektur Roma. Masjid Agung Jawa Tengah menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Kota Semarang.

  • Alamat : Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Gayamsari, Kota Semarang
  • Operasional : 04.00 – 22.00 WIB
  • Tiket masuk : Gratis

Demikian ulasan tentang 10 destinasi wisata di Kota Semarang yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, kota, hingga religi dapat dilakukan di Kota Semarang. Mulai dari masjid hingga klenteng menarik untuk dikunjungi. Yuk, keluyuran di Semarang!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *