Inilah 10 Tempat Wisata di Indonesia yang Mirip Korea

Ditulis oleh Siti Hasanah

Korea Selatan sukses menarik banyak wisatawan untuk datang ke negaranya berkat Hallyu atau disebut juga dengan istilah Korean Wave.

Melalui drama dan filmnya, Korea Selatan berhasil mempromosikan daerah-daerahnya. Tiap tempat syuting drama atau film yang sukses biasanya akan menjadi tempat wisata terkenal.

Maka tak heran jika banyak orang Indonesia yang merupakan penggemar drakor, alias drama Korea, tertarik untuk berkunjung ke negara ginseng tersebut.

Namun untuk sampai ke negerinya Lee Min Hoo itu perlu budget yang lumayan meskipun dengan cara backpacking. Tapi jangan khawatir, bagi kamu yang belum kesampaian liburan ke Korsel, berikut 10 tempat wisata mirip Korea di Indonesia.

Baca juga: 10 Pantai Terindah di Indonesia yang Jadi Objek Wisata Baru

1. Bangka Botanical Garden

Bangka Botanical Garden
  • Alamat: Jl. Raya Pasir Padi, Kel. Temberan, Kec. Bukit Intan, Air Itam, Pangkal Pinang, Kepulauan Babel
  • Jam buka: 08.00-18.00
  • Telepon: 0852-0890-8185
  • HTM: gratis

Di Korea Selatan ada Nami Island yang sangat terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan, khususnya dari Jepang dan Cina. Pulau ini merupakan lokasi syuting drama lawas berjudul Winter Sonata.

Dahulu drama ini sangat terkenal sekali. Salah satu tempat di Nami Island yang menjadi lokasi Pine Tree Lane. Lokasi ini menjadi tempat yang paling banyak difoto di pulau tersebut. 

Kalau kamu ingin ke Nami Island tapi belum kesampaian, jangan bersedih dulu. Di Indonesia juga ada destinasi wisata yang memiliki suasana mirip dengan Nami Island tersebut.

Nama tempat wisata itu adalah Bangka Botanical Garden. Di salah satu lokasinya terdapat pohon tinggi yang berjajar rapi seperti di Nami Island yang menjadi lokasi syuting Winter Sonata. Bagaimana, mirip bukan fotonya?

2. The Lost World Castle

  • Alamat: Jl. Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Sleman, DIY
  • Jam buka: 07.00-18.00
  • Telepon: -
  • HTM: Rp 30.000

Korea dikenal memiliki beberapa istana dan benteng yang menjadi lokasi wisata. Tak hanya itu tempat-tempat tersebut juga kerap dijadikan lokasi syuting untuk drama bertema kerajaan.

Salah satu drama sageuk atau drama yang bertema sejarah kerajaan itu adalah Jewel in the Palace atau lebih dikenal dengan Dae Jang Geum. Lokasi syuting drama ini di antaranya adalah Benteng Hwaseong.

Benteng ini berada di Kota Suwon, Provinsi Gyeonggi. Kalau belum bisa berkunjung ke sana, kamu bisa berkunjung ke tempat wisata mirip Korea di Indonesia yang bernama The Lost World Castle.


Lokasi tempat wisata ini ada di Yogyakarta, tepatnya di lereng Gunung Merapi. Meskipun disebut sebagai kastil, tempat wisata ini bentuk bangunan luarnya mirip dengan penampakan Benteng Hwaseong.

Untuk menambah kesan kalau kamu sedang ada di Korea, tempat tersebut juga dihiasi dengan pohon Sakura yang mekar. Tertarik untuk berkunjung ke sana?

3. Little Seoul

Little SeoulSumber: tripzilla.id
  • Alamat: Jl. Sawunggaling No.10, Tamansari, Bandung, Jl. Buah Batu No.218, Cijagra, Kecamatan Lengkong
  • Jam buka: 10.00-22.00
  • Telepon: 08157276012/085860530980
  • HTM: -

Untuk merasakan suasana Korea di Kota Bandung bukan suatu hal yang mustahil lagi. Itu karena di kota kembang ini terdapat sebuah tempat yang bernama Little Seoul yang berada di Jalan Sawunggaling, Tamansari.

Tempat ini berada di kafe yang bernama Chingu. Little Seoul menampilkan replika mini Kota Seoul yang diidentikan dengan jajaran pertokoan.

Kafe Chingu sendiri memang sudah dikenal sebagai kafe yang menghidangkan bermacam-macam makanan khas Korea. Kalau ingin mencicipi makanan Korea yang ada di drama, kamu bisa mampir di kafe ini.

Menurut mereka yang nonton drama Itaewon Class dan sudah mampir ke Little Seoul, tempat ini mirip dengan lokasi syuting drama tersebut yang berada di Itaewon yang khas dengan pertokoan.

Itaewon sendiri memang salah satu kawasan yang sangat terkenal di Korea. Di sini banyak berkeliaran turis asing dan pertokoan serta restoran luar negeri.

Oh iya, selain di daerah Sawunggaling, kafe Chingu juga punya cabang di daerah Buah Batu. Tepatnya di Jalan Buah Batu No.218, Cijagra, Lengkong dan buka mulai pukul 10.00 hingga 22.00.

4. Celosia Happy and Fun

  • Alamat: Jl. Gedongsongo, Beroken, Banyukuning, Semarang
  • Jam buka: 07.00-17.30
  • Telepon: 0822 1308 4893/WhatsApp: 0822 1308 4893
  • HTM: Rp20.000-Rp25.000

Di Indonesia sekarang ini bermunculan tempat wisata yang berisi miniatur tempat-tempat terkenal di luar negeri. Salah satu tempat wisata itu adalah Celosia Happy and Fun yang merupakan bagian dari Taman Bunga Celosia.

Tempat ini berada di Bandungan, Semarang. Di sini tak hanya ada hamparan bunga yang luas, tapi ada juga miniatur negara-negara luar, salah satunya adalah Korea Selatan.

Taman Bunga Celosia yang berada di Celosia Happy and Fun ini memiliki spot yang ala-ala Korea Selatan. Terdapat bangunan-bangunan dengan tulisan hangul dan bunga yang berwarna-warni.

Fasilitas di sini cukup memadai, ada kursi-kursi yang terletak di little Korea untuk bersantai, musala, tempat makan, dan tempat penyewaan hanbok, yaitu pakaian tradisional Korea Selatan.

Di tempat wisata ini kamu bisa berfoto di lokasi little Korea dengan menggunakan hanbok. Jadi serasa sedang liburan di Korea, deh.

5. Lembah Harau

Lembah HarauSumber: phinemo.com
  • Alamat: Lembah, Tarantang, Kecamatan Harau, Kab. Lima Puluh Kota, Sumatera Barat
  • Jam buka: 09.00-17.00
  • Telepon: 081360813344
  • HTM: Rp20.000-Rp40.000

Lembah Harau adalah satu dari banyak destinasi wisata di Sumatera Barat yang sangat populer. Lokasi tempat wisata ini berada di Payakumbuh yang termasuk dalam Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar.

Destinasi wisata ini berupa ngarai yang diapit oleh dua bukit cadas yang tinggi menjulang. Di sini terdapat air terjun yang indah. Lembah Harau adalah salah satu lembah yang terindah di dunia.

Lalu apa yang membuat tempat wisata ini bisa dikatakan mirip Korea? Ternyata, di Lembah Harau terdapat dua bangunan yang penampilannya mirip dengan bangunan sekolah yang ada di Korea.

Sebenarnya bangunan itu adalah gudang. Selain itu, di tempat itu juga terdapat pohon kering yang menambah suasana seperti di Korea.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram