10 Tempat Wisata Mirip dengan New Zealand di Indonesia

Selandia Baru atau New Zealand dikenal sebagai negara yang memiliki alam yang indah dengan hamparan padang rumputnya dan perbukitan hijaunya.

Selain itu, di negara yang dikenal dengan sebutan negeri kiwi ini terdapat juga danau yang indah. Oh iya, bukan kiwi buah ya, tapi burung kiwi. Negara ini juga jadi langganan lokasi syuting film-film Hollywood.

Karena letaknya yang cukup jauh dari Indonesia, sekitar 11 jam penerbangan, maka tak heran kalau untuk berlibur ke Selandia Baru cukup mahal.

Tapi kalau kamu begitu ingin bisa ke Selandia baru, di Indonesia ada tempat wisata yang mirip dengan di Selandia Baru. Lokasinya ada di dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia. Penasaran? Yuk intip tempat-tempatnya di sini.

Baca juga: Inilah 10 Negara yang Ramah untuk Traveler Wanita

1. Pantai Bwanna, Sumba

  • Alamat: Panenggo Ede, Kodi Bangedo, Kab. Sumba Barat Daya, NTT
  • Jam buka: 24 jam

Pantai Bwanna dikatakan mirip dengan Pantai Anawhata yang ada di Selandia Baru. Terletak di Kabupaten Sumba Barat Daya, pantai ini jaraknya sekitar 2 jam dari Tambolaka merupakan ibu kota kabupaten tersebut.

Pantainya berpasir putih dan dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi. Ciri khas pantai ini adalah karang yang tingginya kurang lebih 5 meter dan ada lubang besar di tengahnya.

Oleh masyarakat setempat lubang tersebut disebut Bwanna ataupun Banna. Sayangnya bagian ini hancur karena gempa yang melanda Sumba.

Tak hanya pantainya saja yang indah, menyaksikan keindahan laut berwarna biru dari atas tebing juga merupakan hal yang tak boleh kamu lewatkan.

2. Padang Mengatas, Sumatera Barat

Padang Mengatas, Sumatera Barat
  • Alamat: Jalan Raya payakumbuh Lintau, KM 9 Pakan Sabtu, Kec. Luak, Kab. Lima Puluh Kota, Sumbar
  • Jam buka: 08.00-16.30
  • Telepon: 0752 759315/ WhatsApp Center 085669112762
  • HTM: Gratis

Ada pemandangan yang mirip dengan di Selandia Baru di Sumatera Barat. Tempat wisata ini bernama Padang Mengantas. Oleh masyarakat setempat padang ini disebut Padang Mengateh. Saat ini wisata Padang Mengatas sedang hits.

Ketika berkunjung ke lokasi wisata ini, kamu akan menyaksikan hamparan padang rumput yang luasnya sekitar 280 hektar yang dipenuhi oleh gerombolan sapi-sapi yang diternak secara liar.

Faktanya memang Padang Mengantas adalah sebuah peternakan sapi. Pengelolanya adalah BPTU-HPT Padang Mengatas.

Lokasi peternakan sapi ini di Desa Mungo, Kec. Luak, Kab. Lima Puluih Kota. Saat berada di peternakan ini kamu akan merasakan suasana ala Selandia Baru atau New Zealand.

Tak perlu dibayangkan karena memang suasananya mirip dengan padang rumput yang ada di negara kiwi tersebut. Jadi tidak usah bersedih kalau belum bisa pergi ke New Zealand, kamu masih bisa ke Padang Mengantas.

3. Danau Sentani & Duder Regional Park, Papua

Danau Sentani & Duder Regional Park, Papua
  • Alamat: Jl. Raya Sentani-Jayapura (Sentani), Jayapura, Papua
  • Jam buka: 24 jam
  • Telepon: -
  • HTM: Rp10.000

Dari daerah Sumatera sekarang menuju ke ujung timur Indonesia. Papua sudah terkenal akan keindahan laut dan budayanya.

Satu lagi tempat di Papua yang terkenal sebagai tempat wisata populer yaitu Danau Sentani. Danau ini berada di Provinsi Papua dan membentang antara Kota Jayapura dengan Kabupaten Jayapura.

Luasnya sekitar 9.360 ha dan berada pada ketinggian sekitar 75 meter mdpl, Danau Sentani adalah danau terluas di Papua. Di sekitar danau terdapat 21 pulau kecil.

Kamu dapat melihat danau dari ketinggian. Perbukitan hijau asri jadi latar danau ini ditambah dengan udara sejuk membuat objek wisata ini semakin memesona.

Jika di Papua ada Danau Sentani, di Selandia Baru terdapat Duder Regional Park. Penampakan Danau Sentani mirip dengan tempat wisata di New Zealand tersebut. Kalau penasaran dengan kemiripannya, kamu bisa berkunjung ke danau di Papua ini.

4. Gunung Merbabu, Boyolali

Gunung Merbabu, Boyolali
  • Alamat: Suroteleng, Selo, Boyolali
  • Jam buka: 08.00-18.00
  • Telepon: (0276) 3293341
  • HTM: Rp3.000-Rp150.000

Gunung Merbabu lokasinya berada di Jawa tengah, tepatnya yaitu di Kabupaten Magelang untuk lereng bagian barat dan lereng bagian timur dan selatan ada di Kabupaten Boyolali. Untuk lereng bagian utara ada di Kota Salatiga serta Kab. Semarang.

Ketinggian gunung ini sekitar 3.145 mdpl. Kamu akan menyaksikan perbukitan serta lembah seperti yang ada di Selandia Baru pada beberapa titik pendakiannya. Perbukitan hijau, asri dan bersih itu dihiasi dengan latar belakang berupa gunung-gunung yang gahar.

Bagi kamu yang tertarik untuk mendaki Gunung Merbabu, terdapat dua jalur favorit, yaitu jalur Wekas yang berada di Magelang serta Selo, Boyolali. Jalur ini merupakan jalur terpendek.

Sama halnya dengan jalur Selo, di sini kamu bisa melihat pemandangan seperti tadi, padang dan lembah hijau. Pasti kamu jadi tertarik, kan? Segera menabung untuk berlibur.

5. Pulau Lengkuas, Bangka Belitung

Pulau Lengkuas, Bangka Belitung
  • Alamat: Kepulauan Bangka Belitung, Sijuk, Belitung, Bangka Belitung
  • Jam buka: 24 jam
  • Telepon: -
  • HTM: Gratis

Pulau Lengkuas yang berada di Provinsi Bangka Belitung mempunyai luas sekitar 1 ha. Pantai ini lokasinya dekat dengan Pantai Tanjung Kelayang.

Di tengah pulau terdapat sebuah mercusuar peninggalan kolonial Belanda dengan tinggi sekitar 62 meter. Menara ini jadi sumber cahaya untuk membantu navigasi laut yang dibangun pada tahun 1882.

Pulau ini mirip dengan tempat wisata di New Zealand yang bernama Castle Point Lighthouse. Keindahannya tak kalah dari objek wisata di Selandia Baru tersebut.

Di sini kamu bisa menyelam, snorkeling, berjemur, ataupun berfoto dengan dilatari pasir putih, batu granit, dan air laut yang jernih.

6. Bukit Kuta Malaka, Aceh

  • Alamat: Lam Ara Tunong, Kuta Malaka, Kec. Suka Makmur, Kab. Aceh Besar, Aceh
  • HTM: Rp10.000

Kembali ke ujung barat Indonesia, tepatnya di Aceh. Ingin menyaksikan bukit dan lembah hijau seperti di New Zealand? Tak perlu kamu terbang 11 jam karena di Aceh ada tempat wisata yang tak kalau memesona pemandangannya dibandingkan tempat wisata di luar negeri.

Nama tempat wisata mirip New Zealand di Indonesia itu adalah Bukit Kuta Malaka. Karena keindahannya yang seperti di Selandia Baru, maka tak heran jika ini jadi destinasi wisata hits di Indonesia.

Bukit Kuta Malaka berupa bentangan perbukitan warna hijau. Tiap lekuk perbukitannya yang berwarna hijau memperlihatkan landscape yang memukau layaknya suasana di New Zealand.

Di Bukit Kuta Malaka terdapat destinasi lain yang jadi incaran wisatawan yaitu air terjunnya, yaitu Air terjun Kuta Malaka. Pesona air terjun ini sangat spektakuler sehingga banyak wisatawan yang rela menempuh trek sulit untuk melihat air terjun ini.

7. Pantai Pasih Uug, Bali

Pantai Pasih Uug, BaliSumber: highlight.id
  • Alamat: Bunga Mekar, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali
  • Jam buka: 24 jam
  • Telepon: 0821-4595-6089
  • HTM: gratis

Dalam bahasa Bali Pantai Pasih Uug artinya Pantai yang rusak, tapi justru tempat ini terlihat sangat unik juga menarik.

Pantai yang berada di wilayah barat Pulau Nusa Penida ini pada satu sisinya dihiasi perbukitan hijau dan di sisi yang lain birunya air laut sehingga menjadikan tempat ini sejajar keindahannya dengan Uluwatu yang terkenal itu.

Di New Zealand terdapat tempat yang dinamakan Cathedral Cove. Kalau kamu lihat fotonya, Pantai Pasih Uug nampak hampir sama dengan Cathedral Cove.

Di sini ada batu karang besar dan sebuah lubang seperti gua. Bukit, batu karang, pasir pantai dan lautnya akan membuatmu seperti sedang berada di objek wisata terkenal di New Zealand tersebut.

8. Pantai Menganti, Kebumen

  • Alamat: Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen
  • Jam buka: 24 jam
  • Telepon: -
  • HTM: Rp10.000

Kebumen yang berada di Jawa tengah juga memiliki lanskap alam yang eksotis. Pantai Menganti yang terletak di Desa Karangduwur memiliki panorama berupa perbukitan hijau serta tebing-tebing yang cantik. Pemandangan ini mirip dengan panorama di Selandia Baru.

Untuk menuju Pantai Menganti jalannya cukup menantang. Jalannya meliuk-liuk serta naik turun dengan kemiringan hampir 25 derajat. Namun sepertinya semua jerih payah akan terbayar dengan indahnya perbukitan hijau.

Perbukitan serta tebing-tebing itu berbatasan di depannya dengan laut biru. Pantai Menganti pemandangannya mirip dengan White Sands Beach yang ada di Selandia Baru.

9. Kawah Wurung, Bondowoso

Kawah Wurung, Bondowoso
  • Alamat: Jl. Raya Pasir Padi, Kel. Temberan, Kec. Bukit Intan, Air Itam, Pangkal Pinang, Kepulauan Babel
  • Jam buka: 08.00-16.00
  • Telepon: -
  • HTM: Rp3.000

Ingin melihat pemandangan bukit-bukit hijau yang cantik? Kamu tak harus pergi jauh berkunjung ke New Zealand yang dikenal memiliki pemandangan alam yang indah.

Di Indonesia juga ada pemandangan semacam itu. Tak percaya? Kamu bisa berkunjung ke Kawah Wurung.Tempat wisata ini berada di Jawa Timur, tepatnya di Desa Kalianyar, Kabupaten Bondowoso.

Kawah Wurung seperti namanya adalah sebuah kawah yang tidak sukses terbentuk. Akan tetapi kawah tersebut kemudian diselimuti oleh rerumputan hijau.

Ketinggian Kawah Wurung sekitar 1500 mdpl membuat udara di sini terasa sejuk. Pemandangan hamparan rumput hijau ini membuat kamu serasa sedang berada di New Zealand.

Meskipun jauh dari kota tapi akses menuju ke tempat ini mudah sekali dan bisa ditempuh dengan motor atau mobil.

10. Bukit Holbung, Samosir

  • Alamat: Dolok Raja, Harian, Samosir, Sumatera Utara
  • Jam buka: 24 jam
  • Telepon: -
  • HTM: Rp5.000

Selain Danau Toba dan Pulau Samosir, Sumatera Utara juga memiliki tempat wisata mirip New Zealand. Objek wisata ini berupa hamparan padang sabana dengan panorama alam yang indah. Letaknya berada di Dolok Raja, Pulau Samosir.

Tempat ini bernama Bukit Holbung yang kalau dilihat mirip penampilannya mirip dengan Milford Sound, sebuah tempat wisata di New Zealand.

Kamu bisa berkemah di sini dan bangun di pagi hari untuk menyaksikan gumpalan kabut tebal yang nampak seperti awan bertingkat. Ini akan membuat kamu serasa berada di sebuah negeri di atas awan. 

Jika dibandingkan beberapa tempat wisata di Indonesia memiliki kemiripan dengan beberapa tempat wisata yang ada di Selandia Baru atau New Zealand. Coba kamu berfoto di tempat-tempat di atas, mungkin teman-temanmu akan menebak kamu sedang berada di Selandia Baru.

Jadi kalau kamu belum sempat berlibur ke Selandia Baru, jangan bersedih. Kamu masih bisa menikmati suasana mirip New Zealand di beberapa tempat wisata di Indonesia. Kira-kira kamu mau berkunjung ke tempat wisata yang mana?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram