10 Tempat Wisata Keren yang Ada di Dekat Candi Borobudur

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Selama ini objek wisata yang paling terkenal di Magelang adalah Candi Borobudur. Candi Buddha yang megah ini memang merupakan magnet yang kuat untuk menari wisatawan. Bahkan, aktor sekelas Richard Gere saja pernah mengunjungi Candi Borobudur untuk berdoa dan meditasi.

Namun, Magelang bukan tentang Candi Borobudur saja, lho. Masih banyak tempat wisata lain yang lokasinya dekat dengan Candi Borobudur dan menarik untuk kamu kunjungi. Di kesempatan kali ini, Keluyuran akan membahas seputar tempat wisata keren yang lokasinya dekat dengan Candi Borobudur. Yuk, simak dan catat nama tempat wisata yang akan kami ulas di sini!

1. Candi Mendut

Candi Mendut

* sumber: id.wikipedia.org

Komplek Candi Mendut memang tidak seluas Candi Borobudur. Akan tetapi, Candi Buddha yang satu ini merupakan spot yang wajib kamu singgahi ketika berwisata ke Borobudur. Candi yang dibangun pada tahun 824 masehi ini terbentuk dari batu andesit  dengan total luas keseluruhan 13,7 x 13,7 meter. Bentuknya segi empat dengan atap yang dihias dengan stupa kecil.

Jika diperhatikan dari dekat, di dinding candi terdapat relief seputar binatang, seperti burung, kura-kura, dan kepiting. Kalau kamu hendak menuju ke Candi Borobudur, kamu pasti melewati Candi Mendut ini. Pasalnya, kedua candi tersebut hanya dipisahkan jarak sejauh 3 km saja.

  • Alamat: Jalan Magelang Sumberrejo, Mendut, Mungkid, Magelang
  • Telepon: (0293) 788564
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 07:00 – 19:00 WIB
  • Harga Tiket: Rp 10.000/orang

2. Gereja Ayam (Bukit Rhema)

Gereja Ayam

* sumber: id.wikipedia.org

Bangunan bekas gereja ini memiliki bentuk yang sangat unik, yakni menyerupai seekor ayam. Tempat yang dikenal dengan nama Gereja Ayam ini mendadak jadi terkenal sejak dijadikan lokasi syuting “Ada Apa dengan Cinta 2”. Popularitas Gereja Ayam tidak hanya booming di Indonesia, tapi bahkan sampai ke luar negeri.

Gereja Ayam menawarkan pemandangan perbukitan yang sangat asri dari atas rooftop­-nya. Jika kamu datang kemari di pagi hari, kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang luar biasa indah. Jarak antara Gereja Ayam dengan Candi Borobudur hanya sekitar 2,5 km saja.

  • Alamat: Karangrejo Gombong, Kurahan, Kembanglimus, Kec. Borobudur, Magelang
  • Telepon: 0823-3003-5288
  • Jam Operasional: 05:30 – 17:00 WIB
  • Harga Tiket: Rp 10.000/orang (Wisatawan Lokal) & Rp 25.000 (Wisatawan Mancanegara)

3. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu

* sumber: www.indwisata.com

Bagi kamu yang belum tahu Punthuk Setumbu, ini adalah bukit yang tingginya sekitar 400 meter di atas permukaan laut. Bukit ini berada di gugusan Pegunungan Menoreh. Meskipun dapat dikunjungi jam berapapun, tetapi wisatawan yang datang kemari rata-rata ingin mengabadikan pemandangan matahari terbit dari bukit ini.

Jika ingin melihat sunrise, kamu harus datang ke Punthuk Setumbu ini pada saat subuh. Lokasi tempat wisata ini jaraknya hanya 5 km saja dari Candi Borobudur. Kalau cuaca sedang cerah dan tidak berkabut, kamu bisa melihat siluet samar Candi Borobudur dari Punthuk Setumbu, lho.

  • Alamat: Jl. Borobudur Ngadiharjo KM 4, Kurahan, Karangrejo, Kec. Borobudur, Magelang
  • Telepon: 0856-2778-569
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Harga Tiket: Rp 15.000/orang

4. Candi Pawon

Candi Pawon

* sumber: www.triptrus.com

Di sekitar Candi Borobudur terdapat sejumlah tempat wisata candi-candi kecil, salah satunya adalah Candi Pawon. Candi yang satu ini lokasinya hanya berjarak sekitar 2,5 km saja dari Candi Borobudur.

Walaupun candinya tidak terlalu besar, tetapi komplek candi ini ditata dengan sangat rapi dan asri. Banyak wisatawan yang mampir ke Candi Pawon untuk mengambil foto dengan latar belakang candi. Kalau kamu ingin melakukan ‘candi’ hopping, maka kamu harus memasukkan Candi Pawon ini ke dalam list-mu.

  • Alamat: Brojonalan, Wanurejo, Borobudur, Dusun 1, Wanurejo, Kec. Borobudur, Magelang
  • Jam Operasiona: Setiap hari pukul 09:00 – 17:30 WIB
  • Harga Tiket: Rp 10.000/orang (Wisatawan Lokal) & Rp 20.000/orang (Wisatawan Mancanegara)

5. Ketep Pass

Ketep Pass

* sumber: www.cnnindonesia.com

Magelang banyak menawarkan objek wisata pegunungan, salah satunya adalah Ketep Pass. Tempat wisata ini berada di Bukit Sawangan yang terletak di ketinggian 1.200 mdpl. Kamu dapat menikmati panorama Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dari Ketep Pass ini.

Udara sejuk khas Pegunungan bisa kamu rasakan ketika berada di Ketep Pass. Apabila kamu bosan dengan tempat wisata yang ramai dan gemerlap, Ketep Pass bisa menjadi tempat yang cocok untuk refreshing, nih! Fasilitas di sini juga sudah terbilang lengkap, ada rumah makan, toilet, hingga mushola. Dengan kendaraan darat, waktu tempuh dari Candi Borobudur ke Ketep Pass hanya sekitar 45 menit saja.

  • Alamat: Jl. Blabak – Boyolali KM. 16, Ketep Pas, Ketep, Sawangan, Magelang
  • Telepon: 0811-2640-046
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 06:00 – 18:00 WIB
  • Harga Tiket: Wisatawan Lokal Rp 10.500/orang (Senin-Sabtu); Rp 12.500/orang (Minggu/Hari Libur Nasional) & Wisatawan Mancanegara Rp 50.000/orang (Senin-Sabtu); Rp 60.000/orang (Minggu/Hari Libur Nasional)

6. Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang

* sumber: explorewisata.com

Suka dengan wisata yang sedikit menguji adrenalin? Kunjungi saja Air Terjun Kedung Kayang. Air terjun ini masih asri dan belum banyak dikunjungi wisatawan lantaran treknya yang masih benar-benar alami. Kamu harus hiking untuk bisa mencapai air terjun setinggi 40 meter ini. Waktu yang dibutuhkan untuk jalan kaki dari tempat parkir kendaraan ke air terjun adalah 20 menit.

Pemandangan di sekitar air terjun begitu mengagumkan. Tumbuhan hijau yang terdapat di sisi jalan setapak yang kamu lalui untuk mencapai air terjun terlihat menyegarkan mata. Bahkan, dari beberapa spot, tampak pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

  • Alamat: Jalan Ketep Pass Wonolelo, Nagrong, Ketep, Sawangan, Magelang.
  • Telepon: 0812-2824-7475
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 07:00 – 17:00 WIB
  • Harga Tiket: Rp 6.000/orang

7. Pinusan Kragilan

Pinusan Kragilan

*Sumber: https://www.instagram.com/3rwiin99/

Pinusan Kragilan adalah hutan pinus yang lokasinya berada di kaki Gunung Merbabu. Bagi masyarakat Magelang dan sekitarnya, Pinusan Kragilan lebih dikenal dengan nama Top Selfie Pinusan Kragilan. Nama ini diberikan karena tempat ini memang memiliki sejumlah spot menari untuk berfoto.

Selain menjelajah hutan dan berfoto-foto, wisatawan bisa menyusuri Sungai Selo Tumpang yang mengalir di sepanjang hutan pinus. Sayangnya, kamu tidak bisa mendirikan tenda untuk berkemah di tempat wisata yang jaraknya sekitar 35 km dari Candi Borobudur ini.

  • Alamat: Area Kebun/Hutan, Pogalan, Pakis, Magelang
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 07:00 – 17:00 WIB
  • Harga Tiket: Rp 10.000/orang

8. Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng

* sumber: www.hargatiket.net

Berencana untuk berwisata dengan membawa anak kecil? Yuk, datang saja ke Taman Kyai Langgeng. Ini merupakan tempat wisata keluarga yang bisa ditempuh dari Candi Borobudur dengan waktu 40 menitan.

Taman seluas 5 hektare ini menawarkan berbagai wahana dan fasilitas menarik, di antaranya adalah kolam renang, dragon coaster, flying fox, mobil keliling, dan masih banyak lagi. Anak-anak pasti akan sangat senang bila diajak berwisata ke Taman Kyai Langgeng ini.

  • Alamat: Jl. Cempaka 6, Kota Magelang
  • Telepon: (0293) 3192642
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 08:00 – 16:00 WIB
  • Harga Tiket: Rp 24.000/orang (Senin-Jumat), Rp 30.000/orang (Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional), dan Rp 35.000/orang (High Season)

9. Pemandian Air Hangat Candi Umbul

Pemandian Air Hangat Candi Umbul

* sumber: balijogja.com

Candi Umbul merupakan situs purbakala yang kini menjadi pemandian air hangat yang dibuka untuk umum. Lokasinya memang tidak terlalu dekat dengan Candi Borobudur, tapi kamu bisa menjangkaunya dengan menempuh perjalanan darat sekitar 1 – 1,5 jam.

Konon, pemandian ini dulunya adalah tempat mandi putri raja. Para putri akan mampir kemari untuk membersihkan diri setelah menjalankan ritual di Candi Borobudur. Kini, seluruh kalangan masyarakat bisa menggunakan pemandian ini untuk berendam dan menghilangkan pegal-pegal di tubuh.

  • Alamat: Jalan Candi Umbul, Grabag, Perkebunan, Kartoharjo, Kec. Grabag, Magelang
  • Telepon: 0877-3414-3050
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 06:00 – 18:00 WIB
  • Harga Tiket: Rp 10.000/orang

10. Desa Wisata Candirejo

Desa Wisata Candirejo

* sumber: www.inibaru.id

Berjarak 2 km saja dari Candi Borobudur, Desa Candirejo merupakan desa wisata unik yang membawamu lebih dekat pada kehidupan penduduk setempat. Desa yang satu ini selalu  menjadi jujugan bagi wisatawan yang datang ke Candi Borobudur.

Segala jenis wisata tersedia di sini, mulai dari wisata agro, wisata budaya, sampai dengan wisata alam. Kamu dapat mempelajari tradisi dan adat penduduk desa yang tidak tergerus oleh perkembangan zaman modern ini.

  • Alamat: Jl. Raya Candirejo, Kaliduren, Candirejo, Kec. Borobudur, Magelang
  • Harga Tiket: Gratis (tidak termasuk biaya menginap)

Itulah 10 tempat wisata dekat Candi Borobudur yang bisa kamu kunjungi. Dengan adanya ulasan seputar tempat wisata keren di atas, kamu jadi mempunyai pilihan destinasi wisata ketika berkunjung ke Magelang. Kunjungi artikel tempat wisata di Magelang ini untuk memperbanyak referensi destinasi wisatamu!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *