10 Tempat Wisata di Sukabumi yang Dekat dengan Stasiun

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 16 Februari 2021

Stasiun kereta merupakan salah satu faktor pendukung berkembangnya sebuah kota. Dengan adanya kereta mobilitas masyarakat di semua sektor kehidupan menjadi lebih mudah. Termasuk di sektor pariwisata. Adanya kereta dan stasiun sebagai tempat transit membuka celah perkembangan bagi kota yang di dalamnya terdapat stasiun.

Berwisata dengan menggunakan kereta menjadi alternatif jalan-jalan di sela-sela waktu liburan yang sempit. Jika masa lliburanmu sempit namun kamu ingin tetap jalan-jalan, kamu bisa mencari destinasi wisata yang tak jauh dari stasiun kereta, misalnya di Sukabumi ini.

Inilah beberapa destinasi wisata di Sukabumi yang berada tak jauh dari stasiun. Untuk selengkapnya, simak ulasan berikut ini yuk!

1. Situ Gunung

Situ Gunung

* sumber: www.cnnindonesia.com

Situ Gunung merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Kabupaten Sukabumi. Di sekitar taman nasional ini terdapat objek wisata alam seperti danau dan air terjun. Salah satu danaunya adalah Situ Gunung.

Situ Gunung berjarak 16 km dari pusat kota. Setelah sampai di stasiun Sukabumi, kamu bisa lanjut naik kendaraan umum untuk mencapai lokasi Situ Gunung. Ada beberapa opsi kendaraan umum yang bisa kamu gunakan.

Pertama, kamu bisa naik angkota menuju Polsek Cisaat dan ganti angkot merah yang melewatii Situ Gunung. Bisa juga naik angkot/ sewa angkot untuk langsung sampai di lokasi situ berada. Tarif sewa angkot dapat dinegosiasikan dengan sopir angkotnya.

Dan terakhir, ada transportasi online. Ini yang paling praktis namun, tarifnya cukup tinggi. Situ Gunung baru-baru ini menyuguhkan objek menarik kepada para pengunjung yang datang ke situ ini.

Kalau dulu di situ ini hanya menawarkan keindahan danau dengan bentang alam yang eksotis yang memanjakan mata. Sekarang pengelola telah membangun jembatan baru sebagai atraksi tambahan bagi para pengunjung.

Jembatan di Situ Gunung diberi nama Situ Gunung Suspension Brigde. Jembatan ini terbuat dari kayu ulin yang didatangkan dari Papua. Jembatan ini dibangun sepanjang 243 meter dengan tinggi 161 meter. Jembatan kayu ini dapat menampung sebanyak 90 orang.

Selain itu, ada spot menarik lainnya yang menjadi pelengkap tempat wisata tersebut, seperti pertunjukan teater, guide, curug sawer dan glamping.

  • Alamat: Sukabumi Kadudampit, Jawa Barat
  • HTM: Paket wisata untuk dewasa Rp50.000, anak-anak Rp25.000
  • Jam buka: Senin-Jumat 07.00-17.00 Jumat-Minggu 06.00-21.00

2. Masjid Agung Sukabumi

Masjid Agung Sukabumi

* sumber: mamikos.com

Lokasi Masjid Agung Sukabumi sangat strategis. Berada di pusat keramaian kota dengan fasilitas lengkap. Di sekitar masjid agung terdapat pusat jajanan dan pusat kegiatan ibadah. Masjid yang dibangun tahun 1904 ini menjadi ikon kota Sukabumi.

Sejak dibangung, masjid ini terhitung sudah mengalami 6 kali renovasi, yakni dari tahun 1925, 1945, 1966, 2004 dan 2013. renovasi yang dilakukan dari tahun ke tahun merubah bentuk dan ukuran masjid. Kubah masjid pun tak luput dari proses renovasi bangunan masjid.

Masjid ini berjarak 1,8 km dari stasiun kereta Sukabumi. Masjid agung yang mempunyai sejarah panjang perjuangan rakyat Sukabumi ini dapat menjadi destnasi wisata kota untuk liburan singkatmu.

  • Alamat: Jl Alun-alun Utara, Cikole Gunungparang, Sukabumi
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: -

3. Danau Batu Bacan

Danau Batu Bacan

* sumber: merahputih.com

Tempat wisata berupa danau buatan ini terletak 10,5 km dari stasiun Sukabumi. Danau buatan yang terbentuk dari bekas galian tambang ini menjadi spot wisata menarik dari kota mochi.

Danau Batu Bacan banyak dikunjungi sebab ternyata bekas lubang tambang yang telah lama mati lalu terisi air yang membentuk genangan air banyak seperti danau. Terlebih lagi pemandangan di sekitar danau buatan ini tak kalah indah.

Batu-batu yang membentuk ceruk danau menjadi penambah keindahan air danau yang berwarna hijau. Warna hijau air danau ini mengingatkan kita warna batu bacan. Itu lah mengapa masyarakat menamai danau ini dengan sebutan Danau Batu Bacan.

Air di danau ini konon tak pernah mengalami surut sekalipun di musim kering. Padahal di musim-musim minim hujan tersebut sumber air biasanya berkurang. Tapi di Danau Batu Bacan debit air tidak pernah berkurang.

  • Alamat: Jl Langenari Sukaraja Sukabumi Jawa Barat
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Gratis. Bayar parkir motor Rp2.000 mobil Rp5.000

 4. Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa

Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa

* sumber: www.kompasiana.com

Vihara ini memang merupakan tempat ibadah namun, terbuka bagi para wisatawan yang ingin mengetahui sejarah atau sekedar jalan-jalan di lingkungan Vihara. Vihara yang juga disebut sebagai vihara Dewi Kwan Im ini dibangun atas usul seorang warga Thailand.

Wanita yang dikenal dengan nama Mama Airin ini membangun sebuah kuil yang menghadap ke laut berdasarkan mimpi yang dialaminya. Pembangunan vihara ini membutuhkan waktu yang panjang.

Vihara ini mempunyai altar yang unik dan menarik. Altar di vihara biasanya memajang patung Dewa Dewi yang dipercaya. Namun, di vihara ini ada patung semar yang dipajang di altarnya. Selain itu ada pula patung Prabu Siliwangi dan Nyai Roro Kidul.

Semakin ke atas altar kamu dapat melihat pemandangan laut lepas yang menjadi latar vihara ini. Ini lah sisi menarik dari vihara yang tak dimiliki oleh vihara di tempat lain.

  • Alamat: Kertajaya Simpenan Sukabumi Jawa Barat
  • HTM: Rp2.000
  • Telpon: 08577547777 081310088961

5. Pantai Citepus

Pantai Citepus

Pantai Citepus yang berada di pinggir jalan raya ini dapat kamu masukan ke dalam daftar lliburan singkatmu di Sukabumi. Dari stasiun Sukabumi kamu butuh kurang lebih 2 jam untuk sampai di dengan kontur landai berpasir lembut ini.

Ombak di pantai Citepus cukup besar. Namun, tidak mengurangi keindahan yang ditawarkan dari pantai ini. Sebaiknya kamu berhati-hati ketika bermain di pantai saat ombak sedang tinggi. Pantai ini sudah dilengkapi dengan fasilitas penunjang yang cukup memadai.

Toilet dan restaurant berjejer di sekita pantai. Warung-warung pinggir jalan pun tak kalah banyak. Jika waktu liburmu sedikit panjang, kamu bisa bermalam di pantai Citepus dan menikmati suasana malam yang menyenangkan di pantai ini.

  • Alamat: Citepus, Palabuhanratu, Citepus, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: -

6. Situ Sukarame

Situ Sukarame

Liburan singkat mengunjungi wisata alam di Sukabumi bukanlah ide buruk. Pasalnya alam Sukabumi menawarkan pemandangan indah yang memanjakan mata. Salah satunya adalah Situ Sukarame.

Situ yang berada di kaki Gunung Salak ini adalah tempat bertemunya 7 aliran sungai di Jawa Barat. Suasana di situ ini begitu asri dan tenang. Lingkungan berhawa sejuk ini dapat membuat pikiran segar kembali.

Menurut kabar situ ini dibuat pada masa kolonial Belanda. konon penunggu Situ Sukarame meminta tumbal anak bayi kembar bule agar proses pembuatan situ berjalan lancar. Sebelum permintaa tumbal dipenuhi, banyak sekali halangan dan kecelakaan yang terjadi.

Namun, setelah tumbah dipenuhi proses pembuatan situ lancar bahkan lebih cepat dari target penyelesaian kerja. Setelah itu terbentuklah Situ Sukarame seperti yang dikenal sekarang.

Situ Sukarame menawarkan alternatif liburan yang tak terlalu jauh dari pusat kota namun masih bisa mendapatkan ketenangan desa. Dari stasiun Sukabumi hanya berjarak 33 km. Kamu bisa menikmati keindahan situ dengan menyewa rakit untuk menjelajahi situ.

Rakit tersebut mampu memuat kurang lebih 30 orang. Selain itu, lahan parkir dan penginapan serta restauran tersedia di sekitar situ.

  • Alamat: Parakansalak, Parakansalak, Sukabumi, Jawa Barat
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Rp2.000
  • Telepon: 0852-1939-5522

Itulah tempat wisata di Sukabumi yang bisa dikunjungi saat liburan bersama teman atau keluarga. Pilihannya beragam dari tempat wisata alam hingga religi. Kira-kira kamu tertarik untuk berkunjung ke mana?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram