Mengenal 8 Destinasi Wisata Tersembunyi di Tuban Bumi Wali

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tuban merupakan salah satu kabupaten di pesisir utara Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di sisi barat dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Berada di pesisir utara Pulau Jawa, Tuban dikenal dengan deretan pantai utara nan cantik dan beberapa diantaranya menjadi saksi penyebaran agama Islam di Pulau Jawa.

Kabupaten Tuban bukan hanya menyimpan pesona pantai saja, melainkan masih banyak tempat wisata tersembunyi yang belum banyak diketahui wisatawan. Kali ini, Keluyuran akan mengulas tempat wisata tersembunyi di Kabupaten Tuban yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi liburanmu. Simak 8 destinasi menarik di Tuban Bumi Wali berikut ini!

1. Goa Putri Asih

Goa Putri Asih

Selain dikenal dengan julukan Bumi Wali, ternyata Tuban juga mendapat julukan Kota Seribu Goa. Salah satu goa yang bisa dikunjungi di Tuban adalah Goa Putri Asih. Goa ini terletak di Kecamatan Montong. Dari pusat kota Tuban, berjarak kurang lebih 36 km dan bisa dilalui selama kurang lebih 1 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Goa Putri Asih memiliki mulut goa yang tidak terlalu lebar, terdapat bambu yang memanjang untuk digunakan sebagai pegangan. Di dalam goa, terdapat cave pearl atau mutiara goa yang terbentuk saat kerikil diselimuti oleh mineral kalsit pada lantai goa. Hal menarik lainnya, ketika datang pada siang hari, dapat melihat cahaya matahari yang menyinari sebagian kecil dalam goa.

  • Alamat : Hutan, Nguluhan, Montong, Kabupaten Tuban, Jawa Timur
  • Operasional : 08.00 – 16.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp10.000/orang

2. Sumber Mata Air Krawak Singgahan

Sumber Mata Air Krawak Singgahan

Meski berada di pesisir pantai utara Pulau Jawa, Tuban memiliki sumber air yang sangat jernih. Sumber Mata Air Krawak merupakan salah satunya. Letak Sumber Mata Air Krawak tak jauh dari Air Terjun Nglirip. Jika kamu akan berkunjung ke Air Terjun Nglirip dari pusat kota Tuban, maka akan melewati sumer mata air ini.

Namun, eksistensinya masih kalah dengan Air Terjun Nglirip di Kabupaten Tuban. Sumber Mata Air Krawak memiliki kolam alami yang masih sangat jernih dan dikelilingi dengan bebatuan alami. Kamu bisa duduk di batu ini atau bermain air di kolam alami ini untuk menyegarkan tubuh setelah menempuh perjalanan jauh dari Tuban kota.

  • Alamat : Krawak, Singgahan, Krajan, Guwoterus, Montong, Kabupaten Tuban
  • Operasional : 07.00 – 17.30 WIB
  • Tiket masuk : Rp2.000/orang

3. Wisata Kedung Sari

Wisata Kedung Sari

* sumber: www.kaktowo.com

Wisata Kedung Sari merupakan destinasi wisata yang masih sangat baru di Kabupaten Tuban. Tempat ini baru saja diresmikan menjadi tempat wisata pada Januari 2020. Di sini, ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan. Mulai dari memancing, berenang, wisata air, hingga outbound.

Wisata Kedung Sari berjarak kurang lebih 15 km dari pusat kota Tuban atau sekitar 30 menit menggunakan kendaraan bermotor. Tempat wisata yang satu ini recommended untuk dikunjungi, apalagi jika liburan ke Tuban bersama keluarga.

  • Alamat : Juwiri, Tuwiri Wetan, Merakurak, Kabupaten Tuban, Jawa Timur
  • Operasional : 09.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk : Gratis / Seikhlasnya

4. Goa Kancing

Goa Kancing

Goa yang satu ini berbeda dari goa lainnya yang megharuskan pengunjung masuk ke perut bumi. Goa Kancing merupakan goa terbuka yang sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit. Namun menurut cerita, Goa Kancing menerima sebuah kutukan hingga akhirnya tersisa dua bangunan dari batu yang berhadap-hadapan.

Goa Kancing memiliki sumber mata air yang sangat bagus, tetapi tidak bisa dimanfaatkan karena milik pribadi. Goa Kancing dipercaya masyarakat setempat memiliki kekuatan ghaib yang kuat. Hal ini dikarenakan jika ada yang melakukan pemujaan selain kepada Allah atau melakukan pesugihan, maka tidak akan bisa kembali. Meski begitu, goa ini tetap cantik dan layak untuk dikunjungi.

  • Alamat : Jarum, Prunggahan Kulon, Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur
  • Operasional : 05.30 – 18.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp5.000/orang

5. Bukit Kapur Rengel

Bukit Kapur Rengel

Tuban memiliki bukit kapur yang eksotis. Bukit Kapur Rengel merupakan bekas pahatan penambang kapur pada dinding bukit yang menyisakan guratan yang sangat indah. Sebenarnya, tempat ini bukanlah tempat wisata. Namun, karena sering dijadikan sebagai tempat untuk refreshing oleh warga setempat, akhirnya Bukit Kapur Rengel menjadi tempat yang recommended untuk dikunjungi.

Akses menuju Bukit Kapur Rengel terbilang cukup sulit dan ekstrim karena harus melewati jalanan berbatu. Tidak disarankan untuk datang pada musim hujan, karena bebatuan di sepanjang jalan ini menjadi sangat licin ketika basah. Di sekitar bukit kapur ditumbuhi pohon jati dengan jumlah yang sedikit, jadi hawa di sini cukup panas.

  • Alamat : Banjarjo, Banjaragung, Rengel, Kabupaten Tuban, Jawa Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

6. Air Terjun Banyulangse

Air Terjun Banyulangse

Bukan hanya Air Terjun Nglirip yang kini sudah banyak dikenal saja, di Tuban juga ada Air Terjun Banyu Langse. Air terjun ini memiliki aliran air yang deras, sehingga pengunjung tidak disarankan untuk mendekat ke air terjun. Menurut mitos, air terjun ini terdapat siluman kelabang raksasa, karena di sekitar sini banyak dijumpai kelabang.

Terlepas dari mitosnya, Air Terjun Banyu Langse memiliki pesona yang indah dan menyegarkan. Meskipun Kabupaten Tuban dikenal dengan udara panas khas jalur Pantura, di sini menyimpan destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi. air terjun ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Tuban. Hanya sekitar 15 km kamu sudah sampai di air terjun ini.

  • Alamat : Jl. Banyu Langse I, Boto, Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

7. Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al-Maghribi

Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al-Maghribi

* sumber: kumparan.com

Masjid Aschabul Kahfi merupakan salah satu destinasi wisata menarik di Kabupaten Tuban. Meski letaknya berada tak jauh dari kota Tuban, masjid ini memiliki keunikan yang sayang untuk dilewatkan. Dimana biasanya masjid berdiri megah nan gagah, masjid ini tak seperti biasanya. Jika dilihat dari luar, tempat ini tidak seperti masjid pada umumnya.

Masjid Aschabul Kahfi dibangun di perut bumi atau di dalam goa. Jadi jika dilihat dari luar, masjid ini hanya kelihatan gapuranya saja. Masuk ke dalam area masjid, terlihat batu karang laut yang menghiasi dinding. Adapun lorong-lorong menuju ke tempat santri menimba ilmu, karena masjid ini juga menjadi salah satu pondok pesantren di Tuban.

  • Alamat : Wire, Gedongombo, Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

8. Watu Ondo

Watu Ondo

* sumber: www.bektiharjo.com

Kabupaten Tuban memiliki bukit kapur yang menyimpan keindahan. Watu Ondo merupakan salah satunya. Bukit yang terletak di Semanding ini memberikan pesona yang berbeda. Karena dari puncak Watu Ondo, kamu bisa melihat indahnya pemandangan Kabupaten Tuban dari ketinggian. Namun, untuk bisa sampai ke sini, kamu perlu usaha yang ekstra.

Watu Ondo bisa kamu daki menggunakan tangga yang terbuat dari kayu jati setinggi 10 meter dengan posisi tegak lurus. Kamu harus berhati-hati ketika naik ke bukit ini. Sesampainya di atas, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah.

  • Alamat : Medokan, Bektiharjo, Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

Demikian ulasan tentang 8 tempat wisata tersembunyi di Tuban yang sayang untuk kamu lewatkan. Tak hanya dikenal dengan wisata religi saja, ternyata Tuban juga memiliki wisata alam yang menarik dan belum banyak terjamah oleh wisatawan. Ayo keluyuran ke Tuban!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *