Keluyuran / Makassar / Traveling ke Sulsel? Simak 10 Tempat Wisata di Toraja Ini!

Traveling ke Sulsel? Simak 10 Tempat Wisata di Toraja Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 November 2019

Tak hanya Makassar dan Tanjung Bira, Sulawesi Selatan memiliki banyak sekali destinasi wisata unik yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari wisata dalam laut di Selayar, Gunung Latimojong, hingga budaya bisa kamu temukan di sini. Seperti di Toraja, destinasi wisata yang unik dan sayang jika kamu lewatkan. Apalagi, kamu sudah sampai di Makassar.

Berjarak 297 km dari Kota Makassar, Toraja berada di Kota Makale, Sulawesi Selatan. Di sini, kamu terdapat perkampungan dengan tradisi yang unik, dimana orang yang sudah meninggal tidak dikubur seperti pada umumnya, namun diawetkan dan ‘dikubur’ di tembok besar. Penasaran di Toraja ada apa saja? Kali ini Keluyuran akan menginformasikan 10 tempat wisata di Toraja. Yuk, simak artikelnya!

1. Kete Kesu

Kete Kesu (Copy)

* sumber: www.pegipegi.com

Kete Kesu merupakan salah satu desa wisata yang wajib kamu kunjungi ketika traveling ke Toraja. Masuk ke wilayah Toraja Utara, kamu perlu menempuh jarak 14 km dari Kota Makal untuk bisa sampai di sini. Meski jauh, pemandangan yang kamu lihat sepanjang perjalanan sangat indah dan menyejukkan.

Setibanya di Kete Kesu, kamu akan rumah adat yang disebut dengan Tongkonan. Menurut informasi, Tongkonan biasa digunakan untuk menyimpan mayat sebelum nantinya dimakamkan. Tak hanya Tongkonan, di Kete Kesu terdapat goa penyimpanan mayat dan bukit yang menyimpan benda purbakala berusia ratusan tahun.

  • Alamat : Pantanakan Lolo, Kesu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000/orang

2. Bori’ Kalimbuang

Bori’ Kalimbuang (Copy)

* sumber: www.pegipegi.com

Tak lepas dari wisata budaya, Bori’ Kalimbuang yang merupakan gugusan batu-batu seperti Stonehege di Inggris, juga memiliki cerita budaya. Tempat ini sebenarnya pemakaman dan tempat dimana sering diadakan upacara kematian. Budaya Toraja adalah sangat menghormati orang yang sudah meninggal, maka tak heran tradisinya cukup unik.

Situs Bori’ Kalimbuang didirikan sejak tahun 1617. Awal mulanya, bebatuan yang ada di sini dibawa dari atas gunung batu oleh penduduk setempat ketika akan melakukan upacara pemakaman. Sebelum dipasangkan di lokasi Rante, batu-batu tersebut melewati beberapa ritual. Sehingga lebih sakral. Di sini, kamu tetap bisa berfoto untuk kenang-kenangan.

  • Alamat : Bori, Sesean, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan
  • Operasional : 08.00 – 18.00 WITA
  • Tiket Masuk : Rp15.000/orang

3. Londa

Londa (Copy)

* sumber: www.goodnewsfromindonesia.id

Jalan-jalan ke Toraja, belum lengkap rasanya jika kamu tidak datang ke salah satu objek wisata ini. Pasti kamu sudah tidak asing dengan tempat makam goa yang berada di sebuah bukit, berisi peti dan tengkorak yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Tempat ini dinamakan Londa.

Londa terdapat peti mati yang disimpan di tempat tinggi. Peti atau biasa disebut Erong ini digunakan untuk orang yang memiliki kedudukan terhormat. Semakin tinggi posisi peti, maka semakin tinggi pula posisi orang tersebut di masyarakat. Masyarakat percaya, semakin tinggi letak peti maka semakin tinggi pula perjalanan roh menuju nirwana.

  • Alamat : Tadongkon, Kesu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan
  • Operasional : 08.00 – 17.00 WITA
  • Tiket Masuk : Rp10.000/orang

4. Tongkonan Pallawa

Tongkonan Pallawa (Copy)

* sumber: keposiasi.com

Toraja memang identik dengan pemakaman yang unik dan rumah adat atau tongkonan. Di Desa Pallawa, tepatnya di Rantepao, Sulawesi Selatan, terdapat tongkonan tertua yang sebelumnya memiliki tradisi kanibal. Jika perang antar desa, daging manusia yang menjadi korban akan dimakan bersama. Namun seiring berjalannya waktu, tradisi tersebut sudah diganti.

Kini, tradisi kanibal sudah diganti dengan memakan ayam, jadi kamu tidak perlu takut untuk datang ke sini. Terdapat 11 tongkonan di Desa Pallawa, dan pada rumah tertentu terdapat tanduk kerbau di bagian depannya, yang menandakan bahwa pemilik rumah sudah melakukan upacara rambu solo.

  • Alamat : Pallawa, Sesean, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan
  •  Operasional : 08.00 – 17.00 WITA
  • Tiket Masuk : Rp10.000/orang

5. Sarambu Marintang

Sarambu Marintang (Copy)

* sumber: keposiasi.com

Tak hanya wisata budaya saja, Toraja yang letaknya berada di ketinggian juga memiliki air terjun yang unik. Salah satunya, dinamakan Sarambu Marintang atau Air Terjun Tujuh Tingkat. Disebut begitu, karna air terjun ini berbeda dengan air terjun pada umumnya.

Terdiri dari undakan-undakan batu besar, Sarambu Marintang memberikan pesona air terjun yang unik. Karena banyaknya undakan, air yang mengalir dari atas jadi melebar tak hanya di satu sisi saja. Sehingga tampak cantik dan menyejukkan. Setelah lelah berkeliling di Toraja, Sarambu Marintang bisa kamu jadikan sebagai destinasi penutup liburanmu.

  • Alamat : Simbuang, Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000/orang

6. Museum Ne’ Gandeng

Museum Ne’ Gandeng (Copy)

* sumber: travelingyuk.com

Museum Ne’ Gandeng dibangun untuk menghormati tetua adat Tana Toraja dan merupakan tempat pemakaman Ne’ Gandeng pada tahun 1994. Ne’ Gandeng orang yang berjasa memasukkan listrik di desa menggunakan uang hasil menjual kerbau, maka sebagai bentuk penghormatan, tempat ini dibangun.

Tak lama setelah dibangun museum, dibangun pula rumah adat dan dijadikan sebagai tempat wisata. Sampai saat ini, Museum Ne’ Gandeng sering dijadikan sebagai tempat upacara pemakaman dan upacara rambu solo. Budaya Toraja akan sangat kamu rasakan di sini.

  • Alamat : Malakiri, Balusu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan
  • Operasional : 06.00 – 21.00 WITA
  • Tiket Masuk : Rp10.000/orang

7. Lokomata

Lokomata (Copy)

* sumber: www.ikutilangkahkaki.com

Jika diartikan, Lokomata berarti lubang. Sama seperti destinasi wisata Toraja lainnya, Lokomata merupakan pemakaman. Uniknya, Lokomata terletak di pinggir jalan. Jadi akan dengan mudah untuk kamu menemukan tempat ini karena bentuknya batu besar.

Batu besar di pinggir jalan ini terdapat banyak lubang untuk menyimpan mayat. Berbeda dengan pemakaman lain, di sini dalam satu lubang bisa diisi lebih dari satu orang. Biasanya, satu keluarga dimasukkan ke dalam satu lubang yang sama.

  • Alamat : Sesean Matallo, Sesean Suloara, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000/orang

8. Bukit Ollon

Bukit Ollon (Copy)

* sumber: www.asokaremadja.com

Traveling ke Toraja, tidak hanya wisata budaya saja. Di sini ada tempat yang akan mengingatkanmu pada hijaunya bukit teletubbies dengan pemandangan yang memukau. Bukit Ollon, yang berhadapan langsung dengan Sungai Sadang, merupakan bukit yang hijau dan luas. Benar-benar seperti sedang berada di bukit teletubbies.

Dari Bukit Ollon, kamu bisa melihat cantiknya pegunungan di Sulawesi Selatan dan sungai yang mengalir jernih di bawahnya. Buat kamu yang suka camping, bisa juga lho, membangun tenda di sini. Menikmati pesona Bukit Ollon lebih lama, pasti seru.

  • Alamat : Bau, Bonggakaradeng, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000/orang

9. Lemo

Lemo (Copy)

* sumber: blog.misteraladin.com

Satu lagi makam yang perlu kamu kunjungi di Toraja. Lemo merupakan salah satu pemakaman yang melekat di dinding tebing. Sama seperti di Lokomata, di sini juga dalam satu lubang bisa diisi oleh satu keluarga. Seperti halnya makam lainnya di Toraja, Lemo memiliki filosofi dan cerita tradisi yang diturunkan.

Terdapat pula patung yang diberi nama Tau-Tau, dan merepresentasikan orang-orang yang dimakamkan di sini. Namun, tidak semua orang dijadikan Tau-Tau, hanya orang yang sudah melakukan upacara rambu solo dengan mengurbankan 24 ekor kerbau saja yang nantinya dibuatkan Tau-Tau. Menarik, ya?

  • Alamat : Lemo, Makale Utara, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000/orang   

10. Patung Tuhan Yesus Memberkati

Patung Tuhan Yesus Memberkati (Copy)

* sumber: direview.id

Buat kamu yang suka wisata religi tentu ingin sekali datang ke sini, terutama untuk kamu yang beragama Kristen atau Katholik, di Toraja terdapat Patung Tuhan Yesus Memberkati. Patung yang merupakan patung Yesus tertinggi di dunia. Patung setinggi 40 meter ini berdiri dengan gagah, menghadap ke Kota Makale.

Dari sini, pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan Kota Makale serta pegunungan yang mengelilingi Toraja. Kamu juga bisa mencoba sensasi berjalan di atas jembatan kaca, tepat di depan Patung Yesus ini. Namun, kamu perlu membayar biaya tambahan sebesar Rp50.000/orang.

  • Alamat : Buntu Burake, Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan
  • Operasional : 07.00 – 18.00 WITA
  • Tiket Masuk : Rp18.000/orang

 Nah, itulah 10 tempat wisata di Toraja yang wajib kamu kunjungi. Wisata budaya dan religi bisa kamu lakukan di sini. Sudah ada rencana ke Toraja?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *