10 Tempat Wisata Unik di Bali untuk Liburan yang Berkesan

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Desember 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jika membahas soal Bali, memang tidak akan ada habisnya. Salah satu daerah wisata paling terkenal di dunia ini memiliki segudang tempat yang seru untuk berlibur. Mulai dari pusat kotanya yang selalu ramai, pantainya yang sangat indah, bukit, gunung, tempat makan, hingga lokasi wisata yang unik pun ada.

Nah, buat kamu yang senang traveling dan senang bepergian ke tempat tempat yang unik, Bali adalah tempatnya! Intinya, apa pun yang ingin kamu lakukan, kamu dapat menemukannya di Bali. Tetapi, bagian tersulit dari liburan di sini adalah jika kamu belum tahu harus memilih pergi ke mana. Supaya kamu tahu tempat wisata unik apa saja yang ada di Bali, berikut beberapa rekomendasinya dari kami.

1. Sacred Monkey Forest Sanctuary

Sacred Monkey Forest Sanctuary

*

Sacred Monkey Forest Sanctuary salah satu tempat wisata unik di Bali yang menyajikan pemandangan hutan yang dipenuhi dengan monyet. Menariknya, kita bisa berinteraksi dengan monyet-monyet tersebut secara langsung. Hampir semua monyet berkeliaran di jalan-jalan di sekitar tempat ini.

Seluruh area ini adalah cagar alam sekaligus kompleks candi Hindu yang terletak di desa Padangtegal. Cagar ini merupakan pusat spiritual, pendidikan dan ekonomi yang penting bagi desa tersebut.

Tetapi kamu harus waspada saat datang kesini, karena monyet-monyet tersebut bisa merebut barang- barang yang kamu bawa. Sebaiknya masukkan semua barang berhargamu ke dalam tas. Kamu juga bisa memberi makan monyet dengan membeli tandan pisang kecil. Tetapi kamu jangan khawatir, karena monyet-monyet disana sudah jinak.

  • Alamat: Jl. Monkey Forest, Desa Padangtegal, Ubud, Gianyar, Bali.
  • Telepon: 0361 971304
  • Jam buka: 08:30 – 18:00 WITA
  • Harga: Rp80.000 (Dewasa), Rp60.000 (Anak-anak)

2. Tegallalang Rice Terrace

Tegallalang Rice Terrace (Copy)

*

Tegallalang Rice Terrace adalah ikon pertanian di tebing Desa Tegallalang yang berlokasi di daerah Ubud. Ini adalah tempat wisata unik yang sangat populer di Bali dan wajib dikunjungi. Sesuai dengan namanya, spot utama di tempat wisata ini adalah teras sawah Tegallalang.

Tempat wisata ini telah menjadi tujuan bagi para wisatawan jika berkunjung ke Bali. Panorama alamnya benar-benar menakjubkan, sawah hijau yang membentang dan dikelilingi dengan pepohonan hijau. Tempat wisata unik ini telah menjadi bagian Lansekap Budaya di Situs Warisan Dunia UNESCO Provinsi Bali.

Bentuknya yang bertingkat, menjadi daya tarik sawah ini. Lokasi pinggir jalan yang tinggi, sejuk dan berangin adalah tempat yang populer bagi wisatawan untuk berhenti dan berfoto. Jika kamu tertarik untuk ke tempat ini, datanglah pada bulan Maret, April, September atau Oktober karena di bulan itulah padi akan dipanen.

Selain itu waktu yang tepat untuk ke Tegallalang adalah saat matahari terbit, sehingga kamu  dapat menyaksikan sinar cahaya menembus pepohonan di lingkungan yang tenang ini. Pagi hari juga merupakan waktu terbaik untuk dikunjungi jika kamu ingin menghindari keramaian. Atau jika sore hari, sebaiknya datang setelah jam 4 sore.

  • Alamat: Jl. Raya Tegallalang, Kec. Tegallalang, Kab. Gianyar, Bali.
  • Jam buka: 08:00 – 18:00 WITA
  • Harga: Rp15.000 per orang, Rp5.000 (Parkir)

3. Dream Museum Zone Bali

Dream Museum Zone Bali

*

Buat kamu yang ingin berlibur di Bali tapi tidak mau berada di luar ruangan, kamu bisa berkunjung ke salah satu tempat wisata unik yang satu ini yaitu Dream Museum Zone. Dream Museum Zone ini adalah tempat wisata ilusi foto yang menawarkan spot-spot foto ilusi seperti 3 dimensi. Cocok banget buat kamu yang ingin memperindah feed Instagram.

Museum ini menampilkan 120 karya seni ilusi dari para seniman ternama Korea. Di sana terdapat 14 ruangan dengan tema berbeda. Setiap pengunjung akan diampingi oleh tour guide yang akan menunjukkan titik-titik terbaik kamu untuk berfoto. Jadi jangan lupa siapkan kamera dan smartphone terbaikmu ya!

  • Alamat: Jl. Nakula 33X Legian-Kuta, Kab. Badung, Bali.
  • Telepon: 0361 8496220
  • Jam buka: 09:00 – 22:00 WITA
  • Harga: Rp125.000 per orang

4. Uluwatu Kecak & Fire Dance

Uluwatu Kecak & Fire Dance

*

Jika kamu ingin berlibur sekaligus mempelajari budaya Bali, kamu wajib datang ke pura Uluwatu untuk menyaksikan tarian kecak. Pura Uluwatu adalah tempat penting bagi masyarakat di Bali karena merupakan salah satu kuil suci yang melindungi pulau itu dari roh-roh jahat di Barat Daya.

Nah , bagian yang paling menarik dari kompleks candi ini adalah pertunjukan kecak dan tari api malamnya. Pertunjukan kecak berlangsung di atas panggung dengan para penari yang melingkar. Pertunjukan dimainkan saat matahari terbenam, dan puncaknya melibatkan tampilan api raksasa. Tidak ada alat musik yang digunakan dalam pertunjukan kecak. Kamu akan menonton sekitar tiga puluh pria bertelanjang dada duduk melingkar dan bernyanyi.

  • Alamat: Kawasan Parkir Pura Uluwatu, Jl. Uluwatu, Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali.
  • Telepon: 082146442745
  • Jam buka: 08:00 – 19:00 WITA
  • Harga:  Rp40.000 per orang

5. The Secret Garden Sambangan

The Secret Garden Sambangan

*

Bali memang menawarkan banyak wisata alam yang indah, termasuk tempat wisata unik yang satu ini yaitu The Secret Garden Sambangan. Sesuai dengan namanya, ini adalah surga tersembunyi yang menawarkan daya tarik keindahan air terjun dan sungai yang eksotis. Di sana terdapat satu kolam alami yang disebut Blue Lagoon karena airnya yang sangat jernih.

Untuk sampai kesana, kamu harus melewati perjalanan yang cukup curam. Tapi saat sudah sampai di tempat, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat luar biasa. Penasaran buat datang langsung ke sana?

  • Alamat: Jl. Raya Desa Sambangan, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng, Bali.
  • Telepon:  08214407244
  • Jam buka: 08:00 – 17:00 WITA
  • Harga: Rp10.000 per orang

6. Hidden Canyon Beji Guwang

Hidden Canyon Beji Guwang

*

Hidden Canyon Beji Guwang adalah lembah yang dalam dan sempit yang terbuat dari kikisan air sungai. Hal yang menarik dari tempat wisata unik ini adalah tempatnya yang tersembunyi. Tetapi perjalanan ke sana cukup menantang, jadi sebaiknya jangan mengajak anak-anak maupun orangtua.

Masyarakat lokal menganggap airnya suci sehingga sering digunakan untuk upacara keagamaan. Bentuk lembahnya yang indah dan air sungainya yang biru sangat cocok untuk foto Instagramable. Sebaiknya datang ke tempat ini saat musim panas supaya air sungainya tidak deras.

Serta waktu terbaik untuk datang ke tempat ini adalah saat pagi hari. Selain itu kamu juga harus berapakain dan berperilaku sopan karena tempat ini disakralkan oleh masyarakat setempat.

  • Alamat: Jl. Sahadewa, Banjar Wangbung, Guwang, Sukawati, Kab. Gianyar, Bali.
  • Jam buka: 08:00 – 1730 WITA
  • Harga: Rp10.000 per orang

7. Pantai Kelingking Nusa Penida

Pantai Kelingking Nusa Penida

*

Pantai kelingking adalah salah satu pantai paling unik dan eksotis yang ada di Bali. Bagaimana tidak? Pantai ini dibingkai oleh tebing yang menjulang tinggi, curam, air laut biru kehijauan dengan pemandangan paling menakjubkan seperti surga di bumi.

Sudut paling indah untuk melihat panorama di pantai ini adalah di atas bukit atau tebing yang membentuk bentuk T-Rex. Dijamin kamu tidak dapat menemukan tempat yang mempesona dan indah seperti ini di mana pun, kecuali di Pulau Nusa Penida.

  • Alamat: Bunga Mekar, Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali.
  • Telepon: 081515155881
  • Jam buka: 24 jam
  • Harga: Rp10.000 per orang, Rp5.000 (Parkir)

8. Bali Swing

Bali Swing

*

Bali Swing adalah salah satu tempat wisata unik  dan terpopuler di Bali. Bali Swing menawarkan permainan ayunan dan memiliki banyak ayunan hutan mulai dari ketinggian 10m, 15m, 20m dan 78m di atas tanah. Tempat ini cocok untuk kamu yang ingin memacu adrenalin sekaligus mendapatkan foto Instagramable.

Setiap ayunan dilengkapi dengan sensasi uniknya sendiri, jadi tergantung ayunan mana yang kamu pilih. Yang menjadi daya tarik dari tempat ini adalah pemandangan hijau dari ketinggian. dijamin kamu akan menikmati pemandangan yang sangat spektakuler! Pemandangan yang menghadap ke sungai, tanaman hijau tropis, dan air terjun.

Jika kamu takut dengan ketinggian tetapi ingin foto yang indah, kamu bisa berfoto di ‘Sarang Gantung’. Ini adalah spot foto favorit yang membuat kamu seolah-olah menggantung di udara di antara pepohonan yang tinggi.

  • Alamat: Jl. Dewi Saraswati, Bongkasa Pertiwi, Kab Badung, Bali.
  • Telepon: 087888288832
  • Jam buka: 08:00 – 17:00 WITA
  • Harga: Rp150.000 per orang

9. Rumah Bambu Pengalon

Rumah Bambu Pengalon

*

Mau cari spot foto instagramable yang unik di Bali? Kamu wajib datang ke Rumah Bambu Pengalon. Sebenarnya, tempat wisata ini belum selesai di bangun karena ada perizinan yang terhambat. Tetapi tempat wisata yang belum selesai ini menjadi tempat yang cocok untuk spot foto ciamik. Yang menjadi daya tarik adalah kerangka bangunan yang belum selesai.

Bangunan yang paling menarik adalah bangunan raksasa yang berbentuk seperti kubah. Yang pasti kamu akan puas berfoto di tempat ini karena areanya yang sangat luas.

  • Alamat: Jl. Raya Padang Bai, Antiga Kelod, Kec. Manggis, Kab. Karangasem, Bali.
  • Telepon: 081339689577
  • Jam buka: 08:00 – 17:00 WITA
  • Harga: Rp10.000 per orang

10. Pantai Tegal Wangi

Pantai Tegal Wangi

Buat kamu yang ingin bermain di pantai yang belum banyak dikunjungi wisatawan, kamu bisa ke pantai Tegal Wangi. Sudut pandang dari atas Pantai Tegal Wangi menawarkan pemandangan spektakuler berupa tebing berbatu dan air laut yang biru di sepanjang garis pantai selatan Semenanjung Bukit.

Jika kamu ke sana, kamu harus coba naik tangga ke pantai di bawah tebing dan kamu akan menemukan beberapa kolam batu alami yang dapat ditemukan di terumbu karang yang terbuka.

Saat matahari terbenam, kamu bisa mendapatkan foto refleksi yang sempurna di sepanjang tepi kolam batu.

Di pantai ini juga terdapat goa di bawah tebing yang tingginya sekitar lima meter dan kedalamannya juga lima meter. Kamu dapat mengambil foto dari dalam goa menghadap ke atas untuk mendapatkan angle yang keren.

  • Alamat: Jl. Tegal Wangi, Jimbaran, Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali.
  • Harga: Rp15.000 per orang

 Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata unik di Bali. Jadi, sudah tahu mau pergi kemana liburan nanti? Buat kamu yang tahu tempat wisata unik lainnya di Bali, silahkan berbagi dnegan kami di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *