10 Tempat yang Jadi Inspirasi dalam Film Karya Studio Ghibli

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 7 Oktober 2021

Film-film karya Hayao Miyazaki merupakan sebuah karya besar yang sangat diminati banyak orang di seluruh dunia. Para pencinta film-film karya studio Ghibli sering kali dibuat terpesona dengan penggambaran latarnya yang luar biasa hebatnya. Setiap karyanya meninggalkan kesan yang mendalam bagi para penggemarnya.

Latar film tersebut beberapa di  antaranya terinspirasi dari beberapa tempat yang dapat kamu temui. Miyazaki sendiri biasanya memperoleh inspirasi dari tempat-tempat yang pernah ia lewati. Berikut ini tempat-tempat yang menjadi inspirasi dari film-film besar karya Miyazaki, beberapa di antaranya dapat kamu temui di Jepang dan juga belahan bumi yang lainya.

Baca juga: 11 Lokasi Syuting Drama Crash Landing on You

1. Bukit Sayama – My Neighbor Totoro (1988)

Bukit Sayama – My Neighbor Totoro (1988)Sumber: timeout.com
  • Alamat: 351 Zakoiri, Kamiyamaguchi, Tokorozawa-shi, Saitama-ken, Jepang.
  • Jam Buka Rumah Kurosuke: 10.00 – 15.00 Selasa, Rabu, Sabtu dan Hari Libur 10.00 – 15.00

Bukit Sayama terbentang di antara Prefektur Saitama dan Prefektur Tokyo. Luasnya diperkirakan sekitar 3.500 hektar. Kamu butuh 1 hingga 1,5 jam dari dari Stasiun Tokyo menuju bukit ini yang kini mendapat julukan sebagai Hutan Totoro. Hutan ini dilindungi oleh Yayasan Totoro no Furusato. Di hutan ini kamu akan menemukan  Totoro dalam ukuran aslinya di Rumah Kurouke.

Rumah Kurosuke merupakan sebuah rumah tradisional Jepang yang menjadi awal jalur menuju hutan Totoro. Hutan hijau nan rimbun ini dikatakan merupakan tempat Miyazaki tumbuh besar. Bukit Sayama ini dipercaya sebagai tempat yang menjadi inspirasi dari hutan yang terdapat dalam film My Neighbour Totoro.

2. Dōgo Onsen - Spirited Away (2001)

Dōgo Onsen - Spirited Away (2001)
  • Alamat: 5-6 Dogoyunomachi, Matsuyama, Ehime 790-0842, Jepang
  • Jam Buka: Setiap Hari 06.00 – 23.00
  • Telpon: 089-921-5141

Dalam film Spirited Away terdapat sebuah pemandian yang menjadi satu lokasi penting dalam cerita filmnya. Satu tempat yang dipercaya menjadi inspirasi dari film ini adalah sebuah pemandian air panas yang bernama Dōgo Onsen yang terletak di kota Matsuyama di Prefektur Ehime yang berada di Pulau Shikoku. Tempat pemandian tua ini masih beroperasi hingga kini sejak dibangun tahun 1894.

Tampilan luar dari bangunan ini menjadi satu inspirasi untuk tampilan pemandian pada film Spirited Away. Tampilan pemandian dalam film tak hanya berasal dari satu onsen saja, tapi dari beberapa onsen lainnya seperti Sekizenkan untuk pagarnya yang berwarna merah. Hanya saja  Dōgo Onsen menjadi onsen yang lebih dikenal dari onsen yang lain.

3. Hutan Yakushima - Princess Mononoke (1997)

 Hutan Yakushima - Princess Mononoke (1997)
  • Alamat: Shiratani Unsuikyo George,Distrik Kumage Yakushima, Prefektur Kagoshima, Jepang

Hutan Misterius di Yakhusima ini menjadi satu inspirasi dari film Princess Mononoke ini berada di Prefektur Kagoshima. Tempat ini tercatat sebagai salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Yakushima menjadi satu tempat yang menjadi latar dari cerita dari film Princess Mononoke yang memperlihatkan pesona hutan hijau yang misterius yang dihuni oleh para roh hutan.

Hutan di Yakushima ini terlihat bagaikan hutan yang tak pernah terjamah oleh manusia, terlihat dari bebatuan dan juga pepohonannya yang tertutupi oleh lumut hijau yang lebat. Tampilan hutannya mengesankan untuk kamu jelajahi, tetapi jangan lupa untuk membawa peralatan yang tepat untuk cuaca yang basah, di Yakushima cukup sering turun hujan.

4. Rumah Satsuki and Mei - My Neighbor Totoro (1988)

  • Alamat: Yazako, Nagakute, Prefektur Aichi 480-1103, Jepang
  • Jam Buka: Sabtu, Minggu, dan Hari Libur 10.00 – 16.00
  • HTM: Dewasa 520 yen, Anak-anak di atas 4 Th, Anak Sekolah 250 yen

Replika rumah dari Satsuki dan Mei ini merupakan satu tempat yang wajib kamu kunjungi. Tempatnya berada dalam sebuah Memorial Park yang luas bernama Ai Chikyuhaku. Replika rumah ini memiliki ukuran yang sama besarnya dengan sebuah rumah asli dengan nuansa tahun 1958. Setiap sudut dari rumah ini di buat semirip dan sedetail mungkin dengan set yang terdapat dalam film.

Detil dari setiap sudutnya dari barang yang terbesar hingga barang yang terkecil benar-benar mirip dengan yang terdapat dalam film. Tak hanya dari detil barang yang terdapat di set ini yang membuat orang-benar-benar terpesona, tetapi lokasinya yang berada di sebuah memorial park dengan rimbunnya pepohonan menjadikan rumah ini benar-benar terlihat indah.

5. Tomonoura - Ponyo (2008)

Tomonoura - Ponyo (2008)
  • Alamat: Tomonoura, Fukuyama, Prefektur Hiroshima, Jepang

Film Ponyo mengambil latar belakang sebuah kota pelabuhan, dan satu tempat yang menjadi inspirasi dari film Ponyo adalah sebuah kota kecil Tomonoura yang terletak di Prefektur Hiroshima. Seluruh kota pelabuhan ini terlihat indah saat kamu melihatnya dari sebuah Kuil Fukuzenji yang menjadi lokasi dari rumah sosuke dan Risa.

Di Kota Tomonoura terdapat sebuah desa nelayan yang menghadap ke laut Pedalaman Seto. Berjalan di kota ini serasa berjalan di kota yang menjadi tempat tinggal dari Sosuke dan Risa. Hal itu terasa dari perahu nelayan yang bersandar serta Jalanannya yang berliku terlihat mirip dengan semua latar yang terdapat dalam film, semuanya seolah menjadi nyata.

6. Jiufen - Spirited Away (2001)

Jiufen - Spirited Away (2001)
  • Alamat: Distrik Ruifang, New Taipei City, Taiwan

Jiufen merupakan sebuah kota dipegunungan yang menjadi bagian yang menginspirasi film Spirited Away yang terletak di Taiwan. Kota ini memiliki sejarah sebagai sebagai tempat menambang emas, tetapi kini kota ini menjadi destinasi wisata yang penuh dengan tempat belanja, cafe, restoran, dan juga tempat kamu berbelanja suvenir.

Berjalan-jalan di Jiufen kamu dapat melihat banyak lentera persis seperti kota yang terdapat dalam film Spirited away. Banyaknya toko makanan serta jalan-jalanya yang menanjak membuatmu seperti benar-benar berada dalam film. Tempat ini juga merupakan destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan oleh para pencinta anime Ghibli untuk merasakan petualangan Chihiro.

7. Gotland - Kiki’s Delivery Service (1989)

Gotland - Kiki’s Delivery Service (1989)
  • Alamat: Visby, Gotland, Swedia

Satu kota di Swedia ini dikatakan menjadi inspirasi dari film Karya Ghibli yang berjudul Kiki’s Delivery Service. Latar film Kiki’s Delivery Service yang lebih bernuansa Eropa ini didapat setelah Hayao Miyazaki berkunjung ke Kota Visby yang berada di Pulau Gotland.  Visby masuk dalam Situs Warisan Dunia oleh UNESCO sebagai kota berbenteng yang unik peninggalan dari abad pertengahan di  Eropa.

Hunian yang terdapat di kota ini akan mengingatkan para pencinta anime Ghibli pada kota yang menjadi latar dari anime Kiki’s Delivery Service. Kamu akan melihat kemiripan dari rumah-rumah yang terdapat di dalam film dengan bentuk rumah-rumah di Visby. Selain Visby Hayao Miyazaki juga menggunakan kota dari abad pertengahan Gamla Stan yang terdapat di Stockholm dalam filmnya.

8. Distrik Takase - Only Yesterday (1991)

  • Alamat: Districk Takase, Prefektur Yamagata, Jepang

Distrik Takase berada di Prefektur Yamagata merupakan latar dari film Only Yesterday yang dirilis tahun 1991. Only Yesterday mengisahkan seorang wanita pekerja yang melakukan bepergian ke daerah pedesaan. Pedesaan itu berada di Prefektur Yamagata. Di sini ia berkerja sebagai petani bunga di perkebunan bunga Safflower

Di distrik ini para pengunjung juga dapat merasakan pengalaman dari sang tokoh utama dengan memanen bunga safflower. Film Only Yesterday memperlihatkan keindahan yang luar biasa dari lanskap pedesaan di Yamagata yang dapat kamu nikmati sambil memanen bunga safflower yang tersedia hampir di seluruh prefektur.

9. Kamikochi Imperial Hotel – The wind Rises (2013)

Kamikochi Imperial Hotel – The wind Rises (2013)
  • Alamat: Kamikochi Azumi, Matsumoto, Prefektur Nagano, Jepang

Tempat yang satu ini juga menjadi inspirasi dari film karya Studio Ghibli, tempat yang menjadi latar sang tokoh utama menghabiskan waktunya dis ebuah hotel bernama Kusakaru. Latar hotel dalam film ini memiliki kemiripan dengan sebuah hotel yang menjadi tempat sang tokoh utama jatuh cinta pada seorang wanita yang bernama Naoko.

Hotel yang memiliki kemiripan dengan latar dalam film tersebut adalah Kamikochi Imperial Hotel yang terdapat di Prefektur Nagano. Saat melihat hotelnya kamu akan merasakan aura yang terdapat dalam film The Wind Rises. Hotel ini masih beroperasi hingga kini sejak pertama kali di buka tahun 1933. Kamu bisa mencoba mengunjunginya untuk merasakan  menjadi bagian dari sebuah karya yang besar.

10. Colmar, Perancis – Howl Moving Castle (2004)

Colmar, Perancis – Howl Moving Castle (2004)
  • Alamat: Alsace, Haut-Rhin departement, Grand Est, Perancis

Colmar merupakan sebuah kota yang terkenal di Perancis karena keindahan rumah-rumahnya yang berwarna-warni. Keindahan kota ini menjadi satu inspirasi dari film Karya studio Ghibli yaitu Howl Moving Castle. Colmar menjadi model latar kota tempat sang tokoh utama Sophie dan Howl bertemu untuk pertamakalinya. Colmar juga dinobatkan sebagai satu kota kecil terindah di dunia.

Colmar merupakan kota yang terletak di daerah Alsace, yang berbatasan dengan negara Jerman. Hal ini memberikan pengaruh pada bercampurnya dua budaya, satu di antaranya adalah pada arsitektur bangunan rumah yang terdapat di kota ini. Keindahan arsitekturnya   menjadikan kota ini inspirasi dari film Howl Moving Castle dan juga film Beauty and The Beast karya Disney.

Keindahan dari latar film-film karya Studio Ghibli, tidak pernah akan mengecewakan penggemarnya. Beberapa tempat tadi tentunya menjadi incaran dari pengemar karya Studio Ghibli untuk didatangi dan merasakan menjadi bagian dari film-film yang menjadi favorit mereka tentunya.

Latar-latarnya yang memesona tentunya membuat kamu yang penggemar karya Studio Ghibli tertarik dan penasaran untuk mengunjungi setiap tempatnya. Nah, dari tempat-tempat tadi yang manakah tempat yang menarik untuk kamu kunjungi?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram