Tempo Gelato, Rumah Bagi Pecinta Gelato di Jogja

Ditulis oleh Gerryaldo - Diperbaharui 26 Desember 2020

Akhir pekan kemarin, saya mampir ke Jogja dalam rangka kunjungan kerja sekalian pelesir, bleisure ala-ala lah ceritanya. Saya naik kereta dari Bandung ke Jogja malam hari dan sampai di Kota Pelajar itu pagi. Setelah rusuh turun dari kereta dengan barang bawaan yang lumayan banyak, saya lantas langsung melipir ke hotel tempat saya menginap untuk menitipkan tas karena saya belum bisa masuk jam check in hotel.

Sembari menunggu, saya jalan-jalan mengelilingi kota Yogyakarta yang saat itu lumayan menguras keringat alias panas meski masih pagi. Hari sudah hampir siang, maka dari itu saya ingin mendinginkan kepala ke salah satu tempat nongkrong juga tempat untuk istirahat setelah berjalan jauh paling oke di Jogja, yaitu Tempo Gelato!

Sebelum membahas tempatnya, yuk kita kenalan dulu dengan Gelato. Gelato merupakan sajian makanan penutup beku dari Italia. Rupa nya sama seperti es krim, namun mulai dari asal usul, kandungan, cara penyimpanan dan lainnya jauh berbeda. Gelato pertama diperkenalkan oleh chef Francesco Procopio dei Coltelli pada menu di Cafe Procope miliknya di Paris pada akhir tahun 1600-an.

Trend gelato saat itu sangat tinggi mengingat adanya menu baru selain es krim; gelato akhirnya menyebar luas di Paris dan sangat populer di Eropa sehingga gelato dicap sebagai menu dessert kerajaan.

Sedangkan es krim ditemukan di China pada tahun 618 sebelum Masehi. Adalah Raja Tang of Shang yang pertama kali meracik frozen dessert ini. Dirinya dibantu oleh banyak bawahannya mencampur susu kerbau dan tepung sehingga menjadi krim manis beku yang enak. Berangkat dari sini, es krim mulai dikenal dan berevolusi di Paris, seorang warga Italia bernama Catherine de Medicci meracik es krim dengan bahan-bahan lain dan akhirnya terkenal hingga sekarang.

Sebelum ada rasa seperti oreokitkat dan lainnya, rasa tradisional gelato yang dari dulu pernah ada adalah cokelat, vanilla, hazelnut, kacang pistachio, krim custard (krim dan telur) dan stracciatella (semacam campuran susu dan karamel). Baru setelah masuk ke dalam zaman modern, rasa-rasa lainnya ditambahkan mulai dari rasa buah-buahan dan campuran susu dan bahan lainnya.

Tempo Gelato

tempogelato_official (Copy)

*Source: Tempo Gelato Official

  • Alamat: Jalan Prawirotaman No.43, Brontokusuman, Mergangsan,Yogyakarta
  • Harga: Rp 25,000 s/d Rp 120,000
  • No. Telepon: 0274-373272
  • Jam Operasional: 11:00 WIB - 21:00 WIB
  • Cabang: Jalan Kaliurang KM. 5,2 No. 28, Caturtunggal, Depok, Sleman,Yogyakarta 55153

Tempo Gelato sendiri merupakan salah satu tempat yang wajib teman-teman kunjungi saat berada di Jogja. Tidak pergi kesini, berarti belum ke Jogja. Untuk kalian yang sudah khatam pergi ke Jogja, pasti tidak akan melewati Tempo Gelato, sedangkan untuk kalian yang belum pernah kesana pasti bertanya-tanya kan apa sih Tempo Gelato? Ayo sini, Keluyuran kasih tahu!

Tempo Gelato adalah tempat gelato terkenal di Jogja, berdiri sejak tahun 2014 dari ide 2 orang Perancis yang terinspirasi konsep dan dekorasinya dari salah satu rumah kopi di Bali. Di tempat ini bermacam-macam varian rasa gelato bisa kalian dapatkan; mulai dari rasa yang basic hingga rasa yang unik.

Semua resep yang dihadirkan di Tempo Gelato merupakan resep tradisional keluarga yang diturunkan turun temurun, tidak ada bahan pengawet, tanpa pewarna, rasa buah asli.

Rasa yang Ada

tempogelato_rasa (Copy)

*Source: Tempo Gelato Official

Meski gelato terkenal sebagai makanan penutup dari Italia, nyatanya, Tempo Gelato berhasil menyilangkan rasa khas Indonesia juga seperti jahe dan kemangi yang menjadi doyanan para bule. Sedangkan untuk orang Indonesianya sendiri, rata-rata memesan rasa yang lumrah ditemui dimanapun seperti hazelnut, oreo, cokelat, aneka buah, vanilla, bubble gum, yoghurt dan lainnya.

Apabila dijumlah, keseluruhan rasa yang bisa kalian cicipi mencapai 65 rasa untuk saat ini dan kemungkinan akan bertambah rasa-rasa unik lainnya yang sudah pasti disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia. Disajikan baik di atas cup atau cone, rasa original Tempo Gelato tetap tidak akan berubah, sama-sama segar dan lezat!

Untuk harga sendiri, manajemen Tempo Gelato mematok harga yang masih masuk akal dan ramah di kantong, yaitu; Cone (max. 2 rasa) seharga Rp 30,000, Cup kecil (max. 2 rasa) seharga Rp 25,000, Cup sedang ( max. 3 rasa) seharga Rp 45,000, Cup besar (max. 4 rasa) seharga Rp 70,000 dan Cup ekstra besar (max. 5 rasa) seharga Rp 120,000. Harganya masih masuk akal dan ramah di kantong bukan?

Hal-hal diatas lah yang membuat Tempo Gelato menjadi sangat terkenal semenjak pembukaan pertamanya. Banyak orang; baik wisatawan dalam dan mancanegara yang berbondong-bondong kemari hanya untuk mencicipi gelato yang memanjakan lidah itu.

Warga lokal juga menjadikan tempat ini sebagai tempat nongkrong loh, jadi tidak heran kalau kalian kesana banyak keluarga, pasangan muda-mudi asli Jogja yang menghabiskan waktu di Tempo Gelato.

Perbedaan Es Krim dan Gelato

tempogelato_chocolate (Copy)

*Source: Original Keluyuran

Sampai sekarang masih banyak yang bilang kalau gelato itu semacam es krim. Well, secara konsep memang tidak salah namun nyatanya es krim dan gelato itu beda sekali! Penasaran apa bedanya padahal keduanya sama-sama terlihat dari jenis serupa? Nih, keluyuran kasih tau ya perbedaannya!

Es krim dan Gelato sama-sama menggunakan susu sebagai bahan dasarnya, namun Gelato menggunakan lebih banyak kandungan susu daripada es krim, ini mengapa Gelato teksturnya kasar dan padat dan juga tidak mudah leleh. Berbeda dengan es krim yang kadang terdapat campuran kuning telur juga supaya terlihat lebih lembut dan cepat mencair.

Untuk penyimpanan juga, Gelato butuh kulkas dengan suhu yang jauh lebih hangat daripada es krim. Bila es krim butuh suhu pendingin hingga minus 20 derajat, maka Gelato hanya perlu minus 10 derajat. Gelato juga rendah lemak loh karena menggunakan lebih banyak krim daripada susu seperti es krim.

Total lemak yang ada dalam Gelato hanya berkisar 4%-8% dimana es krim memiliki total lemak yang lebih tinggi sekitar 14%-16%. Meski demikian, jangan berlebih juga ya mengkonsumsinya.

Nah, sekarang kalian sudah tahu kan perbedaannya? Jadi mulai sekarang jangan pernah lagi mengatakan bahwa es krim dan gelato itu sama ya! Meski masih 1 keluarga, mereka berbeda. Pasalnya selain gelato, ada pula dessert beku lainnya yang serupa; seperti sorbet, sherbet dan froyo. Kalian juga harus tahu perbedaan dari semua dessert beku yang tadi disebutkan loh!

Setelah membaca ulasan baik mengenai gelato dan Tempo Gelato, apakah kalian tertarik untuk mencicipi salah satu varian rasa gelato disana? Saya jamin kalian akan suka dengan rasa gelato di Tempo Gelato, entah apapun rasanya. Saya juga jamin kalian pasti akan kembali datang ke sini setiap kalian berkunjung ke Jogja.

Saya sendiri sangat suka dengan varian dairy product seperti cokelat dan vanilla juga beberapa rasa buah seperti nanas, raspberry dan strawberry. Untuk kalian yang sudah pernah mengunjungi Tempo Gelato, rasa apa nih yang jadi favorit kalian? Tulis pengalaman dan rasa yang kalian suka di kolom komentar ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram