10 Tips Backpacker Ke Bangkok Yang Seru & Murah

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 1 Mei 2020

Para backpacker yang pernah mengunjungi negara-negara di Asia Tenggara mengatakan bahwa Bangkok adalah negara yang termurah jika Anda ingin berlibur ala backpacker. Biaya hidup di Bangkok diklaim lebih murah dibanding Singapura, Kuala Lumpur, bahkan Bali. Bahkan, ada pula backpacker yang mengaku hanya membutuhkan uang sekitar Rp 2.500.000 – 3.000.000 untuk berlibur di Bangkok selama 6 hari.

Oleh karena itu, bila Anda memiliki budget yang terbatas tak ada salahnya untuk berlibur ke Bangkok. Pasalnya, wisata belanja, alam, dan kuliner di Bangkok memang sangat worth. Nah, langsung saja simak tips backpacker ke Bangkok berikut ini jika Anda ingin segera melakukan holiday on budget ke ibu kota Thailand tersebut.

Cek Masa Berlaku Paspor

Sejatinya, tips backpacker ke Bangkok yang pertama ini berlaku untuk Anda yang sudah memiliki paspor selama bertahun-tahun, tapi jarang atau tidak pernah dipakai. Ini tidak berlaku bagi backpacker yang baru membuat paspor.

Pastikan masa berlaku paspor masih panjang sebelum membeli tiket. Soal Visa, Thailand memberi kebijakan bebas Visa untuk masyarakat Indonesia. Jadi, Anda tidak perlu mengurus Visa sebelum berlibur ke Bangkok.

Beli Tiket Promo dari Jauh-Jauh Hari

tips backpacker ke bangkok

Nah, inilah tips yang harus diperhatikan oleh semua backpacker. Jika ingin menghemat biaya berlibur ke Bangkok, Anda harus berhasil mendapatkan tiket murah. Dalam satu tahun, beberapa maskapai penerbangan besar selalu memberikan promo tiket murah untuk keberangkatan ke beberapa negara, termasuk Thailand.

Nah, segera beli tiket ini sebelum semua kursi habis terjual. Jika beruntung, Anda bisa ke Bangkok dengan tiket pulang pergi seharga di bawah 1 juta rupiah. Jangan lupa untuk memilih airport yang berada di Bangkok, yakni Bandar Udara Suvarnabhumi dan Bandar Udara Don Mueang. Kedua bandara ini melayani penerbangan internasional.

Bawa Pakaian dan Barang Secukupnya

tips backpacker ke lombok

Karena Anda adalah seorang backpacker, maka sebaiknya Anda membawa pakaian dan barang kebutuhan pribadi secukupnya saja. Dengan membawa barang seperlunya, Anda juga dapat mengantisipasi kelebihan bagasi saat di pesawat.

Bangkok merupakan kota yang beriklim tropis, sama seperti di Indonesia. Jadi, bawalah pakaian santai yang biasa Anda kenakan ketika di Indonesia. Lupakan niat Anda untuk membawa baju hangat dan sebagainya, karena Bangkok hanya memiliki 2 musim saja, yaitu musim hujan dan panas.

Hunting Makanan ala Bangkok

pad thai

Belum ke Bangkok jika Anda tidak mencoba makanan-makanan khas yang ada di sana. Nah, bagi para backpacker yang baru pertama kali ke Bangkok, cobalah mencicipi kuliner khas Bangkok. Tips untuk Anda yang ingin mencicipi kuliner khas Bangkok tanpa perlu merogoh kocek ekstra adalah datanglah ke pasar malam yang ada di sana. Karena di pasar malam umumnya dijual berbagai makanan khas, seperti Pad Thai, Mango Sticky Rice, Tom Yam, Som Tam, Nai Mong Hoy Tod, dan masih banyak lagi.

Jika Anda berani, cobalah kuliner ekstrem yang biasa dijual di pasar malam yang ada di Bangkok, yaitu aneka serangga yang sudah dimasak. Jenis serangga yang dijual adalah Tak Ga Tan (belalang), Non Pai (Ulat Bambu), Jing Leed (Jangkrik), sampai dengan kecoak.

Berlibur Saat Low Season

Ingin menekan biaya pengeluaran saat di Bangkok? Datanglah ke Bangkok pada saat low season, waktu di mana tidak terlalu banyak wisatawan mancanegara yang datang untuk berlibur ke Bangkok. Waktu low season dimulai dari bulan Maret sampai dengan September.

Pada saat low season ini tempat wisata tidak terlalu ramai. Selain itu, harga penginapan pun lebih murah. Hindari mengunjungi Bangkok pada saat high season, seperti liburan Natal dan Tahun Baru, karena biaya pengeluaran Anda bisa membengkak.

Berlayar Di Sungai Chao Phraya

Satu-satunya tips backpacker ke Bangkok yang tidak boleh dilewatkan adalah berlayarlah di Sungai Chao Phraya. Ini adalah sungai utama di Thailand yang memiliki panjang sekitar 372 KM. Belum ke Bangkok jika Anda tidak menyempatkan diri untuk berlayar di sungai yang satu ini. Kapal yang melintasi sungai ini bisa menjadi alat transportasi umum jika Anda malas untuk naik kendaraan yang ada di darat.

Sekedar informasi, jalanan di Bangkok juga cukup padat kendaraan dan macet. Jadi, Anda bisa memilih untuk berlayar di Sungai Chao Phraya ini. Di sepanjang sungai Anda bisa menikmati bangunan modern, rumah-rumah penduduk, gedung tua, sampai dengan objek wisata yang terkenal di Bangkok, seperti Wat Pho, Wat Arun, dan Grand Palace.

Pastikan Kuil dan Pantai Ada Dalam Daftar Liburan Anda

Wat Arun

Bangkok adalah kota yang memiliki banyak kuil Budha. Jadi, kunjungilah kuil-kuil terkenal yang ada di Bangkok, seperti salah satunya adalah Kuil Budha berbaring atau yang dikenal dengan nama Wat Pho.

Selain itu, Bangkok juga memiliki beberapa pantai eksotis yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke sana. Dari Bangkok, Anda bisa melipir ke Phuket atau Pattaya untuk menikmati keindahan pantai yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Namun, tetap perhatikan ketersediaan dana Anda, jangan memaksakan untuk mengunjungi semua tempat wisata yang ada di Bangkok bila dana tidak mencukupi.

Ikuti Festival yang Ada Di Bangkok

Songkran

Bangkok adalah kota yang terkenal dengan berbagai festival keagamaan dan kebudayaan. Jadi, jika Anda datang ke Bangkok bertepatan dengan sebuah festival yang terbuka untuk umum, maka jangan ragu untuk turut dalam kemeriahan festival tersebut.

Ada satu festival di Thailand yang sangat mendunia, yakni Festival Songkran. Tips backpacker ke Bangkok yang perlu Anda lakukan jika datang bertepatan dengan festival yang diselenggarakan setiap tanggal 13 April ini, Anda harus turut dalam kemeriahan festival di mana semua orang saling siram-menyiram air.

Tidak Melewatkan Wisata Belanja Murah

Pratunam Market

Beberapa waktu lalu Keluyuran sempat memberi rekomendasi tempat belanja murah di Bangkok. Nah, sebagai backpacker maka Anda wajib mengunjungi tempat tersebut untuk membeli barang-barang yang diinginkan dengan harga yang murah.

Di tempat wisata belanja yang ada di Bangkok, Anda bisa membeli oleh-oleh murah khas Thailand dengan harga yang murah. Jika berbelanja di pasar malam atau pasar tradisional Bangkok, Anda bisa menawar agar si penjual memberikan harga yang lebih murah.

Selalu Gunakan Tabir Surya

Waktu yang tepat untuk berlibur di Bangkok adalah saat musim panas. Karena pada saat musim hujan, maka perjalanan liburan Anda akan sangat terganggu. Nah, jika Anda ke Bangkok saat musim panas, pastikan Anda selalu menggunakan tabir surya ke mana pun Anda pergi. Baik saat pergi ke pantai atau hanya sekedar berjalan-jalan berkeliling kota, selalu gunakanlah tabir surya agar kulit Anda tidak terbakar.

Demikian tips backpacker ke Bangkok yang bisa membantu Anda untuk memperoleh liburan yang hemat, murah, dan menyenangkan. Dengan mengikuti tips ini, Anda tidak perlu lagi bingung jika hanya membawa uang pas-pasan saat ke Bangkok.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram