10 Tips Backpacker ke Belitung yang Sangat Seru

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Setelah melihat keelokan tempat wisata di Belitung, mungkin Anda berpikir untuk segera berlibur ke sana. Keputusan untuk berlibur ke Belitung adalah ide yang baik. Pasalnya, selain tidak terlalu jauh dari Jakarta, Belitung juga menawarkan suasana yang lebih tenang dibandingkan Bali dan Lombok yang sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Ingin ke Belitung tapi dana Anda terbatas? Tak masalah, Anda bisa berlibur ala backpacker ke Belitung. Selain lebih menghemat biaya, berlibur ala backpacker juga akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan untuk Anda. Menjadi backpacker solo maupun rombongan bukanlah masalah, simak tips dari Keluyuran berikut ini agar backpacker Anda kali ini menjadi menyenangkan.

1. Berangkat dari Jakarta dengan Pesawat Terbang

Matinya mesin pesawat yang melintas di Gunung Galunggung

Harga tiket pesawat dari Bandara Soekarno Hatta menuju ke Bandara H. AS Hanandjoedding di Tanjung Pandan, Belitung, memang lebih murah. Anda bisa mendapatkan tiket Jakarta – Tanjung Pandan hanya dengan harga Rp 367.000 saja sekali jalan.

Jika Anda berdomisili di luar Jakarta, Anda tetap bisa berlibur ala backpacker ke Belitung dengan menaiki kereta api kelas ekonomi terlebih dahulu untuk menuju ke Jakarta. Dari Jakarta, Anda bisa langsung terbang ke Tanjung Pandan dengan pesawat terbang.

2. Pesan Penginapan Murah Di Belitung

tips backpacker ke belitung

Harga penginapan di Belitung masih terbilang murah dibandingkan Bali dan Lombok. Jadi, tidak salah jika Anda memilih berlibur ala backpacker di sini. Agar lebih memudahkan Anda, sebaiknya pesan penginapan murah di Belitung melalui situs booking hotel beberapa hari atau minggu sebelum keberangkatan Anda.

Pilih hotel yang letaknya di Tanjung Pandan. Di Tanjung Pandan, Anda bisa memperoleh hotel dengan harga mulai Rp 120.000 per malam. Tarif kamar hotel yang murah ini sangat cocok untuk budget para backpacker yang datang kemari.

3. Install GPS Di Smartphone

gps

Jika ingin berlibur ala backpacker ke Belitung, tentu saja Anda harus siap untuk berpetualang sendiri tanpa panduan dari tour guide. Oleh karena itu, Anda harus tahu arah-arah jalan di Belitung agar dapat sampai ke tempat tujuan.

Keluyuran menyarankan Anda untuk menginstall GPS di smartphone. GPS ini akan menunjukkan arah jalan ke tempat-tempat yang ingin Anda kunjungi selama berada di Belitung. Hal ini penting mengingat di Belitung sangat minim marka jalan. Jadi, Anda bisa mengandalkan GPS dan modal bertanya kepada warga setempat untuk bisa sampai ke tempat tujuan.

4. Kuliner Makanan Khas Belitung

mie belitung

Salah satu hal yang wajib dilakukan oleh para backpacker yang berkunjung ke Belitung adalah mencicipi makanan khas di sini. Tak perlu khawatir soal harga, karena harga makanan khas Belitung ini tidak terlalu mahal, yakni sekitar Rp 15.000 – 30.000 saja.

Anda bisa mencicipi Mie Khas Belitung sembari menikmati kopi khas daerah ini. Anda pun bisa singgah di warung makan yang menjual berbagai jenis hidangan laut. Karena di Belitung banyak sekali pantai, maka hasil laut yang didapat pun juga cukup banyak.

5. Sewalah Alat Transportasi untuk Jalan-Jalan

motor bali

Mengapa tidak naik transportasi umum saja? Perlu Anda ketahui bahwa sarana transportasi umum di Belitung masih belum terlalu memadai. Jadi, sebaiknya Anda menyewa kendaraan saja. Harga sewa sepeda motor di Belitung berkisar antara Rp 60.000 – 100.000. Sementara itu, harga sewa mobil mulai dari Rp 350.000 – 500.000.

Akan tetapi, Anda masih bisa menawar dari tarif yang diberikan oleh jasa rental kendaraan tersebut. Bila perlu mintalah bantuan dari staff penginapan Anda untuk mencarikan alat transportasi dengan harga sewa yang murah untuk menemani Anda berjalan-jalan di Belitung.

6. Wajib Melakukan Island Hopping

Island Hopping

Kegiatan wajib yang harus Anda lakukan kala berada di Belitung adalah melakukan Island Hopping atau berkeliling dari satu pulau ke pulau lainnya dalam waktu satu hari. Rasanya belum ke Belitung jika Anda tidak melakukan Island Hopping ini.

Namun, ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan Island Hopping, yakni menggunakan krim tabir surya agar kulit Anda tidak terbakar, membawa uang yang cukup karena Anda tidak akan menemukan mesin ATM saat Island Hopping, dan membawa bekal makanan dan minuman sendiri karena warung yang ada di pulau-pulau yang Anda kunjungi jarang menjual makanan berat seperti nasi putih.

7. Sewa Kapal Secara Patungan

perahu belitung

Menjadi backpacker ke Belitung itu artinya kita harus berusaha untuk menekan semua biaya pengeluaran. Untuk melakukan Island Hopping, Anda wajib menyewa kapal motor yang nantinya akan mengantarkan Anda untuk singgah dari satu pulau ke pulau lainnya.

Harga sewa kapal berkisar antara Rp 400.000 – 500.000. Sementara itu, satu kapal muat hingga 10 orang. Nah, jika Anda adalah backpacker solo, maka cobalah untuk bergabung untuk patungan dengan rombongan lainnya. Bila jumlah rombongan Anda masih kurang dari 10 orang, ajak backpacker lain untuk bergabung atau sebaliknya. Biasanya Anda akan menjumpai para backpacker lainnya saat berada di penginapan.

8. Kunjungi Spot Wisata Laskar Pelangi

Museum Kata Andrea Hirata tempat wisata di belitung

Laskar Pelangi adalah film Indonesia yang cukup terkenal dan mengambil lokasi shooting di Belitung. Jadi, rasanya tidak afdol jika kita tidak menyambangi spot wisata yang menjadi lokasi pengambilan gambar film Laskar Pelangi.

Pertama, Anda bisa berkunjung ke Pantai Tanjung Tinggi yang didominasi oleh pasir putih dan bebatuan granit yang besar. Kedua, Anda bisa melipir ke Desa Selingsing, Kec. Gantong, Belitung Timur, untuk melihat replika sekolah Laskar Pelangi. Terakhir, Anda bisa mengunjungi Museum Kata yang didirikan oleh Andrea Hirata, penulis novel Laskar Pelangi.

9. Urungkan Niat Berbelanja Oleh-Oleh

oleh-oleh belitung

Bila di Bali Anda bisa menemukan tempat yang menjual souvernir dengan mudah, lain halnya saat Anda berada di Belitung. Di sini, sangat minim tempat yang menjual oleh-oleh khas Belitung. Kalau pun ada harganya cukup mahal. Namun, bila Anda tetap ingin membeli oleh-oleh khas Belitung, maka Anda bisa membelinya ketika berada di airport.

10. Chillin’ di Pantai Tanjung Pendam

Pantai Tanjung Pendam

Sebelum pulang, Anda harus berkunjung ke Pantai Tanjung Pendam, yang merupakan pantai di pusat Kota Tanjung Pandan. Pantai ini mungkin tidak seelok pantai-pantai lain yang ada di Belitung.

Akan tetapi, karena lokasinya strategis maka pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Bahkan, di sekitar pantai banyak terdapat cafe yang pada malam hari akan menyuguhkan penampilan dari DJ atau live music. Bersantailah sejenak dengan rombongan atau teman-teman baru Anda di Pantai Tanjung Pendam ini sebelum pulang.

Tak perlu ragu untuk backpacker ke Belitung. Karena biaya akomodasi di Belitung saat ini sudah terjangkau oleh dompet para backpacker. Belitung adalah destinasi liburan yang menawarkan suasana berbeda untuk Anda. Selain itu, bila Anda berdomisili di Jakarta, Anda hanya membutuhkan waktu 1 jam untuk terbang di ke Belitung.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram