10 Tips Backpacker Ke Hong Kong Yang Menyenangkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa yang tidak tergiur untuk berlibur ke Hong Kong? Negara yang satu ini sering diklaim sebagai Hollywood-nya Asia. Pasalnya, selain banyak dipenuhi oleh gedung pencakar langit yang berdiri megah, Hong Kong juga merupakan negara yang melahirkan banyak selebriti papan atas yang sudah mendunia, seperti Jackie Chan, Andy Lau, Donnie Yen, Bruce Lee, Stephen Chow, Chow Yun Fat, Karen Mok, dan Cecilia Cheung.

Apakah Anda juga berminat untuk berlibur ke Hong Kong? Soal biaya tak akan menjadi masalah, karena Anda bisa berlibur ala backpacker ke Hong Kong. Lantas, apa saja hal-hal penting yang harus diketahui oleh para backpacker yang ingin melancong ke Hong Kong? Yuk, simak tips dari Keluyuran berikut ini.

Dapatkan Tiket dengan Harga Murah

Bila ingin berlibur ala backpacker ke Hong Kong, maka Anda harus giat mencari tiket pesawat murah. Harga termurah untuk tiket pesawat Jakarta – Hong Kong pulang pergi adalah Rp 2.200.000. Apabila Anda berhasil memperoleh tiket dengan harga murah, maka Anda hanya perlu membayar sekitar Rp 1.300.000 saja untuk tiket pesawat Jakarta – Hong Kong pulang pergi.

Syarat untuk bisa mendapat tiket pesawat murah untuk ke Hong Kong adalah rajin hunting secara online maupun offline, lalu pilihlah hari keberangkatan saat hari biasa (bukan tanggal merah).

Tidak Perlu Repot Mengurus Visa

tips backpacker ke hong kong

Kabar gembira bagi Anda yang ingin berpelesir ke Hong Kong. Karena saat ini Anda tidak perlu repot mengurus Visa. Hong Kong membebaskan Warga Negara Indonesia (WNI) yang ingin berlibur dari Visa.

Kita mendapat masa berlibur selama 30 hari di Hong Kong. Namun, sebagai backpacker Anda hanya membutuhkan waktu 5-7 hari saja untuk stay di Hong Kong. Kebijakan ini tentu saja membuat kita bisa bernapas lega karena tidak harus mengeluarkan uang beberapa ratus ribu rupiah untuk mengurus Visa.

Pandai Mencari Hotel Murah

hostel hong kong

Jika di Malaysia Anda bisa mendapatkan kamar di hotel bintang 3 dengan tarif Rp 300.000 – 400.000 per malam, Anda tidak bisa mendapatkan hotel sejenis di Hong Kong. Karena biaya hidup di negara ini memang lebih tinggi dibanding negara-negara yang ada di Asia Tenggara.

Dengan uang Rp 300.000 Anda tetap bisa memperoleh penginapan, tetapi bukan hotel melainkan hostel, losmen, atau home stay. Namun, bagi backpacker seharusnya hal ini bukan masalah. Karena Anda tetap dapat tidur dan beristirahat, bukan?

Jalan-Jalan dengan Transportasi Umum

bus hong kong

Ada sejumlah transportasi umum yang bisa digunakan kala Anda sedang backpacker ke Hong Kong. Jika ingin transportasi yang cepat dan tidak ribet, Anda bisa naik MTR (Mass Transit Railway). Sebaiknya Anda jangan salah membedakan, karena di Hong Kong sebutannya adalah MTR, bukan MRT seperti di Singapura.

Selain itu, ada pulan transportasi murah lainnya yang bisa Anda gunakan untuk jalan-jalan ke Hong Kong tanpa tour, yaitu bus. Sebagian besar bus di Hong Kong adalah jenis bus bertingkat dua atau yang lebih dikenal sebagai double decker.

Cermati Makanan yang Anda Pilih

Hal yang satu ini berlaku bagi para backpacker yang muslim. Saat melakukan backpacker ke Hong Kong, Anda harus lebih hati-hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Karena banyak makanan di Hong Kong yang non-halal.

Sebaiknya, Anda jangan malu untuk bertanya kepada si penjual atau mencari tahu seputar tempat makanan yang halal terlebih dahulu. Salah satu tempat makanan halal di Hong Kong adalah Center Canteen yang berada di area Masjid Ammar.

Kunjungi Tempat Wisata Gratis Di Hong Kong

Siapa bilang untuk jalan-jalan di Hong Kong Anda harus mengeluarkan dana dalam jumlah banyak. Ada banyak tempat wisata di Hong Kong yang bisa dikunjungi secara gratis alias tidak perlu membayar karcis masuk.

Misalnya, Anda dapat mengunjungi Avenue of The Stars yang merupakan replika dari Hollywood Walk of Fame. Di tempat ini, Anda dapat melihat cetakan tangan dari selebriti papan atas, seperti Jackie Chan atau Bruce Lee.

Selain itu, ada Hong Kong Racing Museum yang menceritakan tentang sejarah pacuan kuda di Hong Kong. Tak hanya itu saja, di Hong Kong juga ada dua pantai terkenal yang bisa Anda datangi, yakni Golden Beach dan Repulse Bay.

Singgah Di Shenzhen

Shenzhen

Shenzhen adalah sebuah kota di RRT yang biasa dikunjungi setelah berpelesir di Hong Kong. Sesampainya di Shenzhen, Anda hanya perlu mengurus Visa on Arrival saja. Untuk sampai ke Shenzhen, Anda dapat menaiki MTR dari Hong Kong.

Sesampainya di Shenzhen, segera kunjungi berbagai tempat wisata terkenal yang ada di sana, seperti Sea World, Taman Hiburan Shenzhen Windows of The World, China Folk Culture Village, dan Kingkey 100 yang merupakan menara tertinggi di Shenzhen. Jika perlu, Anda bisa bermalam di Shenzhen dan melanjutkan perjalanan pada keesokan harinya.

Bersenang-senang Di Macau

Macau

Setelah singgah di Shenzhen, saatnya Anda melanjutkan perjalanan menuju ke Macau. Sejatinya, Macau adalah wilayah kecil yang terletak di pesisir selatan Tiongkok. Namun, Macau tetap menjadi tempat yang sangat menakjubkan dan sayang bila dilewatkan, Macau adalah surga hiburan yang sangat menyenangkan. Jadi, rasanya kurang afdol jika Anda ke Hong Kong tanpa mengunjungi destinasi yang sangat ikonik seperti Macau ini.

Ada sejumlah spot di Macau yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dan backpacker asal Indonesia, seperti Reruntuhan Katedral St. Paul, AJ Hackett Macau Tower, The Venetian Macau, dan Grand Prix Museum. Akan tetapi jika Anda ingin menghemat pengeluaran, Anda bisa mengunjungi sejumlah tempat wisata di Macau yang tidak dipungut biaya karcis masuk.

Install Kamus Di Smartphone

google translate

Sama seperti di Thailand, masyarakat Hong Kong juga kurang pandai berbahasa Inggris. Jadi, tak ada salahnya jika Anda menginstall kamus di smartphone untuk memudahkan Anda dalam berkomunikasi dengan masyarakat di sana. Hal ini cukup efektif dibanding Anda menggunakan bahasa isyarat.

Belanja Ekonomis Saat Berada Di Hong Kong

Nampaknya memang sedikit mustahil untuk bisa berbelanja dengan ekonomis ketika kita berada di Hong Kong. Pasalnya, negara ini terkenal sebagai salah satu tempat wisata belanja termahal di dunia.

Namun, masih ada beberapa kawasan wisata belanja murah yang menjual beraneka barang yang bisa dijadikan oleh-oleh, sebut saja Tung Choi Street yang berada di Mongkok, Jardine’s Bazaar yang berlokasi di Causeway Bay, dan Lee Garden Road.

Nah, itulah tips dan hal-hal yang perlu Anda perhatikan ketika hendak berlibur ala backpacker ke Hong Kong. Ketika membeli barang di Hong Kong, sebaiknya teliti lagi kualitas barang tersebut. Karena tidak semua barang yang dijual di sana memiliki kualitas terbaik dan tahan lama.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *