Inilah 10 Tips Backpacker ke Karimunjawa yang Asyik

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 14 April 2020

Tertarik untuk berlibur di pantai? Tidak perlu jauh-jauh hingga ke Maldives, cobalah untuk merencanakan perjalanan ke Karimunjawa. Karimunjawa merupakan sebuah kepulauan di Laut Jawa yang terdiri dari berbagai pulau-pulau kecil. Karena berbentuk kepulauan, Anda pasti sudah bisa menebak bahwa daya tarik dari Karimunjawa terletak pada pantainya yang sangat mempesona. Karimunjawa sendiri masuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Tunggu apalagi, segera rencanakan liburan berikutnya untuk berpelesir di Karimunjawa. Tak perlu ragu untuk menjadi backpacker ke Karimunjawa. Karena Keluyuran akan memberikan tips asyik dan menyenangkan bagi Anda yang berencana untuk berlibur ala backpacker di Karimunjawa.

1. Pilih Transportasi Termurah dari Tempat Anda

Pikirkan Transportasi

* sumber: safetynet.asia

Karimunjawa adalah kepulauan yang berada di Jepara. Untuk trip kali ini Keluyuran menyarankan backpacker yang ada di Jawa untuk naik kereta api. Namun, bagi backpacker yang berdomisili di Jakarta, Bandung, atau Surabaya, tidak bisa langsung naik kereta api ke Jepara karena di kabupaten tersebut tidak ada stasiun kereta api. Jadi, Anda harus naik kereta api ke Stasiun Semarangponcol.

Tiket kereta api ekonomi dari Jakarta ke Semarang hanya Rp 120.000 saja. Kemudian, Anda bisa melanjutkan untuk naik bus menuju ke Jepara. Dari Jepara, Anda akan menyebrang ke Karimun Jawa dengan kapal yang sudah terjadwal.

2. Hindari Pergi Saat Musim Hujan

tips backpacker ke karimunjawa

Ini adalah hal yang sangat perlu diperhatikan sebelum Anda merencanakan backpacker ke Karimunjawa. Hindari berkunjung ke Karimunjawa pada saat musim hujan. Puncak hujan di Karimunjawa terjadi pada bulan Januari-Februari. Pasalnya, saat hujan lebat banyak kapal yang tidak berani menyebrang ke Karimunjawa. Akibatnya, perjalanan Anda akan sia-sia atau tertunda.

Di samping itu, ketika hujan Anda tidak akan bisa leluasa mengeksplor spot wisata menarik di Karimunjawa. Oleh karena itu, berkunjunglah pada musim kemarau, yakni sekitar bulan April-September.

3. Usahakan untuk Tidak Menjadi Solo Backpacker

kapal karimunjawa

Terkadang mungkin Anda membutuhkan me time atau waktu berlibur sendirian. Hal tersebut sebenarnya tak masalah, tapi mengingat harga sewa alat transportasi di Karimunjawa cukup mahal, maka sebaiknya Anda datang ke Karimunjawa secara rombongan.

Bawalah setidaknya 4 orang teman Anda untuk turut berlibur ala backpacker di Karimunjawa. Setidaknya, Anda bisa patungan untuk menyewa kapal atau mobil. Selain itu, berlibur ramai-ramai tentu akan lebih seru dan mengasyikkan. Anda pun bisa membayar sewa hotel secara patungan dengan beberapa orang teman Anda.

4. Pilih Homestay Sebagai Tempat Menginap

wisma karimunjawa

Anda harus menghemat budget saat berlibur di Karimunjawa. Oleh karena itu, Anda harus memilih tempat menginap yang lebih ekonomis. Nah, alternatif penginapan yang murah di Karimunjawa adalah homestay, yakni rumah penduduk yang disewakan untuk wisatawan.

Harga sewa kamar di homestay berkisar dari Rp 75.000 – 200.000 per malam. Apabila Anda membawa serta rombongan Anda untuk menginap di homestay tersebut, Anda bisa membayar sewa homestay secara patungan.

5. Mencari Makanan yang Murah

Pilih Makanan untuk Dikonsumsi

* sumber: www.shutterstock.com

Tidak semua warung kaki lima di Karimunjawa menjual makanan dengan harga yang murah meriah. Ada beberapa warung yang justru menjual makanan dengan harga yang mahal.

Ketika Anda berlibur ala backpacker ke Karimunjawa, Anda harus cerdas memilih makanan yang murah. Misalnya, Anda bisa memesan mie instant di warung kaki lima atau bertanya mengenai harga terlebih dahulu sebelum Anda memesan makanan. Namun, beberapa homestay menyediakan paket makanan rumahan dengan harga yang lebih bersahabat. Dengan cara ini Anda bisa lebih menghemat pengeluaran, bukan?

6. Bawa Uang Tunai Secukupnya

Hindari Membawa Uang Tunai Terlalu Banyak

Tips yang satu ini juga tidak kalah penting untuk diperhatikan, lho. Karena di Karimunjawa hanya ada satu mesin ATM saja, maka sebaiknya Anda sudah menarik uang tunai ketika berada di Jepara. Pasalnya, mesin AM tersebut akan dipenuhi oleh banyak wisatawan yang juga hendak mengambil uang.

Untuk mengantisipasi antrian panjang atau mesin ATM yang rusak, alangkah baiknya jika Anda sudah menyediakan uang tunai dalam berbagai pecahan kala hendak memulai perjalanan Anda di Karimunjawa.

7. Wajib Snorkeling di Karimunjawa

snorkeling karimunjawa

Walaupun tidak ada peraturan tertulis, tapi snorkeling memang merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh wisatawan yang datang ke Karimunjawa. Hal tersebut dikarenakan alam bawah laut Karimunjawa sangat indah, ada berbagai jenis ikan cantik dan terumbu karang berbagai warna yang berada di dasar laut.

Selain itu, air laut yang biru kehijauan dan nampak jernih membuat kita ingin segera berenang bersama ikan-ikan yang ada di laut. Jadi, jangan sampai Anda melewatkan kegiatan snorkeling kala berada di sini.

8. Jangan Lewatkan Sunset di Pantai Ujung Gelam

Pantai Ujung Gelam

Panorama indah yang harus dinikmati ketika Anda berlibur ala backpacker ke Karimunjawa adalah sunset di Pantai Ujung Gelam. Sebenarnya Anda bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam di semua pantai yang ada di Karimunjawa. Bahkan, hampir sebagian besar pantai di Karimunjawa menawarkan pasir putih yang bersih.

Akan tetapi, salah satu spot favorit untuk menyaksikan matahari terbenam di Karimunjawa adalah Pantai Ujung Gelam. Ombak laut yang tenang dan pasir putih yang bersih membuat kita semakin betah untuk bersantai sore di Pantai Ujung Gelam ini.

9. Trekking Santai di Hutan Mangrove

mangrove karimunjawa

Setelah puas mengeksplor keindahan laut dan pantai yang ada di Karimunjawa, kini tiba saatnya Anda untuk menjelajahi hutan mangrove yang ada di kepulauan ini. Ya, selain mengutaman panorama pantai dan laut, Karimunjawa juga memiliki hutan mangrove yang sangat asri.

Anda bisa trekking santai di jalan yang terbuat dari kayu di dalam hutan mangrove ini. Udara yang sejuk dan kicauan burung akan menemani Anda ketika menyusuri jalan di hutan ini. Bahkan, dari dalam hutan Anda tetap bisa menyaksikan panorama laut dari sisi yang berbeda.

10. Bawa Perlengkapan Pribadi

perlengkapan mandi

Apakah Anda berharap ada minimarket di pulau-pulau Karimunjawa? Sebaiknya Anda tidak menaruh harapan terlalu besar. Karena Anda tidak bisa menjumpai minimarket modern di Karimunjawa. Kalau pun Anda hendak berbelanja, maka Anda harus berbelanja di toko kelontong. Namun, harga barang yang dijual di toko-toko kelontong di Karimunjawa tentu lebih mahal.

Sebaiknya bawalah perlengkapan pribadi Anda sendiri, mulai dari perlengkapan mandi, sikat gigi, pasta gigi, jaket, sandal jepit, tabir surya, charger ponsel, dan peralatan lain yang Anda butuhkan. Jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi untuk berjaga-jaga.

Liburan ala backpacker ke Karimunjawa tentu jauh lebih murah dibandingkan Anda berlibur secara eksklusif. Namun, perlu Anda ketahui bahwa liburan yang eksklusif tentu akan membuat Anda merasa lebih nyaman.

Saat ini, Karimunjawa sudah cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan. Jika Anda adalah seorang solo backpacker, maka kami menyarankan Anda untuk bergabung dengan backpacker lain saat hendak menyewa kendaraan di sana. Cobalah untuk berkenalan dengan backpacker lain dan menjalin persahabatan dengan teman-teman baru saat Anda sedang berlibur.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram