10 Tips Backpacker Ke Korea Selatan Yang Murah & Seru

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 8 November 2019

Keluyuran sudah pernah memberi informasi mengenai biaya liburan ke Korea ala backpacker. Namun, bila Anda merasa bahwa perkiraan biaya liburan ke Korea tersebut masih terlalu mahal, maka Anda bisa mencoba beberapa tips ala backpacker yang pernah ke Korea untuk dapat menghemat pengeluaran Anda.

Liburan ala backpacker artinya Anda harus meminimalisir pengeluaran. Nah, apakah Anda bisa menikmati liburan jika semua biaya dipangkas agar lebih minim? Tentu saja bisa! Siapa bilang liburan ala backpacker harus serba sengsara. Dengan persiapan perbekalan yang cukup, Anda bisa memperoleh liburan ala backpacker yang menyenangkan selama berada di Korea. Yuk, ikuti tips backpacker ke Korea berikut ini.

1. Beli tiket pesawat jauh-jauh hari

pameran tiket pesawat

Ini adalah poin penting dalam daftar tips backpacker ke Korea. Anda harus rajin berburu tiket murah dari jauh-jauh hari. Bagaimana cara agar Anda mendapatkan tiket pesawat terbang murah dengan tujuan Korea?

Pertama, rajinlah untuk mengecek promo di situs maskapai penerbangan atau situs booking tiket pesawat. Kedua, jangan ragu untuk datang ke pameran maskapai penerbangan yang biasanya menawarkan promo menarik atau potongan harga yang cukup besar. Dengan kisaran harga 4 jutaan sudah bisa dikatakan murah untuk satu tiket perjalanan pulang pergi ke Korea Selatan dengan maskapai full service.

Pada umumnya, tiket pesawat dengan harga yang ekonomis dijual pada saat 6-12 bulan sebelum tanggal keberangkatan. Tak ada salahnya jika Anda merencanakan liburan ke Korea pada saat jauh-jauh hari, bukan?

2. Pilih penginapan dengan harga yang murah

tips backpacker ke korea

Tak perlu takut untuk mencari penginapan saat berada di Korea Selatan. Karena ada banyak penginapan murah di negeri gingseng tersebut. Lantas, apakah penginapan murah tersebut nyaman dan bersih? Hampir sebagian besar penginapan ekonomis di Korea Selatan selalu menjamin kebersihan tempat dan fasilitasnya untuk menjamin kenyamanan para tamunya.

Lantas, berapa perkiraan tarif penginapan murah di Korea? Perkiraan tarif penginapan murah di Korea, dalam bentuk losmen atau guesthouse, adalah sekitar 200-250 ribu rupiah per malam. Jika beruntung, mungkin Anda bisa mendapat penginapan dengan tarif di bawah 200 ribu rupiah. Beberapa daerah yang jadi favorit wisatawan untuk menginap diantaranya adalah area sekitar Hongdae, Myeongdong, dan juga Dongdaemun.

3. Kunjungi tempat wisata yang gratis

Namsan Tower

Nami Island adalah salah satu objek wisata wajib jika Anda berkunjung ke Korea Selatan. Namun, untuk mencapai Nami Island Anda harus mengeluarkan biaya transportasi yang tidak sedikit. Belum lagi ketika sampai di pulau tersebut Anda harus membayar tiket masuk.

Nah, salah satu tips backpacker ke Korea untuk menekan pengeluaran adalah kunjungi tempat wisata yang gratis dan mudah dijangkau. Salah satu contoh tempat wisata gratis di Korea adalah Namsan Tower, yang merupakan landmark Korea Selatan. Dari menara ini Anda bisa menyaksikan pemandangan Seoul dari ketinggian, serta mengunjungi Love Lock (gembok cinta) yang sangat terkenal di menara ini.

4. Jangan ragu untuk makan murah

Kimbap Cheonguk

Harga makanan yang dijajakan oleh para penjual di Korea Selatan cukup bersahabat. Dengan uang 50 ribu rupiah, Anda sudah bisa menikmati makanan khas Korea secara puas. Di Korea terdapat warteg khas negara tersebut dengan nama Kimbap Cheonguk. Warung makan yang buka selama 24 jam ini menyajikan makanan lezat dalam porsi besar. Jadi, jangan takut tidak kenyang saat Anda makan di sini.

Di Indonesia, tteobokki dijual dengan harga yang cukup mahal. Namun, di Korea makanan ini adalah cemilan kaki lima yang dijual dengan harga yang murah. Berbagai jajanan kaki lima lain juga bisa Anda dapatkan dengan mudah, terutama di tempat-tempat perbelanjaan seperti Myeongdong.

5. Pilih transportasi umum yang murah

t money

Berpikir untuk naik taksi selama berlibur di Korea? Tak masalah jika Anda mau menyediakan dana ekstra. Karena sama seperti di Indonesia, taksi di Korea juga memasang tarif yang cukup mahal. Solusi transportasi umum yang lebih murah selama di Korea adalah bus atau subway.

Di Korea, ada kartu transportasi bernama T-Money yang bisa digunakan untuk turis. Bahkan, turis bisa memperoleh diskon 5% apabila menggunakan kartu ini saat berpergian dengan menumpangi bus khusus turis. Namun, bila jarak tempat yang dituju sangat dekat jangan ragu untuk berjalan kaki dan berbaur dengan masyarakat setempat.

6. Membawa bekal dari rumah

nasi instant

Selama berada di Korea, cobalah untuk sesekali memakan bekal yang dibawah dari tanah air. Anda bisa membawa beberapa bungkus mi instant untuk disantap selama berada di Korea. Cara ini cukup efektif untuk membantu penghematan Anda selama berada di negeri gingseng tersebut.

Akan tetapi, jangan sampai Anda mengonsumsi mi instant setiap hari. Karena alih-alih berhemat, Anda bisa terkena gangguan kesehatan bila menyantap mi instant setiap hari. Membawa biskuit dari Indonesia juga penting untuk mengganjal perut saat lapar. Jadi, Anda tak perlu jajan terus selama berada di Korea.

Jika Anda ingin makan nasi, maka Anda juga bisa membeli nasi instant yang dijual di minimarket. Nasi instant ini dijual dengan harga sekitar 20 ribuan rupiah, dan bisa lebih murah jika membeli beberapa nasi sekaligus. Nasi ini bisa Anda makan di penginapan beserta dengan bekal yang Anda bawa dari rumah.

7. Pilih tempat belanja murah yang memberi banyak diskon

Dongdaemun

Saat berada di negara orang, kita tentu ingin berbelanja oleh-oleh atau barang-barang khas negara tersebut. Nah, cobalah untuk memilih tempat belanja yang menawarkan berbagai diskon. Ada beberapa tempat wisata belanja di Korea, dua di antaranya yang cukup terkenal adalah Myeongdong dan Dongdaemun.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa harga barang di Myeongdong lebih mahal dibanding Dongdaemun, karena di Myeongdong terdapat banyak butik dari brand internasional. Namun, tak masalah jika Anda bersedia mengeluarkan dana ekstra, tapi cobalah untuk mencari toko yang menawarkan diskon spesial.

Salah satu tips belanja ala backpacker adalah datang ke toko pada saat suatu musim akan berakhir, misalnya antara pergantian musim gugur ke musim dingin. Karena pada umumnya koleksi barang saat musim gugur akan didiskon saat hendak memasuki musim dingin.

8. Dapatkan souvenir gratis

Myeongdong sample

Bukan suatu hal mustahil untuk bisa memperoleh souvernir gratis saat berlibur di Korea. Tips backpacker ke Korea akan memberi Anda sedikit bocoran bagaimana cara untuk mendapat souvernir gratis yang bisa dijadikan oleh-oleh. Berjalan-jalan saja ke Myeongdong yang dikenal sebagai tempat belanja kosmetik paling terkenal di Korea Selatan. Di sana, umumnya sample kosmetik akan dibagikan secara gratis, lho!

Sampel gratis ini memang tidak selalu benar-benar diberikan secara "gratis". Anda biasanya harus belanja terlebih dahulu di dalam toko tersebut untuk kemudian mendapatkan berbagai macam bonus sampel kosmetik. Namun jika beruntung, maka Anda juga bisa mendapatkannya secara gratis tanpa perlu berbelanja terlebih dahulu.

9. Berteman dengan orang Korea

orang korea

Sebelum melakukan perjalanan ke Korea usahakan untuk mendapat teman yang tinggal di negeri gingseng tersebut. Karena ada banyak manfaat jika Anda memiliki teman orang Korea atau kenalan orang Indonesia yang tinggal di Korea.

Mereka bisa memberikan berbagai informasi penting, menjadi tour guide selama kita berada di sana, atau bahkan memberikan tempat tinggal gratis. Setidaknya, Anda tidak akan merasa “sendirian” saat berada di negara orang lain.

10. Jangan malu untuk jadi backpacker

Banyak masyarakat Indonesia yang malu dan gengsi untuk jadi backpacker saat melancong ke negara orang lain. Padahal, menjadi backpacker bukanlah suatu hal yang memalukan. Selain bisa menghemat biaya liburan, keuntungan lain kala menjadi backpacker adalah memiliki pengalaman menarik yang tidak akan terlupakan.

Itulah 10 tips backpacker ke Korea yang bisa Keluyuran berikan pada kesempatan kali ini. Sebelum mulai berpelesir ke Korea Selatan, pastikan bahwa kondisi fisik Anda sehat. Bawalah kartu kredit atau uang lebih untuk sekedar berjaga-jaga bila ada pengeluaran mendadak. Jika Anda memiliki tips lainnya, silakan bagikan dengan kami di kolom komentar.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram