10 Tips Backpacker Ke Labuan Bajo Yang Sangat Seru

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 11 November 2019

Labuan Bajo adalah salah satu desa yang terletak di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Walaupun belum terlalu banyak dikunjungi wisatawan, tetapi keindahan tempat wisata di Labuan Bajo dapat membuat Anda berdecak kagum dan ingin segera berkunjung ke sana. Namun, bisakah Anda pergi ke Labuan Bajo dengan budget ala backpacker?

Keluyuran akan memberi tips untuk Anda yang ingin menjadi backpacker ke Labuan Bajo. Tak hanya sekedar tips, kami juga akan berbagi hal-hal menarik apa saja yang bisa dilakukan di Labuan Bajo. Yuk, mulai membuat persiapan untuk berpelesir ke Labuan Bajo!

Solusi Transportasi Murah Ke Labuan Bajo

Labuan Bajo memiliki bandar udara yang melayani penerbangan setiap harinya, yakni Bandara Komodo. Akan tetapi, biaya tiket pesawat dari Jakarta atau Surabaya menuju ke Labuan Bajo sangat mahal, yaitu berkisar antara Rp 1.500.000 – 2.000.000 untuk sekali jalan.

Nah, jika Anda ingin backpacker ke Labuan Bajo, carilah tiket pesawat murah dengan tujuan ke Mataram, Lombok. Kemudian, dari Terminal Mandalika Mataram Anda bisa naik bus malam selama 12 jam untuk sampai di Terminal Sape Sumbawa Timur. Kemudian, dari Pelabuhan Sape Anda bisa naik kapal ferry untuk menuju ke Labuan Bajo.

Pilih Hotel Sederhana dengan Tarif Terjangkau

tips backpacker ke labuan bajo

Tak perlu khawatir tidak mendapat hotel saat berlibur di Labuan Bajo. Karena di sini sudah banyak hotel dengan beragam bintang dan tarif. Karena Anda sedang berlibur ala backpacker, maka pilihlah hotel bintang 1 atau losmen yang tarif kamarnya di bawah Rp 400.000 per malam.

Untuk mendapat harga yang lebih murah, Anda bisa memesan kamar hotel melalui situs booking tertentu yang biasanya akan memberikan promo harga yang menarik.

Hindari Datang Saat Musim Liburan

pantai pink labuan bajo

Karena jumlah penginapan di Labuan Bajo masih belum terlalu banyak seperti di Bali atau Lombok, maka sebaiknya Anda memesan kamar hotel dari jauh-jauh hari. Hindari untuk datang ke Labuan Bajo saat musim liburan.

Pasalnya di saat liburan, selain harga tiket dan akomodasinya lebih tinggi, Anda juga tidak bisa leluasa untuk menikmati keindahan Labuan Bajo. Ketika liburan tiba tempat ini pasti akan dipenuhi oleh wisatawan yang ingin melihat langsung keindahan Labuan Bajo.

Kuliner Murah dan Enak Di Labuan Bajo

makanan labuan bajo

Di Labuan Bajo terdapat restoran, cafe, toko oleh-oleh, dan lounge dengan suasana yang santai. Sayangnya, Anda harus berpikir dua kali ketika hendak makan di tempat-tempat tersebut. Karena harga menu yang ditawarkan di restoran dan cafe yang ada di Labuan Bajo terbilang mahal. Oleh karena itu, carilah kuliner murah dan enak di warung-warung kaki lima yang ada di Labuan Bajo.

Perlu Anda ketahui bahwa kuliner khas Labuan Bajo adalah ikan segar dan makanan laut lainnya. Jadi, Anda bisa menikmati sepiring nasi putih dan ikan segar yang digoreng atau dibakar di warung-warung kecil. Namun, pastikan terlebih dahulu harga makanan di warung kaki lima tersebut sebelum memesan. Karena beberapa warung kaki lima kerap kali memberi harga yang tinggi kepada wisatawan luar NTB.

Usahakan untuk Menyewa Sepeda Motor atau Mobil

Pergi dengan menggunakan alat transportasi umum memang adalah cara menghemat pengeluaran bagi para backpacker. Namun, hal ini tidak berlaku ketika Anda backpacker ke Labuan Bajo. Pasalnya, di sini sangat minim transportasi umum. Karena alat transportasi umum di Labuan Bajo kurang memadai, maka Keluyuran merekomendasikan Anda untuk menyewa kendaraan saja di rental.

Jika Anda adalah backpacker solo atau berpasangan, sewalah sepeda motor untuk mengantar Anda berkeliling ke spot-spot wisata di Labuan Bajo. Tapi jika Anda berlibur ke Labuan Bajo dengan rombongan, maka sewalah mobil dan bayar secara patungan.

Bersantai Di Pulau Kanawa yang Eksotis

Pulau Kanawa adalah salah satu spot wisata yang paling terkenal di Labuan Bajo. Pantai yang terdapat di pulau ini menawarkan pasir putih yang bersih dengan tekstur yang lembut. Selain itu, air laut yang tampak dari Pulau Kanawa ini terlihat jernih dengan warna biru kehijauan.

Bersantai di pantai Pulau Kanawa sambil berjemur adalah kegiatan yang harus Anda lakukan ketika berpelesir ke Labuan Bajo. Jika ingin menikmati keindahan alam bawah laut, Anda bisa menyewa alat untuk snorkeling di sini.

Melihat Komodo Di Taman Nasional Loh Liang

komodo

Karena Labuan Bajo sangat dekat dengan Pulau Komodo, maka kurang lengkap rasanya jika kemari tanpa melihat komodo. Anda bisa melakukan trekking di Taman Nasional Loh Liang untuk dapat melihat komodo.

Di sini, para pengunjung bisa melihat habitat asli hewan khas Indonesia ini. Selain melihat komodo, di Taman Nasional Loh Liang ini Anda juga bisa berfoto-foto. Pasalnya, taman nasional ini memiliki pemandangan savana yang tampak sangat natural dan bagus untuk berfoto-foto.

Kunjungi Green Canyon ala Labuan Bajo

cunca wulang

Ingin menyatu lebih dekat dengan alam? Kunjungi Cunca Wulan yang jaraknya hanya sekitar 300 meter ke arah timur kota Labuan Bajo. Ini adalah air terjun yang masih sangat “perawan” karena belum banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Untuk sampai ke Cunca Wulan, Anda harus melalui jalur trekking selama 30 menit. Namun, rasa lelah akibat trekking akan terbayar lunas ketika Anda sampai di Cunca Wulan yang sering mendapat julukan sebagai Green Canyon ala Labuan Bajo ini.

Di bawah air terjun terdapat sungai dengan air berwarna biru kehijauan yang teramat jernih. Anda juga bisa mencoba terjun dari atas tebing yang memiliki ketinggian 3-10 meter seperti adegan Edward Cullen dan Bella Swan di film Breaking Dawn Part 1.

Jangan Lewatkan Sunset Di Pulau Kalong

Pulau Kalong

Di Labuan Bajo terdapat sebuah pulau dengan populasi kelelawar dengan jumlah yang sangat besar. Pulau itu dinamakan sebagai Pulau Kalong, yang artinya adalah Pulau Kelelawar. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Pulau Kalong adalah saat matahari terbenam.

Anda bisa melihat ratusan hingga ribuan kelelawar keluar dari sarangnya dan berterbangan di langit yang berwarna jingga. Pemandangan yang satu ini sangat langka dan tidak boleh dilewatkan saat Anda berlibur ala backpacker ke Labuan Bajo.

Diving Di Labuan Bajo

Kegiatan air yang sangat wajib dilakukan di Labuan Bajo adalah diving, karena di pulau ini terdapat beberapa pelatihan diving profesional. Namun, untuk Anda yang sudah mahir menyelam, Anda bisa menyewa alat diving atau snorkeling untuk melihat keindahan alam bawah laut di Labuan Bajo ini.

Jika tidak ingin menyelam, sewalah kapal yang akan mengantarkan Anda berkeliling sekaligus melihat pemandangan bawah laut dari bagian bahwa kapal yang menggunakan kaca transparan.

Anda membutuhkan biaya yang lebih banyak untuk backpacker ke Labuan Bajo. Pasalnya, harga transportasi dan akomodasi di Labuan Bajo masih relatif mahal. Jadi, mulailah menabung dari sekarang jika Anda ingin segera berlibur di Labuan Bajo.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram