10 Tips Backpacker Ke Lombok yang Seru dan Murah

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 1 Mei 2020

Liburan kali ini, apakah Anda sudah memiliki rencana untuk berpergian? Jika belum, mengapa tak mencoba untuk backpacker ke Lombok? Ide yang menyenangkan ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin berlibur dengan dana yang terbatas. Siapa bilang backpacker adalah cara liburan yang tidak menyenangkan? Dengan backpacker, Anda akan lebih menikmati setiap perjalanan liburan Anda.

Lombok sangat dekat dengan Bali. Anda bisa menyebrang dari Lombok ke Bali menggunakan kapal ferry atau sebaliknya. Namun, kali ini Keluyuran ingin mengajak Anda untuk mengeksplor Lombok secara lebih dalam. Oleh karena itu, simak tips backpacker ke Lombok dari Keluyuran berikut ini, yuk!

Pilih Transportasi yang Murah dan Hemat Waktu

Jika Anda berdomisili di Jakarta, Anda harus menggunakan kereta api Jakarta-Surabaya, lalu kemudian dilanjutkan dengan naik kereta api Surabaya-Banyuwangi. Lalu Anda harus beberapa kali berganti bus untuk menyebrang di pelabuhan. Biaya diperlukan untuk menggunakan kereta api dan bus dari Jakarta ke Lombok adalah sekitar Rp 400.000.

Anda membutuhkan waktu seharian penuh untuk melakukan perjalanan yang melelahkan ini. Nah, untuk apa membuang waktu dan tenaga jika Anda bisa mendapat tiket pesawat sekali jalan seharga Rp 350.000 saja? Namun, Anda harus memesan tiket pesawat dari jauh hari.

Bawa Barang Secukupnya Saja

tips backpacker ke lombok

Kadang-kadang untuk berjaga-jaga kita cenderung membawa barang yang dirasa akan diperlukan saat liburan. Hal ini tak menjadi masalah jika Anda berlibur ala turis, bukan sebagai backpacker.

Dalam tips backpacker ke Lombok ini kami menyarankan Anda untuk membawa pakaian dan segala macam keperluan dalam satu ransel besar saja. Apalagi jika Anda memilih perjalanan darat untuk sampai ke Lombok, maka sebaiknya bawalah barang secukupnya dan kemas di dalam tas ransel agar Anda tidak kerepotan.

Sewa Penginapan yang Murah

penginapan di lombok

Sama seperti Bali, Anda pun bisa menemukan penginapan yang murah dengan harga mulai 200 ribu rupiah ketika berada di Lombok. Akan tetapi, Anda jangan berharap ada banyak fasilitas yang disediakan oleh penginapan murah ini. Karena pada umumnya penginapan tersebut menawarkan fasilitas yang terbatas.

Namun, Anda bisa memilih penginapan yang murah tapi tempatnya bersih dan nyaman. Bahkan, di dekat tempat wisata seperti Pantai Senggigi atau Gili Trawangan, Anda pun bisa memperoleh penginapan yang cozy dengan harga yang terjangkau.

Nikmati Makanan yang Sederhana

pelecing kangkung

Baik di Lombok maupun Bali, Anda bisa menjumpai berbagai macam restoran atau cafe unik dengan masakan yang lezat. Nah, tapi Anda tidak bisa memuaskan hasrat untuk menyantap hidangan di restoran dan cafe unik yang harga menu makanannya dibandrol dengan harga yang mahal. Pasalnya, ingatlah jika Anda sedang menghemat pengeluaran.

Di dalam tips backpacker ke Lombok ini kami menyarankan Anda untuk makan di warung kaki lima saja. Selain harganya lebih murah, Anda pun bisa makan sampai kenyang tanpa perlu membayar dengan harga yang mahal.

Kunjungi Semua Gili Di Lombok

Menjadi seorang backpacker itu artinya Anda harus berani untuk berpetualang. Lombok memiliki sekitar 10 gili (pulau kecil) yang sangat patut untuk dikunjungi. So, habiskan waktu liburan Anda dengan menjelajahi semua gili yang ada di Lombok.

Misalnya, hari pertama Anda bisa menjelajahi Gili Trawangan yang memang sudah dikenal dan dikunjungi oleh banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Hari berikutnya, kunjungi Gili Air yang agak lebih sepi dibanding Gili Trawangan untuk snorkeling.

Pada hari ketiga, jangan lupa mengunjungi Gili Meno yang dikenal memiliki taman burung dan hutan lindung. Selanjutnya, kunjungi Gili Sudak yang jaraknya hanya 1 jam dari Kota Mataram. Ada pula Gili Nanggu yang memiliki pemadangan air laut yang sangat jernih, lalu Gili Kedis yang berukuran lebih kecil tapi pemandangannya sangat luar biasa.

Jangan lupa pula Gili Tangkong yang menawarkan suasana tenang sehingga cocok untuk refreshing, kemudian dilanjutkan ke Gili Bidara untuk bersantai sambil menikmati ubi jalar yang manis, Gili Kondo untuk berenang sembari bermain pasir putih, dan terakhir Gili Lampu yang dikenal sebagai pulau eksotis.

Sewa Kendaraan Umum yang Terjangkau

sepeda gili trawangan

Ketika Anda berlibur di Lombok, mungkin Anda tidak memiliki kerabat yang bisa meminjamkan alat transportasinya untuk Anda. Namun, Anda tak perlu khawatir karena di Lombok sangat banyak persewaan sepeda. Sebelum berpikir untuk benar-benar menyewa sepeda, pikirkan terlebih dahulu apakah tarif sewa yang ditawarkan sudah cukup bersahabat.

Anda bisa menyewa mobil dan membayar dengan sistem patungan jika jumlah rombongan beribur Anda sangat banyak. Alternatif transportasi murah saat berada di Lombok adalah sepeda motor. Anda bisa menyewa sepeda motor ini secara harian atau bahkan mingguan.

Apabila Anda hanya ingin sekedar berputar-putar di dekat penginapan, Anda bisa menyewa sepeda biasa. Dengan mengendarai sepeda biasa, Anda bisa dapat lebih menikmati pemandangan yang ada di sekitar.

Jangan Ragu untuk Menaklukan Rinjani

hiking rinjani

Bosan ke pantai dan ingin mencari suasana baru dalam liburan ala backpacker kali ini? Tips backpacker ke Lombok selain menjelajahi gili dan pantai yang ada di sana adalah mendaki Gunung Rinjani. Gunung ini adalah salah satu yang terindah di Indonesia, jangan ragu untuk menaklukan Gunung Rinjani.

Namun, pastikan Anda sudah membawa peralatan mendaki ketika masih berada di rumah. Karena membeli perlengkapan baru saat Anda sudah berada di Lombok hanya akan menambah pengeluaran Anda.

Berbaur dengan Backpacker Lain

Tips agar liburan ala backpacker kali ini terasa lebih menyenangkan adalah berbaurlah dengan backpacker lain. Misalnya, Anda bisa bergabung dengan komunitas tertentu sewaktu masih berada di Jakarta. Kemudian, Anda bisa beramai-ramai menjelajah Lombok sekaligus berkenalan dengan orang-orang baru. Dijamin, perjalanan liburan Anda akan terasa lebih seru. Tips ini sangat penting terutama bagi Anda yang merupakan single backpacker.

Bawa Uang Secukupnya

Keluyuran menyarankan Anda untuk membawa uang secukupnya. Usahakan untuk membawa uang tunai, karena di gili-gili lain selain Gili Terawangan sangat sulit untuk menemukan ATM. Oleh karena itu, bawalah uang secukupnya untuk berjaga-jaga. Jangan membawa uang terlalu banyak untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Siapkan Stamina Tubuh dan Aktifkan GPS

Karena Anda akan mengunjungi beberapa gili sekaligus, maka usahakan untuk menjaga stamina tubuh Anda. Hal ini juga berlaku jika Anda berencana melakukan pendakian di Gunung Rinjani. Jangan lupa untuk mengaktifkan GPS untuk panduan Anda selama berlibur sebagai backpacker. Keberadaan GPS cukup membantu, meskipun terkadang Anda masih harus bertanya kepada warga setempat ketika mencari suatu tempat.

Sepuluh tips backpacker ke Lombok ini bisa menjadi panduan bagi Anda yang ingin berlibur dengan biaya yang murah. Bila Anda hanya berlibur dengan waktu yang singkat, maka Anda tak perlu mengunjungi semua gili yang ada di Lombok, cukup pilih gili yang benar-benar ingin Anda kunjungi saja.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram