10 Tips Backpacker Ke Malang Yang Seru dan Asyik

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kota Malang adalah destinasi wisata wajib bagi masyarakat yang berdomisili di provinsi Jawa Timur. Akan tetapi, akhir-akhir ini banyak pula wisatawan dari luar Jawa Timur yang tertarik untuk berkunjung ke Malang. Bahkan, setelah puas menjelajahi Malang, sebagian besar backpacker memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ke Gunung Bromo yang memang tidak terlalu jauh dari Kota Malang.

Ada apa saja di Kota Malang? Kemudian, apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memulai backpacker ke Malang? Nah, bagi Anda yang belum pernah mengunjungi Kota Malang, simak tips dan persiapan untuk backpacker ke Malang dari Keluyuran berikut ini, yuk!

1. Perjalanan Ke Malang

Pikirkan Transportasi

* sumber: safetynet.asia

Bagi Anda yang tinggal di Jawa Timur, seperti di Surabaya, Mojokerto, Lumajang, atau Blitar, mungkin Anda memilih untuk backpacker ke Malang dengan menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini memang dapat menghemat pengeluaran, sehingga saat berada di Malang Anda tidak perlu menyewa kendaraan atau mengeluarkan dana untuk naik transportasi umum.

Jika tidak ingin kelelahan karena mengendarai mobil pribadi, Anda bisa menggunakan kereta api. Bahkan, Anda yang berdomisili di Surabaya pun bisa naik kereta api kelas eksekutif dengan biaya tiket Rp 40.000 saja.

Sementara itu, bila Anda berdomisili dari Jakarta, Anda dapat menggunakan kereta api Matarmaja dari Stasiun Pasar Senen ke Stasiun Malang dengan memilih kelas ekonomi seharga Rp 109.000 per orang. Namun, Anda harus menempuh perjalanan dengan kereta api ini selama 17 jam. Siapkan perbekalan sendiri dari rumah, karena harga makanan yang dijual di kereta api umumnya cukup mahal.

2. Pilih Penginapan Dekat Tempat Wisata

Adam’s Apple Guest House penginapan murah di batu malang

Sesampainya di Malang, Anda pasti akan memutuskan untuk backpacker ke Batu. Karena Batu adalah salah satu kota yang memiliki berbagai tempat wisata yang menarik. Karena jarak antara pusat Kota Malang ke Kota Batu membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 1 jam berkendara, maka sebaiknya pilih penginapan di kawasan Batu. Jika Anda melakukan liburan ala backpacker bersama beberapa orang, maka Anda bisa menyewa losmen atau villa-villa murah yang ada di dekat tempat wisata Batu.

3. Transportasi Saat Di Malang

tips backpacker ke malang

Di Malang, agak sulit untuk menemukan tempat penyewaan sepeda motor seperti ketika Anda berada di Bali maupun Lombok. Jika Anda bersama rombongan ingin berpergian dengan mudah, maka Anda bisa patungan untuk menyewa mobil.

Selain menyewa mobil, ada opsi lain yang lebih hemat, yakni dengan menaiki bus. Anda bisa naik bus dari terminal yang ada di Malang. Jangan malu untuk bertanya kepada masyarakat sekitar mengenai rute angkutan umum yang bisa digunakan untuk berpergian di sekitar Malang.

4. Menikmati Wisata Petik Apel

petik apel

Malang mendapat julukan sebagai kota apel. Pasalnya, di kota ini sangat banyak kebun apel hijau. Nah, bagi Anda para backpacker yang ingin berlibur di Malang, Anda harus mengunjungi Agrowisata Kusuma yang ada di Batu untuk dapat merasakan sensasi memetik apel sendiri langsung dari pohonnya. Kegiatan yang satu ini nampaknya adalah kegiatan wajib para backpacker dan wisatawan yang belum pernah berkunjung ke Malang.

Harga tiket masuk untuk memetik apel ini berkisar antara Rp 34.000 – 54.000. Selain memetik apel, pengunjung juga dapat memetik stroberi. Di Agrowisata Kusuma ini ada pula berbagai makanan dan minuman yang diolah dari apel segar. Salah satu minuman yang terkenal adalah jus apel dan cuka apel.

5. Kunjungi Objek Wisata Populer

Alun-alun Kota Malang

* sumber: www.satuwisata.com

Hampir semua tempat wisata populer yang ada di Malang ada berada di Kota Batu. Oleh karena itu, tidak salah jika Anda backpacker ke Batu saat sedang berlibur di Malang. Ada beberapa objek wisata yang wajib dikunjungi ketika Anda berada di kota apel ini, seperti Museum Angkut yang sangat Instagram-able dan menarik untuk berfoto-foto ria.

Kemudian, ada Jawa Timur Park 1 yang menawarkan berbagai macam wahana permainan yang menarik. Ada pula Jawa Timur Park 2 yang tak jauh dari Jatim Park 1, di sini ada Secret Zoo, kebun binatang unik yang diisi oleh beragam satwa.

Pada saat malam tiba, Anda bisa mencari makan di Alun-Alun Kota Batu dan singgah di Pos Ketan Legenda 1967. Terakhir, Anda bisa mengunjungi Batu Night Spectaculer, tempat yang menyajikan berbagai wahana permainan dan hanya buka pada malam hari saja.

6. Sempatkan untuk Wisata Gratis dan Menyenangkan

Alun-alun Malang Tempat Ngabuburit di Malang

* sumber: malangchannel.com

Setelah mengunjungi beberapa objek wisata yang mengharuskan Anda untuk membayar karcis masuk, kini tiba saatnya untuk berwisata gratis di Malang. Pertama, berkunjunglah ke Alun-alun Malang. Di tempat ini, Anda bisa menaiki Bus City Tour yang akan mengantarkan Anda untuk berkeliling Kota Malang.

Sempatkan diri untuk mampir di Stasiun Malang Kota Baru, karena di sini ada Patung Singo Edan Arema, yang merupakan maskot dari klub sepak bola kebanggaan warga Kota Malang. Patung ini juga menjadi salah satu landmark dari Kota Malang.

7. Cicipi Kuliner Khas Malang

Bakso Bakar Trowulan

Ketika berlibur ala backpacker ke Malang, salah satu hal yang sangat wajib Anda lakukan adalah mencicipi kuliner khas Malang. Ada satu kuliner yang sudah sangat terkenal dan pernah diliput oleh stasiun televisi swasta, yaitu Bakso Bakar Trowulan. Bakso bakar ini sangat terkenal dan lezat, bahkan pengunjung rela antri untuk dapat menikmati kelezatan bakso bakar dengan bumbu yang istimewa.

Selain itu, ada pula Depot Hok Lay yang terkenal dengan Pangsit Cwie Mie dan Fosco, sebuah minuman yang terbuat dari coklat dan susu murni. Di Hok Lay, Anda juga bisa menikmati lumpia khas Semarang, lho.

Ketika singgah untuk mengunjungi tempat wisata yang ada di Batu, jangan lupa untuk mampir ke Pos Ketan Legenda 1967 yang ada di Alun-alun Batu. Di Pos Ketan Legenda 1967 ini Anda bisa menemukan berbagai macam olahan ketan yang disajikan dengan aneka topping yang menggugah selera.

8. Belanja Oleh-Oleh Murah

apel malang

Berencana untuk membawa oleh-oleh saat backpacker ke Malang? Mengapa Anda tidak membawakan apel hijau yang menjadi ikon dari Kota Malang? Selain apel, Anda bisa membelikan keripik tempe khas Malang. Ada pula beberapa toko oleh-oleh, seperti Goedang Oleh-Oleh yang berada di Jalan Industri, tepatnya di dekat Terminal Arjosari.

9. Bawa Baju Hangat

Cara Mencuci Jaket Bulu Angsa Secara Manual

Udara di Kota Malang maupun Batu sangat sejuk. Hal tersebut karena kota ini dekat dengan pegunungan. Jadi, apabila berencana untuk berlibur ke Malang, bawalah serta baju hangat Anda. Bahkan, di Batu Anda bisa tidur tanpa menggunakan pendingin ruangan, karena udaranya sangat sejuk, terutama pada saat malam hari.

Nah, inilah hal-hal penting yang harus Anda perhatikan jika ingin backpacker ke Malang. Bawalah uang dan perbekalan secukupnya untuk berlibur di Malang. Jika memungkinkan, Anda bisa melanjutkan perjalanan dari Malang untuk mendaki Gunung Semeru atau mengunjungi Gunung Bromo.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *