8 Tips Liburan Hemat ke Palembang Ala Backpacker

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 7 Januari 2022

Bisa berlibur dengan biaya murah adalah dambaan bagi setiap traveler. Bagaimana tidak, dana yang minim adalah hal yang sering jadi hambatan seorang traveler mengunjungi satu tempat.

Bagi kamu yang punya rencana untuk berlibur ke Palembang, kami punya tips liburan hemat yang diadaptasi dari liburan gaya backpacker nih. Tapi kamu mungkin bertanya apa hal menarik dari Kota Palembang.

Sebagai salah satu kota besar, Palembang punya banyak spot wisata, baik wisata alam atau modern yang sayang untuk dilewatkan. Namun, banyak yang mengurungkan niat berlibur ke Palembang lantaran harga makanan dan biaya transportasi di bekas ibukota Kerajaan Sriwijaya ini sama tingginya dengan di Jakarta.

Nah, kalau kamu mau tahu tips liburanmu hemat ke Palembang jika kamu memiliki dana terbatas, simak infonya berikut ini!

Baca juga: 15 Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Dikunjungi

1. Kumpulkan Informasi Mengenai Transportasi

Kumpulkan Informasi Mengenai Transportasi

Transportasi merupakan salah satu bagian yang sangat krusial dalam traveling. Oleh karena kita harus memperhitungkan jarak, kenyamanan, tarif, dan waktu tempuh. Ada beberapa macam moda transportasi yang bisa kamu gunakan untuk mencapai Palembang, yaitu:

  • Pesawat Terbang.

Ada beragam maskapai penerbangan yang membuka rute ke Palembang. Beberapa maskapai ini mematok tiket pesawat kelas ekonomi mulai dari Rp385.000.

  • Bus.

Beberapa Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang melayani rute ke Palembang adalah Bus Eksekutif Pahala kencana yang mematok tarif sekitar Rp220.000 per orangnya.

Ada pula Bus Kramat Jati dengan tarif yang lebih ekonomis, yaitu sekitar Rp170.000 per orang. Selain itu, Bus Lorena juga membuka rute ke Palembang, tarifnya sekitar Rp225.000 per orang untuk bus ekonomi. Sedangkan bus eksekutif Lorena mematok tarik sekitar Rp280.000.

  • Kapal Feri

Pelni tidak menyediakan jalur pelayaran ke Palembang, sebagai gantinya kamu bisa naik kapal feri dari Pelabuhan Merak, Banten menuju Bakauheni di Lampung. Penumpang dewasa dipatok tarif Rp12.000, sedangkan anak-anak Rp7.000.

2. Naik Kereta Lintas Rel Terpadu (LRT)

Naik Kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) Untuk Mengelilingi Palembang

Kota Palembang adalah termasuk kota besar di Indonesia. Kota ini punya sejarah yang panjang, mulai dari sejarah Kerajaan Sriwijaya sampai sejarah kemerdekaan dan olahraganya. Menjelajahi Kota Palembang tidak bisa dilakukan dengan jalan kaki. Kamu perlu transportasi yang memadai.

Saat ini sudah tersedia transportasi kereta cepat yang terintegrasi yang disebut dengan kereta LRT Palembang. Transportasi ini adalah kereta modern yang canggih ini dapat kamu akses dengan tarif Rp10.000 flat. Murah kan?

Dengan hanya mengeluarkan uang sebanyak itu, kamu bisa mengelilingi Kota Palembang dan transit ke tempat wisatanya. Pasalnya stasiun pemberhentian kereta api ini ditempatkan di beberapa kawasan wisata populer Kota Palembang.

3. Persiapkan Perbekalan dan Pakaian yang Sesuai

Persiapkan Perbekalan dan Pakaian Sesuai dengan Iklim Palembang

Palembang mempunyai iklim hutan hujan tropis dengan tingkat kelembapan yang cukup tinggi. Selain itu, kawasan ini juga cukup berangin. Suhu di kota ini rata-rata mencapai 23,4-31,70C. Nah, dengan mempertimbangkan hal ini, pastikan kamu memilih pakaian yang nyaman selama berada di sana.

Sesuaikan jumlah pakaian dengan lamanya kamu berlibur di Palembang. Pilih pakaian yang menutup tubuh agar kulit terlindungi dari potensi terbakar matahari. Namun, jangan gunakan pakaian panjang yang tebal. Pilih yang berbahan katun dan menyerap keringat.

Selain itu, bawa peralatan mandi dan kosmetik dalam kemasan mini agar benda-benda tersebut tidak memenuhi kopermu. Travel size set adalah solusi terbaik untuk mengemas peralatan mandi dan kosmetik yang kamu butuhkan. 

4. Pesan Kamar Lewat Layanan Airbnb

Pesan Kamar Lewat Layanan Airbnb

Para traveler pasti sudah tidak asing lagi dengan layanan Airbnb. Ini merupakan layanan pemesanan penginapan online yang menawarkan harga yang terjangkau. Memesan kamar via layanan ini juga sifat fleksibel. Pasalnya kamu bisa mem-filter hasil pencarian dan memilih kamar sesuai keinginan.

Selain itu, prosedur pemesanan kamarnya pun praktis. Beberapa pemilik akomodasi biasanya meminta data diri dan identitas lengkap lainnya dalam proses reservasi via online. Setelah proses reservasi selesai, pemilik akomodasi akan menunggu di tempat yang telah kamu pilih. 

Tarif menginap di penginapan yang menggunakan layanan Airbnb memang beraneka ragam, bergantung pada jenis dan fasilitas kamar yang disediakan. Namun, rata-rata tarif per malamnya dipatok mulai dari Rp100.000.

Pilih akomodasi yang dekat dengan tempat wisata yang akan kamu kunjungi. Atau paling tidak, pilih tempat yang tidak akan membuatmu mengeluarkan dana tambahan untuk pos transportasi lagi.

5. Buat Rencana Perjalanan

Buat Rencana Perjalanan Selama di Palembang

Liburan ala backpacker berarti kamu melakukan perjalanan wisata yang lebih berkesan bertualang. Dalam prosesnya, seorang backpacker biasanya tidak akan membawa banyak peralatan dan tujuannya pun cenderung impulsif.

Namun, karena kamu bukan backpacker sungguhan, maka kamu boleh tidak mengambil resiko untuk bertualang impulsif tanpa perencanaan yang matang.

Oleh karena itu, sebelum kamu memutuskan menjelajahi Palembang, sebaiknya kumpulkan informasi mengenai bagian kota mana yang akan kamu singgahi, lalu catat spot wisata apa saja yang menarik dan sesuai dengan jadwal liburanmu. Misalnya, jika kamu hanya punya sedikit hari untuk berlibur di Palembang, kamu bisa kunjungi beberapa tempat wisata popular.

Masjid Cheng Ho adalah salah satu spot wisata primadona kota ini. Masjid yang awalnya Bernama Al Islam Muhammad Cheng Ho Sriwijaya Palembang ini mempunyai dekorasi bernafaskan budaya Tionghoa. Jika disimpulkan, Masjid Cheng Ho ini adalah masjid yang mirip vihara.

Dari Masjid Cheng Ho, kamu bisa istirahat sejenak sambil menikmati Pempek Sultan sebagai makan siangmu. Lokasi tempat ini hanya berjarak sekitar 650 m dari Masjid Cheng Ho. Selain pempek, rumah makan yang sudah lama beroperasi ini menyajikan berbagai menu boga bahari lainnya.

Jika waktumu masih banyak, kamu bisa lanjutkan perjalanan ke Benteng Kuto Besak. Tempat ini merupakan bangunan bersejarah yang dulunya adalah bagian dari Keraton Kesultanan Palembang pada abad XVIII.

Puas menikmati bangunan kuno dari masa lalu, kamu bisa lanjutkan perjalanan mengunjungi Pulau kemaro. Dari Benteng Kuto Besak, kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 30 menit untuk mencapai lokasi pulau yang merupakan endapan dari Sungai Musi ini.

6. Nikmati Suasana Malam di Palembang

Nikmati Suasana Malam di Palembang

Menikmati suasana malam di Palembang merupakan bagian puncak dari perjalananmu. Suasana malam di kota ini menawarkan hiburan menarik yang pasti akan berkesan. Ada beberapa tempat wisata yang menawarkan hiburan malam, misalnya saja di Jembatan Ampera.

Kamu bisa menikmati suasana malam dengan pemandangan salah satu jembatan terpanjang di Indonesia ini sambil bersantap hidangan seafood di Kapitan Restoran. Ada berbagai menu yang pasti akan melenyapkan rasa laparmu. Menu di restoran ini dibanderol mulai dari Rp37.000 – Rp300.000.

Jika ingin makanan yang lebih murah, kamu bisa kunjungi rumah makan lainnya yang menawarkan paket makanan di tepian Sungai Musi. Pasti nikmat sekali menikmati sajian makanan khas Palembang ditemani pemandangan Sungai Musi yang jadi ikon kota tua ini.

7. Pelajari Bahasa Daerah

Pelajari Bahasa Daerah

Esensi dari backpacking adalah berwisata dengan dana minim dan melihat lebih dekat situasi lingkungan tempat kamu berkunjung dan berbaur dengan masyarakatnya. Jadi, esensi itulah yang bisa kamu terapkan ketika traveling ala backpacker ini, lebih memasyarakat dan kenal lingkungan.

Salah satu caranya adalah dengan mempelajari bahasa daerah yang paling dasar. Mempelajari bahasa sehari-hari akan menjadi media untuk mendekatkan diri dengan masyarakat. Selain itu, kamu akan lebih mudah dalam berkomunikasi.

Pengetahuan mengenai bahasa daerah ini bisa kamu dapatkan dari sumber-sumber di internet, jaringan pertemanan dan buku-buku pedoman ejaan bahasa Palembang.

8. Gabung di Komunitas Jalan-Jalan

Gabung di Komunitas Jalan-Jalan

Rupanya Palembang tidak mau ketinggalan tren. Dalam hal traveling, Palembang sudah melengkapi keunikan kotanya dengan hadirnya komunitas jalan-jalan dan backpacking. Komunitas yang menyatukan minat dan hobi ini tersebar di seluruh kota.

Tidak main-main, komunitas di kota ini punya jaringan yang luas bahkan hampir di seluruh indonesia. Untuk para muslimah, di Palembang tersedia komunitas yang dibuat khusus untuk para perempuan yang menyukai kegiatan traveling seperti ini.

Dengan bergabung bersama komunitas jalan-jalan, kamu akan dipertemukan dengan orang-orang yang mempunyai minat dan hobi yang sama yang sekaligus akan menjadi teman perjalananmu yang menyenangkan.

Itu dia 8 tips berlibur ke Palembang ala backpacker yang menarik untuk diketahui. Tips yang telah disebutkan di atas ini akan sangat cocok untuk kamu yang menyukai perjalanan semi survival.  Gaya liburan ala backpacker menawarkan keseruan tersendiri berupa pengalaman yang menarik mengenal kebudayaan asli Kota Palembang.

Jika tekadmu sudah bulat dan momennya sudah pas, kamu tinggal atur waktu perjalananmu. Lengkapi perbekalan dengan bekal darurat seperti dana tambahan dan kotak P3K pribadi. Ayo berangkat!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram