10 Tips Bakcpacker Ke Thailand Yang Mengasyikan

Ditulis oleh Linda

Thailand adalah negara dengan biaya hidup yang cukup murah. Tak salah jika negara ini kerap kali dikunjungi oleh backpacker yang ingin merasakan liburan ke luar negeri tanpa perlu mengeluarkan banyak uang. Selain itu, negara yang satu ini juga berada cukup dekat dengan Indonesia, sehingga Anda hanya perlu menempuh perjalanan udara dengan pesawat terbang selama kurang lebih 3-4 jam saja, tergantung dengan kota keberangkatan Anda.

Untuk berlibur ke Thailand ala backpacker, tentu saja Anda harus menyiapkan beberapa hal penting. Nah, apa saja hal penting yang harus Anda ketahui dan persiapkan sebelum berlibur ala backpacker ke negeri gajah putih? Simak tips backpacker ke Thailand dari Keluyuran berikut ini!

1. Hunting Tiket Pesawat Murah

Salah satu maskapai penerbangan di Indonesia kerap kali memberi potongan harga besar-besaran untuk penerbangan ke luar negeri, salah satunya adalah Thailand. Bahkan, tak jarang maskapai penerbangan tersebut menjual tiket pesawat untuk penerbangan tahun depan.

Nah, jika Anda sudah memiliki rencana untuk backpacker ke Thailand, belilah tiket promo tersebut. Tak masalah jika Anda mempersiapkan liburan tahun depan mulai saat ini, bukan? Pilih bandara yang sekiranya dekat dengan tempat wisata yang hendak dituju untuk menghemat biaya transportasi.

2. Pesan Penginapan yang Murah

tips backpacker ke thailand

Jika di Jepang atau Korea Selatan saja Anda bisa mendapat penginapan dengan harga 300 ribu rupiah per malam, apalagi jika Anda sedang berada di Thailand. Tips backpacker ke Thailand kali ini mengajak Anda untuk mencari penginapan dengan harga sekitar 200 ribuan rupiah saja.

Nah, kemana tempat tujuan Anda? Apakah ke Bangkok, Phuket, Krabi, atau Pattaya? Di ketiga wilayah yang biasa dijadikan destinasi wisata tersebut Anda bisa menemukan hotel yang nyaman dengan tarif kamar di bawah 300 ribu rupiah per malam. Jadi, Anda tak perlu khawatir akan mendapat penginapan yang tidak nyaman saat berada di Thailand.

3. Belajar Bahasa Thailand Sedikit

ucapan selamat thailand

Inilah yang harus Anda ketahui sebelum berpergian ke Thailand. Sebagian besar masyarakat di Thailand tidak bisa berbahasa Inggris. Berbeda dengan warga Singapura yang masih bisa berkomunikasi dalam Bahasa Inggris walaupun terkadang dicampur dengan bahasa mandarin.

Oleh karena itu, cobalah untuk belajar bahasa Thailand dasar atau membawa kamus online ketika sedang backpacker ke Thailand. Minimal Anda bisa mengucapkan salam seperti Sawaddi Kab/Kha. Kab dipakai ketika Anda berbicara dengan pria, sedangkan Kha ketika Anda berbicara dengan wanita. Selain itu, untuk mengucapkan terima kasih Anda harus berkata Khob Khun Kab/Kha.

4. Jangan Ragu untuk Naik Transportasi Umum

tuk tuk

Tuk-tuk adalah salah satu transportasi umum di Thailand yang bentuknya menyerupai bajaj di Indonesia. Mungkin Anda penasaran untuk mencoba alat transportasi ini. Sebenarnya, tuk-tuk adalah alat transportasi umum bagi masyarakat Thailand. Akan tetapi, jika si pengemudi tuk-tuk tahu bahwa Anda adalah wisatawan mancanegara, maka ia bisa menaikkan tarif hingga 3 kali lipat.

Solusi kendaraan umum lainnya selain tuk-tuk adalah MRT, Airport Rail Link, dan Shuttle Bus. Kami menyarankan Anda untuk naik bus, karena harganya murah dan tidak dibedakan dengan masyarakat asli Thailand lainnya.


5. Bawa Pakaian Secukupnya

Tak perlu membawa mantel, syal, atau sepatu boot. Karena iklim di Thailand sama dengan di Indonesia. Negara ini juga hanya memiliki 2 musim, yakni musim hujan dan musim panas saja. Oleh karena itu, bawalah pakaian yang biasa Anda pakai sehari-hari di Indonesia. Tidak perlu membawa pakaian yang berlebihan.

Soal alas kaki, Anda bisa membawa sandal jepit dan sneakers untuk berpergian. Sandal jepit bisa Anda kenakan saat berkunjung ke pantai, sedangkan sepatu sneakers dipakai saat Anda berjalan-jalan di kota.

6. Buat Itinerary Sendiri

Tips backpacker ke Thailand selanjutnya sangat penting untuk Anda. Pasalnya, Anda harus membuat itinerary sendiri dan memilih tempat-tempat yang memang ingin Anda kunjungi agar liburan jadi terasa menyenangkan.

Tips untuk membuat itinerary untuk berlibur ke Thailand adalah susunlah daftar beberapa tempat wisata yang berdekatan, sehingga dapat dilalui dalam satu rute perjalanan yang sama. Contohnya saja adalah jika Anda ingin mengunjungi Grand Palace, maka Anda bisa sekaligus mengunjungi objek wisata lainnya seperti Wat Arun, atau Wat Pho. Selain menghemat waktu, itinerary yang baik juga membantu Anda menghemat biaya transportasi.

7. Tukarkan Rupiah Ke Baht Di Indonesia

baht

Jika Anda berencana menukarkan mata uang rupiah ke baht saat berada di Thailand, sebaiknya urungkan niat Anda. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya Anda menukarkan mata uang sewaktu masih di Indonesia. Hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga bila Anda ada pengeluaran mendadak ketika baru tiba di Thailand.

Setelah menukar rupiah ke baht, Anda bisa langsung berangkat ke Thailand dan berpetualang ala backpacker tanpa khawatir harus mencari money changer saat berada di negeri gajah putih tersebut.

8. Cicipi Kuliner Khas Thailand Di Kaki Lima

pad thai

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram