keluyuran web banner

10 Tips Hemat Saat Belanja di PRJ atau Jakarta Fair

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 14 April 2020

Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair adalah event tahunan yang selalu digelar untuk merayakan ulang tahun Kota Jakarta. Ini adalah sebuah pameran terbesar dan terlengkap yang ada di Asia Tenggara. Di PRJ, Anda bisa menemukan penjual makanan, pakaian, mainan, dan segala barang-barang unik atau yang bermanfaat untuk menunjang segala jenis kebutuhan Anda.

Banyaknya stan yang buka di PRJ seringkali membuat orang kalap saat berada di sana. Kita cenderung ingin membeli semua barang yang menarik perhatian kita di PRJ. Bahkan, beberapa orang mungkin tak segan untuk menguras isi dompetnya demi memuaskan nafsu belanjanya saat berada di PRJ.

PRJ memang selalu menarik untuk dikunjungi. Berbagai barang atau makanan yang dijual di PRJ memang sangat menggoda iman kita untuk tidak berhemat. Nah, untuk mencegah pemborosan saat Anda mengunjungi Jakarta Fair, berikut Keluyuran akan berbagi tips belanja hemat di PRJ.

Bawa Uang Secukupnya

Untuk mencegah pemborosan saat berada di PRJ sebaiknya bawalah uang secukupnya. Tak perlu membawa banyak uang, karena selain dapat membuat kita ingin membelanjakan semua uang tersebut di PRJ, Anda juga harus waspada dengan keberadaan pencopet di sekitar Anda.

kartu kredit

Tinggalkan kartu kredit dan kartu ATM, karena ada beberapa stan di PRJ yang menyediakan mesin EDC untuk pembayaran dengan menggunakan kartu keredit atau debit. Jika Anda memang berniat untuk hemat, bawalah uang tunai secukupnya saja.

Pergi dengan Teman/Keluarga yang Hemat

Tips belanja hemat di PRJ ini cukup efektif. Ya, Anda bisa pergi ke PRJ dengan teman atau keluarga yang pandai berhemat. Mintalah teman untuk mengingatkan saat Anda sudah mulai boros ingin membeli barang-barang yang tidak perlu. Di samping itu, teman yang pandai berhemat akan menyebarkan sugesti dan energi positif agar Anda juga turut berhemat.

Buat Daftar Belanja

daftar belanjaan

PRJ adalah event yang selalu diselenggarakan setiap tahun. Jika Anda adalah warga Jakarta yang sudah pernah mengunjungi PRJ sebelumnya, Anda pasti tahu makanan atau barang-barang apa saja yang umum dijual di PRJ. Oleh karena itu, tulislah makanan atau barang yang ingin Anda beli saat singgah di PRJ.

Jangan lupa untuk selalu disiplin terhadap daftar belanja yang sudah dibuat. Daftar belanja ini juga bisa memberi gambaran mengenai berapa dana yang harus Anda bawa untuk membeli seluruh barang yang ada di daftar belanja tersebut.

Tak Perlu Malu untuk Window Shopping

tips belanja hemat di prj

Beberapa orang ingin mengunjungi PRJ hanya untuk berjalan-jalan saja dan tidak belanja apa pun. Hal itu tentunya sah-sah saja, karena di acara ini Anda memang tidak diharuskan untuk membeli barang yang dijajakan oleh setiap stan.

Tips belanja hemat di PRJ yang selanjutnya adalah dengan mengunjungi PRJ hanya untuk jalan-jalan alias windows shopping saja. Anda juga tidak perlu malu, karena tidak hanya Anda saja yang melakukan windows shopping di PRJ.

Datang Saat Hari Biasa

Hindari datang ke PRJ pada saat akhir pekan, sabtu dan minggu. Karena harga tiket masuk di hari sabtu dan minggu cenderung lebih mahal dibanding hari-hari biasa. Selain Anda bisa menghemat pengeluaran dengan cara ini, Anda pun tidak akan terjebak di antara kerumunan orang yang datang menghadiri PRJ.

Ya, pengunjung PRJ memang akan membludak pada saat akhir pekan. Datang ke PRJ pada saat weekdays akan membuat Anda lebih nyaman saat berbelanja. Di samping itu, Anda akan lebih mudah mendapatkan tempat parkir saat datang di hari biasa.

Makan dari Rumah

Pastikan perut Anda sudah terisi sebelum Anda berangkat ke PRJ. Ini adalah tips belanja hemat di PRJ, karena Anda pun tidak perlu lagi membeli makanan saat berada di Jakarta Fair sehingga uang yang Anda bawa bisa digunakan untuk belanja barang lainnya.

Namun, tak ada salahnya jika Anda ingin mencoba beberapa makanan khas Jakarta yang sulit ditemukan saat hari-hari biasa, tetapi mudah diperoleh saat PRJ, seperti kerak telor, soto mi, dan masih banyak lagi. Agar lebih hemat, Anda bisa mengajak teman untuk patungan membeli makanan tersebut.

Lebih Selektif dalam Memilih Barang

Di tips berikutnya, Anda harus mengandalkan diri Anda sendiri. Pasalnya, di tips ini Anda diharuskan untuk lebih selektif dalam membeli barang yang akan dibeli di PRJ. Pastikan barang tersebut memang benar-benar Anda butuhkan. Hindari membeli barang-barang yang tidak atau belum dibutuhkan, karena itu adalah suatu bentuk pemborosan.

Bawa Minum dari Rumah

membawa minuman

Berjalan-jalan mengelilingi PRJ tentu akan membuat Anda letih dan merasa haus. Nah, maka dari itu sediakan air minum dari rumah. Jika Anda ingin berhemat, Anda tak perlu membeli minuman yang dijajakan di PRK.

Bawalah minum dari rumah untuk menyegarkan tenggorokan yang kering. Jika ingin menikmati minuman dingin, letakkan botol minuman Anda selama beberapa jam di dalam freezer. Minuman yang beku tersebut akan mencair ketika Anda telah sampai di PRJ.

Jangan Ragu untuk Menawar

diskon prj

Beberapa stan yang terdapat di PRJ menyertakan kertas atau papan dengan tulisan “Harga Nett”. Namun, demi menghemat pengeluaran saat belanja di PRJ, Anda harus berani untuk menawar harga yang diberikan oleh stan-stan di PRJ.

Tak ada salahnya jika Anda menawar dengan harga yang lebih rendah dari yang dipasang oleh penjual. Namun, sebagai pembeli Anda juga harus menawar secara bijaksana. Pasalnya, ada beberapa pembeli di PRJ yang menawar barang dengan harga yang sangat murah dan terlalu tidak masuk akal.

Datang Pada Waktu akan Tutup

diskon jakarta fair

PRJ adalah pameran yang dibuka dari sore hingga malam hari pada weekdays dan pagi sampai malam saat akhir pekan. Nah, manfaatkan waktu beberapa jam sebelum pameran ini ditutup untuk memperoleh potongan harga yang fantastis.

Saat hendak tutup, para pedagang tentunya tak segan untuk memberikan potongan harga yang spesial. Hal ini dilakukan agar barang-barang yang mudah kadaluarsa, seperti makanan, bisa laku dalam hari itu juga. Diskon yang Anda peroleh saat PRJ tutup bisa mencapai 20 – 70%.

Usai sudah tips belanja hemat di PRJ dari Keluyuran. PRJ atau Jakarta Fair biasanya dilaksanakan setiap bulan Juni. Akan tetapi, Anda tentu sudah tidak sabar untuk pergi ke Pekan Raya Jakarta. Euphoria PRJ ini memang semakin terasa lebih meriah dari tahun ke tahun. Bahkan, pihak penyelenggara PRJ juga tidak segan-segan mengundang beberapa musisi atau artis ibukota untuk turut memeriahkan acara yang dibuat untuk menyambut ulang tahun Jakarta.

Tips belanja hemat di PRJ ini bisa menjadi panduan yang baik agar Anda tidak menghabiskan banyak uang saat pergi ke Jakarta Fair. Sedikit tips dari Keluyuran agar lebih hemat pengeluaran dari segi transportasi, naiklah shuttle bus gratis yang disediakan untuk membawa dan mengantarkan Anda sampai tiba di PRJ.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram