7 Tips Bagi Pemula yang Sedang Membangun dan Mengembangkan Bisnis

Ditulis oleh Imma - Diperbaharui 21 November 2021

PERHATIAN

Artikel Sponsor Permanen Warta Ekonomi

Tidak ada yang mudah di dunia ini, bahkan untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis sekalipun. Anda tidak akan langsung mendapatkan sejumlah uang yang membuat kaya mendadak hanya karena Anda baru merintis bisnis  satu atau dua bulan lalu.

Membangun bisnis, apapun itu, tidak seperti membalikan tangan. Mau itu bisnis digital ataupun bisnis konvensional, ada berbagai proses yang harus dijalani. Untuk itulah, jika Anda adalah orang yang ingin membuat startup atau memulai bisnis, sebaiknya Anda perlu memperhatikan 7 tips berikut ini demi perkembangan bisnis agar lebih baik dan lancar.

1. Membentuk Mindset Berbisnis

mindset

Hal pertama yang perlu dilakukan ketika mulai berbisnis adalah mengubah mindset Anda. Langkah ini penting dilakukan karena ketika Anda tidak memiliki mindset dalam berbisnis, anda akan kaget dengan apa yang terjadi saat menjalankan bisnis.

Tanamkan mindset kalau berbisnis adalah salah satu cara untuk mendapatkan rezeki. Namun Anda harus tanamkan juga bahwa ketika berbisnis, Anda lagi tidak seperti pegawai yang mendapatkan gaji pasti tiap bulan.

Tanamkan dalam pikiran Anda kalau Anda bisa saja untung atau bisa saja rugi. Perjalanan bisnis Anda juga belum tentu lancar. Dalam menjalankan bisnis, Anda harus siapa dengan berbagai kondisi lapangan yang mungkin di luar perkiraan Anda.

2. Miliki Waktu Berpikir

berpikir

Saat memulai menjalankan bisnis, Anda mungkin sedang semangat penuh dan bekerja terus-menerus. Padahal, bekerja terus-menerus tanpa perencanaan dan pembelajaraan malah membuat Anda stuck di perjalanan.

Luangkan waktu untuk berpikir tentang bisnis yang Anda lakukan. Kemudian tanyakan hal berikut ini.

“Bagaimana perkembangannya? Apakah ada perkembangan bulan lalu dengan bulan ini? Apakah ada peningkatan penjualan hari ini dan kemarin?”

Dengan cara ini, Anda bisa menganalisis perkembangan bisnis Anda. Hal ini juga akan memicu untuk belajar banyak hal soal bisnis yang Anda kerjakan.

3. Belajar Manajemen untuk Mendukung Bisnis Anda

Bukan hanya soal produk tetapi juga Anda harus memperhatikan soal manajemen. Penting bagi Anda mempelajari hal-hal terkait manajemen dalam mengembangkan bisnis, seperti mengatur finansial perusahaan.

Banyak kasus, bisnis yang berkembang tidak sukses karena tidak bisa mengatur finansial perusahaan dengan baik. Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengatur cash flow perusahaan.

Anda bisa mempelajari soal finansial dan hal-hal terkait ekonomi dimanapun. Bisa dari orang yang sudah sukses menjalankan bisnis dan tentu saja dari buku yang berkaitan dengan manajemen, finansial, dan pengembangan bisnis.

Anda juga bisa belajar dari berbagai referensi yang ada di internet. Contohnya dari situs berita bisnis dan ekonomi, Wartaekonomi.co.id.

4. Fokus

focus

Kunci utama kesuksesan, tidak hanya bisnis, adalah fokus. Fokuslah dengan apa yang Anda kerjakan. Hindari pekerjaan lain yang tidak berhubungan langsung dengan bisnis Anda.

Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, bisa sukses dengan produknya karena ia fokus pada layanan Facebook yang ia kembangkan. Ia tidak mencoba dulu hal lain sebelum benar-benar produk yang ia rintis sukses di pasaran.

Karena itu, penting bagi Anda untuk tetap fokus pada apa yang sedang Anda jalankan. Tetapi fokus dalam hal ini bukan stagnan tanpa strategi tetapi fokus dengan pembelajaran.

Ketika masih awal dalam pengembangan bisnis, hindari perencanaan yang terlalu “liar” atau memecah fokus kerjaan. Misalnya, sudah terlalu memikirkan teknis ketika berhasil nanti. Atau sudah terlalu memikirkan produk baru, padahal produk awal pun belum dikembangkan lebih lanjut.

5. Amati Pesaing

amati pesaing

Ketika Anda berbisnis, Anda harus mengetahui pesaing Anda di bidang bisnis yang Anda geluti. Tidak hanya mengetahui soal bisnisnya tetapi juga mengamatinya.

Dengan mengamati pesaing Anda, Anda bisa melakukan strategi yang memungkinkan bisnis Anda bisa selangkah maju di depan. Misalnya, pesaing bisnis Anda memiliki produk yang hampir mirip, Anda bisa melakukan strategi promosi menjual produk tersebut dengan diskon atau promo yang menarik. Bisa juga dengan melakukan promosi dan strategi di media sosial yang unik dan beda dengan pesaing.

Jika pesaing bisnis Anda adalah perusahaan yang sudah mapan dan memiliki jaringan bisnis yang kuat, maka Anda harus memberikan perbedaan pada produk yang Anda jual. Perbedaan ini bisa berupa hal unik yang tidak dimiliki oleh perusahaan besar tersebut.

Kalau produk Anda hanya sedikit lebih baik, hal tersebut tidak akan terlalu membantu. Harus ada pembeda yang membuat produk Anda menarik perhatian. Ingatlah ucapan komika Pandji Pragiwaksono bahwa “Sedikit lebih beda lebih baik daripada sedikit lebih baik”.

6. Menjaga Asa Tim

tim

Tips ini berlaku jika Anda tidak sendirian dalam mengembangkan bisnis. Ketika menjalankan bisnis dengan anggota lebih dari satu orang, sebaiknya diskusikan segala hal terkait untung ruginya dalam mengembangkan bisnis. Untuk itu, Anda perlu mencari rekan yang bermental baja dan tidak mudah putus asa. Jika ada masalah, jaga asa tim agar tetap kuat dan bisa mencapai apa yang ingin dilakukan.

Jika ada masalah terkait hubungan kerja, bicarakan baik-baik. Selalu komunikasikan segalanya, baik dalam urusan tugas antar anggota maupun tentang keuangan. Apalagi faktor keuangan selalu jadi hal yang paling sensitif.

7. Membangun Relasi

relasi

Ketika berbisnis, Anda perlu menjaga hubungan baik dan menjaga relasi dengan banyak orang. Misalnya, menjaga relasi dengan mitra bisnis Anda, seperti pemasok misalnya. Hal ini penting untuk menjaga produktivitas pekerjaan Anda.

Anda juga perlu membangun relasi dengan konsumen Anda, terutama yang memakai produk Anda. Anda bisa meminta masukan kritik dan saran dari mereka dan berterimakasih karena itu. Pasalnya, produk yang baik terkadang lahir dari penjual yang mendengar saran konsumen.

Selain itu, Anda juga bisa membangun relasi dengan orang lain. Misalnya dengan pebisnis yang sudah sukses atau dengan rekanan lain yang sama-sama mengembangkan bisnis. Bisa jadi relasi ini membantu Anda dalam perkembangan bisnis Anda kedepannya.

Hal yang lebih penting lagi ketika berbisnis selain tujuh tips yang sudah disebutkan adalah niat. Ketujuh tips di atas akan jadi percuma jika niat yang Anda punya untuk berbisnis hanya iseng dan tidak serius. Selalu bulatkan niat ketika memang ingin berbisnis. Karena kesuksesan, bersumber dari niat yang kuat.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram