10 Tips dan Trik Berbuka Puasa di Restoran All You Can Eat

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 18 April 2021

Berbuka puasa bersama adalah kegiatan yang biasa dilakukan, terutama oleh umat Muslim di tanah air saat menjelang bulan Ramadhan. Berbagai restoran dan kafe yang memiliki konsep unik kerap menjadi pilihan untuk berbuka puasa bersama keluarga maupun sahabat. Salah satunya adalah restoran yang menawarkan konsep all you can eat.

Jika kamu tertarik untuk berbuka puasa di restoran dengan konsep all you can eat, maka simak tips dan trik buka puasa yang akan Keluyuran bahas dalam artikel berikut ini ya!

1. Memesan Tempat dari Jauh Hari

 Memesan Tempat dari Jauh Hari

Buka puasa bersama menjadi sebuah tradisi unik yang kerap dilakukan dari waktu ke waktu. Restoran dan kafe adalah salah satu tempat yang menjadi pilihan masyarakat tanah air untuk berbuka bersama. Kegiatan buka bersama sendiri biasanya dilakukan dua hari atau seminggu setelah menjalani puasa Ramadhan.

Setiap tahun pada bulan Ramadhan, restoran dan kafe akan dipenuhi oleh pengunjung untuk berbuka puasa. Tak jarang masyarakat juga harus mengantre panjang untuk bisa menikmati hidangan yang disajikan restoran atau kafe tersebut. Nah, untuk menghindari antrean yang melelahkan, sebaiknya pesanlah tempat pada jauh hari sebelumnya.

2. Pilih Restoran yang Tepat

Pilih Restoran yang Tepat

Hal kedua yang harus kamu perhatikan ketika hendak berbuka puasa di restoran all you can eat adalah memilih restoran yang tepat. Pastikan beberapa hal seperti lokasi, harga, menu yang disediakan sesuai dengan yang kamu inginkan. Mulailah untuk mencari informasi melalui servis konsumen secara detail. Pastikan restoran menyediakan semua hidangan sesuai dengan selera masing-masing orang.

Pilihlah restoran yang terletak di tempat yang strategis dan jauh dari kemacetan. Restoran yang menawarkan banyak pilihan menu mulai dari Lokal, Asia, Western, atau menu Timur Tengah bisa menjadi pilihan yang cukup menarik saat berbuka.

3. Mulai Mengitari Restoran

Mulai Mengitari Restoran

Sebelum mulai mengambil makanan, kamu bisa mengitari restoran terlebih dahulu. Perhatikan setiap menu yang ditawarkan di setiap sudut restoran. Pastikan kamu telah melihat semua menu yang disajikan agar memudahkan kamu memilih menu apa saja yang akan kamu hidangan di atas piring makanmu.

Jika terdapat menu makanan yang tidak kamu mengerti, maka tanyakan hal tersebut pada staff yang bekerja di sana. Hal itu penting dilakukan agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih menu makanan, dan juga menghindari untuk membuang makanan yang telah diambil.

4. Mengambil Porsi Kecil

Mengambil Porsi Kecil

Meskipun seharian telah berpuasa, namun beberapa orang terkadang merasakan kenyang lebih cepat saat berbuka puasa. Nah, untuk menghindari hal tersebut. Kamu pun bisa berbuka dengan mengambil makanan dalam porsi kecil. Pilihlah makanan yang ingin kamu makan sesuai dengan selera kamu saat berbuka.

Selain mencegah perut kamu kenyang lebih cepat, hal itu juga untuk menghindari masalah perut yang mungkin kamu alami ketika mengambil porsi makanan dalam jumlah yang besar. Nah, bila kamu memang menyukai makanan tersebut, kamu pun bisa mengambilnya lagi ketika perut kamu sudah bisa menerima makanan.

5. Jangan Terlalu Banyak Makan Karbo

Jangan Terlalu Banyak Makan Karbo

Hal lain yang juga harus kamu perhatikan ketika berbuka di restoran all you can eat adalah jenis makanan yang akan kamu konsumsi ke dalam tubuh. Pastikan jangan terlalu banyak makan makanan berkarbohidrat seperti nasi, mie, roti, dan kue di awal-awal. Meskipun mungkin terlihat menggiurkan, tetapi cobalah untuk mengalihkan pada menu lain.

Memakan banyak makanan yang mengandung karbo dapat membuat perut kamu lebih cepat kenyang dan penuh. Hal tersebut bisa membuat kamu melewatkan berbagai makanan enak yang disajikan oleh restoran tersebut.

6. Mulai dengan Makanan Enak

Mulai dengan Makanan Enak

Setiap makanan yang disajikan sebuah restoran memang dibuat oleh para koki handal, sehingga tentunya memiliki kualitas rasa yang enak. Nah, jika kamu bingung memilih menu makanan yang akan kamu makan, maka kamu bisa bertanya pada staff atau teman-temanmu yang berpengalaman sebelumnya dengan restoran tersebut.

Pastikan memilih makanan yang tidak memiliki antrean yang panjang. Hal itu untuk mencegah kamu kehilangan selera makan akibat terlalu lama mengantre. Pilihlah makanan enak yang ingin kamu makan terlebih dahulu, setelah itu baru makanan yang ingin kamu coba selanjutnya.

7. Kurangi Minuman Bersoda

Kurangi Minuman Bersoda

Saat berbuka puasa kamu juga harus menghindari jenis-jenis makanan dan minuman yang mungkin dapat membuat perut kamu bermasalah seperti merasakan begah, sakit perut, sembelit atau kenyang lebih cepat. Salah satu minuman yang harus dihindari adalah minuman soda. Kandungan gula yang terlalu tinggi pada minuman bersoda dapat membuat kadar gula darah meningkat.

Selain itu, soda juga dapat membuat asam lambung naik, sehingga membuat perut terasa kembung dan tidak nyaman. Nah, ketika perut kamu bermasalah tentu akan membuat selera makan kamu berkurang, bahkan mungkin hilang.

8. Selingi dengan Sayuran atau Buah

Selingi dengan Sayuran atau Buah

Meskipun restoran dengan konsep all you can eat menyajikan beragam hidangan enak berupa daging-dagingan, tetapi kamu juga harus memperhatikan menu lain yang masuk ke dalam tubuh seperti sayuran dan buah-buahan. Hal itu diperlukan agar asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh kamu tetap seimbang setelah seharian berpuasa.

Pilihlah sayuran atau buah-buahan yang mungkin jarang kamu konsumsi setiap hari. Serat yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan memang sangat baik untuk membantu melancarkan pencernaan.

9. Tidak Mengambil Menu yang Ditawarkan Pelayan

Tidak Mengambil Menu yang Ditawarkan Pelayan

Satu hal yang harus kamu lakukan ketika berbuka puasa di restoran all you can eat adalah tidak mengambil menu yang ditawarkan pelayan. Biasanya pelayan akan menawarkan menu spesial bagipara pengunjung restoran. Menu tersebut biasanya memiliki harga tersendiri dan di luar dari paket yang ditawarkan restoran.

Jika kamu memesan menu tersebut, maka kamu pun harus mengeluarkan biaya tambahan yang mungkin jauh lebih mahal dari yang kamu bayangkan sebelumnya. So, untuk menghindari isi dompet kamu terkuras karena itu. Sebaiknya hindari untuk memesan makanan melalui pelayan.

10. Jangan Terlalu Lama Mengobrol

Jangan Terlalu Lama Mengobrol

Berbuka puasa bersama keluarga atau teman-teman memang sangat menyenangkan. Masyarakat sendiri memang kerap menghabiskan waktu mengobrol selama berbuka. Meskipun menyenangkan, tetapi hal itu sangat tidak efektif. Kamu akan kehilangan fokus untuk menikmati seluruh sajian yang telah disediakan restoran.

Untuk menyiasati hal tersebut, kamu bisa memilih waktu yang tepat untuk mengobrol seperti setelah selesai makan, atau pada saat mencicipi hidangan penutup.

Demikian, 10 Tips dan trik berbuka di restoran all you can eat yang berhasil dirangkum untuk kamu. Restoran dengan konsep ini memang cukup menjamur di tanah air. Setiap tempat biasanya menawarkan berbagai menu menarik saat berbuka.

Jika kamu tertarik untuk berbuka puasa di restoran ini, maka kamu harus memastikan beberapa hal seperti harga, tempat, hingga menu yang disajikan sesuai dengan yang kamu inginkan agar kamu tidak merasa kecewa karenanya. Nah, kira-kira apakah kamu tertarik untuk berbuka di restoran dengan konsep ini? Tulis komentar di bawah, ya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram