Tips Liburan Bareng Keluarga Agar Lebih Nyaman dan Praktis

Ditulis oleh Reisa Caroline - Diperbaharui 2 Agustus 2021

PERHATIAN

ARTIKEL SPONSOR Permanen link

Apakah kamu termasuk yang suka liburan bareng keluarga, bareng teman-teman atau solo traveling? Liburan pastinya selalu menjadi hal yang paling menyenangkan ya karena sejenak kita bisa meninggalkan rutinitas pekerjaan sehari-hari.

Di zaman sekarang mulai dari mencari informasi lokasi tujuan liburan, beli tiket pesawat, pesan kamar hotel, hingga membeli makanan pun bisa didapatkan melalui aplikasi-aplikasi pada gadget kita. Tapi tentunya sebelum semuanya itu, tujuan berlibur pun mesti disesuaikan dengan siapa kita pergi.

Jika pergi bersama keluarga, pastinya kita harus mencari tempat yang kids friendly atau minimal memiliki fasilitas yang bisa dinikmati oleh semua usia. Nah, jika kamu punya rencana berlibur bareng keluarga, Keluyuran punya beberapa tips yang bisa membuat liburan kamu nyaman dan praktis. Simak ulasannya berikut ini ya!

Membuat Itinerary

Membuat Itinerary

Seperti yang sudah kita ketahui, jika ingin liburan tetap nyaman dan nggak repot lebih baik buat itinerary terlebih dahulu. Itinerary adalah daftar kegiatan saat liburan berserta dengan estimasi waktu dan biaya. Jika kamu akan berlibur dengan keluarga, mungkin bisa diawali dengan menentukan tanggal yang tepat seperti libur sekolah atau tanggal merah.

Kemudian bisa dilanjutkan dengan tujuan tempat wisata yang dapat dinikmati oleh semua usia, mulai dari anak hingga orang dewasa. Lalu nggak lupa juga jadwalkan jam hingga hitung budget pengeluarannya ya supaya nggak over budget nantinya.

Oh iya, karena liburannya bareng keluarga, jadi disarankan untuk ke tempat wisata yang memiliki fasilitas cukup lengkap seperti parkiran yang nggak jauh dari lokasi tempat wisata atau berada nggak jauh dari tempat makan.

Mempersiapkan Kebutuhan Selama Liburan

Mempersiapkan Kebutuhan Selama Liburan

Setelah mempersiapkan itinerary perjalanan liburan bareng keluarga, lanjutkan dengan mempersiapkan kebutuhan selama liburan. Kebutuhan tersebut meliputi pakaian, alat mandi, hingga obat-obatan. Untuk pakaian akan lebih baik disesuaikan dengan keadaan cuaca tujuan tempat liburan kamu. Jika akan ke tempat yang dingin akan lebih baik bekal pakaian dengan bahan tebal atau panjang ya.

Membawa Uang Cash

Membawa Uang Cash

Di era serba digital seperti sekarang ini, kita sering kali nggak punya uang cash. Meskipun memang lebih praktis untuk melakukan pembayaran non cash. Tapi jika akan berlibur khususnya dengan keluarga, menyiapkan uang cash jangan dilewatkan ya.

Hal ini untuk mengantisipasi jika ada tempat-tempat yang hanya bisa melakukan pembayaran cash atau alat pembayarannya rusak. Dan ada beberapa fasilitas yang harus membayar cash seperti parkir atau toilet umum.

Jangan Lupa untuk Menikmati Liburanmu

Jangan Lupa untuk Menikmati Liburanmu

Terkadang liburan bareng keluarga khususnya jika memiliki anak kecil itu bisa dibilang sangat melelahkan. Nah, ini salah satu yang perlu diingat yaitu tetaplah nikmati waktu liburanmu dengan keluarga. Bagaimana caranya? Jika lelah, nggak apa-apa untuk istirahat saja di hotel dan menikmati fasilitas hotel yang ada.

Mungkin ini juga bisa menjadi catatan tambahan, jika berlibur dengan keluarga lebih baik pilih hotel yang memiliki fasilitas menarik seperti kolam renang. Jadi berenang di hotel bisa jadi salah satu pilihan kegiatan dalam liburanmu.

Dari liburan bareng keluarga yang terpenting adalah quality time dan kenangannya. Jadi nggak perlu juga terpaku dengan itinerary ya. Misalnya kamu bisa mengganti jadwal berkunjung ke tempat wisata menjadi waktu untuk beli oleh-oleh.

Mengirim Oleh-Oleh Menggunakan Jasa Ekspedisi

Mengirim Oleh-Oleh Menggunakan Jasa Ekspedisi

Siapa yang kalau setiap liburan selalu membawa oleh-oleh untuk teman atau sanak saudara? Jika kamu termasuk tipe yang suka berbagi kebahagiaan dengan membagikan oleh-oleh, ada nih satu tips akhir yang perlu banget untuk dicoba.

Supaya liburan bareng keluarga kamu lebih nyaman dan nggak repot membawa gembolan nantinya, Keluyuran punya rekomendasi aplikasi terpercaya untuk mengirim oleh-oleh kamu. Jadi ketika pulang ke rumah nanti, oleh-oleh yang dibeli pun bisa sampai ke rumah dengan selamat tanpa memenuhi bagasimu. Sangat membantu, kan?

Untuk memudahkan perjalanan liburan bareng keluarga kamu, ada sebuah aplikasi bernama Trawlbens yaitu perusahaan kargo atau logistic. Sedikit info tentang Trawlbens, perusahaan ini bergerak dalam bidang jasa ekspedisi yang mengirim barang ke seluruh Indonesia melalui darat dan laut dengan harga yang murah.

Trawlbens memiliki beberapa layanan seperti TrawlPack, TrawlCarrier, TrawlHeavy, TrawlFeet, TrawlBoat, TrawlTruck, TrawlExim, TrawlMover. Untuk mengirim barang, kamu bisa menggunakan layanan TrawlPack. Cara menggunakan layanannya pun sangatlah mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Download aplikasi Trawlbens
  • Registrasi
  • Pilih layanan Trawlpack (untuk mengirim paket)
  • Pilih kota asal dan kota tujuan
  • Masukan data barang
  • Pilih armada pengiriman
  • Klik ‘Order’

Setelah berhasil mengirim barang, kamu dapat melacak lokasi barang kirimanmu. Caranya sebagai berikut:

  • Log in ke akun kamu
  • Masukan detail order pengiriman
  • Masukan alamat asal dan tujuan
  • Klik ‘Order’

Kelebihan menggunakan jasa Trawlpack ini adalah ongkos kirimnya yang terhitung murah, pengiriman barang dengan jangkauan yang luas hingga ke seluruh Indonesia, sistem pembayaran yang mudah yaitu bisa lewat aplikasi atau metode lainnya, dan pengiriman barang dijamin aman karena sudah dicover oleh asuransi.

Sudah terbayang bagaimana jasa ini dapat mengurangi beban saat liburan bareng keluarga? Bisa juga nih kamu kirim oleh-oleh beserta koper pakaianmu sekalian menggunakan jasa ini. Jadi di perjalanan pulang nanti, kamu cukup membawa tas jinjing berisi yang penting-penting saja.

Ternyata liburan bareng keluarga nggak harus selalu repot ya? Zaman sekarang segalanya dapat menjadi praktis dengan bantuan gadget saja. Yuk, mulai catat itinerary untuk perjalanan liburan kamu bareng keluarga!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram