keluyuran web banner

10 Tips Liburan Hemat di Bulan Desember saat High Season

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 13 April 2020

Bulan Desember adalah waktu yang tepat untuk berlibur ke luar negeri, terutama di negara yang memiliki 4 musim. Pasalnya, bulan Desember salju akan turun sehingga memberikan suasana yang berbeda. Belum lagi suasana natal dan tahun baru yang kental di beberapa negara tentunya akan membawa kemeriahan tersendiri bagi para wisatawan.

Sayangnya, karena bulan Desember dianggap sebagai high season maka harga tiket pesawat dan akomodasi liburan tentu akan membengkak. Alhasil, para traveller dengan budget terbatas terpaksa mengurungkan niat untuk berlibur di bulan Desember. Nah, kini Keluyuran memiliki tips liburan hemat di bulan Desember. Apa saja tipsnya? Yuk, cari tahu tips selengkapnya di sini!

Buat Rencana Sejak Beberapa Bulan Sebelumnya

Merencanakan perjalanan liburan di bulan Desember sebaiknya dilakukan sejak beberapa bulan sebelumnya. Selain untuk mempersiapkan anggaran, tips liburan hemat di bulan Desember yang satu ini juga bermanfaat untuk memungkinkan Anda untuk memperoleh tiket pesawat terbang dengan harga yang lebih murah.

Dengan membuat rencana sejak beberapa bulan sebelumnya, Anda bisa memilih destinasi wisata yang paling cocok untuk dikunjungi saat Desember. Tak ada salahnya jika ingin berpergian ke negara 4 musim untuk melihat salju yang turun di bulan Desember.

Beli Tiket Pesawat Murah

Beli Tiket Pesawat Murah Tips Liburan Di Bulan Desember

Dewasa ini, tiket pesawat beberapa bulan ke depan atau bahkan tahun depan sudah dijual sejak jauh-jauh hari. Jadi, tak ada alasan untuk tidak memperoleh tiket pesawat murah. Belilah tiket pesawat untuk berangkat di bulan Desember mulai dari sekarang.

Setelah Anda mengetahui destinasi negara yang akan disinggahi, maka kini saatnya untuk berburu tiket pesawat murah. Selain mengecek promo tiket melalui internet, Anda pun bisa datang ke pameran maskapai penerbangan karena umumnya di acara semacam itu tiket pesawat akan dijual dengan harga yang lebih murah dibanding hari-hari biasa.

Tentukan Hari Keberangkatan

Tentukan Hari Keberangkatan Tips Liburan Hemat Di Bulan Desember

Hampir semua hari di bulan Desember sudah tergolong high season. Lantas, kapan Anda harus berangkat untuk menyesuaikan dengan harga tiket pesawat dan akomodasi yang lebih murah? Sebaiknya berangkatlah pada hari Selasa atau Sabtu karena di kedua hari ini umumnya penumpang pesawat tidak terlalu banyak sehingga tiketnya dijual dengan harga yang lebih murah.

Hindari berangkat pada hari Jumat karena di hari inilah biasanya tarif tiket pesawat berada di harga yang tertinggi. Bahkan, tarif yang lebih tinggi di hari Jumat juga berlaku pada sebagian besar penginapan.

Cari Promo Penginapan Murah Secara Online

Cari Promo Penginapan Murah Secara Online

Sama seperti ketika Anda mencari tiket pesawat terbang, pun begitu dengan mencari penginapan murah, Anda harus melakukannya dari jauh-jauh hari. Pada tips liburan hemat di bulan Desember kali ini Keluyuran ingin menghimbau Anda untuk memanfaatkan fasilitas situs booking penginapan secara online.

Pasalnya, dengan situs ini Anda bisa mendapatkan penginapan di negara yang akan Anda tuju dengan harga yang variatif. Anda dapat memilih penginapan dengan fasilitas dan tarif yang sesuai dengan keinginan. Selain itu, memesan hotel sebelum keberangkatan juga menghindari risiko tidak mendapat penginapan karena penuh.

Manfaatkan Promo Agen Perjalanan Tour dan Travel

Ingin lebih hemat saat berlibur di bulan Desember? Ikutlah tur yang ditawarkan oleh agen perjalanan tour dan travel. Beberapa bulan sebelum Desember biasanya berbagai agen perjalanan akan beramai-ramai menawarkan paket tur ke berbagai negara.

Nah, pada kesempatan ini Anda bisa mencari promo dengan harga yang murah. Promo liburan ke luar negeri yang ditawarkan oleh agen perjalanan ini umumnya sudah termasuk tiket pesawat, penginapan, konsumsi, dan transportasi. Anda hanya perlu membayar harga tiket masuk saat mengunjungi tempat-tempat wisata. Jika ingin berbelanja Anda juga harus menyediakan dana tersendiri di luar biaya perjalanan tur.

Cari Rekomendasi dari Traveller Lain

Salah satu tips paling jitu jika ingin berlibur di bulan Desember adalah membaca tips dari traveller atau backpacker yang sudah pernah melakukan perjalanan hemat ke luar negeri di akhir tahun. Review dari para pelancong lain ini bisa Anda baca di situs-situs liburan. Mereka tak segan untuk memberikan informasi mengenai penginapan, kuliner, dan itinerary lainnya.

Salah satu situs yang banyak berisi informasi mengenai hotel adalah Tripadvisor. Apabila Anda ingin mencari rekomendasi tentang kuliner, maka Anda dapat mengunjungi Yelp atau Opentable.

Tak Perlu Ragu Berlibur Ke Eropa

Tak Perlu Ragu Berlibur Ke Eropa

Selama ini banyak orang awam yang mengira bahwa biaya liburan ke Eropa di bulan Desember akan sangat membengkak. Pasalnya, mereka menganggap bahwa biaya tiket pesawat dan akomodasi ke negara-negara di Eropa akan menjadi tinggi saat high season.

Namun, anggapan tersebut nampaknya kurang tepat karena di Eropa sendiri Desember adalah off-peak season di mana harga tiket dan akomodasi ke Eropa cenderung murah. Hampir sebagian besar negara di Eropa akan diselubungi salju pada bulan Desember. Ini adalah kesempatan yang tepat untuk Anda yang ingin berkunjung ke luar negeri saat musim salju. Suasana natal dan tahun baru tentu akan terasa lebih kental di tengah-tengah musim salju.

Pertimbangkan untuk Pergi Ke Australia

Pertimbangkan untuk Pergi Ke Australia

Jika ingin liburan ke luar negeri saat Desember, mengapa tidak mempertimbangkan untuk pergi ke Australia? Pada bulan Desember, wilayah Australia tidak mendapatkan musim salju, tetapi mengalami musim panas seperti negara-negara bagian selatan bumi lainnya.

Meskipun tidak dapat melihat salju, tapi banyak aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di negeri kanguru ini di bulan Desember, seperti menyelam di Great Barrier Reef, berkendara di Gurun Simpson, atau mengikuti Fireside Festival di Canberra. Namun, perlu kunjungi Australia sebelum tanggal 9 Desember karena di atas tanggal tersebut harga tiket pesawat dan penginapan akan melambung tinggi.

Berlibur Di Dalam Kota

Berlibur Di Dalam Kota

Tips liburan hemat di bulan Desember adalah dengan mengunjungi tempat-tempat wisata di dalam kota. Misalnya, jika Anda berdomisili di Jakarta Anda dapat berkunjung ke Dunia Fantasi, Sea World, Taman Mini Indonesia Indah, dan masih banyak lagi.

Opsi lain adalah Anda dapat berkunjung ke kota yang letaknya tidak jauh dari tempat tinggal Anda, seperti ke Bogor atau Bandung. Percayalah, liburan di dalam kota jauh lebih hemat dibanding ke luar negeri.

Tunda Sampai Januari

Kita semua tahu bahwa biaya berlibur di bulan Desember akan membengkak karena harga tiket pesawat dan akomodasi akan mengikuti tarif high season. Untuk itu, mengapa tidak menunda saja liburan Anda sampai Januari?

Setelah libur tahun baru usai harga tiket dan penginapan akan berangsur normal. Anda bisa merencanakan liburan singkat selama 4-5 hari setelah tahun baru.

Demikianlah tips liburan hemat di bulan Desember dari Keluyuran. Anda tak perlu ragu untuk berangkat ke luar negeri saat akhir tahun karena dengan persiapan yang matang dari jauh-jauh hari maka dapat dipastikan biaya yang Anda keluarkan tidak akan membengkak.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram