Inilah 10 Tips liburan ke Bandung yang Wajib Kamu Tahu

Ditulis oleh Dian Rahmawati - Diperbaharui 23 November 2021

Bandung atau biasa disebut kota kembang, merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh sebagian besar masyarakat, baik itu masyarakat lokal maupun mancanegara. Letak wilayahnya yang berada di pegunungan, membuat cuaca di kota ini relatif lebih dingin.

Tidak hanya terkenal dengan objek wisatanya saja, namun Bandung juga memiliki kuliner yang beraneka ragam, tidak heran jika kota ini menjadi incaran para wisatawan. 

Namun bagi kamu yang baru pertama kali mengunjungi kota ini, mungkin akan sedikit kebingungan ketika hendak memulai liburan karena ada banyak sekali tempat wisata yang ditawarkan. Begitu pun dengan jenis kuliner yang akan di santap

Mengingat Bandung ini cukup besar, ada baiknya kamu mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu sebelum mengunjungi kota kembang ini. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena Keluyuran telah merangkumnya menjadi 10 Tips Liburan ke Bandung yang wajib kamu tahu! 

Baca juga: Daftar Tempat Wisata Terbaik di Bandung dan Sekitarnya

1. Kenali Wilayah Menarik di Bandung 

Kenali Wilayah Menarik di Bandung 

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum memutuskan untuk berlibur ke Bandung adalah dengan mengenali wilayah, atau tempat-tempat menarik apa saja yang ada di Bandung. Sebenarnya ada banyak sekali tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, namun akan lebih baik jika kamu menentukan terlebih dahulu, wilayah  apa yang ingin kamu tuju.

 Dengan begitu, liburanmu akan lebih terencana dan kamu pun bisa mengantisipasi beberapa hal yang mungkin akan terjadi. Sebagai informasi ada beberapa kawasan di kota bandung  yang sangat terkenal dengan objek wisatanya yaitu kawasan Lembang, Dago, Asia afrika, Ciwidey, Cihampelas dan Braga.

Jika kamu  lebih menyukai nuansa alam, ada baiknya kamu mengunjungi kawasan lembang dan dago. Namun jika kamu ingin memburu foto liburan dengan nuansa di tengah-tengah kota, kawasan Asia Afrika, Cihampelas, dan Braga bisa jadi salah satu alternatif yang bisa kamu pilih. 

2. Pilihlah Transportasi yang Tepat dan Murah 

Pilihlah Transportasi yang Tepat dan Murah 

Setelah berhasil menentukan wilayah mana yang akan dikunjungi, langkah selanjutnya adalah memilih transportasi yang tepat dan murah. Tentunya kamu bisa menyesuaikan transportasi yang cocok, sesuai dengan kebutuhanmu. Ada banyak sekali jenis transportasi yang bisa kamu pilih, mulai dari bus, travel, kereta api, hingga pesawat.  

Bagi kamu yang memilih menggunakan transportasi umum, tentunya kamu akan membutuhkan kendaraan lain untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena kamu bisa menggunakan transportasi online. Jika ingin lebih hemat lagi, maka kamu bisa memilih angkutan umum yang tersedia di sekitar kota bandung. 

3. Memilih Penginapan Murah, Aman dan Nyaman

Bagi kamu yang ingin bermalam di Bandung, tentunya saja kamu harus memilih homestay atau penginapan. Apabila memungkinkan, ada baiknya kamu perlu mencari penginapan yang lokasinya dekat dengan tempat wisata yang hendak kamu tuju. Dengan begitu, kamu bisa menghemat waktu dan juga terhindar dari macet. 

Selain itu, pastikan juga untuk memilih tempat penginapan yang aman, nyaman dan juga harganya terjangkau. Tidak perlu khawatir, sekarang ini sudah banyak hotel di Bandung yang menawarkan harga murah dan juga fasilitas yang nyaman. Jadi, kamu hanya perlu menyesuaikan saja dengan budget dan kebutuhan yang kamu inginkan ya. 

4. Memulai Aktivitas Sejak Pagi Hari 

Memulai Aktivitas Sejak Pagi Hari

Sangat penting untuk mengawali aktivitas di pagi hari, karena selain  bisa lebih fresh dan semangat suasana dan cuaca di kota bandung, pada pagi hari sangat sejuk untuk dinikmati. Selain itu, arus lalu lintas kota Bandung di pagi hari juga jauh lebih lenggang dibandingkan siang hari. Jadi kamu bisa terbebas dari kemacetan lalu lintas. 

Tidak hanya itu, di pagi hari suasana tempat wisata pun tidak akan terlalu ramai, dibandingkan siang hari. Sangat tidak nyaman bukan? Terlebih lagi ketika harus mengantri untuk membeli tiket, atau berdesak-desakan di tengah kerumunan banyak orang. Tapi sebelumnya kamu harus memastikan terlebih dahulu jam operasional tempat wisata yang ingin kamu kunjungi. 

5. Hindari High Season atau Hari Libur 

Hindari Pergi ke Bandung pada high Season atau Hari Libur

Mengingat banyaknya tempat wisata kekinian di kota Bandung, tentu saja kota ini menjadi incaran sebagian besar pariwisata. Apalagi saat hari libur dan hari hari besar, sudah pasti Bandung akan kebanjiran wisatawan dari berbagai daerah. 

Untuk itu, ada baiknya kamu menghindari untuk pergi berlibur pada saat high season atau hari libur. Sangat tidak nyaman bukan jika harus berlibur dengan suasana pengunjung yang membludak? Apalagi disaat masa PPKM seperti sekarang ini, dimana kita dilarang untuk berkerumun. 

Atau jika memang kamu hanya memiliki waktu di hari libur, usahakan memilih waktu berlibur di pagi hari atau di sore hari. Selain suasananya lebih bersahabat, kamu akan jauh lebih nyaman menikmati waktu liburan mu. 

6. Menikmati Sajian Kuliner Badung

Menikmati Sajian Kuliner Badung

Belum afdol rasanya ketika kita mengunjungi suatu daerah, namun tidak mencicipi kulinernya. Sama halnya seperti kota-kota lain, tentunya Bandung juga memiliki makanan khas. 

Ada banyak sekali makanan dan menu menarik khas Bandung yang bisa kamu coba seperti, bandros siomay, batagor, pisang bolen, surabi oncom, nasi tutug oncom, sate jando, mie kocok dan masih banyak lagi. Untuk kamu penggila kuliner dijamin akan ketagihan dengan ragam makanan yang ada di Bandung. Bagaimana? Sudah siap berburu jajanan?

7. Mengunjungi Café Hits 

Bagi kamu yang ingin mengisi feed instagram, kamu wajib mengunjungi beberapa café instagramable yang ada di kota Bandung, karena Bandung juga sangat terkenal dengan berbagai macam coffee shop kekinian. Ada banyak nuansa yang dihadirkan baik itu di outdoor maupun indoor. 

Tidak sulit untuk menemukan coffee shop di Bandung, karena sebagian besar daerah di kota ini memiliki ragam coffee shop, dengan konsep yang unik dan menarik. Jadi kamu hanya perlu menyiapkan budget saja, karena biasanya cafe dengan interior yang kekinian memasang menu yang cukup tinggi. Tapi jangan khawatir, ada juga beberapa coffee shop dengan harga bersahabat. 

8. Membawa Uang Tunai 

Membawa Uang Tunai 

Tips yang tidak kalah penting bagi kamu yang ingin mengunjungi kota bandung adalah, menyiapkan uang tunai. Meskipun zaman sekarang sudah canggih dan sudah ada ATM, akan tetapi ada baiknya kamu juga harus menyediakan cadangan uang tunai. Ada beberapa tempat tertentu yang hanya menyediakan pembayaran secara tunai. 

Selain itu ada kalanya ketika kamu berkunjung ke tempat wisata yang jauh dari perkotaan, kamu akan kesulitan untuk mencari mesin ATM. Belum lagi jika ada kendala ATM error. Daripada suasana liburanmu terganggu karena hal-hal seperti, jadI tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga bukan?

9. Persiapkan Pakaian yang Sesuai 

Persiapkan Pakaian yang Sesuai Sumber: rutemu.com

Setelah kamu menentukan tempat wisata yang akan kamu kunjungi, pastikan juga kamu memilih pakaian yang sesuai dengan tema liburanmu. Misalnya, ketika kamu memilih Ciwidey sebagai salah satu lokasi liburanmu, kamu bisa mempersiapkan beberapa baju hangat, karena biasanya cuaca di Ciwidey akan sangat dingin dari mulai malam hingga pagi hari.

Namun jika kamu memilih tema wisata di tengah kota, maka kamu bisa menggunakan baju santai dan casual. Kamu juga bisa menyewa pakaian yang disediakan oleh beberapa tempat wisata, seperti halnya yang ada di Farmhouse Lembang.

10. Berburu Oleh-Oleh Bandung 

Berburu Oleh-Oleh Bandung 

Tidak lengkap pergi berlibur tanpa oleh-oleh bukan? Ada banyak sekali oleh-oleh khas Bandung yang kamu cicipi, mulai dari aneka jajanan hits hingga kue artis kekinian. Selain itu, ada juga aneka kue khas Bandung seperti Kartika Sari, Prima Rasa, Bolu Susu Lembang dan masih banyak lagi.

Namun jika kamu ingin membeli cinderamata untuk dibagi-bagikan, kamu bisa mengunjungi Cihampelas. Di Cihampelas terdapat banyak berbagai macam souvenir yang bisa kamu beli, mulai dari kaos, tas, sepatu hingga pernak pernik seperti gelang. Tentunya harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau. Jadi kamu bisa lebih lemat dan dompet pun tetap aman. 

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika hendak pergi ke kota Bandung. Melakukan perjalanan memang ada kalanya membutuhkan sebuah persiapan, baik itu persiapan dana, transportasi, akses, hingga perispan lainya. Dengan melakukan berbagai macam persiapan tersebut, tentunya akan meminimalisir terjadinya hal-hal tidak diinginkan. 

Semoga saja informasi di atas bisa membantumu ya, Jika kamu mempunyai beberapa tips lainya, jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar! Selamat berlibur. 

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram