Biar Liburanmu ke Gorontalo Makin Seru, Ikuti 8 Tips Ini!

Gorontalo merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang sering dijadikan sebagai tujuan wisata para traveler. Sebagai kawasan yang dikelilingi oleh pegunungan, perbukitan, sumber mata air panas, dan air terjun serta keindahan panorama alamnya, Gorontalo layak dinobatkan sebagai wilayah yang wajib didatangi bagi kamu yang mengaku traveler sejati.

Tak hanya itu, Gorontalo juga kaya akan flora dan fauna yang unik. Belum lagi membahas kuliner dan kebudayaannya. Kalau disebutkan, hal-hal menarik dari Gorontalo itu tidak akan habisnya.

Biar lebih, meyakinkan coba deh kamu kunjungi langsung wilayah yang menjadi bagian dari Sulawesi Utara ini. Tapi sebelum itu, simak tips berlibur ke Gorontalo yang kami sajikan di bawah!

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Gorontalo yang Harus Dikunjungi

1. Pertimbangkan Moda Transportasi yang Sesuai

Pertimbangkan Moda Transportasi yang Sesuai

Hal yang paling penting dalam traveling adalah transportasi. Kecuali kamu berniat jalan kaki, kamu boleh melewatkan tips pertama ini.

Mempertimbangkan transportasi tidak hanya ditilik dari segi biaya saja. Kamu juga perlu mempertimbangkan segi kenyamanan, waktu tempuh dan juga kepraktisannya. Di bawah ini ada beberapa pilihan moda transportasi yang bisa membawamu ke Gorontalo. Di antaranya adalah:

  • Naik Kapal Feri

Kapal feri yang berangkat dari Ampana ke Pulau Togean atau Gorontalo hanya tersedia satu armada. Kapal tersebut beroperasi satu kali dalam sehari setiap Kamis dan Minggu. Jika ketinggalan kapal, kamu harus menunggu jadwal selanjutnya lagi.

Selain itu, ada kapal feri dari Dolong ke Gorontalo yang beroperasi setiap Rabu jam 7 pagi dan berhenti di Bubulan. Dari tempat ini, lanjutkan perjalanan ke Gorontalo dengan menaiki kendaraan umum sejenis taksi.

Tarif kapal feri yang melayani jurusan ke Gorontalo dipatok sekitar Rp46.000 untuk penumpang anak-anak, sementara untuk penumpang dewasa tarifnya sekitar Rp68.000.

  • Naik Pesawat

Kini maskapai komersil seperti Citilink, Lion Air, Batik Air, Silk Air, Garuda Indonesia, dll telah menghubungkan Gorontalo dengan wilayah lain. Beberapa kota yang telah terhubung dengan Gorontalo lewat maskapai ini adalah Jakarta, Denpasar, Surabaya, Makassar, dan Manado.

Tarif pesawat untuk kelas ekonomi ke Gorontalo dipatok mulai dari Rp250 ribu sampai Rp1,9 juta. Beberapa maskapai melayani penerbangan setiap hari. Perlu kamu ketahui bahwa bandara Gorontalo berada di luar pusat kota. Lanjutkan perjalananmu dengan kendaraan yang tersedia di sekitar bandara.

  • Naik Bus

Alternatif transportasi lainnya yang bisa digunakan untuk menuju ke Gorontalo adalah naik bus. Kamu bisa naik bus dari pelabuhan dengan tarif mulai dari Rp30.000. Di pelabuhan, banyak armada bus tersedia. Selain itu, mereka beroperasi setiap hari selama 24 jam.

2. Manfaatkan Promo dan Diskon Hotel

2. Manfaatkan Promo dan Diskon Hotel

Tips selanjutnya adalah memilih penginapan. Gorontalo adalah kota modern yang sudah dilengkapi dengan fasilitas yang beragam. Ada banyak jenis penginapan mulai dari penginapan untuk backpacker sampai hotel berbintang.

Menariknya, hotel di Gorontalo mematok harga yang miring. Tarif hotel di bawah Rp450.000 saja memberikan fasilitas yang super lengkap dan kamar yang super nyaman. Cek lokasi hotelnya dan pastikan jaraknya tidak begitu jauh dari destinasi wisatamu.

Jika kamu tidak menemukan yang terdekat, pilih hotel yang berada di pusat kota di mana ada banyak transportasi yang akan membawamu ke destinasi wisata. Cari hotel yang menawarkan diskon atau promo menginap untuk menghemat budget.

Kamu bisa menemukan informasi tersebut di aplikasi pemesanan hotel online. Selain itu, pantau media sosial mereka. Tak jarang informasi tersebut dibagikan melalui unggahan di media sosial.

3. Bawa Perlengkapan Secukupnya dan Tata dengan Rapi

Bawa Perlengkapan Secukupnya dan Tata dengan Rapi

Sebelum kamu mengepak pakaian yang akan kamu bawa untuk berlibur ke Gorontalo, ada baiknya kamu cari tahu informasi terlebih dahulu mengenai kondisi dan medan di sana. Jika kamu akan pergi ke daerah perkotaan, pilih pakaian yang sesuai dikenakan.

Perhatikan bahan pakaiannya juga. Pasalnya bahan pakaian sangat mempengaruhi kenyamanan selama kamu berlibur nanti. Setelah itu, sesuaikan jumlah pakaian dan lama waktu berliburmu. Tata pakaian serapi mungkin di dalam tas ransel atau koper.

Bawa perlengkapan tambahan lainnya seperti sandal cadangan sebagai langkah antisipasi situasi yang tidak terduga. Masukan pakaian, gawai termasuk kamera, obat-obatan, makeup atau peralatan mandi dalam tas terpisah di dalam tasmu agar lebih rapi.

4. Buat Rencana Perjalanan Liburan Sederhana Versimu

Buat Rencana Perjalanan Liburan Sederhana Versimu

Sudah tahu ‘kan bahwa Gorontalo itu merupakan wilayah yang luas dan punya banyak objek wisata yang menarik? Kalau waktumu banyak, boleh-boleh saja jalan-jalan tanpa rencana yang matang selama di Gorontalo.

Tapi kalau waktu liburanmu terbatas, pastikan kamu punya perencanaan yang jelas dalam perjalanan liburanmu. Rencana perjalanan sederhana ini akan memberikan gambaran dan perkiraan ada berapa tempat yang bisa kamu kunjungi dalam satu hari.

Pilih objek wisata yang berdekatan terlebih dahulu. Setelahnya, kamu bisa memilih destinasi yang lebih jauh dari lokasi tempat wisata pertama.

Kami sarankan untuk sambangi daerah pantai dan tempat-tempat bersejarah di Gorontalo. Pasalnya ada banyak lokasi yang indah yang sayang jika dilewatkan.

Salah satu pantai terindah di Gorontalo yang wajib jadi destinasi wisata kamu adalah Pantai Olele. Pantai ini mempunyai pemandangan bawah laut yang indah. Jika kamu naik perahu, keindahan ini dapat kamu saksikan melalui kaca yang terdapat di bawah perahu.

Pantai Pasir Putih Leato juga termasuk yang indah. Pantai yang bisa dicapai selama dengan menempuh perjalanan dengan kendaraan selama 15 menit dari pusat kota Gorontalo ini punya hamparan pasir putih yang lembut dan cantik, taman bawah laut dan pemandangan alam yang menyejukan.

5. Berburu Kuliner Khas Gorontalo di Pasar Malam

Berburu Kuliner Khas Gorontalo di Pasar Malam

Soal kuliner, Gorontalo tidak kalah dengan daerah lain di indonesia. Kuliner khas Gorontalo termasuk unik lantaran beberapa menu terkenalnya mendapat pengaruh Belanda. Hal ini bisa kamu lihat dari sajian kue dan roti khasnya.

Keragaman kuliner khas Gorontalo bisa kamu dapatkan di pasar malamnya. Pasar malam merupakan tempat ideal untuk berinteraksi dengan masyarakat sambil mengenal ragam kulinernya.

Dari semua kuliner khas Gorontalo, milu siram adalah makanan yang wajib kamu cicipi. Makanan yang juga disebut dengan binthe biluhuta ini merupakan makanan yang terbuat dari jagung yang dihidangkan dengan kaldu, kelapa parut, cabai dan perasan jeruk nipis.

Daun kemangi, Ikan atau udang dan garam ditambahkan untuk melengkapi cita rasa makanan yang sudah ada sejak zaman dahulu itu.

6. Bawa Lotion Anti Nyamuk

Bawa Lotion Anti Nyamuk

Gorontalo merupakan wilayah yang termasuk rawan penyakit malaria. Nyamuk-nyamuk ganas itu merupakan salah satu ancaman berbahaya yang ada di sini. Oleh sebab itu, bawa dan gunakan selalu lotion anti nyamuk di mana pun kamu berada selama di Gorontalo.

Selain itu, sangat dianjurkan untuk membawa obat anti malaria untuk antisipasi kemungkinan buruk yang akan terjadi selama berlibur.

7. Lengkapi Perlengkapan dengan Tabir Surya

Lengkapi Perlengkapan dengan Tabir Surya

Yang perlu kamu ketahui adalah Gorontalo terletak di garis Khatulistiwa. Hal ini menjadikan suhu udara di wilayah ini terbilang panas. Di musim panas bulan September saja bisa mencapai 22,80C sedangkan suhu minimum di bulan Oktober mencapai suhu 33,50C.

Mengingat hal itu, sebaiknya gunakan tabir surya untuk melindungi kulit agar tidak terpapar sinar UV. Topi dan kacamata hitam pun dapat kamu gunakan sebagai perlindungan tambahan.

8. Bawa Uang Tunai yang Cukup

Bawa Uang Tunai yang Cukup

Uang tunai di Gorontalo penting kamu persiapkan. Jangan sampai kamu kerepotan dalam menarik uang selama berada di tempat ini. Sebelum kamu berangkat, pastikan jumlah uang tunai cukup selama berada di Gorontalo.

Meskipun beberapa jasa tur menyediakan pembayaran melalui kartu kredit, tapi akan lebih aman jika kamu menyediakan uang tunai untuk memperlancar transaksi.

Itu dia 8 tips yang perlu kamu persiapkan sebelum berlibur ke Gorontalo. Di provinsi yang didiami oleh suku Hulontalo ini, kamu akan menemukan berbagai keseruan dan pengalaman menarik berlibur yang tidak kamu temui di wilayah lain.

Daerah wisata di Gorontalo kebanyakan sudah dilengkapi dengan infrastruktur yang memadai, yang demikian ini akan memudahkan kamu menjangkau lokasinya.

Nah, siap berlibur ke Gorontalo? Ajak teman atau orang terkasihmu untuk menikmati momen liburan yang menyenangkan. Untuk kamu yang merencanakan bulan madu, Gorontalo punya spot yang pas untuk kamu kunjungi. Namanya Pulau Cinta yang dapat ditempuh dalam waktu 2,5 jam dari Pelabuhan. Pulau di tengah laut ini adalah destinasi ideal bagi pasangan.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram