10 Tips Liburan Ke Maldives Hemat ala Backpacker

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Maldives atau Maladewa adalah sebuah negara kepulauan yang berada di sebelah selatan-barat daya India. Negara yang satu ini dianggap sebagai tempat wisata yang paling romantis. Wisatawan yang datang ke Maldives berasal dari berbagai negara. Pesona keindahan alam laut di Maldives memang sangat sulit untuk ditolak.

Banyak yang ragu untuk berlibur ke Maldives karena takut biaya perjalanan ke negara eksotis ini sangat mahal. Namun, Anda tak perlu ragu karena Keluyuran akan memberikan tips liburan ke Maldives dengan hemat. Pergi ke Maldives secara backpacker bersama pasangan, mengapa tidak? Yuk, simak tips selengkapnya di sini!

Tentukan Waktu Berlibur

Tips liburan ke Maldives yang pertama adalah Anda harus menentukan waktu berlibur untuk menghindari high season. Sebenarnya waktu yang tepat untuk mengunjungi Maldives adalah saat musim panas yang jatuh pada bulan Desember sampai dengan April. Pasalnya, Maldives menawarkan keindahan alam pantai dan laut yang cocok dinikmati pada saat musim panas.

Akan tetapi, bila ingin berhemat Anda bisa mengunjungi Maldives pada musim hujan, yakni di bulan Mei sampai dengan November. Sebaiknya pilih antara bulan Mei atau Juni karena pada saat itu curah hujan belum terlalu tinggi.

Beli Tiket Maskapai Penerbangan Low Cost Carrier

Beli Tiket Maskapai Penerbangan Low Cost Carrier Tips Liburan Ke Maldives

Untuk sampai ke Maldives, Anda harus menggunakan pesawat terbang dari kota-kota besar yang ada di Indonesia, seperti Jakarta atau Surabaya. Anda akan mendarat di Bandar Udara Internasional Ibrahim Nasir yang ada di Maladewa. Sebelum mendarat di bandara yang ada di Maladewa, pesawat akan melakukan transit di Singapura, Sri Lanka, atau Hong Kong.

Tips untuk memperoleh tiket pesawat dengan harga murah adalah usahakan untuk membeli tiket dari maskapai penerbangan low cost carrier untuk menghemat pengeluaran. Harga tiket pesawat untuk satu kali jalan dengan Tiger Air adalah sekitar 5 juta rupiah, sedangkan dengan Singapore Airlines harga tiketnya bisa mencapai 13 juta rupiah.

Tidak Perlu Mengurus Visa

Tidak Perlu Mengurus Visa

Apakah Anda khawatir tentang pengurusan Visa sebelum berangkat ke Maldives? Sebaiknya Anda tak perlu khawatir karena untuk berlibur di Maldives Anda tidak perlu mengurus Visa terlebih dahulu. Pasalnya, semua warga negara berhak masuk ke Maldives sebagai wisatawan.

Kita akan mendapatkan kesempatan untuk berada di Maldives selama 30 hari. Hal ini tentu saja membuat Anda bisa lebih menghemat uang untuk berpelesir saat berada di Maldives.

Bawa Uang Rufiyaa Secukupnya

Bawa Uang Rufiyaa Secukupnya

Rufiyaa adalah mata uang Maladewa. Sebaiknya Anda menukar uang terlebih dahulu sebelum mulai berlibur ke Maldives. Pasalnya, di pulau-pulau lokal tidak ada mesin ATM. Bahkan, beberapa restoran dan resort tidak menyediakan mesin EDC untuk pembayaran dengan kartu kredit.

Oleh karena itu, di dalam tips liburan ke Maldives ini Keluyuran ingin menegaskan bahwa sebaiknya bawalah uang tunai dalam bentuk Rufiyaa. Tak ada salahnya jika Anda ingin membawa kartu kredit untuk berjaga-jaga. Penukaran uang juga bisa dilakukan sesampainya Anda di Maldives, tetapi usahakan Anda membawa dolar Amerika untuk menukar uang Rufiyaa.

Transportasi dari Bandara

Untuk melanjutkan perjalanan dari bandara menuju ke pulau-pulau yang menawarkan resort mewah dan pemandangan yang menakjubkan, Anda harus menggunakan pesawat domestik. Namun, hal ini hanya berlaku jika Anda memiliki budget lebih.

Jika ingin lebih berhemat Anda bisa naik kapal ferry yang berangkat setiap 10 menit sekali. Bila Anda ingin lebih cepat, maka Anda bisa menyewa speedboat, tapi tentu saja budget yang Anda keluarkan lebih banyak dibanding Anda menumpang kapal ferry,

Booking Hotel Murah Di Maldives

Pemesanan hotel sebaiknya dilakukan sebelum Anda tiba di Maldives. Untuk hal yang satu ini Anda dapat memanfaatkan keberadaan situs booking hotel secara online. Memang benar bahwa beberapa resort mewah di Maldives dengan pemandangan yang eksotis dibandrol hingga puluhan juta rupiah per malam.

Akan tetapi, di Maldives Anda pun bisa menemukan guest house dengan harga yang jauh lebih murah, yakni sekitar USD 35 – 60 per malam. Meskipun penginapan murah ini tidak berbentuk cottage di atas laut dengan view yang mempesona, tetapi penginapan murah tersebut sudah cukup nyaman dan bersih untuk beristirahat.

Sebaiknya persiapkan pemesanan hotel sebelum Anda berangkat karena kami sangat tidak menyarankan Anda untuk memesan hotel secara on the spot mengingat banyak masyarakat Maldives yang kurang pandai berbahasa Inggris.

Bawa Perlengkapan Pribadi dari Indonesia

Bawa Perlengkapan Pribadi dari Indonesia Tips Liburan Ke Maldives

Usahakan untuk mengecek kembali perlengkapan pribadi Anda saat masih berada di Indonesia. Jangan sampai Anda lupa membawa peralatan mandi atau cemilan pribadi. Pasalnya, harga barang yang dijual di Maldives dan sekitarnya terbilang sangat mahal.

Satu botol kecil sabun mandi cair saja bisa dihargai sekitar 60 ribu rupiah di minimarket yang ada di sana. Bahkan, sebungkus biskuit untuk camilan saja dijual 40 ribu rupiah. Nah, alangkah lebih baik jika Anda membawa perlengkapan pribadi secara lengkap dari tanah air.

Tetap Hemat Meskipun Makan Kenyang

Tetap Hemat Meskipun Makan Kenyang

Berikutnya adalah tips liburan ke Maldives yang sangat penting untuk Anda ketahui. Harga makanan di Maldives tergolong mahal. Warung kaki lima sederhana di sana saja bisa menjual satu porsi makanan mulai dari 100 -150 ribu rupiah.

Nah, manfaatkan saja sarapan pagi gratis yang diberikan oleh hotel tempat Anda menginap. Makanlah sekenyang mungkin pada pagi hari agar saat siang dan malam Anda tidak makan terlalu banyak. Bila perlu bawalah beberapa bungkus mi instant dalam kemasan untuk berjaga-jaga jika Anda merasa lapar tetapi ingin menghemat pengeluaran.

Kunjungi Pulau-Pulau Lokal

Kunjungi Pulau-Pulau Lokal

Ini adalah hal terpenting yang harus Anda lakukan jika berlibur di Maldives. Kunjungi beberapa pulau-pulau lokal yang ada di sana. Beberapa pulau yang wajib dikunjungi saat berada di Maldives adalah Gulhi, Maafushi, dan Guraidhoo.

Untuk menuju ke pulau ini Anda bisa naik kapal ferry yang lokasinya paling dekat dari Male. Selain itu, kapal ferry yang menuju ke pulau-pulau ini beroperasi setiap hari kecuali Jumat.

Patuhi Peraturan Saat Berada Di Maldives

Patuhi Peraturan Saat Berada Di Maldives (Copy)

Walau menyajikan banyak pulau eksotis, tetapi Maladewa adalah negara yang mayoritas penduduknya menganut agama Islam yang cukup kuat. Maka dari itu sebaiknya Anda lebih menjaga sikap dan perilaku.

Beberapa wisatawan tentu tertarik untuk menggunakan busana pantai seperti bikini saat berada di pantai-pantai indah yang ada di pulau ini. Namun, Maldives menyediakan beberapa area di mana Anda masih bisa menggunakan pakaian pantai seperti bikini.

Nah, itulah tips liburan ke Maldives dengan budget yang terbatas. Sebaiknya Anda menyediakan dana sekitar 15-20 juta rupiah per orang agar bisa berlibur ke Maldives ala backpacker. Dana tersebut juga sudah termasuk biaya tiket pesawat bila Anda membeli tiket maskapai penerbangan yang murah. Yuk, mulailah menabung sejak saat ini jika Anda ingin berwisata ke Maldives!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram