11 Tips dan Trik untuk Liburan Seru ke Pulau Seribu

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 20 Desember 2021

Saat penat mendera, pilihan pertama kebanyakan orang adalah pergi berlibur. Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang bisa dijadikan pilihan untuk menghilangkan stres dan melipir sejenak dari hiruk-pikuk kota dengan menikmati suasana yang menenangkan.

Pilihan tempat liburan tersedia beragam, dari mulai gunung, pantai hingga pulau. Kalau kamu tak punya banyak waktu untuk bisa pergi berlibur lama-lama, salah satu opsinya adalah pergi ke tempat wisata terdekat.

Bagi mereka yang tinggal daerah Jakarta dan sekitarnya, salah satu destinasi wisata yang bisa jadi pilihan adalah Pulau Seribu. Untuk kamu yang mau berlibur ke tempat ini, coba cek tips liburan ke Pulau Seribu berikut ini.

Baca juga: 10 Tips Liburan Pas Cuti Habis di Akhir Tahun

1. Siapkan dan Rencanakan dengan Detail

Siapkan dan Rencanakan dengan Detail

Meskipun tempat tujuan liburan pilihanmu itu dekat, tapi tetap saja perlu persiapan dan rencana yang matang. Jangan sampai karena tak ada perencanaan dan persiapan, liburanmu hancur berantakan.

Bukannya senang-senang malah mendapat musibah. Jadi beberapa hari sebelum hari-H, buatlah semacam jadwal aktivitasmu ketika nanti sudah sampai di Pulau Seribu.

Bukan berarti kamu tidak membuka kesempatan untuk acara yang spontan, lho ya. Namun setidaknya dengan adanya jadwa, kamu tahu apa yang akan kamu lakukan di sana.

Jangan lupa juga buat rincian biaya agar pengeluaranmu selama liburan tetap terkontrol. Sedih kan kalau pulang liburan tabunganmu habis terkuras? Jadi buatlah gambaran kasar biaya yang akan kamu butuhkan.

2. Pilihlah Agen Travel Wisata yang Terpercaya

2. Pilihlah Agen Travel Wisata yang Terpercaya

Kalau kamu tak ingin bingung-bingung mengurus liburanmu sendiri, opsi terbaiknya adalah menggunakan jasa agen travel wisata. Namun, karena saking banyaknya agen perjalan wisata, membuat kamu bingung ketika harus memilih. Mungkin kamu bisa mulai menyortir dengan membaca ulasan dari para konsumen yang sudah memakai jasa mereka.

Dari situ kamu bisa dapat gambaran apakah agen travel wisata itu bagus atau tidak, terpercaya atau abal-abal. Terkadang mungkin kamu tergiur dengan harga yang murah sehingga tidak begitu menghiraukan apakah agen tersebut terpercaya atau tidak. Banyak cerita wisatawan yang ditelantarkan oleh para agen wisata nakal.

Untuk itu, perlu kehati-hatian dalam memilih agen travel wisata. Jangan jadikan harga sebagai pilihan utama ketika memilih agen perjalanan. Kehati-hatian ini diperlukan agar kamu terhindar dari tipu-tipu para agen nakal.

3. Pilih Satu Pulau Saja

Pilih Satu Pulau Saja

Seperti namanya, Pulau Seribu, tempat wisata di Jakarta ini memiliki banyak pulau yang bisa dikunjungi. Namun ingat, kalau waktu liburanmu pendek, pastikan kamu tak memilih untuk mengunjungi banyak pulau meskipun itu tak ada salahnya.

Dengan waktu yang pendek itu kalau kamu mengunjungi banyak tempat akan membuat liburanmu jadi tidak maksimal. Dengan memilih satu pulau saja, kamu akan menghemat tenaga dan waktu sehingga kamu bisa menikmati liburanmu sepuas mungkin. Waktumu tak akan dihabiskan diperjalanan.

Selain itu, kamu juga akan menghemat tenagamu. Kalau kamu lelah karena banyak melakukan perjalanan, pastinya kamu tidak akan bisa menikmati liburanmu secara maksimal.

Memilih satu pulau untuk dijadikan tempat berlibur juga bisa menghemat biaya. Sisa uang yang kamu miliki bisa kamu gunakan lagi untuk pergi liburan lagi ke tempat yang berbeda. Tentunya kamu ingin bisa mengunjungi banyak tempat, kan?

4. Menentukan Alat Transportasi

Menentukan Alat Transportasi

Oke, sekarang kamu sudah membuat perencanaan, memilih agen wisata dan tempat untuk dikunjungi. Selanjutnya adalah menentukan alat transportasi yang akan kamu gunakan ketika pergi ke Pulau Seribu.

Titik awal keberangkatan akan bisa menentukan pilihan alat transportasi yang bisa kamu gunakan. Pastikan untuk memasukan kenyamanan dalam pilihan transportasi.

Jika kamu sudah tahu alat transportasi apa yang akan kamu pilih untuk membawamu ke tempat liburan, sekarang cek biayanya. Ini merupakan hal penting untuk dilakukan agar kamu terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan selama perjalanan. Jika kamu pergi berlibur bersama keluarga, juga mengajak anak dan lansia, pilihlah transportasi yang nyaman.

5. Ingat Jadwal Pemberangkatan Kapal

Ingat Jadwal Pemberangkatan Kapal

Salah satu alat transportasi yang akan membawamu ke Pulau Seribu adalah kapal laut. Biasanya terdapat tiga titik awal keberangkatan kapal, yaitu Muara Angke, Muara Kamal dan Pelabuhan Ancol Marina. Jadwal keberangkatan kapal yang menuju Kepulauan Seribu mulai dari pukul 8 pagi. Tiap pelabuhan memiliki jadwalnya masing-masing.

Kalau kamu ingin berangkat menuju Pulau Seribu di siang hari, itu bisa dilakukan karena tersedia kapal yang berangkat saat siang hari. Ada baiknya kamu catat terlebih dulu jadwal pemberangkatan kapal ketika kamu sudah memilih waktu keberangkatan dan kapalnya. Jangan sampai kamu tertinggal kapal karena lupa jadwal keberangkatan.

6. Pakailah Sunblock

Pakailah Sunblock

Terkadang saking asyiknya bermain di alam, kamu melupakan hal-hal yang penting. Bermain di pantai di tengah sinar matahari yang terik pastinya kulitmu akan terkena sengatannya sehingga kulit menjadi terbakar. Agar hal ini tidak sampai terjadi, jangan pernah lupakan untuk membawa benda yang satu ini.

Sunblock adalah benda yang sangat penting untuk selalu dibawa ketika kamu pergi berlibur, khususnya saat pergi liburan ke pantai atau tempat yang terik. Gunakan selalu sunblock sebelum melakukan aktivitas di luar.

Tabir surya ini merupakan pelindung untuk kulit agar tidak terkena sengatan sinar matahari. Jangan sampai sepulang liburan kamu harus pergi ke dokter kulit.

7. Kenakan Pakaian Berbahan Katun

Kenakan Pakaian Berbahan Katun

Ketika berkunjung ke Pulau Seribu, pastinya kamu akan banyak bermain di pantai dan pantai itu identik dengan panas yang menyengat sehingga kamu akan mudah berkeringat. Karenanya, kamu harus memperhatikan pakaian yang akan kamu kenakan saat kamu berlibur ke Pulau Seribu.

Bawalah pakaian yang nyaman untuk dikenakan di cuaca yang panas. Pakaian berbahan katun merupakan pilihan terbaik, bisa dalam bentuk t-shirt, kemeja atau terusan.

Bahan katun memiliki sifat mudah menyerap air sehingga mudah menyerap keringatmu. Selain itu, pilihlah baju dengan warna-warna yang cerah supaya tidak menyerap sinar matahari secara berlebihan.

8. Peralatan Elektronik dan Perlengkapannya

Peralatan Elektronik dan Perlengkapannya

Berada di tempat wisata yang indah pastinya membuat kamu ingin mengabadikan pemandangan-pemandangan yang kamu saksikan. Handphone dan kamera biasanya menjadi andalan untuk merekam semuanya.

Karena barang-barang elektronik tersebut pastinya akan memiliki masalah dengan kehabisan baterai, pastikan untuk membawa alat untuk mengisi baterai, seperti power bank atau charger. Periksa terlebih dulu apakah kamu sudah membawanya dalam tas sebelum kamu mulai aktivitas di luar.

9. Bawa Minuman dan Makanan Ringan

Bawa Minuman dan Makanan Ringan

Saat pergi ke tempat wisata, kamu akan banyak menemukan penjual makanan kecil dan minuman di tempat-tempat yang ramai wisatawan. Nah, terkadang karena tempat tersebut merupakan tempat favorit turis, maka makanan dan minuman itu pun harganya melambung tinggi.

Membawa minuman dan makanan kecil sendiri juga akan memudahkan kamu saat kehausan atau kelaparan. Kamu tidak perlu susah-susah mencari tempat yang menjual makanan atau minuman, semuanya sudah ada dalam tasmu.

Bisa jadi kamu merasa kelaparan atau kehausan di tempat yang kebetulan tidak ada pedagangnya. Bawalah secukupnya, jangan sampai tasmu hanya berisi minuman dan makanan saja sehingga membuatmu kesusahan saat membawanya.

10. Pilih Tempat Menginap dengan View yang Bagus

Pilih Tempat Menginap dengan View yang Bagus

Tujuan pergi berlibur adalah untuk melepas lelah dan penat yang kamu rasakan. Pastinya kamu ingin melihat pemandangan yang indah dan menyejukkan mata.

Jadi, ketika kamu berlibur ke Pulau Seribu, pilihlah tempat menginap yang memiliki spot sunrise dan sunset yang bagus agar bisa membuatmu nyaman dan sejenak lupa dengan semua kepenatan yang kamu rasakan.

Di Pulau Seribu tersedia beragam tempat menginap dari mulai penginapan untuk budget traveler sampai hotel yang harganya lumayan. Sesuaikan pilihan tempat menginapmu dengan budget yang kamu miliki. Intinya dengan budget kamu miliki, kamu harus pintar-pintar memilih tempat menginap yang memiliki pemandangan yang indah.

11. Pilih Musim Liburan yang Terbaik

Pilih Musim Liburan yang Terbaik

Tips liburan ke Pulau Seribu terakhir yaitu memperhatikan musim. Karena Kepulauan Seribu berupa kawasan gugusan pulau, jadi enaknya dinikmati saat cuaca di sana sedang cerah. Pastinya kamu ingin bisa menikmati pesona alam sepuasnya. Umumnya untuk bisa menikmati indahnya alam itu ada musim-musim tertentu.

Untuk tempat wisata berupa pantai, pastinya musim terbaik untuk berkunjung adalah bukan di musim hujan. Di musim hujan pemandangan langit yang sering nampak adalah awan mendung.

Kalau kamu ingin snorkeling atau diving, musim hujan tentunya akan menyusahkanmu melakukan aktivitas tersebut. Biasanya banyak wisatawan yang berkunjung ke Pulau Seribu di bulan Juli sampai Agustus.

Untuk bisa menikmati liburan dengan semaksimal mungkin, persiapan adalah hal yang tak boleh dilewatkan, bahkan untuk liburan ke tempat yang dekat sekalipun.

Jangan sampai kamu mengalami masalah karena kekurangan uang atau salah memilih tempat penginapan. Sebelum berlibur kamu bisa baca-baca tips liburan ke Pulau Seribu untuk sedikit membantumu mempersiapkan liburanmu.

Jangan lupakan benda-benda kecil yang nantinya akan sangat penting dalam liburanmu, seperti sunblock, charger atau power bank. Selamat berlibur!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram