8 Tips Liburan Asyik ke Semarang, Venesianya Pulau Jawa

Ditulis oleh Dhini Oktavianti

Semarang adalah ibukota Jawa Tengah yang menawarkan liburan dengan tema city tour. Di kota nya sendiri kamu bisa menemukan banyak hal menarik yang dijelajahi. Mulai dari bangunan jaman kolonial, kampung yang dibuat menjadi lebih atraktif, sampai sejarah kawasan itu sendiri.

Semarang sendiri disebut dengan Venesianya Pulau Jawa bukan tanpa alasan. Ada delapan sungai yang mengalir di tempat tersebut. Bahkan dulu merupakan kota pelabuhan penting di Pulau Jawa.

Bila kamu ingin mengunjungi kota yang juga disebut dengan julukan Kota Atlas sebagai tempat liburan selanjutnya, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Intip tips liburan ke Semarang di bawah ini.

1. Bikin Itinerary

Bikin Itinerary

Yang utama dari memulai perjalanan adalah membuat itinerary. Hukumnya wajib agar liburan kamu tidak sia-sia dengan mencari tempat yang hits on the spot.

Dengan membuat daftar kunjungan tempat, liburan kamu akan lebih maksimal dan menyenangkan. Selain itu, kamu pun akan lebih siap pakaian dan alas kaki yang cocok digunakan untuk berkunjung ke kota satu ini.

Saat berkunjung ke Semarang, pastikan kamu memilih tempat yang memang ingin dikunjungi. Lalu bagi per wilayah agar satu jalur atau lingkungan dan waktu tidak habis di jalan.

Memang, Semarang minim dengan kemacetan dibandingkan ibukota. Tetapi tetap saja, perencaan yang baik akan membuat liburan kamu lebih efektif dan efisien.

Misalnya saja, hari pertama kamu memilih menikmati Kota Lama Semarang kemudian ke Lawang Sewu, dilanjutkan dengan melihat Tugu Muda Semarang. Dari sana, lanjutkan ke Kampung Pelangi kemudian Kelenteng Sam Po Kong  Lalu akhiri malam pertama di Taman Bridge Fountain Semarang untuk melihat atraksi air.

Daftar perjalanan tersebut sejalur sehingga kamu tidak perlu buang-buang waktu di jalan. Kamu pun bisa menikmati tempat tersebut lebih lama dan mendapatkan memori yang menyenangkan.

2. Transportasi yang Digunakan

Transportasi yang Digunakan

Selain itinerary, kamu juga perlu mengetahui transportasi apa yang akan digunakan untuk keliling Semarang. Kalau punya budget lebih, menyewa kendaraan pribadi atau ikut tur bisa dimasukan ke dalam daftar.


Namun, kalau kamu ingin merasakan suasana Semarang lebih dalam, moda transportasi umum adalah pilihan terbaik. Semarang pun memiliki transportasi umum yang mudah diakses dan banyak pilihan.

Mulai dari Trans Semarang yang berkonsep Bus Rapid Transit. Ada 7 koridor dan satu koridor khusus yang bisa digunakan untuk keliling Semarang, sesuai dengan tujuan yang ditentukan. Ada jadwal dan halte tertentu bila ingin naik transportasi satu ini.

Selain itu, ada Bus DAMRI yang menghubungkan beberapa wilayah di Semarang.  Bus Kota juga bisa kamu pilih bila ingin lebih fleksibel dalam tempat naik maupun turun. Namun waktu kedatangan pun tak menentu.

Untuk menuju ke Semarang pun ada berbagai cara yang bisa ditempuh, mulai dari kereta dengan waktu tempuh sekitar 7 jam dari Jakarta-Semarang. Sedangkan pesawat terbang membutuhkan waktu tempuh 1-2 jam tergantung maskapai yang digunakan. Dengan rute Jakarta-Semarang.

Mobil pribadi pun kamu pilih bila ingin road trip. Waktu tempuh sekitar 6 jam bila tidak ada kemacetan melalui jalan Tol Cikopo-Palimanan atau Tol Trans Jawa. Namun, pastikan kondisi kamu dan kendaraan fit bila ingin road trip, ya.

3. Cari Penginapan Sesuai Kebutuhan

Cari Penginapan Sesuai Kebutuhan

Selain tempat wisata, penginapan juga penting dipilih. Kamu bisa memilih penginapan sesuai kebutuhan. Kamu bisa pilih penginapan yang dekat dengan tujuan wisata atau yang lebih nyaman. Semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Ada banyak penginapan yang bisa kamu pilih di Semarang, mulai dari hotel melati sampai hotel bintang lima. Sesuaikan dengan budget dan juga kebutuhan. Cek di beberapa provider pemesanan penginapan untuk mendapatkan potongan harga atau harga yang kompetitif.

Baca juga: Rekomendasi Penginapan Murah Di Semarang

4. Siapkan Uang Tunai dan Uang Non Tunai

Siapkan Uang Tunai dan Uang Non Tunai

Semarang merupakan kota besar sehingga bisa menemukan titik tempat ATM untuk tarik tunai. Tapi kamu juga perlu pertimbangkan untuk tidak membawa banyak uang tunai. Selain tidak nyaman, juga risiko hilang sangat besar. Bawa secukupnya saja dan sesuaikan dengan itinerary.

Bila tempat yang kamu kunjungi bisa non tunai, siapkan dari sebelum kamu berangkat ke Semarang. Lalu, cek juga provider non tunai yang bisa digunakan apa saja agar lebih nyaman saat sampai di Semarang.

5. Pilih Pakaian yang Nyaman

Pilih Pakaian yang Nyaman

Semarang memiliki suhu sekitar 32-35 derajat celcius. Jadi, pertimbangkan untuk menggunakan pakaian yang nyaman. Yang nyaman sekaligus bergaya pun juga tidak masalah. Padu padan adalah kunci tepat membawa pakaian selama bepergian.

Selain itu, sesuaikan juga dengan tujuan wisata di Semarang. Bila kamu akan berkunjung ke tempat cenderung panas, pilih pakaian dengan bahan menyerap keringat. Sebaliknya, bila ingin berkunjung ke kawasan Ambarawa, misalnya, pastikan mengenakan pakaian yang lebih hangat.

Kemudian, sesuaikan kuantitas pakaian dan lama waktu liburan ke Semarang. Tata sedemikian rupa di dalam tas ransel atau koper. Ada baiknya gunakan satu koper saja untuk pakaian sehingga memudahkanmu berpindah tempat.

Pilih alas kaki yang nyaman untuk digunakan berjalan. Kamu bisa membawa sandal nyaman yang bergaya dan sepatu sneakers bila terpikir untuk trekking atau jalan jauh.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram