keluyuran web banner

Suka Backpacking? Coba 7 Tips Liburan Murah ke Lombok Ini!

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 16 Februari 2021

Lombok merupakan salah satu pulau di Nusa Tenggara Barat yang menjadi tempat dimana Ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat berada. Lombok dikenal sebagai Pulau Seribu Masjid dan memiliki Islamic Center NTB yang begitu megah dan menjadi masjid terbesar di Nusa Tenggara Barat. Ada banyak hal yang bisa dilakukan ketika mengeksplor Pulau Lombok.

Lombok saat ini mulai banyak dikenal karena adanya tiga gili yang fenomenal yaitu Gili Air, Gili Trawangan, dan Gili Meno. Ketiga pulau kecil tersebut masuk ke dalam wilayah Kabupaten Lombok Utara. Di sisi selatan, ada Mandalika yang menjadi tempat diselenggarakannya MotoGP pada tahun 2021. Sedangkan di Lombok Timur, ada Gunung Rinjani yang merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia.

Lombok kian dikenal wisatawan karena banyaknya destinasi wisata menarik di sana. Wisata alam akan terasa begitu berkesan dengan menapakkan kaki di puncak Gunung Rinjani, kemudian menikmati kekayaan bahari dimana Lombok memiliki banyak sekali pantai cantik. Bahkan, jumlah gili di Lombok ada sekitar 30 gili. Menarik sekali bukan?

Tak hanya wisata alam saja, Lombok juga memiliki destinasi wisata budaya. Desa Sasak Sade merupakan kampung dimana masyarakat asli suku Sasak tinggal. Wisata religinya, sudah tak perlu ditanya lagi, Islamic Center di Mataram menjadi salah satu yang wajib dikunjungi ketika liburan ke Lombok. Wisata kulinernya pun tak kalah enaknya dengan makanan di daerah lain.

Gencarnya promosi wisata di Lombok, membuat Pulau Seribu Masjid ini menjadi salah satu destinasi yang banyak diincar para pejalan. Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk bisa liburan ke Lombok. Berikut ini tips liburan murah ke Lombok yang bisa kamu coba. Karena liburan murah biasanya akan lebih berkesan, bukan begitu?

1. Gunakan Transportasi Darat

Gunakan Transportasi Darat

Transportasi menjadi salah satu yang menjadi pertimbangan ketika melakukan perjalanan. Jika kamu ingin menghemat budget selama melakukan perjalanan, bisa menggunakan jalur darat dari kota asal. Jika datang dari Pulau Jawa, maka rute yang bisa ditempuh adalah jalur BanyuwangiBali – Lombok.

Menggunakan transportasi darat akan lebih mudah untuk mampir ke tempat wisata di daerah yang dilewati, misalnya mampir ke tempat wisata di Banyuwangi atau jalan-jalan di sekitar Bali. Cara ini juga memudahkan untuk pejalan yang tidak kuat berlama-lama di laut karena hanya membutuhkan waktu yang cukup singkat di atas laut untuk sampai ke Lombok.

2. Gunakan Transportasi Laut

Gunakan Transportasi Laut

Penyeberangan ke Lombok, khususnya dari Pulau Jawa sudah semakin dimudahkan. Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya setiap harinya melayani pelayaran dari Surabaya menuju Lombok, dengan tiga kapal yang berbeda. Waktu pelayaran dari Surabaya ke Lombok membutuhkan waktu sekitar 20 jam perjalanan.

Kapal yang melayani pelayaran dari Surabaya ke Lombok di antaranya ada KMP. Legundi dengan tariff Rp87.000/orang. Kemudian ada kapal yang masih baru beroperasi pada tahun 2019 dan 2020, ada KMP. Damai Lautan Nusantara Oasis dan KMP. Damai Lautan Nusantara Batu Layar, dengan tariff Rp95.000/orang.

Tak perlu khawatir bosan, selama 20 jam berlayar, pejalan akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah di sepanjang pelayaran. Setiap penumpang mendapat fasilitas matras yang bisa digunakan untuk istirahat. Jadi takkan merasa lelah meskipun melakukan perjalanan cukup panjang.

3. Manfaatkan Tiket Promo

Manfaatkan Tiket Promo

Sudah banyak maskapai yang melayani penerbangan ke Lombok. Tak jarang, aplikasi pemesanan tiket atau maskapai tertentu mengadakan promo yang bisa digunakan untuk menekan budget selama melakukan perjalanan. Tiket promo memang tidak selalu ada, jadi kamu harus saving, sehingga saat ada promo bisa langsung memesan tiket ke Lombok.

Harga tiket penerbangan ke Lombok cukup beragam. Jika kamu dari Jawa Timur, bisa memesan penerbangan dari Surabaya yang tiketnya mulai dari Rp400.000 saja. Jika beruntung, kamu bisa mendapatkan diskon yang cukup besar dari penyedia pemesanan tiket pesawat. Tak hanya dari Jawa saja, tiket promo juga bisa didapatkan dari Sulawesi maupun Sumatera.

4. Menginap di Hostel

Menginap di Hostel

Sama halnya dengan Jogja maupun Malang, Lombok juga sudah dilengkapi dengan penginapan dari yang murah sampai yang mahal. Hostel menjadi salah satu pilihan untuk menekan budget. Dalam satu kamar hostel, biasanya terdiri dari 4 – 10 tempat tidur. Kamu bisa memilih kamar female/male dormitory atau mix dormitory.

Menginap di hostel terbilang lebih murah dibandingkan dengan menginap di hotel. Apalagi jika kamu solo traveling ke Lombok. Range harga menginap di hostel mulai dari Rp50.000/orang/malam. Cocok untuk yang suka jalan-jalan sendiri, karena menginap di hostel kamu bisa mendapat kenalan baru.

5. Menginap di Rumah Singgah

Menginap di Rumah Singgah

Pernah terbayangkan sebelumnya, traveling ke suatu tempat dan menginap gratis? Hal itu bisa kamu lakukan kala berlibur di Pulau Lombok. Di sana terdapat Rumah Singgah Backpacker Lombok yang terletak di Kota Mataram. Setiap wisatawan bisa menginap secara gratis tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Rumah Singgah Backpacker Lombok merupakan rumah pribadi milik perseorangan yang menjadikan rumahnya sebagai tempat singgah untuk para backpacker yang datang ke Lombok. Rumah sederhana yang mampu menampung banyak pendatang dari berbagai daerah. Bukan sekadar menginap gratis saja, di Rumah Singgah Backpacker Lombok kamu bisa mendapat teman baru.

Pejalan yang ingin menginap di Rumah Singgah Backpacker Lombok, perlu menghubungi narahubung yang kontaknya tertera di media sosial. Kemudian setibanya di Rumah Singgah, pejalan memberikan fotokopi KTP, serta mengisi buku tamu yang berisi nama, nomor handphone, kontak darurat, asal, dan lama menginap.

Sedangkan jika hanya ingin bertamu, bisa langsung berkunjung ke Rumah Singgah Backpacker Lombok tanpa melakukan registrasi. Bagi yang menginap, di dalam rumah tersedia ruang tamu, ruang berkumpul, 3 kamar tidur pria, 1 kamar tidur wanita, kamar mandi, ruang jemur, dan mushola. Lengkap dan akan membuat pengunjung nyaman.

6. Makanan Takkan Membuat Kantong Bolong

Makanan Takkan Membuat Kantong Bolong

Saat melakukan perjalanan, tak jarang orang bertanya tentang harga makanan. Lombok merupakan salah satu tempat yang harga makanannya terbilang murah. Bahkan, jauh lebih murah dari makanan di Jawa. Sekali makan, bisa hanya Rp4.000 saja dengan porsi yang besar. Semangkuk mie ayam bisa kamu dapatkan hanya dengan Rp5.000/porsi.

Liburan ke Lombok belum lengkap jika belum mencoba nasi balap yang merupakan makanan khas Lombok. Di sana mudah sekali menemukan penjual nasi balap. Makanan yang berasal dari Lombok Tengah ini dipatok mulai dari Rp7.000 saja per porsinya. Jadi ketika liburan ke Lombok, makanan bukan menjadi masalah untuk menekan budget.

7. Sewa Kendaraan

Sewa Kendaraan

Liburan dimana saja, pasti sangat membutuhkan kendaraan untuk mengeksplor destinasi wisata. Di Lombok sudah tersedia penyewaan kendaraan baik roda empat maupun roda dua. Di Rumah Singgah Backpacker Lombok saja melayani penyewaan motor. Jadi pejalan tak perlu bingung menyewa kendaraan dimana.

Tarif menyewa kendaraan di Lombok terbilang murah dan tidak jauh beda dengan penyewaan di kota lain. Mulai dari Rp75.000/24 jam, kamu sudah bisa menyewa motor untuk berkeliling Pulau Lombok. Harga tersebut sudah termasuk helm dan jas hujan.

Sekian informasi tentang tips liburan murah ke Lombok. Mengesksplor Pulau Seribu Masjid takkan membuat kantong bolong karena Nusa Tenggara Timur masih terbilang murah untuk wisata. Jadi, sudah siap liburan ke Lombok? Semoga tips ini bisa membantu untuk menekan budget selama traveling!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram