10 Tips Liburan Pas Cuti Habis di Akhir Tahun

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Ingin liburan tapi jatah cuti habis? Tak masalah. Karena Anda tetap bisa berlibur meskipun cuti Anda sudah habis terpakai. Dengan beberapa tips liburan pas cuti habis berikut ini, Anda dapat merencanakan suatu liburan tanpa perlu membolos dari pekerjaan Anda. Penasaran bagaimana tipsnya? Yuk, simak ulasan dari Keluyuran berikut ini.

Berlibur adalah suatu kebutuhan bagi semua orang, khususnya karyawan kantor yang ingin melepas penat untuk mengurangi stres karena tekanan dan deadline pekerjaan. Berlibur juga merupakan suatu cara yang efektif untuk mencegah depresi terjadi pada diri kita. Suasana baru dan hal-hal yang menyenangkan hanya dapat kita jumpai saat melakukan perjalanan liburan ke suatu tempat.

Mengambil cuti dari pekerjaan adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin berlibur untuk melepas penat. Akan tetapi, karena suatu hal jatah cuti Anda mungkin sudah habis. Nah, jika sudah seperti ini Anda tentu tidak dapat mengambil cuti untuk berlibur. Solusinya, Anda bisa menggunakan tips-tips berikut ini:

Berlibur Saat Akhir Pekan

Siapa bilang jika akhir pekan tidak bisa digunakan untuk liburan? Bahkan, Anda bisa menuju ke beberapa negara tetangga, seperti Singapura, Malaysia, atau Thailand, pada saat akhir pekan. Siasati perjalanan singkat ini dengan mulai berkemas pada hari kamis malam. Selanjutnya, berangkatlah menuju destinasi liburan Anda pada jumat sore atau malam sepulang dari bekerja.

weekend

Jadi, Anda bisa menikmati liburan di tempat yang Anda tuju di sepanjang hari sabtu dan minggu. Kemudian, minggu sore atau malam Anda harus kembali ke rumah, karena keesokan harinya Anda harus bekerja kembali.

Cari Destinasi yang Dekat

Liburan tak harus pergi jauh ke luar negeri. Pasalnya, Anda juga bisa memanfaatkan tempat-tempat pariwisata yang berada tak jauh dari tempat tinggal Anda. Misalnya, bila Anda tinggal di Jakarta, Anda dapat berlibur ke Bogor atau Bandung.

tips liburan pas cuti habis

Sementara itu, jika Anda berada di Surabaya, maka Batu atau Gunung Bromo dapat menjadi alternatif destinasi pariwisata yang dekat dengan kota pahlawan tersebut. Selain jarak tempuhnya dekat, berlibur ke objek wisata lokal juga akan menghemat banyak biaya.

Gunakan Transportasi yang Cepat

Jika Anda harus menghemat waktu saat melakukan perjalanan liburan, gunakanlah alat transportasi yang cepat. Ketika Anda ingin berlibur ke Bali atau Lombok pada akhir pekan, sementara Anda tinggal di Surabaya, maka gunakanlah pesawat terbang untuk menghemat waktu.

pesawat terbang

Meskipun Anda bisa mengendarai mobil dari Surabaya ke Bali, tetapi perjalanan dengan mobil bisa mencapai waktu 10 jam. Sementara dengan pesawat terbang jarak antara Surabaya-Bali bisa ditempuh dalam waktu 1 jam saja.

Liburan Saat Hari Libur Nasional

Manfaatkan tanggal merah atau hari libur nasional untuk berlibur. Apalagi jika hari libur nasional tersebut jatuh pada hari jumat. Itu artinya Anda memiliki 3 hari untuk berlibur dan bisa berangkat pada kamis malam dan pulang pada hari minggu.

Namun, jika hari libur nasional hanya 1 hari, sebaiknya Anda tidak perlu memaksakan diri untuk berlibur ke tempat yang jauh. Karena tubuh Anda akan menjadi lelah dan tidak dapat bekerja dengan baik pada keesokan harinya.

Jalan-Jalan di Dalam Kota

Ini merupakan solusi yang tepat bagi Anda yang hanya memiliki waktu singkat untuk berlibur dan tidak ingin kelelahan akibat perjalanan yang panjang. Jika ingin liburan yang hemat, menyenangkan, dan tidak memakan banyak waktu, jalan-jalan saja di dalam kota.

Kunjungi tempat wisata atau tempat bersejarah yang ada di kota Anda. Bila Anda tinggal di kota-kota besar, maka tak ada salahnya untuk berlibur di pusat perbelanjaan atau melakukan relaksasi seperti spa and massage bersama keluarga atau orang terdekat.

Jadilah Orang yang Fleksibel

Salah satu tips liburan pas cuti habis adalah menjadi orang yang fleksibel agar bisa berlibur di mana saja tanpa harus ribet. Misalnya, teman-teman Anda ingin merencanakan perjalanan singkat selama 2 hari 1 malam pada akhir pekan untuk mendaki gunung. Nah, Anda bisa bergabung dengan mereka.

backpacker

Pada liburan selanjutnya, Anda mungkin akan mendapat ajakan untuk berlibur ke Kepulauan Seribu di akhir pekan. Anda bisa menerima ajakan tersebut untuk berlibur dan melepas penat karena rutinitas sehari-hari. Gunung dan laut adalah dua tempat yang berbeda. Akan tetapi, kedua tempat tersebut bisa menjadi destinasi liburan yang sangat  menyenangkan jika Anda bersikap fleksibel.

Eksplor Beberapa Tempat Wisata Dalam Sehari

liburan di akhir tahun

Bukan hal yang mustahil jika Anda ingin mengeksplor tempat wisata dalam satu hari. Syaratnya, eksplor semua tempat wisata yang jaraknya saling berdekatan. Misalnya, ketika Anda berada di Bandung, berliburlah ke Taman Hutan Raya Ir. Juanda, lalu berlanjut ke Maribaya, dan akhiri dengan menjelajahi Lembang.

Liburan Singkat Saat Dinas

Jika jatah cuti sudah habis dan akhir pekan Anda sudah terisi dengan kegiatan-kegiatan lain, maka manfaatkan liburan singkat saat Anda harus dinas ke luar kota atau luar negeri. Di sini, Anda harus pandai memanfaatkan waktu. Setelah menyelesaikan pekerjaan Anda, sempatkan diri untuk berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas wilayah tersebut.

Liburan Saat Libur Panjang

long weekend

Cuti habis bukan berarti Anda kehilangan waktu untuk berlibur. Masih ada beberapa libur panjang yang akan Anda peroleh, seperti pada saat Idul Fitri atau tahun baru. Nah, Anda bisa memanfaatkan waktu libur tersebut untuk tetap dapat berwisata meskipun cuti habis.

Manfaatkan libur panjang ini untuk menjelajahi tempat-tempat baru dengan jarak yang cukup jauh. Pasalnya, Anda memiliki banyak waktu untuk menjajal berbagai tempat-tempat eksotis. Namun, perlu Anda ingat bahwa saat high season seperti Idul Fitri dan Tahun Baru biasanya biaya akomodasi dan perjalanan menjadi lebih mahal jika dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Bersabar dan Lebih Banyak Menabung

menabung

Saat cuti Anda sudah habis dan tidak ada cara lain untuk tetap berlibur, itu artinya Anda harus bersabar dan menabung lebih banyak untuk liburan mendatang. Dengan tabungan yang lebih banyak, Anda bisa berlibur ke tempat-tempat yang lebih jauh dan menyenangkan.

Untuk semetara waktu, jika Anda masih belum bisa berlibur saat cuti di kantor sudah habis, cobalah untuk berjalan-jalan dan refreshing di dalam kota. Ada banyak cara untuk refreshing selain berlibur, misalnya saja dengan melakukan hobi yang disukai, berjalan-jalan di dalam kota, atau melakukan spa dan massage agar tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks.

Itu tadi adalah tips liburan pas cuti habis dari Keluyuran. Tips di atas sangat cocok bagi Anda yang kehabisan cuti saat ingin liburan di akhir tahun. Akan tetapi jika Anda benar-benar tidak bisa berlibur dengan cara apa pun, itu tandanya Anda harus mulai menabung.

Sebaiknya Anda tak perlu berkecil hati, karena Anda bisa menabung dan mengumpulkan uang untuk berlibur di lain waktu. Liburan yang sudah direncanakan dari jauh-jauh hari akan terasa lebih santai dan menyenangkan. Pastikan Anda benar-benar rileks saat melakukan liburan, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram