Keluyuran / Tips Liburan / 10 Tips Liburan Pas Dolar Tinggi untuk Pergi Ke Luar Negeri

10 Tips Liburan Pas Dolar Tinggi untuk Pergi Ke Luar Negeri

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Juni 2019

Liburan adalah cara yang efektif untuk mengurangi stres dan melepas penat setelah bekerja setiap hari. Pasalnya, suasana baru yang menyenangkan tentu akan membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih segar. Ditambah lagi jika Anda berlibur dengan partner yang cocok dengan Anda, tentu saja perjalanan liburan Anda akan menjadi dua kali lebih menyenangkan.

Namun, bagaimana jika saat Anda memiliki waktu untuk berlibur tapi ternyata kurs dolar sedang tinggi? Tak perlu menunggu dolar turun untuk bisa berlibur. Keluyuran akan berbagi tips liburan pas dolar tinggi. Dengan tips ini Anda tetap bisa berpelesir tanpa perlu mengeluarkan dana ekstra.

Cari Negara yang Nilai Tukar Uangnya Turun

Salah satu tips liburan pas dolar tinggi adalah mencari negara yang nilai tukar mata uangnya juga mengalami penurunan. Pasalnya, pada saat harga dolar tinggi bukan hanya Indonesia saja yang nilai tukarnya menurun, tetapi ada pula beberapa negara lain yang nilai tukarnya juga sedang mengalami penurunan.

Untuk mencari negara yang nilai tukar mata uangnya sedang turun Anda bisa mencari informasinya di internet. Pada umumnya, negara yang mata uangnya melemah saat dolar naik berada di kawasan Asia atau Afrika.

Pilih Negara yang Mata Uangnya Lebih Rendah dari Indonesia

Belarus Pilih Negara yang Mata Uangnya Lebih Rendah dari Indonesia

Tenang saja, masih ada beberapa negara yang mata uangnya lebih rendah dari Indonesia. Negara tersebut bisa Anda jadikan sebagai destinasi wisata kali ini. Walaupun negara ini bukan negara populer yang dikunjungi oleh wisatawan, tapi bukan berarti negara ini tidak memiliki tempat wisata yang menarik, lho.

Beberapa negara yang mata uangnya memiliki nilai tukar lebih rendah dari Indonesia adalah Vietnam, Belarus, Zimbabwe, dan Laos. Vietnam terkenal dengan wisata pantainya yang tak kalah dengan pantai-pantai di Thailand, sedangkan Belarus adalah negara di Eropa Timur yang berbatasan dengan Polandia dan terkenal dengan bangunan kastil tuanya.

Kunjungi Negara dengan Biaya Hidup Murah

Thailand Kunjungi Negara dengan Biaya Hidup Murah Tips Liburan Pas Dolar Tinggi

Dolar tinggi tidak menjadi alasan untuk tidak berlibur ke luar negeri. Untuk menyiasati hal ini Anda bisa mengunjungi negara dengan biaya hidup yang murah. Amerika dan Jepang sudah pasti tidak masuk ke dalam daftar negara berbiaya hidup murah.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih negara lain saja. Bacaterus merekomendasikan beberapa negara di Asia Tenggara yang juga merupakan negara tetangga bagi Indonesia. Negara seperti Thailand, Laos, Myanmar, dan Malaysia adalah negara tetangga yang biaya hidupnya terbilang murah. Jadi, Anda bisa merencanakan liburan ke negara di Asia Tenggara tersebut jika ingin berhemat.

Berlibur Ke Negara yang Ditinggali Kerabat

Berlibur Ke Negara yang Ditinggali Kerabat

Punya keluarga atau teman yang tinggal di luar negeri? Jadikan ini sebagai alternatif berlibur Anda. Pasalnya, Anda bisa tinggal di tempat mereka untuk menekan biaya pengeluaran. Namun, Anda harus mempertimbangkan segala hal terlebih dahulu sebelum berlibur ke negara tempat kerabat Anda tinggal.

Tanyakan terlebih dahulu kepada kerabat Anda apakah mereka keberatan jika Anda stay di rumahnya. Jika sambutan mereka sangat bersahabat, maka Anda bisa mempertimbangkan ide yang satu ini. Selain lebih hemat, kerabat Anda juga bisa memandu Anda untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang murah meriah di negaranya.

Hunting Tiket Pesawat Murah

Untuk menekan biaya liburan saat harga dolar sedang tinggi sebaiknya Anda mulai mencari tiket pesawat murah dari sekarang. Ini adalah bagian penting dari tips liburan pas dolar tinggi. Pasalnya, tiket pesawat yang dibeli saat jauh-jauh hari umumnya jauh lebih murah dibanding tiket yang dibeli beberapa hari sebelumnya.

Pilih tiket dari maskapai penerbangan low cost carrier karena jika Anda memilih maskapai full service biaya tiketnya 2-3 kali lipat lebih mahal. Usahakan untuk memilih pesawat yang memberikan bagasi gratis untuk para penumpangnya. Nah, di sini Anda juga perlu membawa barang secukupnya agar bagasi Anda tidak overload.

Pesan Hotel yang Murah Meriah

Bila Anda tidak memiliki kerabat di negara yang Anda kunjungi, maka ini saatnya Anda untuk mulai mencari hotel yang murah meriah. Pilihlah hotel berbintang 1-2 atau guest house untuk menghemat biaya. Anda juga bisa memilih penginapan yang letaknya strategis dekat dengan tempat wisata agar Anda bisa menghemat biaya transportasi.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan hotel yang murah di luar negeri? Gunakan situs booking hotel yang banyak tersedia di Indonesia. Beberapa situs tersebut biasanya akan memberikan promo penawaran harga yang menarik.

Bawa Perbekalan dari Indonesia

Bawa Perbekalan dari Indonesia

Khawatir harga barang di negara yang Anda kunjungi akan sangat mahal saat dolar naik? Bawalah perbekalan dari Indonesia. Dengan begitu Anda tidak perlu memberi barang-barang keperluan pribadi lagi saat berlibur.

Barang-barang yang wajib Anda bawa adalah obat-obatan, perlengkapan mandi, dan makanan. Mengapa harus membawa makanan? Hal ini untuk mencegah Anda jajan saat berlibur karena Anda harus lebih berhemat. Bawalah mie instant dalam kemasan, biskuit, dan makanan kemasan lainnya untuk menghemat pengeluaran saat berlibur.

Mengurangi Kegiatan Belanja

Mengurangi Kegiatan Belanja

Saat berlibur ke luar negeri tentu saja kita ingin melakukan wisata belanja dan membeli barang-barang yang tidak bisa kita temukan di tanah air. Akan tetapi, kurangi kegiatan belanja jika Anda berlibur saat dolar tinggi.

Nah, tips liburan pas dolar tinggi ini menghimbau Anda untuk tidak terlalu banyak membuat pengeluaran pada saat berlibur di luar negeri. Anda harus menahan diri sendiri jika ingin berhemat. Cukup lakukan kegiatan window shopping saja jika tidak ingin membuat pengeluaran ekstra.

Liburan Di Dalam Negeri

Liburan Di Dalam Negeri

Sebenarnya Anda tak perlu repot-repot mencari tempat berlibur di luar negeri. Karena di Indonesia Anda bisa menjumpai beragam tempat wisata yang tak kalah menarik. Selain lebih dekat, berlibur di dalam negeri sendiri juga cenderung lebih hemat jika Anda berlibur ala backpacker.

Apabila ingin mengunjungi pantai, Anda bisa berkunjung ke Bali, Lombok, atau Karimun Jawa. Akan tetapi, jika ingin berkunjung ke tempat yang sarat akan seni dan budaya, Anda dapat mengunjungi Yogyakarta, Solo, atau Tana Toraja.

Menabung Dulu

Menabung Dulu

Jangan memaksakan kehendak jika uang Anda tidak cukup untuk berlibur pas dolar tinggi. Sebaiknya Anda menabung saja terlebih dahulu untuk pergi ke luar negeri di waktu yang akan datang.

Jika tetap ingin berlibur maka berkunjunglah ke tempat-tempat wisata yang dekat dengan tempat tinggal Anda. Berliburlah dengan orang-orang terdekat agar perjalanan liburan kali ini terasa menyenangkan walaupun Anda tidak sedang berada di luar negeri.

Jadi, itulah 10 tips liburan pas dolar tinggi. Apabila budget Anda cukup untuk berlibur ke luar negeri, maka pilih negara-negara yang kami sarankan di atas. Namun, jika budget masih tidak cukup untuk berlibur di luar negeri sebaiknya berliburlah di dalam negeri saja.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar