Keluyuran / Tips Wisata Jepang / Ini Dia 8 Tips Membeli Tiket Pesawat Murah ke Jepang

Ini Dia 8 Tips Membeli Tiket Pesawat Murah ke Jepang

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Juni 2019

Jepang kan biaya akomodasinya mahal! Harga tiket pesawatnya pun mahal…

Pernah punya pikiran seperti ini nggak? Mungkin sebagian besar orang awam pernah berpikiran seperti ini. Sebagai negara berkembang yang memiliki biaya hidup tinggi, Jepang sering diklaim sebagai negara yang serba mahal. Alhasil, sebagian orang pasti takut untuk menjadikan negara tersebut sebagai destinasi liburan.

Perlu kamu ketahui, Jepang tidak “semahal” yang kamu pikirkan kok. Beberapa waktu lalu Keluyuran pernah berbagi informasi di artikel tips liburan ke Jepang ala backpacker. Dalam artikel tersebut kamu bisa liburan lebih hemat di negeri sakura ini.

Untuk membuat liburanmu jadi semakin hemat, Keluyuran juga akan berbagi tips membeli tiket pesawat Jepang yang murah meriah. Wah, memang bisa? Bisa, dong! Simak informasinya di bawah ini, ya.

1. Tentukan Musim Liburan

Jepang merupakan negara yang memiliki 4 musim, di mana setiap musim akan berlangsung selama 3 bulan setiap tahunnya. Di negara ini, kamu dapat menikmati keindahan bunga sakura yang sedang bermekaran atau bermain di salju.

Nah, agar liburanmu terasa semakin menyenangkan, cobalah tentukan musim yang ingin kamu lihat kala berada di Jepang. Mari kenali tanggal pembagian musim-musim di Jepang:

  • Musim Semi
Musim Semi Jepang

* sumber: ichibandaily.com

Tanggal awal musim di Jepang selalu berganti-ganti setiap tahunnya. Akan tetapi, musim semi (Spring 春 Haru) rata-rata dimulai tanggal 21 Maret –  21 Juni. Musim semi memiliki udara yang dingin meskipun tak sedingin musim salju. Jika kamu berkunjung kemari pada musim semi, kamu bisa menikmati keindahan bunga sakura yang sedang bermekaran.

  • Musim Panas
Musim Panas

* sumber: kusuyama.jp

Setelah musim semi berakhir, tiba saatnya kamu memasuki musim panas (Summer 夏 Natsu) yang belrangsung selama 21 Juni – 23 September. Udara di musim panas Jepang memang terasa “Indonesia banget!” meskipun tak sepanas di tanah air.

Ini adalah waktu yang tepat untuk berkunjung ke theme park sejenis Tokyo Disney Land, Tokyo Disney Sea, dan Universal Studio Japan. Bahkan, ada berbagai macam perayaan dan pesta kembang api saat musim panas.

  • Musim Gugur
Musim Gugur

* sumber: www.thesenior.com.au

Tanggal 23 September – 21 Desember adalah musim gugur (Autum 秋 Aki) di Jepang. Pada musim ini, kamu akan menyaksikan pohon-pohon yang daunnya berubah warna jadi merah atau orange. Kuil-kuil terkenal di Jepang semakin ramai dikunjungi pada musim gugur. Udara di musim gugur juga lebih sejuk.

  • Musim Salju
Musim Salju

* sumber: www.insidejapantours.com

Musim salju (Winter 冬 Fuyu) menjadi salah satu high season, puncak di mana wisatawan dari berbagai negara datang berkunjung ke negara ini. Musim yang berlangsung tanggal 21 Desember – 21 Maret ini menghasilkan suhu di bawah 0 derajat. Kamu dapat menikmati keindahan salju Shirakawago atau berkunjung ke Festival Saju Sapporo.

2. Pilih Kunjungan pada Off Season

Pilih Kunjungan pada Off Season

* sumber: asia.nikkei.com

Nah, sudah tahu kapan tanggal musim-musim di Jepang berlangsung, kan? Dapat disimpulkan bahwa musim semi dan musim salju merupakan high season, di mana wisatawan pasti ingin menikmati keindahan bunga sakura yang mekar dan bermain salju.

Kalau kamu ingin mendapatkan tiket pesawat dengan harga yang lebih murah, hindari wisata saat peak season dan pilih off season saja. Off season terjadi ketika musim panas di Jepang. Liburan ke Jepang pada musim panas juga menyenangkan kok. Kamu jadi bisa berjalan-jalan ke mana saja dengan pakaian santai. Barang bawaan juga jadi lebih ringan karena kamu tidak perlu membawa baju-baju hangat.

3. Beli Tiket Jauh Hari

Beli Tiket Jauh Hari

* sumber: thepointsguy.com

Tips yang satu ini sudah terbukti jitu. Sudah banyak orang yang mencoba tips membeli tiket pesawat dari jauh hari sebelum keberangkatan. Gunakan tips ini ketika kamu ingin berlibur ke Jepang. Waktu ideal untuk membeli tiket jauh-jauh hari adalah 6 – 12 bulan sebelum keberangkatan.

Jadi, apabila kamu punya rencana untuk liburan ke Jepang tahun depan, sebaiknya mulailah hunting tiket pesawat sejak saat ini. Pastikan kamu dan rombonganmu benar-benar free di tanggal keberangkatan yang sudah ditentukan agar tiket yang sudah dibeli tidak sia-sia.

4. Berburu Promo Tiket Pesawat

Berburu Promo Tiket Pesawat

* sumber: upgradedpoints.com

Bagi kamu yang benar-benar fix ingin berlibur ke Jepang, sebaiknya kamu harus selalu mencari informasi mengenai promo tiket pesawat murah sejak saat ini. Pasalnya, baik maskapai penerbangan atau jasa tur travel bisa memberikan promo secara tiba-tiba.

Di mana kamu bisa mendapatkan tiket pesawat ke Jepang secara promo? Mulailah membuka official website setiap maskapai penerbangan dalam dan luar negeri. Kemudian, cari juga di media sosial maskapai penerbangan, bank, atau jasa tur dan travel.

Ketika sudah mendapat tiket pesawat yang paling murah, segeralah melakukan pembayaran agar tidak kehabisan. Namun, kamu harus tetap waspada dalam memilih tur dan travel (kalau kamu dapat promo di jasa tur travel). Pasalnya, ada juga beberapa akun media sosial jasa tur dan travel abal-abal yang tak segan melakukan tindak penipuan.

5. Kunjungi Travel Fair

Kunjungi Travel Fair

* sumber: www.thejakartapost.com

Salah satu cara termudah mendapatkan tiket pesawat ke Jepang adalah mengunjungi travel fair. Hampir setiap bulan selalu diadakan travel fair di kota-kota besar, baik dari pihak maskapai penerbangan, tur dan travel, maupun bank.

Apabila kamu mengetahui informasi mengenai travel fair, jangan ragu untuk segera berkunjung ke sana. Travel fair adalah acara yang sangat diminati oleh para traveler yang berburu diskon. Jadi, kalau kamu tak ingin kehabisan tiket pesawat ke Jepang, kamu harus meluangkan waktu untuk turut mengantre di travel fair.

6. Tiket Pesawat Direct atau Transit, Mana yang Lebih Murah?

Tiket Pesawat Direct atau Transit

* sumber: www.bustle.com

Sebelum membeli tiket pesawat, cermati dulu jenis tiket dan penerbangan yang akan kamu pilih. Ada tiga jenis penerbangan, yakni direct, nonstop, dan transit. Lantas, apa yang membedakan ketiganya?

  • Penerbangan nonstop artinya adalah penerbangan tanpa henti langsung ke bandara tujuan.
  • Penerbangan direct mungkin berhenti di bandara untuk mengisi avtur tapi tidak ada pergantian nomor penerbangan alias kamu masih berada di pesawat yang sama.
  • Transit adalah pesawat yang kamu tumpangi akan berhenti di sebuah bandara untuk berpindah pesawat. Otomatis kamu harus kembali memindahkan barangmu saat transit.

Berbicara mengenai harga, penerbangan dengan tiket transit dibanderol dengan harga yang lebih murah. Kelebihan transit adalah harga tiketnya murah dan kamu punya waktu untuk sedikit berjalan-jalan di bandara atau di sekitar bandara tempat pesawatmu transit. Namun, kalau transit-nya seharian, mau tak mau kamu haru mencari penginapan untuk beristirahat.

Sementara jika kamu membeli tiket direct, harganya mungkin lebih mahal. Akan tetapi, pesawat hanya berhenti sejenak di bandara untuk aftur. Dengan penerbangan direct kamu tidak perlu pindah pesawat atau memindahkan barang-barang bawaan.

7. Sesuaikan dengan Bandara Tujuan

Sesuaikan dengan Bandara Tujuan

* sumber: www.ycat.co.jp

Jepang adalah negara besar yang memiliki sejumlah bandara. Jadi, saat masih di Indonesia sebaiknya tentukan kota yang ingin kamu kunjungi saat berada di Jepang. Misalnya, kalau ingin berjalan-jalan di Osaka, kamu bisa memilih pesawat yang menerbangkanmu ke bandara di Osaka karena harga tiketnya lebih murah.

Sesuaikan saja tiket pesawat dengan destinasi wisatamu di Jepang nanti. Jangan sampai kamu memilih bandar udara yang ternyata sangat jauh dari lokasi wisata yang sudah kamu tentukan tadi.

8. Langsung Beli Tiket Pulang Pergi

Langsung Beli Tiket Pulang Pergi

* sumber: blueswandaily.com

Cara terakhir yang paling efektif untuk mendapatkan tiket pesawat Jepang yang murah adalah langsung membeli tiket untuk berangkat dan pulang. Pastikan kamu sudah memprosesnya sejak jauh-jauh hari. Dengan begitu, kamu pasti sudah akan mendapatkan tiket pesawat murah sesuai dengan tanggal keberangkatan dan kepulangan.

Bukti pembelian tiket pesawat pulang-pergi juga diperlukan untuk mengurus visa Jepang, baik e-paspor maupun paspor biasa. Jadi, tak ada salahnya kamu membeli tiket pesawat ke Jepang untuk berangkat dan pulang karena selain lebih murah, bukti pembeliannya juga diperlukan untuk melancarkan pengajuan visa.

Masih ragu tidak mendapat tiket pesawat ke Jepang dengan harga bersahabat? Yuk, coba dulu berbagai tips di atas ini agar kamu bisa berlibur ke Jepang dengan biaya tiket pesawat yang tidak menguras isi dompet.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar