Inilah 9 Tips Membeli Tiket Pesawat Murah ke Singapura

Ditulis oleh Imma

Ingin berlibur ke Singapura tapi punya budget terbatas? Bisa, kok! Budget terbesar dalam rencana liburan ke luar negeri biasanya terdiri dari tiket pesawat, penginapan, transportasi, dan juga biaya makan. Nah, untuk menyiasati biaya liburan di Singapura yang katanya mahal, kamu bisa sedikit berhemat dengan berburu tiket pesawat promo.

Mencari tiket murah ke Singapura memang susah-susah gampang. Namun asalkan kamu tahu tips dan triknya, tiket murah ke Singapura tentu bisa kamu dapatkan. Penasaran bagaimana tipsnya? Berikut informasi selengkapnya.

1. Booking Tiket dari Jauh Hari

calendar

* sumber: unsplash.com

Tips yang pertama ini memang sudah bukan rahasia lagi. Promo tiket super murah memang biasanya dijual untuk keberangkatan dari jauh-jauh hari, kurang lebih dari 6 bulan sebelum DOT (date of travel). Harga yang ditawarkan juga cukup ramah di kantong.

Kisaran harga tiket promo ke Singapura adalah sekitar Rp1 juta untuk satu kali trip pulang pergi. Apabila kamu menemukan harga lebih murah dari kisaran tersebut maka itu sudah benar-benar murah. Namun perlu diingat bahwa tiket promo memiliki ketentuan yang cukup strict yaitu tidak bisa di-reschedule atau di-refund. Sekalipun bisa, penambahan biayanya akan sama bahkan lebih besar dari pada harga tiket yang kamu beli sebelumnya.

Jadi, sebaiknya pastikan waktu yang kamu pilih tidak berbenturan dengan jadwal penting lainnya sehingga memungkinkan untuk berangkat. Meskipun promo tetap sayang bukan jika sampai tidak terpakai?

2. Booking Tiket Pada Malam Hari

Best time booking flight ticket

* sumber: www.tripsavvy.com

Usut punya usut, konon katanya booking tiket pesawat di atas jam 11 malam hari akan lebih berpeluang mendapatkan harga promo. Kok bisa? Menurut beberapa informasi yang beredar, pukul 11 malam adalah waktunya bagi maskapai untuk membatalkan reservasi yang belum dibayar dan sudah melewati time limit alias expired, sehingga bookingan tersebut tercancel secara otomatis. Di saat inilah kamu berkesempatan lebih besar mendapatkan harga murah.

3. Pilih Kota Keberangkatan

Departure

* sumber: id.pinterest.com

Flight tujuan ke Singapura dari Indonesia bisa diakses melalui beberapa bandara besar di beberapa kota seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan Denpasar. Pilihlah kota keberangkatan dengan jarak terdekat dari domisili kamu tinggal atau pilihlah flight dengan harga termurah jika ada beberapa opsi kota keberangkatan, seperti halnya Bandung (BDO) dan Jakarta (CGK).

Namun, jangan lupa untuk tetap memperhitungkan budget untuk transportasi dan efisiensi waktu dalam menentukan kota keberangkatan. Jika perbedaannya cukup signifikan, tentu patut dipertimbangkan. Akan tetapi, jika hanya selisih 100 sampai 200 ribu saja sebaiknya pilihlah kota keberangkatan yang terdekat saja. Selain jatuhnya sama saja, kamu tentu memerlukan waktu lebih lama di perjalanan menuju bandara.

4. Berangkat Pada Low Season

Off-Season-Travel

* sumber: www.familyfuncanada.com

Kapan sih low season untuk berlibur ke Singapura? Sebenarnya Singapura termasuk destinasi wisata yang selalu ramai sepanjang tahun. Iklim dan cuaca di Singapura yang cukup stabil dan mirip dengan Indonesia memang menjadi salah satu faktor mengapa negara ini aman dan nyaman dikunjungi di bulan apapun. Lalu kapan low season-nya?

Biasanya harga tiket ke Singapura sudah pasti akan mahal ketika libur nasional atau hari merah, libur anak sekolah, dan libur panjang akhir tahun, terhitung sejak satu pekan sebelum hari natal, dan satu pekan setelah tahun baru. Selebihnya, di bulan lainnya harga tiket ke Singapura bahkan destinasi lainnya terpantau stabil, dan tiket promo sudah bertebaran.


Maka dari itu, kesampingkan dulu bulan desember dalam pencarian jadwal penerbanganmu. Tapi jika kamu memang penasaran, tidak ada salahnya dicoba. Siapa tahu kamu beruntung mendapatkan tiket promo di waktu high season?

5. Hindari Weekend

booking tiket weekdays

* sumber: www.nytimes.com

Bukan hanya untuk rute internasional, harga tiket pesawat domestik juga akan melambung begitu jatuh pada akhir pekan. Harga termahal keberangkatan kebanyakan adalah saat hari jumat, dimana kamu bisa menyambungkan cuti dengan libur sabtu minggu. Untuk itu pilihlah keberangkatan pada hari kerja biasa seperti rabu, kamis, atau malah sabtu karena tiket di hari sabtu biasanya memang dijual lebih murah dari pada hari jumat.

6. Gunakan Beberapa Aplikasi Penjualan tiket

booking tiket

* sumber: blog.pergi.com

Sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi pencarian tiket yang bisa dengan mudah kamu unduh di smartphone. Bahkan ada juga aplikasi pembanding harga tiket yang memungkinkan kamu untuk melihat selisih harga tiket di beberapa situs penjualan yang berbeda.

Mengapa harus mencari di beberapa aplikasi atau situs penjualan berbeda? Karena biasanya setiap situs memiliki promo tersendiri dalam rangka tertentu.

7. Ikuti Promosi di Sosial Media

Social media icons applications

* sumber: blueswandaily.com

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram