Keluyuran / Malaysia / Tips dan Trik Nonton Moto GP di Sepang ala Backpacker

Tips dan Trik Nonton Moto GP di Sepang ala Backpacker

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 November 2019

Penggemar motoGP mana suaranya? Menonton gelaran motoGP setiap tahunnya memang seru dan sayang untuk dilewatkan. Apalagi bagi kamu yang sudah memiliki rider dan tim favorit, pastinya pernah memimpikan untuk menyaksikan ajang balap motor ini secara langsung dan berada di barisan penonton di sirkuit.

Khususnya bagi kamu warga negara Indonesia, tentunya sirkuit terdekat dan yang paling mudah dijangkau adalah Sepang, Malaysia. Jangan hanya bermimpi, karena ternyata menonton motoGP secara langsung di Sepang itu mudah, lho. Alih-alih menggunakan jasa travel agent yang katanya menyediakan paket all in hemat, kamu juga bisa kok berangkat mandiri ala backpacker.

Selain lebih murah, tentunya kamu bisa lebih fleksibel dan bebas ketika menghabiskan waktu selama berada di Malaysia tanpa harus mengikuti rombongan tur. Nah, bagi kamu yang baru pertama kali ingin mencoba nonton motoGP ala backpacker, berikut tips dan trik yang bisa kamu coba agar trip perjalananmu on budget namun tetap menyenangkan.

1. Beli Tiket Pesawat Promo

boarding pass

Setiap tahunnya, jadwal pergelaran motoGP di setiap negara biasanya sudah ditetapkan dan diumumkan sejak awal musim. Dan Sepang, Malaysia biasanya mendapat giliran di akhir tahun sekitar di minggu-minggu akhir bulan Oktober atau di minggu awal bulan November.

Jadwal di akhir tahun ini memberikan keuntungan tersendiri bagi kamu kaum backpacker, karena kamu memiliki cukup waktu untuk berburu tiket murah yang biasanya bisa dibooking dari jauh-jauh hari. Untuk jadwal lengkapnya kamu bisa cek di website sepangcircuit.com.

Setelah mendapatkan tanggal pasti dari jadwal tersebut, mulailah perburuanmu mendapatkan tiket promo tujuan Kuala Lumpur. Bingung bagaimana caranya? Simak artikel Tips Membeli Tiket Pesawat Promo ke Malaysia ala Keluyuran.

2. Siapkan Penginapan

Ibis Budget Tendean penginapan murah di Semarang

 

Setelah tiket pesawat sudah di tangan, saatnya mencari penginapan untuk bermalam. Untuk para backpacker tidak perlu khawatir, karena di Kuala Lumpur terdapat banyak hostel maupun hotel murah dengan fasilitas yang cukup nyaman dan memadai.

Kisaran harganya mulai dari Rp 150 ribu sampai Rp 300 ribuan tergantung fasilitas yang ditawarkan. Apalagi jika kamu berangkat bersama teman, kamu bisa sharing cost dengan menginap di hotel yang sama agar lebih hemat.

Lokasi yang disarankan adalah di sekitaran Bukit Bintang ataupun KL Sentral. Pertimbangannya apa? Daerah bukit bintang dikenal sebagai daerah yang banyak terdapat penginapan murah dan juga pusat keramaian kota.

Kuliner, tempat belanja, dan transportasi semuanya dapat dengan mudah kamu akses dari Bukit Bintang ini. Apalagi jika berdekatan dengan jadwal nonton di Sepang, biasanya banyak sekali penjual merchandise seperti baju, topi, dan pernak-pernik lain motoGP.

3. Tiket Nonton Early Bird

Tiket Moto GP Sepang

Tiket pesawat dan penginapan selesai, waktunya untuk membeli tiket nonton race motoGP. Tiket nonton ini dijual secara online maupun offline. Cara belinya pun cukup mudah. Kamu bisa melakukan pembelian online melalui situs resminya di sepangcircuit.com atau di travel agen dan jasa tur terpercaya terdekat di daerahmu.

Harga yang ditawarkan bervariasi tergantung pada posisi tempat duduk, mulai dari yang paling promo sampai dengan yang harganya cukup merogoh kocek. Untuk mendapatkan harga yang lebih ekonomis, belilah tiket pada saat early birds atau pada masa awal penjualan tiket. Promo early birds ini biasanya mulai dibuka sejak diumumkannya jadwal race resmi yang berkisar di antara bulan januari hingga bulan maret.

Perbedaan harganya pun bisa dibilang cukup signifikan. Sebut saja untuk tiket main grand stand yang jika harga normal adalah sekitar 1 juta rupiah, hanya dijual sekitar 800 ribuan saja pada saat promo early birds. Oh iya, tiket ini juga berlaku selama 3 hari yaitu mulai dari jumat dan sabtu untuk seri kualifikasi dan minggu untuk race sesungguhnya.

Sedikit tips dan informasi untuk kamu dalam memilih tempat duduk saat nonton, belilah tiket di posisi yang nyaman dan fleksibel seperti contohnya tiket main grand stand.

Meskipun ala backpacker, namun ingatlah bahwa kamu berangkat sebagai fans motoGP, sehingga bukan hanya soal budget yang kamu pikirkan, namun kenyamanan dan posisi nonton tetap harus kamu pertimbangkan. Sedikit berkorban demi rider kesayangan, tentu tidak masalah bukan?

4. Transportasi

Rapid KL

Transportasi paling cepat dan cukup ekonomis bagi para backpacker adalah shuttle bus rapid KL dengan rute KL Sentral – Sepang – KL Sentral. Untuk rute bolak balik kamu hanya perlu membayar senilai 30 RM, dan 18 RM untuk satu kali jalan.

Selama event motoGP ini berlangsung, shuttle ini sudah standby di KL Sentral sejak pagi, dan akan langsung berangkat jika tempat duduk sudah terisi penuh. Kemudian dilanjut dengan antrian bus selanjutnya.

Waktu tempuh dari KL Sentral menuju Sepang kurang lebih adalah 1 jam, dan bisa lebih jika kamu terjebak macet karena berangkat pada jam-jam ramai. Setelah sampai di Sepang, bus akan berhenti di pelataran parkir dan kamu bisa menaiki shuttle gratis menuju main gate sirkuit, ataupun bisa diakses dengan berjalan kaki kurang lebih sejauh 1 kilometer.

Untuk rute pulang, kamu hanya perlu kembali ke tempat semula, yaitu pelataran parkir dimana bus rapid KL banyak berjajar. Ketika pulang antrian bus menuju KL Sentral ini akan padat antrian. Jadi harap bersabar, ya!

5. Datang Lebih Pagi

malaysia

Kemacetan tentunya sudah jadi hal yang biasa jika sedang diadakan event-event besar sekelas motoGP. Mengingat transportasi untuk mencapai lokasi sirkuit adalah kendaraan bermotor seperti motor, mobil, taksi dan bus, tentu bisa kamu bayangkan berapa jumlah kendaraan yang memenuhi jalan raya menuju sirkuit Sepang.

Untuk menghindari kemacetan tersebut, maka datanglah lebih pagi, bahkan paling pagi. Datang lebih pagi juga akan memberikan kamu keuntungan karena kamu tentu memiliki lebih banyak waktu untuk berjalan-jalan dan puas berfoto.

Karena sebelum memasuki kawasan sirkuit, kamu akan dimanjakan dengan banyaknya stand-stand yang memamerkan motor-motor sport keluaran pabrikan ternama, dan banyak yang menjual merchandise Sepang dan berbagai aksesoris motor dari berbagai merk seperti helm, kaos, sarung tangan, dan masih banyak lagi.

6. Sarapan Pagi

Sarapan Pagi Jadwal Makan untuk Menambah Berat Badan

Karena jadwal nonton dimulai sejak pagi hingga sore hari maka jangan lupa juga untuk sempatkan sarapan pagi ya! Setelah memasuki area sirkuit, kamu tidak diperkenankan membawa makanan dan minuman dari luar sehingga mau tidak mau harus membeli di counter makanan di dalam. Harganya? Kurang lebih 3 kali lipat dibandingkan harga pada umumnya. Namun setelah race selesai, makanan ini diobral habis-habisan.

7. Bawa Ear Plug atau Earphone

Earplug

Sudah siap nonton race untuk pertama kali? Siapkan dulu ear plug atau earphone untuk melindungi telinga kamu dari suara bising knalpot motor. Apalagi jika kamu tiba di sana dalam kondisi penonton yang masih sepi, maka suara tersebut akan terasa lebih menusuk ke telinga. Bayangkan selama rangkaian acara race, mulai dari moto 3, moto 2, hingga motoGP tentunya telinga kamu belum terbiasa.

Sebaiknya siapkan pelindung telinga baik earplug maupun earphone sejak dari tanah air. Selain harganya lebih murah, kamu tidak perlu pusing lagi mencari tempat menjual earplug saat di Sepang.

8. Sedia Payung dan Jas Hujan

payung lipat

* sumber: www.clubfactory.com

Cuaca di Kuala Lumpur sebenarnya kurang lebih sama dengan di Indonesia. Dan di kisaran bulan Oktober-November biasanya hujan masih sering terjadi. Untuk itu ada baiknya kamu menyiapkan payung dan jas hujan sekali pakai untuk jaga-jaga. Terlebih untuk payung, akan sangat berguna karena jika tidak hujan, cuaca di Sepang terbilang sangat terik sehingga akan terasa lebih adem dengan adanya payung.

9. Topi dan Kacamata Hitam

Topi dan kacamata hitam moto gp

Jika cuaca tidak hujan, maka kamu akan menemukan cuaca yang panas dan terik matahari yang cukup membuat mata silau. Untuk itu, antisipasi terbaik adalah gunakan topi dan kacamata hitam agar kamu tetap nyaman ketika berada di Sepang sirkuit. Selain itu, tentunya dapat menambah tampilan kamu menjadi lebih bergaya.

Itulah tips dan trik yang bisa kamu terapkan untuk nonton motoGP ala backpacker. Lebih baik lagi jika kamu memiliki lebih banyak waktu untuk sekalian berjalan-jalan mengunjungi tempat wisata di Malaysia lainnya.

Namun perlu diingat, menambah waktu perjalanan berarti menambah persiapan. Simak artikel 9 Item yang Harus Dibawa Saat Liburan ke Malaysia sebagai referensi. Semoga bermanfaat dan selamat nonton rider kesayanganmu berlaga!

Oh iya, Anda juga perlu baca beberapa artikel mengenai tips liburan di Malaysia, seperti Item Wajib yang Harus Dibawa saat ke Malaysia dan Transportasi di Malaysia ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *