Keluyuran / Agar Travelling Aman dan Nyaman, Pastikan Kita Menerapkan Tips Berikut Ini

Agar Travelling Aman dan Nyaman, Pastikan Kita Menerapkan Tips Berikut Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Oktober 2019

Saat kita sedang merencanakan kegiatan travelling, jangan hanya memikirkan akomodasi serta tujuan wisatanya saja. Kita juga harus memikirkan kesehatan sebagai prioritas nomor satu. Jangan sampai kesempatan untuk bersenang-senang saat travelling kita malah terkena sakit. Atau bahkan penyakit bisa datang saat kita selesai jalan-jalan, banyak pekerjaan yang tentunya akan terbengkalai.

Maka penting bagi kita untuk tetap menjaga kesehatan walau sedang travelling. Nah berikut adalah tips yang bisa kita gunakan agar selalu sehat saat travelling.

1. Selalu Mencuci Tangan Menggunakan Sabun

Selalu mencuci tangan menggunakan sabun (Copy) Mencuci tangan dengan menggunakan sabun adalah hal yang terpenting untuk dilakukan. Selain mudah, kita juga bisa menjaga tangan tetap bersih dan bebas dari bakteri penyebab penyakit. Saat travelling kita mungkin menyentuh banyak benda, oleh karena itu selalu mencuci tangan setelah melakukan berbagai kegiatan.

Terlebih sebelum makan atau minum, mencuci tangan wajib untuk dilakukan. Hal ini untuk mencegah bakteri masuk ke dalam tubuh melalui mulut. Kita juga bisa mencoba mencuci tangan dengan menggunakan antiseptik sebagai alternatif jika selama perjalanan tidak menemukan tempat untuk mencuci tangan.

2. Membawa Vitamin

Membawa vitamin (Copy)

Saat travelling, membawa vitamin dan rutin meminumnya bisa menjadi cara yang paling efektif untuk mencegah sakit. Kegiatan travelling akan sangat padat dan menguras tenaga, terlebih bagi yang tidak terbiasa, membawa vitamin menjadi sebuah kewajiban. Dengan mengonsumsi vitamin secara rutin daya tahan tubuh kita akan meningkat dan terbebas dari berbagai gangguan penyakit.

Vitamin bisa didapatkan secara alami dari sumber makanan seperti buah atau sayuran. Namun akan lebih praktis jika kita membawa suplemen vitamin yang berasal dari saran dokter sebelum berangkat.

3. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup (Copy)

Meski kita bersenang-senang saat travelling, jangan melupakan istirahat juga. Kita harus tetap menjaga kebugaran tubuh dengan tidur yang cukup, sehingga saat pulang nanti jadwal tidur tidak kacau. Beberapa hal yang bisa mengganggu jadwal tidur seperti perjalanan yang panjang, tempat menginap yang tidak nyaman, atau kegiatan yang terlalu banyak.

Tapi pastikan kita tetap tidur dengan cukup jika memiliki kesempatan. Jangan sampai jam tidur menjadi berkurang dari biasanya, karena hal ini akan sangat mengganggu kesehatan kita.

4. Tidak Sembarangan Makan dan Minum

Tidak sembarangan makan dan minum (Copy)

Mengunjungi suatu wilayah tentu tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas daerah tersebut. Karena banyak makanan yang lezat hanya ditemukan di beberapa tempat. Namun, kita harus tetap selektif dan hati-hati walau banyak godaan dari berbagai makanan.

Jangan memakan makanan dengan kandungan lemak yang berlebih atau minum minuman dengan gula yang banyak. Kita harus tetap memilih makanan yang sehat dan seimbang serta disesuaikan dengan kondisi tubuh kita. Bisa juga menanyakan bahan-bahan dari makanan tersebut untuk berjaga-jaga jika kita memiliki alergi terhadap makanan tertentu.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih yang cukup (Copy)

Membawa air putih yang cukup saat travelling wajib kita lakukan agar terhindar dari dehidrasi selama perjalanan. Pastikan kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi agar metabolisme dan pencernaan tetap berjalan dengan baik. Bila aktivitas travelling banyak diisi dengan kegiatan berjalan kaki dan bergerak lebih banyak dari biasanya, maka kebutuhan cairan akan semakin meningkat.

6. Selalu Menyediakan Obat yang Dibutuhkan

obat saat traveling

Ada banyak hal yang bisa terjadi saat travelling. Oleh karena itu untuk mengantisipasi dampak buruknya, kita harus siap sedia dengan membawa obat pribadi. Misalnya dengan membawa P3K, minyak kayu putih, atau jenis obat-obatan lain yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini akan meminimalisir dampak buruk ketika kita terkena sakit saat travelling.

Menjalani travelling memang menyenangkan, namun kita harus tetap melakukan persiapan agar terhindar dari kemungkinan seperti sakit, kecelakaan, atau bahkan kehilangan barang dan pesawat delay yang berpotensi mengganggu finansial. Untuk perlindungan yang lebih baik kita bisa menggunakan asuransi khusus perjalanan.

Asuransi perjalanan memang tidak sepopuler asuransi kesehatan atau jiwa, tapi fungsinya sangat penting. Beberapa perusahaan asuransi sudah banyak yang menyediakan layanan ini, dan biasanya mereka bekerja sama dengan travel agent. Tanyakan kepada agen perjalanan apakah biaya yang dibayarkan sudah termasuk asuransi ini, cari tahu juga lebih rinci benefit yang diperoleh agar traveling lebih menyenangkan.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar