Keluyuran / Starbucks / Yuk, Kenali Ukuran Gelas dan Tumbler Starbucks Coffee

Yuk, Kenali Ukuran Gelas dan Tumbler Starbucks Coffee

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Oktober 2019

Ngopi di Starbucks sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat kota besar, khususnya yang di kotanya terdapat gerai Starbucks Coffee. Harga secangkir kopi Starbucks yang berkisar 50 ribuan rupiah tak menjadi masalah bagi penikmat kopi yang ingin menikmati kopi nikmat di tempat yang nyaman.

Apabila kamu baru pertama kali berkunjung ke Starbucks Coffee dan masih bingung dengan ukuran gelas dan tumbler yang tersedia di sana, Keluyuran akan memberi penjelasan mengenai ukuran gelas dan tumbler resmi Starbucks, nih. Check this out!

Ukuran Gelas Starbucks Coffee

Ukuran Gelas Starbucks Coffee

*Sumber: https://id.pinterest.com/pin/741053313658941847/?lp=true

Sebagian kedai kopi menyajikan kopi yang dipesan oleh pembelinya dalam sebuah cangkir porselen. Namun, beberapa kedai kopi tetap konsisten menyajikan minuman dalam gelas plastik atau gelas yang terbuat dari karton tebal tahan air (paper pack glass). Nah, Starbucks adalah salah satu kedai kopi internasional yang masih menggunakan gelas plastik untuk minuman dingin dan gelas karton tahan air untuk minuman panas.

Di Starbucks Coffee, pembeli bebas memilih ukuran gelasnya. Semakin besar ukuran gelas, semakin banyak isi minumannya dan semakin mahal pula harganya. Berikut adalah ukuran gelas yang tersedia di Starbucks Coffee.

1. Short [8oz / 236ml]

Short

* sumber: weareinsidesource.co.uk

Ukuran gelas terkecil di Starbucks ternyata bukan “Tall”, melainkan “Short”. Gelas ini berukuran 8oz atau 236ml. Tidak semua gerai Starbucks Coffee menyediakan gelas berukuran terkecil ini, lho. Bahkan, di Indonesia cukup sulit menemukan gerai Starbucks yang menjual minuman dengan ukuran gelas “Short”.

Kalau kamu memesan minuman di Starbucks Indonesia, kamu nggak akan menemukan harga minuman untuk gelas “Short” di papan menu. Pasalnya, ukuran gelas yang satu ini memang belum benar-benar diresmikan di Indonesia.

Adapun gerai Starbucks Indonesia yang tetap menyediakan gelas berukuran “Short” ini biasanya untuk memberikan tester kepada pembelinya. Namun, tester ini tidak bersifat wajib, ya! Hanya sesekali saja gerai Starbucks memberikan tester minuman dalam gelas berukuran paling kecil ini.

2. Tall [12oz / 354ml]

Tall

* sumber: www.thespruceeats.com

Nah, kalau gelas berukuran “Tall” ini sudah pasti ada di setiap gerai Starbucks Indonesia. Bahkan, minuman yang ditempatkan dalam gelas berukuran 12oz / 354ml ini harganya selalu lebih murah jika dibandingkan dengan gelas berukuran “Grande” atau “Venti” yang lebih besar.

Minuman yang disajikan dalam gelas berukuran “Tall” tidak terlalu banyak sehingga sangat cocok bagi kamu yang berencana menikmati kopi sedikit saja atau hanya ingin bersantai sejenak di Starbucks Coffee.

Perlu kamu ketahui, minuman kopi yang disajikan dalam gelas ini hanya  mencakup sedikit (single shot) espresso. Jadi, kamu harus menambah biaya ekstra jika ingin espresso yang lebih banyak dalam gelas “Tall” yang kamu pesan.

3. Grande [16oz / 473ml]

Grande

* sumber: www.biggerbolderbaking.com

Selanjutnya, ada ukuran gelas Starbucks yang masuk dalam kategori ‘sedang’. Ya, “Grande” adalah ukuran gelas yang cocok untuk penikmat kopi yang ingin memesan minuman dengan jumlah yang tidak terlalu sedikit, tapi juga tidak terlalu banyak.

Di Indonesia, “Grande” adalah ukuran gelas yang paling banyak dipesan oleh konsumen Starbucks. Ukuran gelas ini dirasa sudah cukup untuk memuaskan keinginan minum kopi atau minuman non-coffee lainnya dari Starbucks.

Beda ukuran gelas, beda pula takaran espresso-nya. Ketika memesan minuman kopi di dalam gelas “Grande”, kamu akan mendapatkan espresso dengan dosis ganda (double shot). Namun, sebagai konsumen kamu tetap bisa request jika ingin mengurangi takaran espresso atau justru minta ditambahkan lagi shot espresso-nya.

4. Venti [20oz / 591ml – 24oz /709ml]

Venti

* sumber: www.dailymail.co.uk

Merasa kurang puas dengan minuman Starbucks yang disajikan dalam gelas “Tall” maupun “Grande”? Tak masalah, kamu bisa memesan minuman di gelas dengan ukuran terbesar yang ada di Starbucks Indonesia, yakni Venti.

Gelas ini bisa diisi hingga 20oz atau 591ml untuk paper cup glass yang disediakan bagi minuman panas dan 24oz atau 709ml untuk gelas plastik khusus minuman dingin. Kamu bakal merasa puas banget menyeruput minuman dalam gelas berukuran terbesar ini. Kalau kamu berencana nongkrong di Starbucks untuk waktu yang lama, pesan saja minuman favoritmu di gelas berukuran “Venti” ini.

Meskipun ukuran gelasnya terbesar, takaran espresso-nya tetap sama dengan takaran gelas berukuran “Grande”. Namun, untuk beberapa minuman memang takaran espresso yang dituangkan ke dalam gelas “Venti” ini bisa mencapai tiga kali lipat (triple shot).

5. Trenta [31oz / 916ml]

Trenta

* sumber: www.businessinsider.sg

Yang satu ini adalah ukuran gelas Starbucks ‘terbesar’ di dunia. Sayangnya, “Trenta” tidak tersedia di setiap negara. Di Indonesia saja kamu nggak bakal menemukan gelas berukuran 31oz atau 916ml ini.

Pecinta kopi sejati pasti ‘sanggup’ menghabiskan minuman kopi yang dipesan dalam gelas “Trenta”. Apalagi dengan segelas berukuran besar ini kamu bisa nongkrong di gerai Starbucks hingga berjam-jam tanpa perlu memesan minuman lagi.

Ukuran Tumbler Starbucks Coffee

Ukuran Tumbler Starbucks Coffee

* sumber: www.starbucks.com.sg

Buat kamu yang ingin turut serta mengurangi sampah kertas dan plastik, kamu bisa mulai beralih dari gelas Starbucks sekali pakai ke tumbler yang dijual di gerai-gerai Starbucks. Tumbler ini bisa dipakai berulang kali. Material tumbler yang dijual di Starbucks pun bervariasi, ada plastik dan stainless steel yang lebih awet.

Ukuran tumbler Starbucks tidak sebanyak ukuran gelas siap pakainya. Hanya ada tiga ukuran tumbler Starbucks yang tersedia di Indonesia.

1. Tall [12oz / 354ml]

Tall Tumbler

* sumber: www.starbucks.com.sg

Starbucks mengeluarkan varian tumbler terkecil, yakni “Tall”. Ukurannya sama dengan gelas siap pakai yang ditawarkan Starbucks. Bahkan, ukuran tumbler sedikit lebih kecil jika dibandingkan gelasnya, yakni 350ml.

Tumbler berukuran Tall tersedia juga dalam bentuk cold cup untuk minuman dingin. Yang pasti, harga tumbler “Tall” ini berbeda-beda sesuai dengan material dan desainnya.

2. Grande [16oz / 473ml]

Grande Tumbler

* sumber: www.starbucks.com.sg

Sama seperti ukuran gelasnya, tumbler berukuran “Grande” ini yang paling banyak diminati. Pasalnya, konsumen minuman yang dikemas dalam ukuran gelas “Grande” memang paling banyak di Indonesia. Tumblernya terdiri dari dua jenis, tumbler yang bisa diisi minuman hangat dan dingin, lalu ada juga cold cup yang memang hanya bisa diisi minuman dingin.

Ketika kamu memiliki tumbler berukuran “Grande” kamu tetap bisa membeli minuman “Tall”, lho. Berikan saja tumbler-mu pada staf Starbucks, lalu sebutkan minuman pesananmu dalam ukuran “Tall”.

3. Venti [20 oz / 591ml]

Venti Tumbler

Mencari tumbler berukuran “Venti” di Indonesia tergolong sulit. Tidak semua gerai Starbucks menyediakan tumbler dengan ukuran terbesar ini. Kalaupun ada, stok dan desainnya pun terbatas, tidak sebanyak tumbler berukuran “Grande”.

Jika kamu merasa sanggup menikmati minuman kopi atau minuman jenis apapun dalam tumbler berukuran 20oz / 591ml ini, maka tak ada salahnya untuk membeli tumbler “Venti” dari Starbucks ini.

Jadi, mau pakai gelas sekali pakai atau tumbler, nih? Jika kamu ingin mengurangi sampah di Indonesia, sebaiknya beli saja tumbler resmi dari Starbucks. Biasanya ada potongan harga jika kamu membawa tumbler resmi Starbucks untuk menempatkan minuman Starbucks yang kamu pesan. Selain itu tumbler Starbucks juga memiliki desain yang unik-unik lho!

Sudah siap untuk memesan minuman di Starbucks? Yuk, baca artikel cara pesan minuman di Starbucks kalau masih bingung cara memesannya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar