Inilah 10 Universitas Tertua di Inggris yang Bersejarah

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 29 Juli 2021

Inggris memiliki universitas-universitas terkenal yang juga banyak digemari oleh mahasiswa dari Indonesia. Selain terkenal, universitas-universitas tersebut juga termasuk dalam jajaran universitas tertua di dunia. Ada dua universitas dari Inggris yang masuk jajaran 10 universitas tertua di dunia.

Negara Ratu Elizabeth ini memiliki universitas tertua yang didirikan pada abad ke-17 atau lebih awal, dan mungkin kamu akan tercengang ternyata butuh hampir 250 tahun lagi sampai universitas berikutnya didirikan. Berikut ini deretan 10 universitas tertua di Inggris berdasarkan tahun pendirian resminya.

1. Universitas Oxford

 Universitas OxfordSumber: pxhere.com
  • Alamat: Oxford OX1 2JD, UK
  • Telepon: +44 1865 270000

Didirikan pada tahun 1096, Universitas Oxford merupakan universitas riset yang lokasinya berada di Oxford, Inggris. Di dunia, Oxford berada di urutan kedua sebagai universitas tertua yang masih ada dan salah satu Universitas tertua di Inggris dengan bukti pengajaran semenjak 1096.

Ini merupakan universitas swasta yang memiliki 38 perguruan tinggi konstituen dan berbagai departemen akademik. Pada Times Higher Education (THE) World University Rankings, Oxford berada pada peringkat pertama di dunia di tahun 2017, 2018 serta 2019.

Universitas ini memiliki lebih dari 10.000 mahasiswa yang merupakan mahasiswa Internasional. Ini hampir 43% dari total mahasiswa di Oxford. Mahasiswa Oxford berasal dari lebih 150 negara dan wilayah.

Lulusan universitas ini banyak yang menjadi perdana menteri Inggris juga pemimpin dunia lainnya, seperti Margaret Thatcher, David Cameron dan Bill Clinton. Ada juga dari dunia perfilman, penulis dan ilmuwan, seperti, Albert Einstein, Adam Smith, Rowan Sebastian Atkinson dan J.R.R. Tolkien.

2. Universitas Cambridge

 Universitas CambridgeSumber: pxhere.com
  • Alamat: The Old Schools, Trinity Ln, Cambridge CB2 1TN, UK
  • Telepon: +44 1223 337733

Berdiri sejak tahun 1209, Universitas Cambridge adalah universitas tertua kedua di Inggris. Pendiri universitas ini adalah asosiasi cendekiawan yang meninggalkan Universitas Oxford disebabkan beberapa masalah antara mereka dengan orang-orang kota.

Universitas ini memiliki 31 college yang otonom serta enam school (istilah yang digunakan di Cambridge) yang terdiri dari Ilmu Biologi, Seni dan Humaniora, Humaniora dan Ilmu Sosial, Kedokteran Klinis, Teknologi juga Ilmu Fisika. Cambridge juga mempunyai delapan lembaga non-sekolah utama.

Menurut QS World University Rankings 2020, Universitas Cambridge berada di posisi ke-7. Alumni sekolah ini  sini di antaranya yaitu Sir Isaac Newton, penemu gaya gravitasi dan menciptakan Kalkulus serta Charles Darwin yang menulis teori evolusi melalui seleksi alam.

Cambridge juga adalah sekolahnya fisikawan teoretis dan ahli kosmologi terkenal Stephen Hawking dan pendiri keperawatan modern, Florence Nightingale.

3. Universitas St Andrews

  • Alamat: St Andrews KY16 9AJ, UK
  • Telepon: +44 1334 476161

Universitas St Andrews berdiri sejak abad ke-15, tepatnya tahun 1413. Ini adalah universitas pertama di Skotlandia dan merupakan universitas tertua ketiga di negara-negara yang berbahasa Inggris.

Selama 600 tahun terakhir universitas ini memiliki reputasi sebagai salah satu pusat penelitian dan pengajaran terkemuka di dunia. Secara konsisten St Andrews memegang skor kepuasan mahasiswa tertinggi di kalangan semua universitas multi-fakultas di Inggris.

Universitas St Andrews selalu masuk dalam 100 besar peringkat internasional, sesuai dengan mottonya, “Ever to excel”. Tokoh terkenal yang pernah mengenyam pendidikan di universitas ini antara lain, pendiri Forbes, B.C. Forbes serta Pangeran William beserta istrinya, Kate Middleton.

4. Universitas Glasgow

  • Alamat: Glasgow G12 8QQ, UK
  • Telepon: +44 141 330 2000

Universitas yang berada di kota Glasgow, Skotlandia ini berdiri pada tahun 1451. Ini merupakan universitas riset publik yang bertempat di Glasgow, Skotlandia. Di Skotlandia, Universitas Glasgow termasuk universita kuno dan di Inggris universitas ini berada di posisi ke-4 sebagai universitas tertua.

Pada tahun 1451, berdasarkan piagam dari Paus Nicholas V saat itu, universitas ini ditambahkan ke Katedral kota. Catatan asli dari pendirian Universitas Glasgow belum bisa ditemukan hingga sekarang dan dianggap hilang selama Reformasi Skotlandia.

Hal ini terjadi saat kanselir Uskup Agung James Beaton melarikan diri ke Prancis. Dia pun membawa serta arsip dan barang berharga. Alumni terkenal dari universitas ini adalah Adam Smith, Gerard Butler, Sir William Ramsay, James Watt dan Ian Donald.

5. Universitas Aberdeen

  • Alamat: King's College, Aberdeen AB24 3FX, United Kingdom
  • Telepon: +44 1224 272000

Didirikan tahun 1495 Universitas Aberdeen merupakan salah satu dari dua universitas yang berlokasi di Kota Aberdeen dan memiliki bangunan ikonik yang menjadi simbol Aberdeen, khususnya Marischal College dan puncak Menara King's College.

Sekarang kampus utama terletak di King's College yang luas areanya sekitar 35 hektar dan memiliki bangunan bersejarah yang indah yang membentuk segi empat lengkap dengan taman terbuka di dalamnya. Awalnya, pada tahun 1495, universitas ini bernama King's College dan William Elphinstone.

Kemudian Uskup Aberdeen mengajukan petisi kepada Paus Alexander VI untuk membentuk universitas tersebut. Universitas Aberdeen modern merupakan hasil penggabungan yang dilakukan pada tahun 1860 antara King's College yang asli dengan Marischal College yang masih baru.

Universitas ini menerima mahasiswa perempuan pada tahun 1892. Alumni terkenal dari universitas ini adalah aktor Iain Glen yang bermain di Game of Thrones dan Sir George Paget Thomson, peraih Nobel untuk penemuannya mengenai sifat gelombang elektron.

6. Universitas Edinburgh

  • Alamat: Old College, South Bridge, Edinburgh EH8 9YL, UK
  • Telepon: +44 131 650 1000

Universitas Edinburgh semenjak dibuka pada tahun 1582 berkembang pesat menjadi salah satu universitas terbaik di negara ini. Banyak dari bangunan utama universitas ini yang terletak di pusat kota tua. Arsitektur kampusnya menawarkan perpaduan antara kuno dan modern.

Kota serta universitas ini mempunyai reputasi yang terkenal sejak dulu untuk sastra. Berdasarkan QS World University Rankings 2020, universitas Edinburgh menduduki posisi ke-20 di dunia. Alumninya adalah 19 pemenang Nobel juga penghargaan dunia terkenal lainnya.

Yang pernah mengenyam pendidikan di kampus ini beberapa adalah penulis terkenal seperti Sir Arthur Conan Doyle dan Robert Louis Stevenson serta ilmuwan ternama Charles G. Barkla yang menemukan karakteristik elemen sinar-X di tahun 1917.

7. Universitas Manchester

  • Alamat: Oxford Rd, Manchester M13 9PL, United Kingdom
  • Telepon: +44 161 306 6000

Berdiri tahun 1824 universitas ini memiliki kampus yang gedung-gedungnya tersebar di seluruh kota Manchester. Pada tahun 2004 Universitas Manchester modern diresmikan dan universitas ini terkenal mempunyai mahasiswa dan staf yang kuat dalam sains.

Pada tahun 1883 universitas ini menerima mahasiswa perempuan untuk masuk dalam program-programnya. Universitas ini merupakan universitas sipil pertama yang berada di Inggris yang terkait erat dengan keberadaan Manchester sebagai kota industri pertama di dunia.

Asal muasal universitas ini adalah dari Institut Sains dan Teknologi Universitas Manchester (UMIST) yang kemudian bergabung dengan Victoria University of Manchester, yang adalah nama lama dari Universitas Manchester. Penggabungan ini terjadi pada tahun 2003.

Kalau kamu kenal pemeran tokoh Sherlock Holmes versi serial TV BBC, Benedict Cumberbatch, dia adalah lulusan universitas ini. Ada juga penulis ternama yaitu Anthony Burgess. Lulusan terkenal lainnya yaitu Ernest Rutherford yang merupakan peraih Nobel untuk eksperimen dalam fisika atom.

8. Universitas College London

  • Alamat: Gower St, London WC1E 6BT, UK
  • Telepon: +44 20 7679 2000

Didirikan pada tahun 1826 di kota London, asal muasal Universitas College London bisa ditelusuri kembali ke Universitas London pada tahun 1826. Institusi ini merupakan universitas riset publik yang bertempat di London, Inggris.

Institusi ini didirikan menggunakan nama London University. Tujuannya untuk menjadi alternatif bagi Universitas Anglikan Oxford dan Cambridge. Universitas mengalami kerusakan yang sangat besar akibat bom saat Perang Dunia Kedua, khususnya di Aula Besar serta Laboratorium Fisika Carey Foster.

Pada tahun 1976, di bawah piagam baru, universitas ini didirikan secara resmi dengan nama University College London. Pada tahun 1878, universitas ini menjadi lembaga pendidikan di Inggris pertama yang menerima mahasiswa perempuan.

Alumni terkenal dari kampus ini di antaranya yaitu Alexander G. Bell, Mahatma Gandhi, Chris Martin dari Coldplay serta Professor John O'Keefe, penemu sel-sel yang membentuk sistem penentuan posisi di otak.

9. Universitas Durham

  • Alamat: Durham, UK
  • Telepon: +44 191 334 2000

Universitas Durham didirikan tahun 1832 dan ini merupakan universitas riset publik yang memiliki lahan seluas sekitar 227 hektar yang terdiri dari kampus utama Durham dan kampus kedua Stockton-on-Tees. Sekitar 21 persen mahasiswanya bukan berasal dari Inggris.

Universitas ini mempunyai tiga departemen, yaitu Seni dan Humaniora, Sains dan Ilmu Sosial, serta Kesehatan. Di peringkat internasional, universitas ini berada di posisi 100 teratas. Durham juga termasuk dalam Russell Group of British Universities yang elit.

Lulusan ternama dari kampus ini yaitu aktor Andrew Buchan dan Sir Roger George Moore yang memerankan tokoh agen rahasia Inggris James Bond.

10. Universitas Aberystwyth

  • Alamat: Penglais, Aberystwyth SY23 3FL, UK
  • Telepon: +44 1970 623111

Aberystwyth, yang dikenal sebagai ‘People’s University”, dibangun di atas lokasi hotel yang belum selesai. Bangunan ini dibeli dari kontraktor kereta api lokal kemudian diubah menjadi universitas. Ketika dibuka di tahun 1872, universitas ini hanya memiliki 26 mahasiswa.

Sekarang Universitas Aberystwyth bisa menampung lebih dari 8.000 mahasiswa dari berbagai negara.  Universitas yang terletak di Wales ini merupakan universitas riset publik.

Alumni terkenal dari universitas ini yaitu Pangeran Charles, Frederick Soddy yang merupakan peraih Nobel untuk pembuktian keberadaan isotop unsur radioaktif tertentu, Rachel Roberts yang merupakan aktris Welsh serta Waldo Goronwy Williams satu penyair terkemuka berbahasa Welsh.

Itulah 10 universitas tertua di Inggris. Ternyata universitas tersebut tak hanya usianya yang tua tapi juga memiliki beberapa lulusan yang terkenal, seperti aktor pemeran Sherlock Holmes, Benedict Cumberbatch, dan bapak negara India, Mahatma Gandhi.

Mungkin di antara kamu ada yang akan melanjutkan S1 atau S2 ke luar negeri. Dari 10 universitas tertua di Inggris tersebut, adakah universitas yang menjadi incaran mu untuk meneruskan studi?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram