10 Wahana Terbaik yang Ada di Taman Safari Bogor

Ditulis oleh Siti Hasanah

Taman Safari merupakan salah satu objek wisata yang terkenal di Indonesia, letaknya di Cibeureum, Cisarua, Bogor Jawa Barat.

Objek wisata ini merupakan wisata keluarga yang menawarkan pengalaman liburan yang menarik. Apalagi bagi wisatawan yang ingin memboyong anak-anak liburan, Taman Safari adalah salah satu destinasi yang paling tepat.

Anak-anak dapat diperkenalkan pada dunia binatang, dunia tumbuh-tumbuhan dan mendekatkan diri dengan alam. Tapi tidak hanya itu daya tarik Taman Safari Bogor. Taman Safari punya banyak wahana seru yang dapat memanjakan pengunjungnya. Apa saja wahana terbaik Taman Safari Bogor? Berikut ini info menariknya.

Sejarah Taman Safari

Sejarah Taman SafariSumber: https://travel.detik.com/travel-news/d-5169200/pengunjung-taman-safari-tak-seramai-dahulu

Taman Safari mulai berdiri sejak tahun 1980 tahun. Lahan di mana objek wisata ini berdiri dulunya adalah sebuah perkebunan kina yang sudah tidak lagi produktif. Adalah Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi, Soesilo Soedarman, orang yang menetapkan Taman Safari sebagai Objek wisata Nasional.

Kemudian, Bapak Hasryul Harahap meresmikan tempat tersebut sebagai kawasan penangkaran satwa langka. Dahulu luas kawasan Taman Safari hanya 50 Hektare, namun kini bertambah menjadi 168 hektare. Fasilitas dan objeknya pun bertambah.

Taman Safari mempunyai keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh objek wisata lainnya, yakni pengunjung dapat menjelajahi area wisata dan berinteraksi lebih dekat dengan para binatang di sana dengan cara memberi makan binatang dan menyapanya.

Pengunjung dapat menggunakan mobil pribadi atau kendaraan khusus yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Jangan heran jika pengunjung akan melihat binatang-binatang berkeliaran bebas di wilayah Taman Safari sebab hal itu sengaja dilakukan agar pengunjung dapat bermain langsung dengan para binatang.

Wahana Terbaik di Taman Safari yang Wajib Dijajal

Ada begitu banyak wahana seru yang bisa kamu coba di Taman Safari. Di objek wisata terbesar se-Asia ini, liburan satu hari tidak belum cukup untuk menjelajahi area Taman Safari dan bermain dengan binatang-binatang di sana.

Intip yuk kegiatan seru yang bisa dicoba di Taman Safari. Ada sejumlah kegiatan safari yang sangat populer. Tentunya ini tidak boleh kamu lewatkan. Simak infonya di bawah ini.

1. Baby Zoo

Baby ZooSumber: kumparan.com

Secara teknis, Baby Zoo sama saja dengan kegiatan safari lainnya. Bedanya adalah bintangan yang terdapat di area ini semuanya masih bayi. Para bayi binatang yang menggemaskan ini berkeliaran bebas di area Baby Zoo.

Pengunjung boleh mengambil foto bersama macam-macam binatang yang disuka, misalnya berfoto dengan bayi harimau sumatera, bayi singa, bayi orang utan dan bayi-bayi binatang lainnya. Di area ini, ada pula ada jenis-jenis burung langka, lemur, Australian Outback dan harimau putih.


2. Safari Trek

Safari TrekSumber: liputan6.com

Safari Trek adalah kegiatan yang pas untuk kamu pencinta jelajah alam. Di area ini pengunjung disediakan trek yang mengarah ke kawasan hutan Taman Safari. Trek ini melewati sungai, area outbond, dan air terjun yang ada di sekitar tempat wisata.

Jangan khawatir tersesat sebab kamu akan ditemani oleh seorang pemandu wisata yang siap menemani dan membantu pengunjung menjelajah. Menariknya, tersedia dua pilihan trek, yakni trek sepanjang 3 km dan 9 km. Pilihan ini membuat kamu dapat menyesuaikan kekuatan fisikmu.

Saat melakukan Safari Trek kamu bisa mencoba wahana outbound lengkap dengan pilihan wahananya, seperti flying fox, rope climbing, dll.

3. Pertunjukan Satwa

Berlibur ke Taman Safari belum afdol jika belum menyaksikan pertunjukan satwanya. Di sini terdapat 9 pertunjukan satwa yang pastinya seru. Penonton akan disuguhkan pertunjukan dari binatang-binatang terlatih yang mampu melakukan atraksi. 

Berbagai binatang akan menunjukan kemahiran masing-masing, misalnya pertunjukan lumba-lumba, harimau, singa, gajah dan burung. Di akhir pertunjukan, penonton diperbolehkan berfoto bersama para binatang kesayangan. Namun, ada biaya tambahan yang harus kamu bayar. Besarannya bergantung pertunjukan binatangnya.  

Setiap binatang mempunyai jadwal ‘manggung’ sendiri-sendiri. Misalnya saja pertunjukan gajah digelar pada jam 11.30 dan 16.30, pertunjukan harimau akan kebagian di jam 13.30 dan 16. 00, dan seterusnya.

Untuk mendapatkan informasi pertunjukan hewan favoritmu, kamu dapat menghubungi kontak Taman Safari.

Baca juga: 10 Rekomendasi Hotel Dekat Taman Safari Bogor

4. Safari Journey

Ini dia kegiatan andalan yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Taman Safari. Safari Journey adalah daya tarik utama dari objek wisata ini.

Pengunjung boleh melakukan perjalanan selama 45 menit menjelajah alam liar Taman Safari dan melihat berbagai koleksi binatang langka dari jarak yang sangat dekat.

Pada saat melakukan Safari Journey, jangan kaget jika binatang-binatang menghampiri atau tiba-tiba muncul dan menyeberang jalan.

Untuk melakukan Safari Journey, pengunjung boleh menjelajah hutan dengan menggunakan kendaraan sendiri. Namun, jika tidak memiliki, pihak pengelola menyediakan bus gratis yang bisa dipergunakan.

5. Balon Udara

Jika terlalu capek menjelajah hutan Taman Safari, pengunjung dapat beristirahat sambil menikmati keindahan pemandangan alam sekitar sambil naik balon udara.

Balon udara yang diterbangkan dengan udara panas ini dapat membawa pengunjung ke ketinggian 40 meter. Balon udara dapat mengangkut pengunjung sebanyak 6 orang, durasi terbangnya kurang lebih 10 menit, waktu yang cukup untuk melihat pemandangan di bawah yang indah.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram