10 Waralaba Makanan Cepat Saji Paling Populer di Dunia

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 7 April 2021

Keberadaan restoran makanan cepat saji (fast food) memang sangat membantu. Ketika kita tidak sempat memasak dan butuh makanan yang cepat, kita bisa membeli makanan di restoran cepat saji. Di Indonesia sendiri sudah banyak restoran cepat saji yang merupakan waralaba (franchise) yang berasal dari luar negeri. Bahkan, restoran tersebut sudah tersebar hampir di seluruh penjuru Nusantara.

Selama ini Anda pasti mengira bahwa McDonald’s atau KFC menempati posisi teratas dalam peringkat waralaba makanan cepat saji populer. Nah, apakah benar kedua brand makanan cepat saji tersebut itulah yang paling unggul? Jika Anda ingin berbisnis dan bingung mencari waralaba makanan cepat saji populer di dunia, simak daftar yang akan diulas Keluyuran berikut ini.

10 Waralaba Makanan Cepat Saji Populer

1. Subway

Subway Waralaba Makanan Cepat Saji Populer

Bagi Anda yang sering bepergian ke Singapura, Malayasia, dan Thailand, Anda pasti sudah familiar dengan waralaba makanan cepat saji populer yang satu ini. Ya, Subway adalah waralaba fast food yang cukup populer di dunia. Meskipun masih berada di bawah KFC dan McDonald's, Subway tetap memiliki tempat tersendiri di hati konsumennya.

Sayangnya, Subway belum membuka gerainya di Indonesia. Namun, Anda tetap bisa menikmati makanan-makanan dari Subway ini saat berpergian ke negara tetangga. Makanan utama yang disajikan oleh Subway adalah sandwich dan salad. Tentu saja cita rasa sandwich yang ditawarkan Subway ini benar-benar enak dan bisa membuat Anda ketagihan!

2. Pizza Hut

Pizza Hut

Kalau Subway unggul dengan sandwich-nya, Pizza Hut sudah pasti unggul dengan pizzanya. Tahukah Anda bahwa Pizza Hut sebenarnya adalah waralaba makanan internasional yang sudah membuka cabangnya di 86 negara?

Di Indonesia sendiri kita bisa dengan mudah menemukan restoran Pizza Hut, baik yang berdiri sendiri atau berada di dalam mall. Cita rasa pizza yang disajikan di restoran ini sudah disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia. Selain itu, varian pizzanya pun juga sudah dimodifikasi agar sesuai dengan selera Nusantara.

Jika Anda ingin membeli makanan di Pizza Hut, silakan baca panduannya di artikel cara memesan Pizza Hut ini.

3. KFC

KFC

Siapa yang tak kenal dengan kelezatan ayam goreng dari KFC? Saking lezatnya, ayam goreng KFC ini nagih banget dan membuat selera makan kita bertambah!

Namun, tahukah Anda bahwa gambar seorang kakek tua yang menjadi logo KFC itu merupakan pendiri KFC yang sebenarnya? Logo KFC tersebut menggunakan wajah Harland David “Colonel” Sanders, yang menciptakan ayam goreng KFC dan mulai mewaralabakan ayam gorengnya di usia senja.

Sebelum menjadi ayam goreng dengan rasa yang super lezat seperti yang bisa Anda nikmati saat ini, Colonel Sanders ternyata menghabiskan waktu 9 tahun untuk menyempurnakan metode memasak ayam goreng dengan sebelas bumbu rahasianya.

Kini, Anda bisa menikmati ayam goreng KFC di mana saja, bahkan ketika Anda berada di luar Indonesia. Pasalnya, di tahun 2015 saja KFC sudah memiliki cabang yang tersebar di 123 negara.

Jika Anda belum mengetahui cara memesan KFC, cek artikel cara memesan KFC melalui store dan online ini.

4. McDonald’s

McDonald’s

Kompetitor KFC ini juga merupakan waralaba makanan cepat saji populer di dunia. Sama seperti KFC, McDonald’s juga bisa ditemukan dengan mudah di hampir setiap negara. Bahkan, menu yang disajikan McD cenderung lebih variatif dibanding KFC.

Adapun kita bisa menikmati ayam goreng, burger, nugget, french fries, es krim, dan side dish lainnya yang disajikan oleh McDonald’s. Menariknya, hampir semua restoran McD di Indonesia buka selama 24 jam. Jadi, kalau tengah malam lapar kita bisa memesan McD untuk midnight snack.

5. Dunkin’ Donuts

Dunkin’ Donuts

Salah satu waralaba makanan cepat saji populer di dunia yang juga bisa kita temukan di Indonesia adalah Dunkin’ Donuts. Restoran ini menyajikan donat sebagai menu utamanya. Meskipun di Indonesia, Dunkin’ Donuts juga menjual menu sandwich dan hot dog.

Keunggulan Dunkin’ Donuts bukan hanya terletak pada donatnya yang padat dan mengenyangkan, tetapi juga pada kopinya. Kombinasi antara kopi dan donat memang merupakan sajian yang pas untuk dinikmati kapan saja. Saat ini, Dunkin’ Donuts lebih fokus membuka gerainya di SPBU Pertamina. Biaya franchise Dunkin’ Donuts tentu lebih terjangkau ketimbang KFC dan McDonald’s.

6. Burger King

Burger King

Hampir sebagian besar makanan cepat saji populer di dunia berasal dari Amerika Serikat. Salah satu franchise makanan cepat saji terpopuler yang juga berasal dari AS adalah Burger King. Sesuai dengan namanya, brand ini menawarkan berbagai jenis burger sebagai menu utamanya.

Burger King sudah membuka gerainya di 73 negara, termasuk di Indonesia. Bahkan, total gerai BK di luar Amerika Serikat sudah mencapai 5.000 cabang. Selain menjual burger, BK cabang Indonesia juga menawarkan menu ayam goreng. Jadi, Anda bisa menikmati burger enak dan ayam goreng di satu restoran yang sama.

7. Dairy Queen

Dairy Queen

Kalau sebelumnya kita membahas waralaba makanan cepat saji yang cenderung merupakan makanan berat, kini Keluyuran akan membahas seputar waralaba fast food yang menawarkan dessert es krim sebagai menu utamanya, yaitu Dairy Queen.

Gerai Dairy Queen sudah bisa ditemukan di Indonesia. Akan tetapi, gerai DQ hanya terbatas di kota-kota besar saja. Usus punya usut, ternyata brand ini mulai merambah dunia waralaba pada tahun 1944. Tentu saja Dairy Queen langsung menjadi es krim yang legendaris di seluruh dunia.

8. Domino’s Pizza

Domino’s Pizza

Domino’s Pizza ternyata merupakan brand restoran pizza yang cukup terkenal di Amerika Serikat dan negara-negara lain. Di Indonesia sendiri sudah ada gerai Domino’s Pizza, tapi hanya di beberapa kota besar seperti Jakarta dan Denpasar.

Varian Domino’s Pizza mungkin tidak sebanyak yang ditawarkan Pizza Hut. Namun, sebagian orang-orang Indonesia yang pernah menyantap Domino’s Pizza cenderung lebih menyukai pizza dari Domino’s ketimbang Pizza Hut. Nah, kalau Anda suka merk pizza yang mana nih?

9. Starbucks Coffee

Starbucks Coffee

* sumber: sisemoet.com

Kalau Anda bertanya mengenai waralaba kopi raksasa di dunia, kamu pasti setuju untuk menjawab Starbucks Coffee. Tak dapat dipungkiri bahwa sejauh ini hanya Starbucks yang bisa merajai coffee shop di berbagai negara.

Starbucks Coffee menjual kopi dari berbagai wilayah. Starbucks dari Indonesia juga menjual berbagai kopi dari tanah air. Tentu saja jika tidak ingin meminum minuman kopi, Starbucks Coffee juga menjual minuman lain yang tidak mengandung kopi.

10. Carl’s Jr

Carl’s Jr

Terakhir, ada Carl’s Jr yang terkenal dengan charbroiled burger-nya. Nah, apa sih charbroiled burger? Itu adalah jenis burger yang dagingnya beraroma asap karena dibakar di atas bara api. Berkat teknik memasak burger tersebut, Carl’s Jr selalu menyajikan burger dengan daging yang juicy.

Carl’s Jr sukses menjadi waralaba populer di dunia dalam hal makanan cepat saji. Bahkan, restoran ini juga sudah membuka cabang di Indonesia, termasuk di sejumlah bandara di kota-kota besar.

Itulah 10 waralaba makanan cepat saji populer di dunia. Manakah restoran yang menjadi favorit Anda? Jika ada restoran yang belum membuka cabangnya di wilayah Anda, sebaiknya sabarlah menunggu, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram