Akhir Pekan Sudah di Depan Mata! Kita Weekend Trip ke Garut Yuk!

Ditulis oleh Gerryaldo

Sebentar lagi weekend nih! Kalian sudah punya rencana kemana untuk menghabiskan akhir pekan kali ini? Kalau aku sih bakal pergi untuk healing sejenak di tempat yang terkenal akan sumber air panas, domba, dodol dan kreasi kulitnya. Hmmm, bisa tebak aku akan pergi kemana? Yak! Kota Garut!

Baca Juga: Inilah 10 Tempat Nongkrong di Garut yang Hits Abis!

Lewat video Keluyuran kali ini, aku bakal ajak kalian tak hanya wisata ke tempat-tempat ikonik di Garut saja, tapi wisata kuliner juga yang pasti bikin perut kenyang hati senang! Ikutin terus ya video Keluyuran kita kali ini supaya bisa jadi bahan rekomendasi tujuan healing akhir pekan nanti bersama teman ataupun keluarga!

Garut

Wisata Garut_Poster (Copy)

Mendapat julukan Swiss Van Java dari bangsa Eropa yang berkunjung ke Garut di Abad ke 19, Garut merupakan salah satu dari ribuan wilayah di Indonesia dengan pemandangan yang luar biasa. Bak lukisan hidup, kita bisa melihat pemandangan Gunung yang tidak ada tepinya. Sekeliling wilayah yang mempunyai luas 3.065 km persegi ini terlihat asri sekali.

Untuk sampai ke tempat ini dari Bandung, kalian bisa menggunakan banyak pilihan moda transportasi darat. Baik menggunakan mobil pribadi, transportasi umum seperti bus yang biasa berangkat dari Terminal Leuwipanjang, Travel yang biasa berangkat dari Balubur Town Square atau bahkan kereta api yang berangkat langsung dari Stasiun Bandung.

Transportasi ke Garut

Cara Pesan Tiket & Cara Naik Kereta Ke Garut_How to Get in Train (Copy)

Untuk weekend kali ini, aku dan Tim Keluyuran berangkat ke Garut menggunakan Kereta Api Garut Cibatuan yang berangkat pada jam pertama yakni 06:43 pagi (jam keberangkatan bisa berubah-rubah ya, jangan bosan untuk melihat waktu keberangkatan di aplikasi KAI Access). Kereta Api Garut Cibatuan ini berangkat dari stasiun awal yakni Stasiun Purwakarta.

Sesampainya di Stasiun Bandung, kalian bisa langsung naik dari Peron 1 di Pintu Selatan ya! Ingat! Pintu Selatan. Kereta Api Garut Cibatuan ini merupakan rangkaian kereta kelas ekonomi lokal yang tidak memiliki nomor tempat duduk, sehingga kalian bisa menempati kursi mana saja selama kursinya tersedia.

Membutuhkan waktu sekitar 3 jam 46 menit untuk sampai di Kota Intan ini. Sepanjang perjalanan dari Bandung ke Garut, kalian akan disuguhkan pemandangan yang bagus sekali. Melewati 13 Stasiun, kalian bisa menikmati waktu bersama teman dan keluarga selama perjalanan dimulai. Oh iya, jangan lupa makanan dan minuman ringan ya!

Setelah sampai di Garut, kalian akan disambut dengan Stasiun Garut yang sudah modern dan lebih bersih dan rapi. Meski Stasiun Garut baru ini dibangun, Stasiun Garut lama yang sudah ada dari zaman dulu masih tetap ada kok, Stasiun lama itu akan dipugar dan akan dilestarikan sebagai salah satu cagar budaya disana.

Jalan-Jalan Seru

Wisata Garut_Alun Alun (Copy)

Karena kawasan Garut Kota yang tidak terlalu besar seperti Bandung, maka kita bisa mengelilingi kota ini dalam sehari penuh loh! Untuk kalian yang memang tidak ingin jauh-jauh pergi ke tempat wisata lain yang lokasinya beberapa jam dari Garut maka kalian bisa menghabiskan waktu di pusat kotanya.

Ada banyak tempat ikonik yang sudah kita pernah bahas sebelumnya nih di video Keluyuran edisi jalan-jalan ke Garut. Salah satunya adalah kawasan Alun-Alun Garut yang menyediakan banyak sekali tempat keren yang bisa kalian kunjungi bahkan secara gratis. Mulai dari Masjid Agung, Lapangan Alun-Alun, Pendopo, hingga kuliner di Pasar Ceplak.


Asyiknya lagi, kalian bisa menempuh hampir semua tempat wisata alternatif itu hanya dengan jalan kaki saja karena semua searah. Lumayan kan sekalian sightseeing Garut itu seperti apa; ketimbang harus naik mobil yang sebentar-sebentar sudah sampai dan malah merepotkan cari parkir.

Well, kalau tujuan wisata kalian ke Wisdom atau Area Gunung Papandayan, yaa harus naik mobil sih karena jaraknya yang cukup jauh.

Destinasi Kuliner

Kuliner Garut_Poster (Copy)

Mampir ke tempat baru sudah tidak boleh ketinggalan untuk icip-icip kuliner legendarisnya! Di Garut sendiri ternyata banyak sekali kuliner legendaris yang sudah turun-temurun ke anak-cucu dari pemilik pertama. Nah, kebetulan kita masih punya banyak waktu disini, ayo kita kulineran enak di sekitaran Garut Kota!

Ada Soto Achri yang menjual soto daging urat campur yang rasanya sedap dengan tambahan kuah kaldu kental yang sudah dijual dari tahun 1943, lanjut lagi makan bakso yang sudah jadi kewajiban kalau berkunjung ke Garut. Tempat bakso yang kita datangi adalah Bakson Mang Imu yang sudah eksis dari tahun 1970-an.

Belum puas, kita juga mampir untuk makan Kupat Tahu Gunung Lumbung yang porsinya besar banget tapi murahnya kelewatan! Kupat Tahu Gunung Lumbung ini sudah ada dari tahun 1973. Lantas kita icip-icip makanan manis yaitu bagelen yang jadi andalan toko Khoe Pek Goan yang sudah ada dari tahun 1885.

Terakhir kita menutup semua acara makan-makan kita dengan menikmati segelas es goyobod super enak yang ada di Alun-Alun Garut. Es Goyobod disini merupakan Goyobod gerobakan, tapi jangan salah! Rasanya bintang lima! Es Goyobod Alun-Alun sendiri sudah ada dari tahun 1980an loh! Wah, legend banget kan semua kuliner disini?

Oleh-Oleh Garut

Wisata Garut_Toko Oleh-Oleh Hadidjah (Copy)

Sebelum benar-benar mengakhiri perjalanan kita kali ini, aku dan Tim Keluyuran mau beli oleh-oleh dulu nih untuk teman-teman di Bandung. Selama kita mencari dan dapat informasi dari semua warga lokal, ada salah satu tempat oleh-oleh terkenal yang ada di Garut Kota, namanya adalah Toko Oleh-Oleh Hadidjah.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram