Keluyuran / Semarang / 10 Wisata Air di Semarang yang Seru untuk Mengisi Liburan

10 Wisata Air di Semarang yang Seru untuk Mengisi Liburan

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 September 2019

Semarang merupakan Ibukota Provinsi Jawa Tengah yang terletak di pesisir utara Pulau Jawa. Kota ini memiliki udara yang cukup panas, namun tetap seru untuk dijadikan destinasi liburan.

Meskipun tidak seramai Jogja dan Solo, Semarang juga menyimpan pariwisata yang menarik, dan lengkap. Mulai dari wisata alam, pantai, kuliner, budaya, hingga wahana permainan pun tersedia di sini.

Terkenal dengan Lawang Sewu, di Semarang terdapat wisata air yang bisa dijadikan destinasi liburanmu selanjutnya. Kali ini, Keluyuran akan merekomendasikan 10 wisata air di Semarang yang akan mengisi liburan lebih seru.

1. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti

* sumber: historytripindonesiablog.wordpress.com

Ingin main air di tempat dengan nuansa pegunungan di Semarang? Kamu bisa datang ke Kawasan Wisata Umbul Sidomukti. Di sini terdapat fasilitas seperti outbond, adrenaline games, dan yang paling istimewa ada kolam renang alam. Di sini kamu bisa berenang di ketinggian dengan view pegunungan.

Di Kawasan Wisata Umbul Sidomukti, kamu tidak hanya berenang, di sini terdapat banyak fasilitas wisata lainnya, seperti Pondok Kopi yang cocok untuk kamu para pecinta kopi.

  • Alamat : Blanten Lor, Jetis, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang
  • Nomor Telepon : 0828-9203-1261
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk : Rp15.000/orang

2. Pantai Maron

Pantai Maronn Tempat Wisata Alam di Semarang

* sumber: www.jejakpiknik.com

Berada di pesisir utara Pulau Jawa, Semarang tentu memiliki pantai yang bisa kamu kunjungi ketika berwisata ke kota The Port Of Java ini, salah satunya adalah Pantai Maron. Meski tidak seindah pantai selatan karena pasirnya yang berwarna coklat-kehitaman, Pantai Maron tetap bisa dikunjungi bagi kamu yang suka berwisata pantai.

Lokasinya tidak jauh dengan Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang. Jadi, meskipun lokasinya berada di ujung utara, Pantai Maron cukup mudah diakses dari pusat Kota Semarang.

  • Alamat : Tugurejo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket Masuk : Gratis

3. Rawa Pening

Rawa Pening

* sumber: wisatalagi.blogspot.co.id

Suka bersantai di pinggir danau dengan pemandangan gunung yang gagah? Datang saja ke Rawa Pening. Di sini, kamu bisa melihat pemandangan danau yang cantik berlatar gunung yang gagah. Rawa Pening merupakan salah satu sumber kehidupan bagi masyarakat sekitar. Karena di sini bisa memancing, dan juga bisa sebagai pengontrol banjir.

Rawa Pening berada di Dusun Sumurup, Desa Asinan, Bawen, Kabupaten Semarang. Lokasinya sebelah selatan Semarang. Jika kamu berkendara dari Kota Semarang, kamu bisa melintasi jalur ke arah Salatiga. Letaknya tidak jauh dari Museum Kereta Api Ambarawa.

  • Alamat : Dusun Sumurup, Desa Asinan, Bawen, Kabupaten Semarang
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 08.00 – 21.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk : Rp3.000/orang, Sewa Perahu Rp30.000/30 menit

4. Pantai Marina

Pantai Marina

* sumber: catatanwisata.com

Satu lagi pantai di Semarang yang cukup terkenal di utara Jawa Tengah. Terkenal dengan sunset-nya yang cantik, Pantai Marina kerap ramai dikunjungi pengunjung saat sore hari. Bagi kamu pecinta wisata kuliner terutama seafood, di sini kamu bisa menikmati ragam sajian olahan makanan laut yang lezat dan merupakan hasil tangkapan dari nelayan setempat.

Lokasi Pantai Marina cukup mudah dijangkau dari pusat Kota Semarang. Jika kamu menggunakan kereta, hanya sekitar 6 km dari Stasiun Semarang Poncol. Kamu bisa datang ke sini mulai pagi hingga malam hari.

  • Alamat : Jalan Yos Sudarso, Tawang Sari, Semarang
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 06.00 – 19.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk : Rp5.000/orang

5. Jungle Toon Waterpark

Jungle Toon Waterpark

Jungle Toon Waterpark merupakan salah satu waterpark yang selalu ramai dikunjungi wisatawan baik dari dalam maupun luar Kota Semarang. Di sini terdapat kolam renang yang didesain sangat unik, dan memiliki banyak wahana permainan, salah satunya waterboom. Tempat ini cocok dijadikan destinasi wisata ketika libur di akhir pekan.

Jungle Toon Waterpark sangat mudah dijangkau karena letaknya di Kota Semarang. Fasilitasnya yang lengkap dan memiliki banyak wahana, kamu bisa kunjungi waterpark ini bersama keluarga. Jika membawa anak kecil, di sini juga disediakan wahana untuk anak-anak yang seru.

  • Alamat : Jalan Bukit Wahid Boulevard, Gedongsongo, Manyaran, Kota Semarang
  • Nomor Telepon : (024) 76635999
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 08.00 – 17.30
  • Harga Tiket Masuk : Senin – Jumat Rp20.000, Sabtu & Minggu Rp30.000

6. Embung Sebligo

Embung Sebligo

* sumber: www.pictame.com

Meski terkenal dengan udaranya yang panas, Semarang juga memiliki  udara sejuk di selatan Kota Semarang. Masuk ke daerah Ungaran, Kabupaten Semarang, Embung Sebligo semula difungsikan untuk irigasi sawah dan perkebunan. Lalu diubah menjadi Kawasan wisata. Memiliki kedalaman 5 meter, kamu bisa menikmati pemandangan menggunakan perahu karet.

Berada di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut, lokasi Embung Sebligo tepat di lereng Gunung Ungaran, sehingga udaranya sejuk dan dikelilingi pemandangan hijau yang menyejukkan mata. Bisa kamu kunjungi untuk melepas penat di Semarang.

  • Alamat : Desa Lerep, Ungaran, Kabupaten Semarang
  • Nomor Telepon : 0899-5525-528
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 08.00 – 21.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk : Gratis. Sewa perahu Rp10.000/satu kali putaran

7. Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kalipancur

* sumber: ksmtour.com

Kamu suka dengan wisata air terjun? Bergeser sedikit dari Kota Semarang, kamu akan mendapatkan Air Terjun Kali Pancur yang memiliki tinggi sekitar 150 meter. Dihiasi dengan relief bebatuan alam, dan dipenuhi gua kecil tempat berteduh bagi burung walet, tempat ini terasa sangat alami dan menyejukkan.

Air Terjun Kali Pancur terletak di kaki Gunung Telomoyo. Meski jaraknya cukup jauh dari Kota Semarang, yakni berada di sebelah barat Kota Salatiga, air terjun ini sangat direkomendasikan. Karena sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan pemandangan alam lereng Gunung Telomoyo dan Gunung Merbabu.

  • Alamat : Desa Nogosaren, Getasan, Kabupaten Semarang
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 08.00 – 16.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk : Rp4.000/orang dan Rp2.000/motor

8. Air Terjun Klenting Kuning Sumowono

Air Terjun Klenting Kuning

* sumber: guntoro10.blogspot.com

Tempat wisata alam ini memiliki bentuk yang unik. Dinding tebing air terjunnya berwarna kuning dengan air yang jernih. Tingginya hanya sekitar 8 meter, meski tidak terlalu tinggi, Air Terjun Klenting Kuning tetap menjadi pesona yang tersembunyi di Semarang. Di sini, terdapat tiga air terjun, yaitu Klenting Kuning itu sendirim, Klenting Biru, dan Klenting Hijau.

Air Terjun Klenting Biru tingginya 4 meter. Sedangkan Klenting Hijau masih sulit diakses karena masih cukup tertutup oleh semak belukar. Bagi kamu yang ingin berwisata ke sini, jika datang dari arah Salatiga, kamu menuju ke arah Bandungan, dan lanjut ke arah Temanggung. Tempat ini cukup mudah diakses pengunjung.

  • Alamat : Sumowono, Area Kebun, Gondang, Limbangan, Semarang
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 06.00 – 18.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk : Rp3.000/orang

9. Eling Bening

Eling Bening

Eling Bening merupakan tempat wisata yang masih terbilang baru. Di sini terdapat penginapan dengan kolam renang bernuansa alam yang akan membuat liburanmu lebih berkesan. Dari sini, terlihat pemandangan pegunungan, hijaunya pohon, dan wisata rawa bening. Indahnya pemandangan cocok untuk kamu yang suka berfoto dengan latar alam.

Sebagai salah satu tempat romantis di Semarang, Eling Bening berada di dataran tinggi, sehingga jika malam hari kamu bisa melihat lampu-lampu kota dengan kabut tipis yang menambah momen romantic. Di sini terdapat banyak fasilitas wisata seperti flying fox, camping ground, meeting room, gazebo, musholla, dan masih banyak lagi. Tertarik ke sini?

  • Alamat : Jl. Kartini Tambakboyo, Ambarawa, Bawen, Mustika, Kabupaten Semarang
  • Nomor Telepon : 0857-2956-5656
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 09.00 – 21.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk : Rp18.000/orang

10. Air Terjun Lawe Benowo

Air Terjun Curug Lawe Benowo Kalisidi

* sumber: www.reresepan.com

Satu lagi air terjun cantik di Semarang. Air Terjun Lawe memiliki panorama yang indah dengan suasana yang masih asri. Saat berjalan kaki menuju air terjun, kamu akan melewati perkebunan cengkeh, dan melewati hutan. Selama perjalanan, kamu akan mendengar kicauan burung yang menambah suasana lebih dekat dengan alam.

Terletak di kaki Gunung Ungaran, akses menuju Air Terjun Lawe belum cukup baik, terlebih tempat ini tersembunyi. Meskipun lokasinya sulit diakses, di sini kamu bisa membangun tenda untuk bermalam. Jadi, sangat tepat bagi kamu yang ingin mencari tempat wisata alami yang tidak jauh dari Kota Semarang. Kamu perlu izin kepada petugas setempat jika ingin camping.

  • Alamat : Desa Gonoharjo, Limbangan, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang
  • Waktu Operasional :  06.00 – 15.00
  • Harga Tiket Masuk : Rp5.000/orang, camping Rp8.000/orang

Semarang banyak dikenal sebagai kota yang memiliki cerita bersejarah. Namun, bukan berarti Semarang tidak memiliki wisata alam. Kamu sudah pernah datang ke wisata air yang Keluyuran rekomendasikan? Atau sudah berencana mengunjungi salah satunya saat liburan?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar