7 Wisata Air Terjun Cantik di Maluku yang Wajib Dikunjungi

Kondisi alam di daerah Maluku memang sangat menawan. Terbukti dari banyaknya destinasi wisata yang bisa ditemukan di daerah timur Indonesia ini. Mulai dari wisata bawah laut yang luar biasa, pulau-pualu indah dengan sejuta pesona dan juga pantai-pantai nan cantik berpasir putih dengan segala keunikan yang dapat menghilangan penat.

Selain itu, Maluku masih memiliki destinasi wisata lain yang juga sayang jika dilewatkan. Di antaranya adalah destinasi wisata air terjun yang banyak sekali terdapat di Maluku.

Air terjun di Maluku masih memiliki keasrian dan kealamian yang terjaga dengan baik, belum banyak dikunjungi dan tentunya memiliki panorama yang menawan. Dijamin tidak akan rugi jika Anda berkunjung ke beberapa air terjun berikut ini.

1. Air Terjun Lumoli

air terjun lumoli

* sumber: indonesiakaya.com

Air terjun Lumoli adalah salah satu air terjun tercantik yang ada di Maluku. Air terjun Lumoli letaknya berada di desa Lumoli, Kabupaten Seram Bagian Barat. Jarak tempuh menuju lokasi air terjun sekitar 10 kilometer dari ibukota kabupaten SBB (Seram Bagian Barat), Piru.

Dari desa Lumoli masih diperlukan jarak tempuh kurang lebih selama 2 jam untuk bisa sampai ke air terjun Lumoli. Meskipun untuk mencapai lokasi Air terjun Lumoli tidak mudah, namun suguhan pemandangan di sepanjang jalan menuju air terjun cukup memuaskan mata.

Meskipun lelah karena menempuh perjalanan cukup jauh, sesampainya di lokasi air terjun Lumoli, Anda akan merasa terpuaskan dan rasa lelah yang Anda rasakan terbayar sudah. Mata Anda akan langsung dimanjakan dengan keindahan dan kecantikan dari air terjun yang memiliki kontur berundak-undak dan memiliki tiga level tebing air terjun di Lumoli.

Selain itu, air terjun ini dikelilingi oleh pepohonan rindang yang siap melindungi Anda dari sengatan sinar matahari. Airnya yang bening dan segar akan membuat Anda ingin cepat-cepat berenang di aliran sungai air terjun Lumoli.

Yang istimewa dari Air terjun Lumoli adalah, belum banyak yang tahu mengenai destinasi wisata yang satu ini sehingga ketika Anda berkunjung ke sana hanya akan ada Anda dan rombongan yang ditemani oleh penduduk Lumoli. Keasrian dan kealamian Air Terjun Lumoli juga masih sangat terjaga dan terlindungi dengan baik.

2. Air Terjun Hoko

air terjun hoko

* sumber: mulpix.com

Air terjun Hoko juga merupakan salah satu air terjun tercantik selain air terjun Lumoli. Air terjun Hoko letaknya berada di kepulauan Kei, pulau yang di mana terkenal juga dengan keindahan alamnya. Air terjun Hoko tepatnya berlokasi di Desa Hoko, Kecamatan Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku-Indonesia.

Air terjun Hoko memiliki air jernih dan segar yang mengalir turun melalui badan batu cembung raksasa menuju kolam alami di bawahnya. Kolam yang ada di air terjun Hoko memiliki air jernih dan tenang dengan degradasi warna biru langit dan juga hijau toska.

Di kolam inilah biasanya para wisatawan berenang menikmati keindahan dari air terjun Hoko. Selain itu, wisatawan bisa meluncur dari atas batu raksasa menuju kolam yang ada di bawahnya. Karena keindahannya, air terjun Hoko menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Maluku.

Saking indahnya, wisata alam di kepulauan Kei mendapatkan apresiasi berharga yakni gelar sebagai salah satu surga tersembunyi paling populer di Indonesia dalam Anugerah Pesona Indonesia dari Kementrian Pariwisata Republik Indonesia. Meskipun air terjun Hoko menjadi salah satu destinasi wisata populer, Snda tidak perlu khawatir, karena keasrian dan kealamiannya masih terjaga dengan baik.

3. Air Terjun Waetele

air terjun waetele

* sumber: www.panoramio.com

Air terjun Waetele berlokasi di Desa Waetele, Kecamatan Waeapo, Kabupaten Buru, Provinsi Maluku-Indonesia. Jarak tempuh menuju air terjun Waetele adalah kurang lebih 42 kilometer, yakni 40 kilometer perjalanan dari Pusat Kota Namlea, dan 2 kilometer perjalanan dari Desa Waetele. Letak dari air tejun Waetele tidak jauh dari bendungan Waetele yang juga memiliki pemandangan yang indah.

Air terjun Waetele adalah salah satu destinasi wisata yang memiliki keindahan tersendiri, panorama dari keindahan alam di sekeliling mempercantik tampilan dari air terjun yang memiliki tinggi 15 meter ini. Air terjun ini belum terlalu populer sehingga belum banyak orang yang mengunjungi dan tahu keberadaannya. Hanya warga Waeapo yang sering berlibur di air terjun Waetele ini.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, informasi yang disampaikan melalui media sosial cepat meyebar dan membuat wisata yang satu ini mulai banyak diminati oleh penduduk pulau buru. Meskipun demikian, pihak pengelola tetap meyerukan mengenai ketertiban dan penjagaan agar keindahan dari air terjun Waetele tidak rusak dan terus dapat dinikmati keindahannya.

4. Air Terjun Waisia

air terjun waisia

* sumber: www.indonesiakaya.com

Air Terjun Waisia adalah salah satu air terjun tertinggi yang ada di Maluku denga tinggi mencapai 80 meter. Air terjun Waisia terletak di Desa Rumahkay, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku-Indonesia.

Air terjun ini memiliki pemandangan eksotis dengan meyajikan air terjun yang meluncur dari tebing bebatuan hitam yang memiliki bentuk bermacam-macam. Juga, air terjun ini dilengkapi dengan pepohonan hijau di sekeliling air terjun Waisia yang memperkokoh dan juga mempercantik tampilannya.

Untuk bisa sampai ke Air terjun Waisia, Anda harus menempuh jarak sekitar 500 meter dengan berjalan kaki menyusuri aliran sungai. Meskipun harus menempuh perjalanan cukup jauh, namun ketika menyusuri sungai menuju air terjun akan membuat kita lupa dengan jarak yang sedang ditempuh.

Hal ini disebabkan oleh pengunjung akan menyusuri sungai yang berada di antara dua tebing batu dan pepohonan hijau di sisi kanan dan kirinya yang dapat menyejukan mata. Para wisatawan dapat berenang pada aliran sungai yang ada di dasar air terjun Waisia.

Selain itu, pengunjung dapat berfoto karena terdapat banyak spot foto bagus di air terjun Waisia. Kontur tanah yang cukup landai membuat keadaan di air terjun waisia menjadi cukup aman untuk dieksplorasi.

5. Air Terjun Waetina

air terjun waetina

* sumber: www.bupolofest.com

Air Terjun Waetina berada di Desa Bara, Kecamatan Aerbuaya sekitar 120 kilometer ke arah barat Kota Namlea. Air terjun ini memiliki genangan air yang jernih dan bersih dengan warna biru langit. Saking bersihnya, bebatuan yang dilalui oleh aliran air dapat nampak dengan jelas oleh mata pengunjung.

Air terjun Waetina memiliki tiga tingkatan air terjun, masing-masingnya memiliki kolam yang bisa digunakan untuk berenang oleh para pengunjung. Sumber mata airnya berasal dari gunung Kepala Madam. Terkadang percikan airnya dapat menciptakan gugusan pelangi yang indah. Panorama alam, hutan tropis, di sekitar air terjun Waetina juga turut mempercantik tampilan dari air terjun Waetina.

6. Air Terjun Negeri Waai

air terjun negeri waai

*

Air Terjun Negeri Waai atau Air Terjun Desa Waai ini terletak di Desa Waai, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku-Indonesia. Desa Waai berada di antara Desa Tulehu dan juga Desa Liang. Pada mulanya, Desa Waai terkenal dengan Wisata Moreanya, namun baru-baru ini muncul objek wisata baru yakni wisata air terjun.

Air terjun Waai berada di kaki gunung Salahutu, jaraknya lumayan cukup jauh dari Desa Waai, dan perjalanan ke lokasi air terjun pun cukup terjal. Hal inilah yang meyebabkan objek wisata yang satu ini jarang dikunjungi oleh para wisatawan.

Meskipun demikian, keindahan Air terjun Waai sangat memesona, tebing batu raksasa di sisi air terjun membuat tampilan dari air terjun menjadi lebih cantik. Selain itu, air yang mengalir di air terjun Waai sangat jernih, bersih, dan segar. Anda bisa berenang, bermain, dan bersantai di bawah aliran air terjun Waai.

7. Air Terjun Waeura

air terjun waeura

* sumber: burukab.go.id

Air Terjun Waeura adalah salah satu objek wisata yang terletak di Desa Waeura, Kecamatan Waplau. Lokasinya mungkin tidak dekat dengan desa Waeura, namun Air terjun Waeura memiliki keindahan yang luar biasa dengan 6 level tingkatan dan juga memiliki air yang bening dan jernih. Struktur bebatuan yang berundak-undak membuat aliran air menjadi berlapis-lapis dan indah dipandang.

Air terjun Waeura telah menjadi objek wisata bagi penduduk sekitar kecamatan Waplau. Penduduk sering mengunjunginya kala weekend atau hari libur lainnya. Panorama air terjun yang indah dipadu dengan hijaunya pepohonan menambah kecantikan dari air terjun Waeura ini.

Demikianlah informasi mengenai destinasi air terjun cantik di Maluku dari Keluyuran, jika Anda memiliki saran dan informasi lain mengenai destinasi wisata di Indonesia, bagikanlah dengan kami di kolom komentar.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram