10 Destinasi Wisata Alam di Bandung yang Sangat Indah

Ditulis oleh Linda
  • AlamatJl. Maribaya No.120 A, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Nomor Telepon: (022) 2788527
  • Jam Operasional: Setiap hari 08.00-17.00 WIB
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp 20.000 per orang

5. Tebing Keraton

Tebing Keraton

Tebing Keraton menjadi destinasi favorit wisatawan di kawasan Lembang, Bandung dan sekitarnya. Tempat wisata alam di Bandung ini merupakan bagian dari Taman Hutan Raya (Tahura) Juanda. Banyak orang yang datang kemari hanya untuk berfoto atau menikmati pemandangan indah di sekitar terbing.

Suasananya super nyaman dan tenang. Udaranya pun tentu masih sejuk dan segar. Kawasan wisata Tebing Keraton berada di kawasan Ciburial, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung Barat. Harga tiket masuknya tergolong murah, yakni hanya 15 ribu per orang.

  • Alamat: Ciburial, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung Barat
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp 15.000 per orang

6. Bukit Moko

bukit moko

Untuk menikmati view kota Bandung Anda tidak harus mendaki gunung terlebih dahulu. Kunjungi saja Bukit Moko yang terletak di Kecamatan Cimenyan, Bandung. Bukit yang memiliki tinggi 1.500 mdPL ini menawarkan pemandangan yang sangat indah.

Anda bisa menikmati pemandangan kota Bandung di malam hari saat berada di atas bukit ini. Jika datang di siang hari, Anda bisa menikmati suasana sejuk di sekitar bukit sembari bercengkrama dengan kerabat Anda.

Uniknya, di Bukit Moko terdapat satu warung yang bernama Warung Daweung. Ini merupakan satu-satunya warung yang ada di kawasan Bukit Moko. Di warung ini, Anda bisa memesan makanan dan minuman, kemudian menyantapnya sembari menikmati landscape kota kembang.

Apabila Anda tiba di Bukit Moko pada siang hari, sebaiknya Anda jangan buru-buru pulang terlebih dahulu. Tunggulah sampai waktu matahari terbenam agar Anda bisa menyaksikan keindahan sunset dari bukit ini.

Bahkan, jika ingin mencoba sesuatu yang baru, Anda bisa mengunjungi Bukit Moko pada tengah malam. Sesampainya di sana saat tengah malam, Anda bisa menikmati gemerlap lampu-lampu dari Kota Bandung. Nah, setelah beberapa jam, Anda bisa melihat keelokkan matahari terbit di balik pegunungan yang mengelilingi Bandung.

  • Alamat: Cimenyan, Kec. Cimenyan, Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 7271142

7. Maribaya

maribaya

Sebagian besar warga Bandung tentu tidak asing lagi dengan Maribaya. Lokasinya terletak 15 KM dari sebelah utara pusat kota Bandung. Jika Anda stay di Lembang, maka Maribaya hanya terletak 5 KM saja dari Lembang.

Untuk mencapai Maribaya, Anda bisa melewati Taman Hutan Raya Juanda. Setelah berjalan di sekitar pepohonan yang rindang, Anda akan sampai ke air terjun yang sangat anggun. Di dekat air terjun dibangun sebuah jembatan untuk memudahkan pengunjung menikmati keindahan air terjun tanpa harus basah. Selain itu, di sekitar air terjun terdapat pula pemandian air panas.

Bila Anda ingin piknik bersama keluarga, Maribaya merupakan tempat yang cocok karena memiliki udara yang bersih dan sejuk. Lokasinya pun tidak jauh dari berbagai tempat wisata anak yang berada di sekitar lembang. Jadi, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata sekaligus dalam satu waktu. Hemat budget dan juga hemat waktu, bukan?


Setelah asyik berjalan-jalan di Maribaya, jangan lupa membeli susu murni dan berbagai makanan khas Bandung lainnya untuk bekal perjalanan pulang atau sebagai oleh-oleh.

  • Alamat: Kampung Cikondang Lamajang Pangalengan, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Nomor Telepon: (022) 82782228
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp 35.000 per orang

8. Goa Pawon dan Stone Garden

Goa Pawon
*

Goa yang satu ini benar-benar istimewa, karena untuk sampai di sini Anda harus mendaking Gunung Masigit terlebih dahulu selama kurang lebih 20 menit. Goa Pawon adalah situs bersejarah yang patut untuk dikunjungi. Dari bibir gua, Anda bisa menyaksikan panorama sawah nan hijau dengan rumah-rumah penduduk di sekitarnya.

Usai berkunjung ke Goa Pawon, lanjutkan pendakian Anda karena nantinya Anda akan menemukan Stone Garden atau taman batu. Di taman ini ada beberapa batu karang yang sangat besar. Uniknya, bila pada umumnya Anda bisa menemukan batu karang di tepi laut, kini Anda menemukannya di dekat puncak gunung.

  • Alamat: Kp, Cibungur, Gunungmasigit, Kec. Cipatat, Kabupaten Bandung Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 05.00-17.00 WIB

9. Forest Walk Babakan Siliwangi

tempat hunting foto di bandung babakan siliwangi

Kawasan hutan kota Babakan Siliwangi yang berada tak jauh dari Kebun Binatang Bandung dan juga kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) tidak hanya sering digunakan sebagai tempat nongkrong atau foto-foto. Tapi juga tempat untuk berolahraga.

Hutan kota ini memiliki beberapa fasilitas umum seperti mushalla, lahan parkir hingga toilet yang cukup nyaman. Kunjungi Forest Walk Babakan Siliwangi di Jalan Tamansari No. 73, Coblong, Kota Bandung.

  • Alamat: Jl. Tamansari No.73, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 2501394

10. Kebun Hidroponik Punclut

Punclut

Puncak Ciumbuleuit atau Punclut bukan cuma punya deretan tempat makan khas Sunda yang lezat. Di sini juga ada kebun hidroponik yang punya lebih dari 100 jenis tanaman, lho. Kebun hidroponik yang unik ini cocok untuk kamu kunjungi kalau kamu penasaran dan ingin tahu lebih banyak informasi menarik tentang tanaman.

Alamat kebun hidroponik Punclut ada di Jalan Rereongan Sarupi No. 577, Punclut, Kabupaten Bandung Barat. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kebun ini, silakan hubungi nomor kontak yang tersedia di bawah.

  • Alamat: Jl. Rereongan Sarupi No. 577, Punclut, Kab. Bandung Barat
  • Nomor Telepon: 0815-8061-548

Kota Bandung dan sekitarnya memiliki banyak pariwisata alam yang mengagumkan. Nah, beberapa destinasi wisata alam di Bandung di atas sangat bermanfaat bagi Anda para pecinta alam atau yang sekedar ingin menikmati keindahan alam di sekitar Bandung. Selamat berlibur!

«1 2
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram