9 Wisata Alam di Batu untuk Menyegarkan Mata dan Pikiran

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Traveling ke Malang, rasanya tak lengkap jika tidak menyempatkan ke Kota Batu. Kota kecil yang menjadi penghubung antara MalangKediri dan Malang – Jombang ini sebelumnya merupakan bagian dari Kabupaten Malang yang kemudian ditetapkan menjadi kota administratif pada tahun 1993, lalu pada tahun 2001 ditetapkan sebagai kota otonom yang terpisah dari Kabupaten Malang.

Kota Batu terletak di dataran tinggi, dengan ketinggian 871 meter di atas permukaan laut. Tak heran, Batu memiliki suhu yang dingin dan terdapat banyak sekali destinasi wisata alam yang menarik.

Kali ini, Keluyuran akan merekomendasikan 9 tempat wisata alam di Batu yang bisa menyegarkan mata dan pikiranmu. Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Coban Rondo

Coban Rondo

Coban dalam bahawa Jawa, berarti “air terjun”. Di Batu, terdapat banyak air terjun yang bisa kamu eksplor. Salah satunya adalah Coban Rondo. Air terjun yang terletak di ketinggian 1.135 meter di atas permukaan laut ini merupakan salah satu destinasi wisata di Kota Batu yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Coban Rondo memiliki ketinggian 84 meter dengan debit air yang cukup deras. Coban Rondo merupakan bagian dari air terjun bertingkat yang dimulai dari Coban Manten, dan Coban Dudo yang kemudian mengalir deras dengan nama Coban Rondo. Coban Rondo masuk ke dalam kawasan Gunung Anjasmoro.

  • Alamat: Jl. Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Pujon, Kota Batu
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp15.000/orang

2. Taman Labirin

Taman Labirin

* sumber: dolanyok.com

Masih satu kawasan dengan Coban Rondo, terdapat destinasi wisata yang unik. Taman Labirin namanya. Di sini, kamu bisa menguji fokus dengan masuk ke dalam sekat-sekat labirin yang terbuat dari tanaman hijau setinggi 2 meter. Tanaman hijau tersebut dibuat seperti dinding yang bersekat sehingga cukup menyesatkan bagi pengunjung.

Di dalam Taman Labirin, terdapat sebuah ruangan berisi air mancur serta kursi taman. Jika lelah, atau bingung, kamu bisa istirahat di sini. Jika kamu datang lebih dari satu orang, bisa juga meminta salah satu untuk berdiri di atas menara dan memotretmu di Taman Labirin. Apabila sudah menyerah, bisa juga lho meminta bantuan temanmu ke mana arah pintu keluar.

  • Alamat: Jurangrejo, Pandesari, Pujon, Kota Batu
  • Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk: Rp10.000/orang

3. Coban Talun

Coban Talun

Selain Coban Rondo, Kota Batu juga memiliki air terjun lain seperti yang satu ini. Coban Talun namanya. Berbeda dengan Coban Rondo, di Coban Talun kamu bukan hanya menikmati wisata alamnya juga, melainkan bisa mencoba sensasi berkemah dengan nuansa yang berbeda.

Coban Talun memiliki Apache Camp yang merupakan wahana kampung dan budaya dari suku Apache di India. Kamu bisa mendapatkan atribut menarik, hingga menginap ala suku Apache di rumah Indian. Selain Apache Camp, ada pula Pagupon yang merupakan tempat menginap unik di dalam sangkar burung merpati. Tertarik untuk mencobanya?

  • Alamat: Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu
  • Operasional: 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk: Rp10.000/orang

4. Wisata Petik Apel Agro Rakyat

Wisata Petik Apel Agro Rakyat

Kota Batu dikenal dengan apel sebagai buah khasnya. Di kota ini pula, kamu dapat mencoba memetik apel di kebunnya langsung. Ada terdapat beberapa tempat petik apel yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah Wisata Petik Apel Agro Rakyat.

Buat kamu yang menyukai buah apel khususnya apel Malang, wisata di sini sangat menarik untuk dicoba. Pasalnya, di sini kamu bisa memakan apel sepuasnya dengan syarat makan di tempat. Petugas akan menentukan area mana saja yang apelnya boleh dipetik sendiri. Jika kamu ingin membawa pulang apel yang kamu petik, maka bisa membelinya dengan harga mulai Rp12.000/kg.

  • Alamat: Jl. Raya Sidomulyo, Sidomulyo, Batu, Kota Batu
  • Operasional: 09.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk: Rp25.000/orang

5. Goa Pinus

Goa Pinus

* sumber: pojoksuramadu.com

Seperti halnya Bandung dengan Hutan Pinus di Lembang, atau Yogyakarta dengan Hutan Pinus Imogiri, Kota Batu juga terdapat tempat bernama Goa Pinus. Tempat ini dinamakan Goa Pinus karena di dalam hutan pinus ini terdapat goa bekas galian penjajah Jepang. Kedalaman goa 5 meter dengan tinggi sekitar 1.5 meter.

Di Goa Pinus ini, kamu bisa menikmati pemandangan Dusun Brau, Batu, dan dusun yang terletak di kaki Gunung Arjuno dari bibir bukit. Selain itu, ada pula hal menarik dari Goa Pinus. Di sini terdapat bangunan dengan tema rumah adat Papua, sarang burung, perahu, serta bangunan yang berada di bibir bukit.

  • Alamat: Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu
  • Operasional: 07.00 – 17.30 WIB
  • Tiket Masuk: Rp5.000/orang

6. Pemandian Air Panas Cangar

Pemandian Air Panas Cangar

* sumber: amazingmalang.id

Kota dengan udara dingin, erat kaitannya dengan pemandian air panas. Di kaki Gunung Arjuno dan Welirang, terdapat Pemandian Air Panas Cangar yang sering menjadi destinasi wisata bagi masyarakat Malang dan sekitarnya. Di sini, kamu bisa berendam di dalam kolam air panas alami yang berasal dari Gunung Arjuno dan Welirang.

Pemandian Air Panas Cangar memiliki beberapa kolam dengan tingkat suhu panas yang berbeda-beda. Mulai dari yang sangat panas, sedang, hingga hangat. Kamu bisa memilih salah satu dari 5 kolam pemandian. Salah satu kolam ada yang hanya dikhususkan untuk wanita. Jadi untuk kamu yang berhijab, tak perlu khawatir tercampur dengan kolam lelaki.

  • Alamat: Tulungrejo, Bumiaji, Bratas, Batu, Kota Batu
  • Operasional: 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk: Rp15.000/orang

7. Paralayang Gunung Banyak

Paralayang Gunung Banyak

* sumber: pesona.travel

Ingin menikmati pemandangan Kota Batub dan Malang dengan cara yang berbeda? Kalau kamu suka kegiatan adventure yang menguji adrenaline, kamu bisa mencoba melayang dengan Paralayang di Gunung Banyak. Tempat dengan ketinggian 1.326 meter di atas permukaan laut ini awal mulanya merupakan landasan take off para atlet paralayang sebelum akhirnya dijadikan tempat wisata.

Kini, siapapun bisa mencoba sensasi Paralayang di Gunung Banyak dengan biaya Rp400.000 jika tandem dengan instruktur Paralayang. Jadi, kamu tidak perlu takut, karena kamu takkan dilepas terbang sendiri, melainkan akan didampingi dengan instruktur yang sudah kompeten di bidangnya.

  • Alamat: Gunung banyak, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu
  • Operasional: 07.00 – 24.00 WIB
  • Tiket Masuk: Rp5.000/orang

8. Coban Putri

Coban Putri

Satu lagi air terjun di Kota Batu. Coban Putri namanya. Meski tak setinggi Coban Rondo, aliran air di Coban Putri terbilang deras, sehingga membawa kesegaran dari butiran air yang terbawa angin. Terdapat bendungan sederhana yang membuat arus air terjun menjadi bertingkat.

Buat kamu yang senang berswafoto, di sini disediakan sebuah ayunan, jembatan, dan gardu pandang yang bisa kamu gunakan untuk berfoto dengan latar pemandangan alam dari Coban Putri. Selain itu, kamu tak perlu khawatir kelaparan, karena di sini tersedia warung sederhana yang bisa kamu singgahi untuk mengisi perut.

  • Alamat: Oro-Oro Ombo, Batu, Kota Batu
  • Operasional: 09.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk: Rp10.000

9. Taman Selecta

Taman Selecta

Senang wisata ke taman bunga? Di Batu, terdapat sebuah destinasi wisata yang ditumbungi banyak jenis bunga. Taman Selecta namanya. Sejak zaman penjajahan, tempat ini dimiliki oleh Belanda, dan seiring berjalannya waktu Taman Selecta berpindah tangan ke Jepang. Tempat ini juga pernah dijadikan sebagai tempat pertemuan Ir. Soekarno dengan tokoh nasional lainnya.

Taman Selecta yang menyimpan sejarah, kini sudah berubah menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada saat libur akhir pekan. Bukan hanya taman bunga saja, di sini juga terdapat kolam renang dan spot foto sepeda gantung. Liburanmu akan semakin menyenangkan di sini.

  • Alamat: Jl. Raya Selecta No. 1, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu
  • Operasional: 06.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk: Rp40.000/orang

Nah, jadi itulah 9 tempat wisata alam di Kota Batu yang bisa kamu jadikan sebagai referensi tujuan liburanmu saat libur semester nanti. Kalau jalan-jalan ke Malang, jangan lupa mampir ke Kota Batu, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *