9 Objek Wisata Alam di Cirebon untuk Liburan Bareng Keluarga

Ditulis oleh Siti Hasanah

Cirebon yang berada di Jawa Barat letaknya berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Julukan kota ini di antaranya adalah kota wali kota udang, dan juga kota petis. Selain terkenal memiliki wisata sejarah, Kota Cirebon juga memiliki potensi lain, yaitu wisata alam.

Nah, untuk kamu yang penasaran sama wisata alam di Cirebon, berikut ini tempat wisata alam di Cirebon yang menarik untuk dikunjungi.

1. Bukit Gronggong

Bukit Gronggong

Bukit Gronggong merupakan salah satu destinasi wisata alam di Cirebon yang memiliki pemandangan malam yang memesona. Tempat wisata ini adalah lokasi nongkrong yang populer di kalangan anak muda Cirebon dan sekitarnya.

Pengujung bisa menikmati indahnya pemandangan Cirebon di malam hari dari kawasan Bukit Gronggong. Mereka bisa duduk di bangku yang berada di ketinggian sambil menikmati minuman hangat ditemani sejuknya cuaca perbukitan.

Saat ini di Bukit Gronggong sudah banyak ditemui restoran dan penginapan yang menyajikan pemandangan perbukitan yang indah. Jadi, ketika pergi liburan dengan keluarga dan sahabat akan terasa semakin menyenangkan.

Untuk menikmati Bukit Gronggong di daerah Patapan, Beber dengan pemandangan malamnya, pengunjung akan dikenakan biaya parkir Rp2.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp5.000 untuk mobil.

  • Alamat : Patapan, Beber, Cirebon
  • HTM : Rp5.000 per orang, biaya parkir Rp2.000 untuk motor dan, Rp 3.000- Rp 5.000 untuk mobil
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Telepon: 0821-5189-3669

2. Telaga Remis

Telaga Remis

* sumber: ngetripkemana.com

Tempat wisata alam di Cirebon yang juga tak boleh kamu lewatkan adalah Telaga Remis. Tempat ini menawarkan pemandangan alam khas kaki Gunung Ciremai yang menyegarkan untuk kamu yang ingin rehat sejenak dari padatnya aktivitas sehari-hari.

Telaga Remis yang berlokasi sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Cirebon, yaitu di daerah Kaduela, Kuningan, konon dahulunya adalah tempat pertapaan Raja Siliwangi. Nama Dalam bahasa Sunda remis berarti embun asalnya dari cerita Prabu Siliwangi.

Saat bertapa, Prabu Siliwangi menjadikan air embut sebagai sumber air minumnya karena daerah ini dulu terkenal tandus. Kemudian Sang Prabu pun membuang sisa embun yang diminumnya sambil berdoa semoga daerah ini menjadi telaga yang bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Doa Prabu Siliwangi ternyata menjadi kenyataan. Sekarang ini, Telaga Remis sudah menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan selain menjadi sumber mata air bagi warga sekitar. Di kawasan yang mempunyai seluas sekitar 3 hektar ini, pengunjung bisa menjelajahi kawasan hutan.


Di hutan ini tumbuh ratusan jenis tumbuhan di antaranya pohon sonokeling, malaka, dan kosambi. Telaga Remis juga memiliki beberapa fasilitas penunjang di antaranya kamar mandi, camping ground, gazebo, warung, dan lahan parkir.

  • Alamat : Kaduela, Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat
  • HTM : Rp7.500
  • Jam Buka : 09.00-16.00
  • Telepon: (0232) 8881389

3. Pantai Kejawanan

Pantai Kejawanan

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=EIE00O1Wg08

Jika ingin berlibur ke pantai di daerah Cirebon, salah satu pilihannya adalah Pantai Kejawanan. Objek wisata alam ini tempat yang direkomendasikan untuk berburu pemandangan matahari terbenam yang eksotis. Panorama alam di sekitar pantai ini cukup memukau membuat pengunjugn menjadi rileks.

Pantai Kejawanan memiliki latar Gunung Ciremai sehingga membuat momen liburan semakin berkesan. Pengunjung juga bisa menyewa perahu nelayang yang sedang bersandar bila belum puas dengan jalan-jalan di sekitar bibir pantai. Tarif sewa perahunya cukup terjangkau.

Dengan naik perahu, pengunjung akan dibawa berkeliling pantai untuk menikmati sensasi liburan yang dan lebih menantang. Agar liburan di Cirebon semakin lengkap, jangan lewatkan untuk mengabadikan semua momen liburan ketika berada di Pantai Kejawanan.

  • Alamat : Pegambiran, Lemahwungkuk, Kota Cirebon
  • HTM : Rp5.000 per orang, parkir motor Rp 2.000, parkir mobil Rp5.000
  • Jam Buka : 06.00-18.00

4. Danau Setu Patok

Danau Setu Patok

Kaya akan wisata alam, Cirebon mempunyai beberapa tempat wisata yang memesona, seperti air terjun, danau, waduk atau situ, sampai situs bersejarah yang memiliki legenda. Adanya mitos atau legenda tersebut juga dipercayai oleh masyarakat Jawa Barat.

Danau Setu Patok merupakan satu destinasi wisata alam di Cirebon yang mengandung legenda. Karena mempunyai misteri yang dihubungkan dengan penunggu situ ini, Danau Setu Patok bahkan sempat terkenal dalam acara Dua Dunia. Konon katanya di tempat ini ada penunggu ber wujud seperti siluman.

Tak hanya legendanya saja, pemandangannya yang indah membuat para wisatawan berdatangan ke danau ini. Di danau ini terdapat beberapa fasilitas pendukung, seperti  area parkir, kamar mandi, tempat beribadah, warung makan, homestay, guest house, camping area, outbound, dan penyewaan perahu.

  • Alamat : Desa Setu Patok, Kecamatan Mundu, Kota Cirebon
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

5. Situ Sedong

Situ Sedong

* sumber: ayo-hunting.blogspot.com

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram